Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Tips Optimasi Profil Instagram, Banjir Follower Bukan Impian Belaka

Halo, kali ini keluarga Catatan Bunda mau sharing seputar tips optimasi profil Instagram dengan cara yang mudah. Bahkan emak-emak pun pasti bisa mempraktekkannya. Ya, Instagram merupakan salah satu platform favorit banyak orang di dunia. Mulai dari yang menggunakan akun Instagram secara individu hingga untuk mengembangkan bisnis online. Anda termasuk yang mana?

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar di dunia. Peringkat pertama masih diduduki oleh Amerika Serikat dengan 110 juta pengguna lebih. Pada peringkat berikutnya ada negara Brazil (70 juta pengguna) dan India dengan 69 juta pengguna. Indonesia duduk di peringkat keempat dengan 59 juta pengguna Instagram.

Ada banyak unsur yang terdapat di dalam Instagram. Jika anda bisa menggunakannya dengan maksimal, sudah pasti akun Instagram akan terus bertumbuh. Untuk anda yang memiliki toko online, follower besar bisa menjadi sumber orderan yang banyak. Tidak hanya itu, akun besar juga bisa menjadi sumber membuka jasa paid promote di Instagram.

Salah satu bagian yang harus mendapat perhatian ekstra ialah area profil Instagram. Area ini menjadi salah satu pintu untuk menarik orang lain untuk menjadi follower akun Instagram anda.

Apa saja tips optimasi profil Instagram? Dalam kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk sedikit membahasnya untuk anda. Selamat mengikuti 😀

tips optimasi profil instagram supaya banjir follower - catatan bunda

Tips Optimasi Profil Instagram Supaya Banjir Follower

Setiap para pengguna Instagram tentu mendambakan memiliki akun dengan follower besar. Mulai bermunculanlah berbagai teknik untuk menambah jumlah follower. Ada banyak cara dan strategi untuk menambah follower di Instagram baik secara organik maupun berbayar.

Akan tetapi, sebelum masuk ke dalam berbagai strategi tersebut, anda harus memperhatikan profil atau bio Instagram anda sendiri. Lakukan evaluasi dan tanyakan pada diri anda sendiri. Apakah bio Instagram anda sudah optimal? Apakah sudah menarik perhatian orang lain untuk follow akun Instagram anda?

Ada beberapa tips optimasi profil Instagram yang bisa dilakukan. Pastikan profil bio Instagram anda bisa mencuri perhatian dan membuat orang lain tertarik untuk follow akun Instagram. Yuk kita mulai pembahasannya. Semoga bisa bermanfaat bagi semua pembaca setia Catatan Bunda 😀

Pemilihan Username Instagram

Username ini kelihatannya sepele. Akan tetapi, memiliki peran yang sangat penting. Ketika sedang scroll timeline Instagram, yang akan muncul ialah username Instagram anda, bukan nama asli akun anda. Oleh sebab itu, rencanakan baik-baik dalam memilih username Instagram.

Username Instagram memang bisa diubah. Jika sudah sangat terdesak untuk mengganti nama akun, anda bisa menggunakan opsi yang satu ini. Akan tetapi, nama yang unik belum tentu tersedia, lho. Bisa jadi sudah dipilih dan digunakan oleh pengguna Instagram yang lain.

Saat memilih username, faktor paling penting ialah gunakan nama yang singkat dan jelas. Usahakan nama yang dipilih bisa menggambarkan identitas anda. Baik identitas pribadi maupun nama brand usaha anda.

Beberapa tips optimasi profil Instagram dalam kaitannya dengan bab username Instagram ialah sebagai berikut:

  • Hindari nama alay dan sulit dibaca, contoh: @sayangx, @aquwh, dsb;
  • Hindari penggunaan emoji di dalam username
  • Hindari pemakaian terlalu banyak angka, contoh: @akunlucu187654
  • Hindari penggunaan tanda baca underscore di awal atau akhir username, contoh: @_namaakun , @namaakun_
  • Hindari pemakaian terlalu banyak tanda baca di dalam username, contoh: @nama_._akun_instagram

Ada banyak manfaat dalam memilih username yang singkat dan jelas. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Mudah diingat oleh follower;
  • Terkesan lebih profesional di mata followers dan calon followers;
  • Memudahkan akun lain untuk berinteraksi dengan akun Instagram anda, contohnya saat membalas komentar, mention, mengirim pesan, hingga TAG akun.

