Tips Produktif di Rumah, Panduan Praktis Selama Work From Home

Tips produktif di rumah kali ini akan sangat bermanfaat untuk kita semua. Terlebih di tengah mewabahnya virus Corona di Indonesia saat ini. Pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor kini sudah banyak yang dirumahkan. Istilah kerennya ialah work from home alias kerja dari rumah.

Akan tetapi, kerja dari rumah tidaklah semudah yang dibayangkan. Tantangannya akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan aktivitas di tempat kerja seperti biasa. Bagi anda yang terbiasa bekerja di kantor, tentu membutuhkan adaptasi supaya tetap produktif di rumah.

Jika salah mengatasinya, bisa jadi anda tidak akan produktif selama berada di rumah. Pekerjaan akan banyak terbengkalai dan tidak selesai sesuai target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Oleh sebab itu, kami coba bagikan beberapa tips produktif di rumah. Harapannya sederhana saja. Dengan menyimak dan mempraktekkan informasi di sini, produktivitas kita semua tetap terjaga dengan baik selama di rumah.

tips produktif di rumah work from home - catatan bunda 2020

Tips Produktif di Rumah Saat Wabah Corona

Sebenarnya, bekerja dari rumah bukanlah hal yang baru. Sejak bertumbuhnya internet dan bisnis online, mendapatkan uang dari rumah merupakan hal yang bisa dilakukan. Namun, wabah Corona yang saat ini hadir akhirnya “memaksa” sebagian besar orang untuk berada di rumah. Mulai dari aktivitas olahraga, mengurus keluarga, mendampingi anak, hingga melakukan pekerjaan di rumah.

Lalu, bagaimana panduan dan tips produktif di rumah? Berikut ini beberapa diantaranya. Selamat menikmati.

#1 Menyusun Jadwal Harian

Tips produktif di rumah yang pertama ialah membuat jadwal harian. Tugas dan pekerjaan apa yang harus diselesaikan setiap harinya. Anda bisa menyusunnya berdasarkan skala prioritas yang sedang dihadapi.

Menyusun jadwal dan to do list harian banyak manfaatnya. Mulai dari kesehatan fisik dan mental. Dengan membagi pekerjaan tiap hari, daya tahan fisik dan mental akan terjaga. Pekerjaan tidak akan tertumpuk pada satu hari saja. Seperti istilah yang sering kita dengar saat belajar, yaitu SKS (Sistem Kebut Semalam), hehehe 😀

#2 Bangun Lebih Pagi Dari Biasanya

Saat bekerja di rumah, suka atau tidak, akan banyak gangguan yang dihadapi. Apalagi bagi anda yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anda mempraktekkan tips produktif di rumah yang kedua. Tipsnya ialah mencari waktu saat aneka “keramaian” tersebut berada pada level minimum.

Contohnya pada saat anggota keluarga yang lain sedang tidur. Apakah saat malam hari atau saat dini hari. Anda bisa bangun tidur lebih awal dari biasanya. Jika anda biasa bangun pukul 05.00 WIB setiap pagi, anda bisa mengubah kebiasaan tersebut. Cobalah untuk bangun 1 hingga 2 jam lebih awal. Apalagi beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Semoga kita semua dipanjangkan umurnya supaya bisa berjumpa dengan Ramadhan ya. Amiin.

Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk melatih bangun tidur lebih awal. Sebelum sahur, anda bisa bangun lebih dulu. Jika anak-anak belum ikut serta untuk puasa, anda bisa memaksimalkan waktu sahur untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Jadi, ketika anak-anak terbangun, mayoritas pekerjaan anda hari itu sudah terselesaikan. Anda bisa menikmati sisa hari yang ada dengan aktivitas dan tugas yang lain.

cara mudah bekerja dari rumah - catatan bunda

#3 Jaga Kesehatan Tubuh

Tips yang satu ini tidak kalah pentingnya untuk dilakukan. Kesehatan tubuh sangatlah penting. Apalagi saat wabah Virus Covid-19 seperti sekarang. Tubuh yang sehat akan memudahkan anda untuk menyelesaikan aneka pekerjaan di rumah.

Anda bisa lakukan berbagai gerakan olahraga. Banyak gerakan olahraga yang bisa dilakukan walaupun berada di rumah sekalipun. Ajak anak-anak dan pasangan anda di rumah untuk ikut serta. Aktivitas ringan seperti ini sangat bermanfaat untuk keluarga. Selain menyehatkan tubuh, kedekatan secara emosional antara orangtua dan anak akan lebih terjalin.

Selain olahraga, anda bisa jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Punya tips pilihan makanan dan nutrisi yang bergizi untuk keluarga di rumah? Kami persilakan share di kolom komentar yaa 😀

#4 Pilih Area Kerja yang Nyaman Di Rumah

Tips produktif di rumah berikutnya ialah dengan memilih area kerja. Aktivitas bekerja di rumah selama masa karantina seperti sekarang akan membutuhkan proses adaptasi. Termasuk penataan ruang di dalam rumah.

Anda bisa memilih area yang nyaman untuk menyelesaikan segala pekerjaan. Pusatkan segala peralatan yang anda butuhkan pada area tersebut. Pisahkan dari keperluan yang lain.

