Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan Bersama Keluarga

Dalam cerita kali ini kami coba sharing beberapa tips mudik lebaran. Beberapa hari lagi menjelang hari raya Idul Fitri. Bagi umat muslim Indonesia, waktu lebaran merupakan satu momen yang sangat berharga.

Sebuah peristiwa tahunan yang identik dengan pulang kampung. Momen untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.

Sebentar lagi di televisi, kita akan melihat berita dan liputan mengenai arus mudik hingga arus balik lebaran dari berbagai stasiun televisi. Jika anda termasuk salah satu pemudik, kami doakan perjalanan anda selalu lancar dan diberikan keselamatan.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk berangkat mudik. Apa saja tips mudik lebaran dengan nyaman? Kali ini kami akan sharing beberapa tips sederhana untuk anda. Semoga cerita sederhana kali ini bermanfaat.

tips mudik lebaran bersama keluarga - catatan bunda

Tips Mudik Lebaran Bersama Keluarga

Tradisi mudik atau pulang kampung saat Idul Fitri sudah menjadi kegiatan wajib bagi banyak orang. Apakah anda salah satu diantaranya? Jika iya, maka anda tepat sekali menikmati ulasan tips mudik lebaran dengan aman dan nyaman kali ini.

Sebelum berangkat mudik, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Hal ini disebabkan kita akan bepergian jauh dari rumah dalam waktu yang lama. Tentunya para pemudik harus mempersiapkan segala perlengkapannya supaya nyaman dalam perjalanan.

Yuk kita ikuti cerita selengkapnya mengenai tips mudik lebaran ke kampung halaman dengan aman dan nyaman. Selamat menikmati ya ๐Ÿ˜€

#1 Pilih Moda Transportasi

Tujuan mudik tiap orang akan berbeda. Mulai dari yang mudik ke Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan berbagai tujuan di Indonesia. Dengan beraneka ragamnya tujuan mudik, maka otomatis pilihan moda transportasi juga bermacam-macam.

Ada moda transportasi darat, laut, hingga udara. Tips mudik lebaran yang pertama bagi anda ialah pilih moda transportasi yang akan anda gunakan saat mudik. Pertimbangkan berbagai hal, baik positif hingga negatif dari pilihan anda.

Demikian halnya bagi anda yang akan pulang memakai kendaraan pribadi seperti mobil. Akan ada banyak pertimbangan saat memilih mobil. Beberapa diantaranya ialah lebih praktis dan fleksibel saat perjalanan, lalu saat di kampung halaman bisa lebih leluasa saat jalan-jalan, dan berbagai faktor lainnya.

Nah, apa pertimbangan anda saat memilih moda transportasi untuk mudik lebaran?

#2 Servis Kendaraan Sebelum Mudik

Tips mudik lebaran yang aman selanjutnya ditujukan bagi anda yang membawa kendaraan pribadi. Sebelum anda pulang kampung, pastikan kendaraan anda berada dalam keadaan yang fit dan prima. Lakukan servis kendaraan sebelum mudik.

Suami pun demikian. Ketika mau bepergian keluar kota, baik itu mudik lebaran atau waktu lainnya, selalu menyempatkan untuk servis mobil. Bukan apa-apa, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Servis mobil bisa dilakukan kapan saja. Waktunya bisa anda sesuaikan dengan kesempatan yang anda miliki. Bisa 3 minggu atau 4 minggu sebelum mudik lebaran. Jika khawatir terlalu mepet, anda bisa lakukan tips mudik lebaran ini 2 bulan sebelum anda pulang kampung.

#3 Atur Barang Bawaan

Namanya mudik, biasanya banyak barang yang harus dibawa. Mulai dari pakaian hingga oleh-oleh untuk keluarga. Oleh-oleh pun bisa bermacam-macam jenisnya. Ada yang membawa buah tangan berupa pakaian, ada pula yang berbentuk makanan atau cemilan.

Semua barang tersebut harus anda atur supaya mudah saat anda bawa mudik. Tips mudik lebaran dengan nyaman ialah buat daftar barang bawaan. Rencanakan kegiatan keluarga selama di kampung halaman, tempat wisata apa saja yang mau dikunjungi, pihak keluarga mana yang mau didatangi, dan lain-lain.