Selain nama pribadi maupun brand usaha, banyak akun Instagram yang menggunakan kata kunci tertentu. Hal ini bisa menjadi pertimbangan lebih bagi anda saat memilih username Instagram. Tujuan username tipe ini ialah supaya akunnya mudah ditemukan saat pengguna lain mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian Instagram. Selain full menggunakan kata kunci, anda bisa melakukan kombinasi. Anda bisa menggabungkan kata kunci dengan nama brand yang anda miliki.

Contohnya seperti dalam gambar di bawah ini:

pentingnya kata kunci saat optimasi instagram - catatan bunda

pemilihan nama akun instagram dengan kata kunci khusus - catatan bunda

Pilih Foto Profil Terbaik

Foto profil Instagram memiliki peran yang sangat penting. Saat berada di timeline followers, foto profil Instagram anda memang terlihat kecil. Oleh sebab itu, anda harus “membantu” followers anda. Bagaimana caranya? Pilihlah foto profil yang jelas dan mudah dikenali oleh follower, walaupun dalam ukuran kecil sekalipun.

Akun Pribadi

Untuk akun Instagram pribadi, anda bisa memilih foto profil dengan tipe berikut ini:

  • Close up (zoom ke wajah);
  • Warna cerah dan tajam;
  • Terlihat senyuman dan ekspresi ramah;
  • Ada kontak mata pada orang yang melihat foto tersebut;

Dengan karakteristik foto seperti itu, akun instagram anda akan terkesan ramah. Kesan tersebut akan membantu mempengaruhi orang lain untuk follow akun Instagram anda.

Akun Bisnis / Toko Online / Komunitas

Tipe akun berikutnya ialah akun bisnis, toko online, komunitas, dan sejenisnya. Pada seperti ini, anda bisa menggunakan logo atau lambang merk bisnis atau komunitas anda. Usahakan lambang, logo dan tulisan nama bisa terlihat dengan jelas dan terbaca.

Tips lainnya, gunakan foto profil yang serupa di berbagai platform media sosial dan website. Contohnya, penggunaan logo yang sama di website, Facebook Fanpage, Instagram, dan channel Youtube. Dengan demikian, netizen bisa lebih mengenali dan hapal terhadap toko online atau komunitas anda ketika bertemu di berbagai platform media.

Optimalkan Nama Instagram

Tips optimasi profil Instagram berikutnya ialah di area nama Instagram. Area yang kami maksud di sini berbeda dengan username ya. Kita bisa mendengar berbagai istilah untuk area yang satu ini, mulai dari nama Instagram, tagline Instagram, hingga headline instagram. Nama Instagram yang kami maksud ialah area dengan TEKS TEBAL yang terletak di atas bio / deskripsi profil Instagram.

Area nama Instagram memiliki jumlah karakter yang terbatas. Anda hanya bisa memakai 30 karakter untuk mengisi area ini. Oleh sebab itu, gunakan dengan sebaik-baiknya. Pilih kata-kata anda dengan kosakata yang mewakili akun Instagram anda.

Contohnya:

  • Inspirasi Desain Rumah
  • Professional Makeup Artist
  • Toko Hijab Muslimah Terbaik
  • Dsb

Anda memang bisa memasukkan nama asli di dalam space tersebut. Apabila brand dan nama anda sudah dikenal banyak orang, anda bisa menggunakan nama asli untuk mengisi nama Instagram. Apabila masih baru mulai dan proses merintis, alangkah lebih baik jika memakai kata kunci. Pemilihan kata kunci yang tepat akan membantu akun Instagram anda lebih mudah ditemukan lewat kolom pencarian.

Untuk mengisi kolom nama Instagram, tipsnya sangat mudah. Ada satu pertanyaan yang bisa membantu anda untuk mengisinya.

Skill / Produk / Jasa apa yang menjadi keahlian utama anda?

Tuliskan dan rangkai jawabannya di dalam 30 karakter saja. Jika sudah, langsung masukkan ke kolom nama Instagram.

Optimalkan Deskripsi Bio Instagram

Kini kita menuju ke tips optimasi profil Instagram berikutnya. Setelah mengoptimasi area nama / heading / tagline, giliran area deskripsi yang harus anda optimalkan. Pada deskripsi bio, anda memiliki jatah hingga 150 karakter.

Beri penjelasan singkat, padat, dan jelas mengenai benefit yang anda berikan pada orang lain. Dengan benefit tersebut, orang menjadi rela untuk follow akun Instagram anda. Ingat, orang lain tidak peduli siapa anda. Orang lain hanya akan memberi perhatian (follow akun Instagram anda) jika mereka mendapatkan manfaat / benefit dari anda. Jadi, tidak perlu bertele-tele saat menuliskan deskripsi pada bio Instagram. Tuliskan bio Instagram yang menarik, deskriptif, dan informatif dari sudut pandang orang lain yang membaca.

Tips lainnya, anda bisa menggunakan bullet atau poin-poin untuk menjelaskan profil akun Instagram. Dengan demikian, penjelasannya bisa terfokus dan jelas untuk dibaca oleh follower maupun (calon) follower.

Beberapa contoh penerapannya ialah sebagai berikut:

contoh profil instagram yang sudah dioptimasi - catatan bunda

Tips sederhana lainnya masih berhubungan dengan terbatasnya karakter di deskripsi bio Instagram. Anda bisa mengganti kata-kata tertentu dengan simbol. Seperti kata-kata nomor HP / Whatsapp dengan logo telepon, kata email dengan logo amplop surat, dan sebagainya. Sederhana, tetapi sangat berguna untuk membuat deskripsi profil Instagram semakin padat dan jelas.

Tips berikutnya ialah gunakan kalimat ajakan atau call to action. Tujuannya bisa untuk mengajak orang untuk follow akun Instagram anda. Tujuan lainnya akan terkait dengan mengoptimalkan link website pada profil Instagram. Tidak lain untuk mengajak orang lain untuk KLIK LINK WEBSITE yang tercantum di profil akun anda.

Contoh penggunaan kata-katanya antara lain:

  • Follow untuk mendapat inspirasi desain rumah impian untuk keluarga;
  • KLIK LINK di bawah untuk daftar menjadi reseller Toko kami;
  • KLIK LINK berikut untuk download tips kesehatan GRATIS;
  • Ingin di-repost? Gunakan hashtag #namaakun di postinganmu;
  • Dll

contoh optimasi profil instagram - catatan bunda

Tips Optimasi Profil Instagram – Gunakan Link Website

Tips optimasi profil Instagram selanjutnya ialah memaksimalkan link website. Link ini bisa anda temukan saat melakukan “edit profile”. Jangan sampai area ini tidak anda manfaatkan. Link website ini memiliki banyak manfaat. Beberapa contoh penggunaannya ialah sebagai berikut:

  • Menunjukkan alamat blog atau website anda;
  • Meletakkan link tulisan terbaru di blog;
  • Meletakkan link toko online;
  • Meletakkan landingpage promosi produk / jasa terbaru;
  • Meletakkan link channel Youtube anda;
  • Meletakkan link whatsapp anda;
  • Dan lain-lain.

Banyak sekali ya kegunaannya? Oleh sebab itu, jangan sia-siakan area link website di profil Instagram anda. Area link website ini merupakan satu-satunya bagian Instagram yang bisa di-KLIK untuk menuju ke sebuah halaman website.