Pilih area di dalam rumah yang memiliki pencahayaan yang cukup. Selain itu, area khusus bekerja juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebisa mungkin, hindari memilih area bekerja di kasur atau tempat tidur. Biasanya, area ini akan beresiko menurunkan produktivitas kerja anda.

#5 Lengkapi Amunisi Pekerjaan

Salah satu distraksi saat bekerja dari rumah ialah seringnya mondar-mandir di dalam rumah. Fokus bisa berubah yang mengakibatkan pekerjaan makin lama selesainya. Seperti mondar-mandir mengambil minuman dan alat-alat untuk bekerja.

Oleh sebab itu, sebelum bekerja sebaiknya anda melengkapi segala peralatan yang dibutuhkan. Letakkan di sekeliling meja kerja anda. Jadi, saat sedang fokus mengerjakan, anda tidak perlu mondar-mandir untuk mengambil berbagai jenis barang.

panduan supaya tetap produktif dan menghasilkan di rumah - catatan bunda 2020

#6 Kerjakan Tugas yang Berat di Awal Hari

Kita sadari bersama, daya tahan tubuh kita ada batasnya. Termasuk dalam mengerjakan sebuah tugas di rumah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengaturan skala prioritas saat melakukan WFH (work from home).

Satu tips produktif di rumah ialah kerjakan tugas yang berat di awal hari. Tenaga tubuh saat bangun tidur di pagi hari tentu berbeda saat hari sudah malam. Tubuh lebih terasa segar saat pagi hari. Saat tubuh sedang fit, anda bisa kerjakan tugas dengan beban yang lebih tinggi. Misalnya pekerjaan dengan deadline terdekat, target tulisan dengan jumlah kata terbanyak, job video animasi dengan konsep paling rumit, dan sebagainya.

#7 Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik dan tips yang satu ini kami dapatkan dari salah satu sahabat sekaligus guru kami. Namanya teknik pomodoro. Anda bisa menggunakan teknik ini sebagai salah satu tips produktif di rumah.

Konsepnya seperti ini. Dalam satu rentang waktu, anda fokuskan untuk mengerjakan sebuah target, sementara sisa waktunya gunakan untuk istirahat sejenak. Selesai istirahat, anda lanjutkan lagi pekerjaan anda.

Ilustrasinya seperti ini. Misalkan anda menetapkan rentang waktu untuk fokus selama 30 menit untuk satu kloter. Nah, dari rentang waktu 30 menit, anda gunakan 25 menit untuk fokus menyelesaikan orderan, tugas, dan pekerjaan. Tanpa gangguan, tanpa interupsi. Sementara 5 menit sisanya gunakan untuk istirahat, minum air, melihat smartphone dan relaksasi lainnya.

Selesai waktu istirahat 5 menit, anda bisa melanjutkan ke kloter yang kedua. Rentang waktunya sama. 25 menit fokus bekerja, 5 menit istirahat. Begitu seterusnya hingga satu pekerjaan anda selesai.

Rentang waktunya bisa anda sesuaikan sendiri. Kemampuan fokus kita berbeda-beda. Jika sudah terlatih, anda bisa mengerjakan dengan rentang lebih lama. Sebagai permulaan, anda bisa melatih dengan rentang waktu yang lebih singkat.

persiapan untuk beraktivitas di rumah bersama keluarga - catatan bunda

#8 Hindari Gangguan

Salah satu tantangan bekerja dari rumah ialah akan muncul banyak gangguan. Definisi gangguan di sini ialah hal-hal yang berpotensi mengganggu penyelesaian sebuah tugas atau pekerjaan anda. Bentuknya bisa bermacam-macam.

Ada gangguan yang berasal dari smartphone atau browser anda. Seperti aktivitas tidak produktif saat menonton video random di Youtube, kecanduan untuk scroll media social seperti Facebook dan Instagram. Ada lagi distraksi pekerjaan yang muncul dari keluarga. Seperti saat anak-anak yang menghampiri untuk mengajak bermain. Hal seperti ini sudah biasa dihadapi saat bekerja di rumah.

Oleh sebab itu, tips produktif di rumah ialah anda harus bisa beradaptasi dengan hal tersebut. Temukan cara untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Setelah selesai, anda bisa kembali bermain dengan anak dan menikmati aktivitas di rumah bersama keluarga.

#9 Jaga Keseimbangan Hidup

Prinsip dan tips produktif di rumah ialah dengan menerapkan keseimbangan dalam hidup. Tanggungjawab di pekerjaan memang menuntut untuk diselesaikan. Akan tetapi, tidak boleh melupakan tanggungjawab untuk mendampingi anak-anak dan keluarga.

Oleh sebab itu, seluruh rangkaian tips yang kami sampaikan di sini sangatlah penting. Mulai dari menyusun jadwal dan to do list harian, membiasakan bangun lebih awal, dan seterusnya. Hidup anda sekeluarga saat aktivitas di rumah selama wabah Corona akan lebih baik dan seimbang.

Demikianlah 9 tips produktif di rumah yang bisa anda praktekkan. Semoga ulasan sederhana kali ini memberi manfaat selama kita berada dalam periode karantina. Doa dari kami supaya Allah SWT menyelamatkan Indonesia dari virus Corona. Semoga wabah ini cepat berlalu dan seluruh keluarga tercinta sehat-sehat selalu.

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak. Sampai ketemu pada tips dan cerita kami lainnya 😀

(Visited 54 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?