Dengan merencanakan aktivitas keluarga secara jelas, maka anda bisa mengatur barang bawaan. Mana yang penting untuk dibawa mudik dan mana yang tidak. Anda bisa pilih dengan leluasa.

Pilihan moda transportasi juga akan mempengaruhi bawaan anda. Bila anda bawa kendaraan sendiri, anda bisa membawa barang lebih banyak. Beda halnya bila anda mudik memakai kendaraan umum seperti kereta api, bus, hingga pesawat terbang. Anda harus lebih โ€œketatโ€ saat memilih barang bawaan.

Jika anda membawa kendaraan pribadi, kecerdikan saat menata barang pun sangat menentukan. Penataan yang rapi dan terstruktur membuat perjalanan makin mudah. Anda bisa pisahkan mana barang yang akan digunakan selama perjalanan dengan yang tidak digunakan.

Barang yang tidak digunakan bisa diletakkan pada bagasi yang paling bawah. Sedangkan, perlengkapan selama perjalanan bisa diletakkan di bagian atas bagasi. Sehingga saat berhenti sejenak, anda bisa mengambilnya dengan mudah. Anda tidak perlu mengacak-acak seluruh bagasi untuk menjangkau bagian bawah.

Oke, sampai sini ada bayangan? Segera lakukan tips mudik lebaran ini ya. Catat daftarnya di smartphone anda.

tips mudik lebaran naik pesawat terbang - catatan bunda

#4 Berangkat Mudik Lebih Awal

Tips mudik lebaran berikutnya sangat penting untuk anda. Dari tahun ke tahun, jumlah pemudik semakin banyak. Itu tandanya kepadatan di sepanjang jalur mudik akan semakin tinggi.

Apalagi jika anda berangkat mudik di waktu yang mepet. Misalkan di H-3 hingga H-1 Idul Fitri. Tentu kondisi jalan akan semakin padat. Resiko anda terjebak kemacetan akan lebih besar.

Seperti yang kami alami beberapa tahun yang lalu. Kami terjebak kemacetan parah dalam perjalanan mudik ke Semarang. Akibatnya perjalanan jadi sangat molor, anak kami pun kelelahan. Bagaimana solusinya?

Anda bisa menjadwalkan untuk mudik lebih awal. Misalnya H-5 atau H-7 lebaran. Biasanya jalanan akan lebih bersahabat. Terminal, bandara atau stasiun kereta api belum terlalu padat oleh pemudik. Perjalanan mudik akan lebih terasa nikmatnya saat anda tidak terjebak dalam kepadatan yang luar biasa.

Bagi anda yang mudik memakai kendaraan umum, anda bisa memesan tiket perjalanan lebih awal. Dengan memesan lebih awal, harga tiket belum terlalu tinggi. Selain itu, tidak terlalu berebutan dengan penumpang lain jika dibandingkan keberangkatan pada H-3 hingga H-1 idul fitri. Anda pun bisa memilih tempat duduk yang lebih nyaman.

Apakah anda kali ini mudik memakai pesawat terbang? Bila iya, anda bisa simak tips sederhana saat naik pesawat membawa anak-anak saat pergi ke Pekanbaru beberapa waktu yang lalu. Semoga pengalaman singkat tersebut bisa bermanfaat buat para pembaca.

#5 Pakai Baju yang Nyaman

Perjalanan pulang ke kampung halaman bisa membutuhkan waktu yang panjang. Dalam perjalanan, kita tentu ingin selalu merasa nyaman. Baik saat di kendaraan ataupun saat berhenti sejenak untuk beristirahat.

Tips mudik lebaran berikut ini mudah sekali untuk anda terapkan. Tipsnya ialah gunakan pakaian yang nyaman selama perjalanan. Baik pakaian untuk dewasa maupun pakaian untuk anak-anak. Tidak perlu memakai pakaian yang rumit saat perjalanan.