Anda bisa mengarahkan follower untuk pergi keluar dari Instagram melalui link website tersebut. Toko online anda bisa kebanjiran order dari customer, blog anda bisa mendapatkan tambahan traffic referral dari Instagram, hingga channel Youtube anda punya peluang untuk bertambah subscribernya. Hanya dengan teknik optimasi instagram memanfaatkan area yang satu ini.

Cukup lakukan copy paste link yang ingin anda share dan letakkan link tersebut di profil Instagram. Tips optimasi profil Instagram yang mudah dan sederhana. Akan tetapi, bisa memberikan manfaat yang sangat besar jika bisa dioptimalkan.

Konsistensi adalah Koentji – Tips Optimasi Profil Instagram

Jika semua persiapan sudah selesai, anda bisa mulai mengisi Instagram dengan konten-konten terbaik. Salah satu kunci supaya akun Instagram bisa tumbuh dan berkembang ialah rutin melakukan posting. Konsistensi adalah koentji.

Kami juga sudah membuktikannya sendiri. Ketika konsistensi hilang, maka kondisi akun Instagram ikutan amburadul. Padahal hanya absen untuk melakukan posting beberapa hari saja. Interaksi di akun Instagram menurun, jangkauan dari tiap postingan menurun drastis, hingga ujungnya follower berkurang. Usaha untuk mempraktekkan tips optimasi profil Instagram pun menjadi sia-sia karena tidak rutin melakukan update konten.

Kami paham, setiap orang memiliki kesibukan tersendiri. Belum tentu setiap dari anda bisa menyempatkan waktu setiap hari untuk posting konten foto maupun video ke Instagram. Demikian juga dengan kami. Tugas dan kewajiban sehari-hari sudah sangat menyita waktu. Mulai dari pekerjaan hingga kewajiban kami sebagai orangtua dalam mendampingi anak-anak.

Untungnya, kami menemukan Virol. Salah satu fiturnya sangat membantu kami untuk mengelola akun Instagram. Fitur yang kami maksud ialah fitur untuk menjadwalkan postingan di Instagram (baca: post scheduling).

Bagi yang belum tahu, Virol merupakan satu tools andalan kami untuk mengelola Instagram. Fitur menjadwalkan postingan sangat bermanfaat. Kami bisa menjadwalkan postingan di akun Instagram dengan sangat fleksibel. Mau jadwal postingan 1 hari, 2 hari bahkan hingga beberapa bulan ke depan juga sangat bisa. Fitur jadwal post di Virol bisa digunakan untuk menjadwalkan foto maupun video.

Manfaatnya akan sangat terasa ketika kami sedang sangat sibuk. Laptop maupun smartphone tidak bisa dipegang terus menerus. Foto dan video bisa terposting pada waktu yang kami inginkan. Repotnya hanya pada saat melakukan proses penjadwalan saja. Setelah itu selesai, maka akun Instagram bisa kami tinggalkan.

Akun Instagram yang rutin melakukan posting tentu akan lebih disukai follower. Hal ini bisa mendukung tips optimasi profil Instagram yang sudah anda pelajari di atas. Para follower bisa merasakan manfaat dari postingan akun Instagram yang sudah difollow. Follower bisa lebih yakin jika akun Instagram yang difollow rutin melakukan posting setiap hari. Tidak seperti akun Instagram yang postingnya hilang timbul. Sehari posting, sehari libur. Tidak ada konsistensi dari pemilik akun.

Hasilnya pun sudah kami rasakan sendiri. Seperti beberapa akun Instagram yang kami kelola dan terus dioptimasi hingga saat ini. Follower pada akun Instagram kami terus bertambah. Cek gambar di bawah.

hasil optimasi akun instagram banjir follower - catatan bunda

Untuk mengenal Virol lebih jauh, anda bisa kunjungi halaman berikut ini:

Info lengkap VIROL – KLIK DI SINI

Terimakasih sudah berkenan menyimak sharing tips optimasi profil Instagram ala Catatan Bunda. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Nantikan sharing dan petualangan keluarga berikutnya di blog kami ya. Sampai ketemu pada kesempatan selanjutnya 😀

(Visited 211 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda