Video Undangan Pernikahan, Apakah Bisa Menghemat Anggaran Nikah?

Halo semuanya, berjumpa lagi dengan Catatan Bunda yang kali ini mau membahas seputar video undangan pernikahan. Memangnya apa yang menarik dari video undangan pernikahan? Tenang, kita akan kupas informasinya satu persatu dalam sharing singkat kali ini.

Zaman yang semakin berkembang, tentunya juga berpengaruh terhadap semakin canggihnya bentuk teknologi. Orang-orang pun semakin dimanjakan oleh segala jenis bentuk teknologi yang semakin memudahkan dalam segala hal. Hal-hal yang dahulu tidak terbayangkan, kini bisa terwujud melalui perkembangan teknologi. Termasuk salah satunya pembuatan undangan pernikahan.

Pernikahan merupakan momen sakral dalam hidup seseorang. Prosesi satu kali seumur hidup ini perlu dipersiapkan dengan matang. Persiapan yang matang tentu membutuhkan waktu yang lama dan diskusi yang intens antarkedua mempelai. Mulai dari penentuan tanggal, persiapan mahar pernikahan, persiapan akad nikah, resepsi hingga pembuatan undangan pernikahan.

jasa pembuatan video undangan pernikahan - catatan bunda 2020

Aneka Persiapan Pernikahan

Undangan pernikahan termasuk satu area yang membutuhkan perhatian spesial. Mengapa? Karena undangan nikah akan dikirimkan ke orang-orang terdekat. Mulai dari keluarga besar, sahabat, hingga kolega di tempat kerja.

Undangan nikah akan menjadi โ€œwajah awalโ€ mempelai dan keluarga di hadapan para tamu undangan. Oleh sebab itu, anda pasti tidak ingin mendesain undangan secara asal-asalan. Anda ingin memastikan desain yang terbaik untuk undangan pernikahan anda. Akan tetapi, di lain pihak, anda juga tidak ingin anggaran nikah jebol di undangan saja. Masih banyak area yang harus dijaga keseimbangan anggarannya supaya acara pernikahan bisa berlangsung dengan baik. Setuju?

Saat ini, video sudah semakin mudah diakses. Perkembangan teknologi smartphone yang tiada henti, banyaknya operator paket data, dan pertumbuhan platform video seperti Youtube juga mendukung gandrungnya masyarakat dengan video. Mungkin anda termasuk salah satu yang ingin menjadi Youtuber? Informasi peralatan menjadi Youtuber ini patut anda simak juga lho ๐Ÿ˜€

Dulu, ketika kami melangsungkan pernikahan, memang masih menggunakan undangan nikah konvensional. Artinya, undangan pernikahan kami dicetak dalam bentuk fisik. Selanjutnya, kami menghubungi para tamu untuk mendapatkan data alamat lengkap.

Tahap berikutnya, kami membungkus undangan dan mengirimkan undangan fisik tersebut ke tiap tamu. Jika dilihat kembali prosesnya, ternyata banyak juga ya tahapannya. Hal ini belum termasuk pembuatan desain dan pemilihan vendor tempat mencetak kartu undangan.

mengatur anggaran pernikahan secara bijaksana - catatan bunda 2020

Manfaat Pembuatan Video Undangan Pernikahan

Sekarang, video undangan pernikahan bisa anda jadikan pilihan lho. Bukan hanya kartu undangan konvensional saja. Apa saja keunggulan video dibandingkan undangan nikah yang dicetak? Berikut ini beberapa ulasan mengenai keunggulan video undangan pernikahan yang patut anda perhatikan. Selamat menyimak ya, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

Ramah Lingkungan

Satu faktor yang patut anda simak ialah undangan nikah berbentuk video lebih ramah lingkungan. Mengapa bisa demikian? Jelas sekali karena pada undangan cetak menggunakan media utama yang berupa kertas. Sedangkan kertas sendiri terbuat dari kayu yang jika semakin banyak penggunaan kertas maka akan semakin banyak pula pohon yang ditebang.

Tidak hanya itu. Undangan cetak yang sudah diterima dan dibaca, biasanya tidak akan bertahan lama. Kartu undangan akan dibuang begitu saja dan berakhir di tempat sampah. Sudah bisa dibayangkan berapa banyak sampah kertas yang akan tertimbun akibat dari penggunaan undangan cetak? Sedangkan berapa ribu pasangan yang melangsungkan pernikahan setiap bulannya?

Dengan perkembangan teknologi, video undangan pernikahan bisa menjadi solusi. Penggunaan video bisa membantu untuk mengurangi penggunaan kertas sebagai bahan baku undangan cetak. Meskipun sebagian besar orang masih belum terbiasa dan menganggap metode ini mengesampingkan norma kesopanan. Bagaimana dengan anda?

momen pernikahan sakral untuk mempelai dan keluarga - catatan bunda 2020

Hemat Tempat

Dalam satu kali cetak undangan nikah, setiap pasangan calon mempelai tentu butuh jumlah yang lumayan banyak. Katakanlah anda mencetak 500 undangan untuk acara pernikahan anda. Hal berikutnya yang perlu anda lakukan ialah memindahkan undangan tersebut ke rumah anda, betul? Tentunya anda akan membutuhkan ruang khusus untuk menampung semua undangan cetak tersebut. Makin banyak tamu yang akan diundang, makin banyak undangan yang dicetak, makin besar pula jumlah ruangan yang diperlukan.

Bandingkan dengan membuat undangan pernikahan secara online. Anda hanya membutuhkan laptop dan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Ukuran file sebuah video juga tidak terlalu menyita kapasitas di laptop maupun smartphone anda. Selanjutnya, anda bisa mendistribusikan video undangan pernikahan sesuka hati anda.

Lebih Menarik Secara Visual

Keunggulan lain yang dimiliki video undangan pernikahan adalah dari segi visual. Tampilan yang ditawarkan video akan lebih menarik dan keren. Video akan lebih menarik perhatian para tamu yang menyaksikannya. Layout desain video pun bisa sangat fleksibel. Tampilannya bisa memanjakan banyak indera sekaligus. Mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga imajinasi para penontonnya.

Mengapa? Karena di dalam video bisa ditambahkan dengan berbagai animasi. Mulai dari slide, foto, audio atau video dan fitur lain yang akan membuat tampilan video undangan semakin menarik.

Distribusi yang Mudah dan Praktis

Kami sempat cerita singkat di atas, bahwa kami mengirimkan undangan nikah satu persatu kepada tamu undangan. Dengan penggunaan video undangan pernikahan, anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengirimkannya. Distribusi undangan bisa sangat mudah dan praktis. Penempatan video juga sangat fleksibel.

Anda bisa posting di media social seperti Facebook, Youtube, maupun Instagram. Selain itu, anda juga bisa menampilkan undangan di dalam website pribadi. Dari hasil upload, anda tinggal mendistribusikan link videonya kepada tamu undangan. Jauh lebih praktis dibandingkan mengirimkan undangan fisik satu persatu ke alamat para tamu.

Anggaran Lebih Hemat?

Poin penting berikutnya dari video undangan pernikahan adalah menghemat biaya anda. Apalagi jika Anda termasuk yang memiliki keluarga besar dan jaringan pertemanan yang cukup luas, tentu undangan online menjadi solusi jitu dan ekonomis.

Semakin banyak tamu undangan, anda diharuskan mencetak lebih banyak undangan fisik. Belum lagi perhitungan cetak undangan cadangan apabila ada perubahan rencana. Kini, anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk mencetak.

Jika menggunakan video, anda cukup membayar sekali saja. Lalu video undangan tersebut akan menjadi hak milik anda sepenuhnya. Anda bisa mengirimkan undangan digital kepada siapapun yang anda kehendaki tanpa ada batasan.

Jika ingin dihitung secara lebih detail, berikut ini kami coba hitungkan secara sederhana. Untuk mencetak undangan fisik, ada beberapa unsur yang harus dipersiapkan. Dalam studi kasus kali ini, mempelai ingin mencetak 500 pcs kartu undangan. Biaya cetak per pcs kurang lebih sebesar Rp 8.000 / pcs. Maka hitungannya ialah sebagai berikut:

Jasa desain kartu = Rp 100.000

Biaya cetak kartu 500 pcs = Rp 8.000 x 500 pcs = Rp 4.000.000

Biaya cetak undangan cadangan (10% dari jumlah undangan normal) = 50 pcs x Rp 8.000 = Rp 400.000

Biaya lain-lain (ongkos bensin, makan, telepon, dll) = Rp 200.000

Dari total 550 kartu undangan, asumsinya anda perlu mengirimkan 100 kartu karena lokasi tamu yang berada di luar kota. Ongkos kirim tiap lokasi akan berbeda, betul? Dalam contoh kali ini, akan kami pukul rata di angka Rp 20.000 per kartu undangan. Maka biaya yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Biaya packing = 100 pcs x Rp 1.000 = Rp 100.000

Biaya pengiriman = 100 pcs x Rp 20.000 = Rp 2.000.000

Total anggaran yang harus anda persiapkan berapa? Dari rincian sederhana di atas, totalnya sekitar Rp 6.700.000 !! Ingat, rincian di atas hanya contoh hitungan saja. Kondisi yang dihadapi tiap calon mempelai akan berbeda. Jumlah undangannya bisa berbeda, biaya cetaknya berbeda, biaya packing dan lain-lainnya berbeda.

video undangan pernikahan elegan untuk acara sakral pengantin - catatan bunda 2020

Bandingkan dengan video undangan pernikahan. Dengan anggaran yang lebih hemat, anda sudah bisa membuat kartu undangan digital untuk acara anda. Salah satunya seperti yang bisa anda temukan pada halaman video undangan digital. Cukup produksi videonya satu kali saja, anda bisa langsung distribusikan ke para tamu undangan. Tidak perlu repot keluar ekstra biaya lagi, walaupun jumlah tamu undangan anda mencapai ribuan orang sekalipun. Asik atau asik? ๐Ÿ˜€

Anggaran untuk mencetak undangan secara fisik, bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya. Kami paham, acara pernikahan akan membutuhkan banyak biaya. Jadi, lebih bijaklah saat mengelola anggaran bersama calon pasangan anda. Siapa tahu, anda bisa alokasikan anggaran untuk bulan madu ke Medan? Di sana anda bisa berburu kuliner khas Medan dan berbagai wisata lainnya.

Bagaimana pendapat Anda mengenai video undangan pernikahan?

Sampaikan pandangan dan pendapat anda di kolom komentar ya. Semoga ulasan sederhana tentang video undangan pernikahan membawa manfaat bagi para pembaca. Terutama anda yang sedang merencakan pernikahan. Terimakasih banyak sudah menyimak sharing kali ini. Sampai jumpa di cerita lainnya ๐Ÿ˜€

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?