Terkadang kombinasi celana pendek dan kaos oblong pun sudah sangat nyaman untuk anak dan suami saat perjalanan. Saat perlu berhenti sejenak untuk sholat, cukup membawa sarung atau baju gamis panjang. Begitu selesai sholat, sarung atau baju gamis tinggal dibuka kembali. Mudah dan praktis. Perjalanan pun bisa dilanjutkan kembali tanpa perlu kerepotan dengan pakaian.

#6 Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat

Badan yang bugar merupakan faktor penting saat perjalanan mudik ke kampung halaman. Tips mudik lebaran berikutnya ialah pastikan istirahat anda cukup sebelum keberangkatan. Hindari kegiatan tidak perlu sebelum mudik. Prioritaskan kebutuhan tubuh anda untuk istirahat.

Apalagi bila anda menyetir mobil sendiri. Pastikan tubuh bugar dengan istirahat yang cukup. Dengan tubuh yang bugar, maka perjalanan akan lebih nyaman bagi anda dan para penumpang.

Paksakan diri untuk tidur lebih awal sebelum anda pergi mudik. Hindari begadang saat malam hari atau kegiatan tidak bermanfaat lainnya. Anda pastinya ingin berada pada kondisi tubuh yang bugar saat memulai perjalanan mudik ke kampung halaman.

#7 Bawa Bekal Makanan

Di tengah perjalanan mudik, rasa lapar bisa mendatangi. Baik pada orang dewasa maupun pada anak. Akan tetapi, pemudik belum tentu menemukan tempat makan dengan mudah.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda mempersiapkan tips mudik lebaran yang satu ini. Anda bisa mempersiapkan sejumlah makanan. Baik itu makanan utama atau cemilan.

Ketika anak-anak lapar atau mulai bosan, anda bisa berikan makanan kecil. Banyak sekali fungsi jajanan ringan ini. Selain fungsinya untuk menghambat rasa lapar, anda bisa mengalihkan rasa bosan anak-anak.

Selain itu, saat arus mudik dan arus balik biasanya akan sangat padat. Tidak jarang anda akan terjebak dalam kemacetan. Jadi, makan di dalam kendaraan menjadi satu opsi yang praktis ketika anda terjebak kemacetan arus mudik atau arus balik.

Mempersiapkan bekal makanan juga tidak memerlukan waktu yang lama. Pilih makanan yang mudah dan cepat dimasak saja. Sedangkan untuk cemilan, anda bisa beli di minimarket yang ada di dekat rumah. Selain itu, anda bisa memilih cemilan berupa buah-buahan. Bisa anda beli di pasar terdekat atau supermarket.

#8 Siapkan Hiburan untuk Anak

Perjalanan panjang saat mudik lebaran bisa memunculkan rasa bosan. Apalagi jika anda membawa anak-anak. Bila anak sudah bosan, maka bisa mulai rewel dan teriak-teriak di mobil.

Nah, hal tersebut pastinya akan membuat tidak nyaman. Apalagi jika anda konsentrasi menyetir mobil sendiri. Bila anda naik kendaraan umum seperti kereta api, anda bisa ikuti beberapa tips naik kereta saat membawa anak-anak. Pengalaman sederhana untuk mengusir rasa bosan, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang mau mudik.

Tips mudik lebaran berikutnya ialah persiapkan hiburan sederhana untuk anak selama perjalanan. Anda bisa siapkan beberapa mainan anak, buku bacaan, hingga tontonan menarik. Simpan file video tersebut di dalam USB flashdisk. Lalu anda bisa tonton bersama anak di layar mobil anda.

barang bawaan mudik - catatan bunda

#9 Istirahat Saat Lelah

Kelelahan merupakan satu hal fatal bila anda acuhkan. Apalagi bila anda menyetir kendaraan sendiri. Perjalanan mudik akan menguras tenaga anda.

Oleh sebab itu, tips mudik lebaran selanjutnya ialah ketahui batas tenaga anda. Saat menyetir lalu mulai muncul rasa lelah, maka wajib bagi anda untuk beristirahat. Berhenti sejenak di tempat yang aman, lalu anda bisa tidur. Anda bisa beristirahat setelah 2 โ€“ 3 jam berkendara.

Waktu tidur pun tidak perlu terlalu lama. Terkadang 15 menit tidur pun sudah cukup untuk memulihkan tenaga. Setelah anda beristirahat, anda bisa melanjutkan kembali perjalanan mudik anda. Jangan paksakan diri ya, jaga keamanan seluruh anggota keluarga anda selama perjalanan.

#10 Sumber Tenaga Cadangan di Kendaraan

Perjalanan panjang saat mudik memiliki banyak dampak. Salah satunya ialah kebutuhan tenaga untuk smartphone anda. Petunjuk jalan yang ditunjukkan lewat smartphone akan sangat membantu para pemudik. Misalkan saat anda ingin memilih rute mana yang tidak macet.

Nah, dengan kebutuhan tenaga yang besar, tips mudik lebaran selanjutnya ialah mempersiapkan sumber tenaga cadangan di mobil. Anda bisa membawa power bank. Selain itu, anda bisa membawa kabel colokan yang dilengkapi dengan adaptor khusus.

Gunakan sumber tenaga itu saat diperlukan. Hal tersebut akan menghemat waktu perjalanan. Anda tidak perlu repot-repot berhenti hanya untuk mencari tempat untuk mengisi daya baterai smartphone. Kami pernah membeli adaptor khusus ini di ACE Hardware terdekat. Beli sekali, pakainya bisa bertahun-tahun.

Anda punya rekomendasi untuk adaptor khusus di mobil? Silakan share di kolom komentar ya ๐Ÿ˜€

Jika anda mudik naik kereta api, jangan khawatir. Kini di kereta api sudah tersedia colokan kabel di setiap baris tempat duduk. Oleh sebab itu, tidak perlu risau saat daya baterai akan habis.

Simak juga ya cerita kami mengenai panduan sederhana saat naik kereta api bersama anak.

#11 Utamakan Keselamatanย 

Kita semua ingin bertemu keluarga saat hari raya Idul Fitri. Oleh sebab itu, para pemudik rela bermacet-macetan di jalan dan berdesak-desakan supaya bisa sampai ke kampung halaman. Saat melakukan perjalanan, para pemudik sering tergoda untuk memacu kendaraannya secepat mungkin.

Padahal, resiko kecelakaan bisa semakin besar jika anda mengebut. Belum lagi jika bertemu bus yang membawa penumpang. Masih banyak supir bus yang membawa bus secara ugal-ugalan. Apakah anda sering menemukan supir seperti itu?

Jika iya, maka anda perlu praktekkan tips mudik lebaran berikut ini. Anda harus prioritaskan keselamatan. Lebih baik kita mengalah pada pengemudi semacam itu. Pasti muncul rasa jengkel pada pengemudi tersebut. Akan tetapi, percuma saja jika dipikirkan terus menerus. Lebih baik fokus pada perjalanan mudik anda, cari jalur yang lebih aman supaya tujuan berkumpul dengan keluarga bisa tercapai.

Mudah-mudahan para pengelola angkutan umum bisa lebih profesional lagi. Memastikan para pengemudinya lebih bertanggungjawab saat berada di jalanan.

#12 Persiapkan Keamanan Rumah Selama Ditinggal Mudik

Berikutnya, tips mudik lebaran ini sangatlah penting. Anda perlu mempersiapkan tempat tinggal sebelum pergi pulang ke kota asal. Jika ada satpam yang berjaga di komplek perumahan, anda bisa meminta bantuan atau titip kunci rumah ada pada satpam komplek.

Alternatif lainnya, anda bisa minta bantuan tetangga sekitar rumah yang tidak mudik. Titip kunci rumah anda untuk sementara waktu. Minta bantuan pada tetangga untuk menjaga rumah bila terjadi hal darurat pada suatu waktu.

Anda bisa tunjukkan beberapa titik seperti saklar lampu, colokan kabel, hingga kompor yang ada di dapur. Hal-hal yang sekiranya beresiko saat ditinggal pergi. Jangan lupa, sebelum anda berangkat, pastikan anda sudah melakukan tips mudik lebaran yang satu ini.

Pastikan rumah sudah terkunci dengan baik, saklar lampu sudah dimatikan. Periksa juga colokan listrik yang tidak terpakai sudah dicabut. Jangan lupa untuk memeriksa kompor anda di dapur. Lepas regulator gas jika tidak dipakai selama mudik. Lakukan secara teliti dan pastikan semuanya sudah aman sehingga tidak terlalu merepotkan yang membantu anda menjaga rumah.

Minta bantuanlah pada tetangga atau satpam dengan sopan. Supaya tetangga dan pihak satpam bisa menerimanya dengan senang hati. Lalu, tips mudik lebaran yang terkait ialah berikan oleh-oleh ketika anda pulang kembali ke rumah. Berikan sebagai rasa ucapan terima kasih pada yang sudah membantu anda menjaga rumah selama mudik. Jangan sampai lupa ya ๐Ÿ˜€

#13 Lengkapi Dokumen

Selama anda pergi mudik, jangan sampai lupa pada tips mudik lebaran yang sangat sederhana ini. Periksa segala dokumen dan surat kelengkapan yang terkait dengan perjalanan. Mulai dari KTP, Surat Izin Mengemudi, hingga STNK mobil atau motor anda. Jangan sampai ketinggalan.

Jika perlu, anda bisa membawa buku servis kendaraan bermotor anda. Siapa tahu anda memerlukannya di tengah perjalanan mudik. Barangkali kendaraan anda rusak atau mogok di tengah perjalanan, anda bisa menggunakan buku servis tersebut untuk mencari informasi.

Pastikan dompet tidak tertinggal. Periksa kartu ATM, apakah sudah masuk di dalam dompet atau belum. Jika anda memiliki kartu BPJS atau asuransi sejenis, tidak ada salahnya untuk membawanya selama perjalanan. Antisipasi segala kemungkinan tidak ada salahnya, bukan?

#14 Bawa Obat-Obatan Keluarga

Perjalanan mudik yang melelahkan bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Bisa anda sendiri atau anggota keluarga. Oleh sebab itu, anda bisa praktekkan tips mudik lebaran berikut ini. Siapkan obat-obatan pribadi untuk anda dan anak-anak.

Anda bisa membeli obat-obatan ringan di apotek atau minimarket. Misalnya membeli obat sakit kepala, obat demam, obat batuk dan sejenisnya. Jika di perjalanan ada yang sakit, anda bisa langsung menggunakan obat tersebut untuk meredakan sakitnya.

Untuk anak-anak, biasanya kami membawa obat-obatan untuk demam atau batuk. Merk obat yang biasa kami gunakan ialah merk Sanmol. Bisa dibeli secara umum di apotik obat terdekat.

kumpul keluarga saat mudik - catatan bunda

Selamat Mudik Lebaran yaa ๐Ÿ˜€

Pada akhirnya, mudik ialah perjalanan untuk berkumpul kembali dengan keluarga. Kita semua ingin merasakan kegembiraan saat bertemu keluarga. Setelah sekian lama terpisah, akhirnya bisa dipertemukan kembali saat momen hari raya.

Kami sadar tulisan tips mudik lebaran kali ini masih sangat sederhana. Semoga bisa membantu perjalanan anda ke kampung halaman. Tahun ini kami tidak mudik ke Semarang atau ke Medan. Beberapa waktu lalu, kami kumpul keluarga di Duri, jadi kami anggap perjalanan tersebut sebagai “mudik lebih awal“. Kumpul dengan keluarga besar sudah dilakukan.

Idul Fitri kali ini kami sekeluarga akan berkumpul di rumah kami di Bandung. Jadi kami tidak akan merasakan perjalanan seru untuk mudik ke kampung halaman seperti teman-teman pembaca, hehehe ๐Ÿ˜€

Demikian ya ulasan sederhana mengenai tips mudik lebaran supaya aman dan nyaman. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di episode tulisan kami selanjutnya ya ๐Ÿ˜€

(Visited 146 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda