Tips Memilih Nama Domain, Optimasi Website Anda Bermula dari Sini

Bismillah, kali ini kami akan coba berbagi informasi tentang tips memilih nama domain. Ya, memilih nama domain termasuk persiapan yang harus anda perhatikan. Apalagi jika anda ingin membuat dan mengembangkan sebuah website.

Ada banyak tahap yang harus dilakukan untuk membuat sebuah website. Kami akan coba membahasnya secara bertahap ya. Pelan-pelan, supaya teman-teman yang belum pernah membuat website bisa mengikuti tahapannya secara rinci. Sebelum memulai, anda bisa mulai dengan membaca alasan memilih WordPress sebagai mesin website kami. Jika sudah, anda bisa lanjutkan dengan membaca tips memilih nama domain yang ada di artikel kali ini. Semoga panduan sederhana ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Mari kita mulai ulasannya.

Ingin konsultasi dan tanya jawab seputar website / toko online? Silakan bergabung dengan klik link di bawah ini:

Konsultasi Website

tips memilih nama domain untuk sebuah website - catatan bunda 2020

Persiapan Sebelum Membuat Website

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kita akan membahas definisinya. Apa sih yang dimaksud dengan website? Apa itu domain?

Jika diibaratkan dengan dunia offline, website ibarat rumah atau gedung yang anda miliki di dunia internet. Isi sebuah website bisa bermacam-macam, dalam hal ini kita lebih mengenalnya dengan sebutan konten. Sebuah website bisa menampung konten berupa tulisan, foto atau gambar, video, hingga file dengan format suara (audio).

Contohnya seperti apa? Mudahnya begini. Halaman yang sedang anda baca saat ini merupakan bagian dari sebuah website. Halaman ini berisi tulisan dan foto yang menampilkan informasi tertentu. Informasi yang disuguhkan bisa bermacam-macam, seperti pengumuman pemerintah tentang virus Corona di Indonesia. Sedangkan pada halaman lain, saya bisa mencantumkan berbagai jenis file yang lain untuk ditampilkan. Sampai sini paham? Kita teruskan yuk.

Berikutnya, apa yang dimaksud dengan domain?

Kita masih menggunakan analogi yang sama ya. Website ialah rumah, gedung, atau bangunannya. Sedangkan domain ialah alamat lengkap dari bangunan yang anda miliki di dunia internet.

Artinya, tamu atau pengunjung bisa menemukan dan mengakses rumah anda dengan cara khusus. Caranya ialah dengan mengetikkan alamat website (nama domain) anda di browsernya saat berselancar di internet. Jika di dunia offline, sebuah bangunan atau rumah bisa anda miliki dengan sebuah sertifikat hak milik. Dengan sertifikat ini, anda bisa menggunakan rumah selamanya. Tidak ada batasan waktu tertentu.

Aspek ini akan berbeda dengan dunia online. Kita bisa memiliki sebuah website dengan membayar biaya dalam jangka waktu tertentu. Bayar ke siapa? Kita bisa membeli “hak guna pakai” sebuah domain plus hosting untuk membangun website ke provider yang menyediakan. Biasanya, provider ini melayani pembelian domain dan hosting sekaligus.

Berapa lama hak guna pakainya? Bermacam-macam. Tergantung paket yang anda pesan. Untuk nama domain, lama waktu “hak guna pakai” ketika anda pesan ialah satu tahun. Bisa lebih lama, tergantung tiap provider. Sementara untuk hosting, bisa lebih bervariasi. Ada provider yang menawarkan paket penggunaan untuk 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, hingga 3 tahun.

Anda pun bisa memilih lokasi penyedia hostingnya. Mulai dari hosting Indonesia hingga hosting berkualitas yang berada di luar negeri.

Setelah waktunya habis, apakah masih bisa digunakan? Tentu bisa. Dengan catatan, anda membayar kembali biaya perpanjangan domain dan hostingnya. Sampai sini paham, teman-teman? Oke, kita lanjut ya.

gunakan domain profesional untuk website wordpress - catatan bunda 2020

Panduan Lengkap untuk Memilih Nama Domain yang Tepat

Dalam membuat website, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat. Termasuk saat akan memilih nama domain untuk website. Nama domain terdiri dari dua bagian besar yang perlu anda pilih.

Unsur pertama, ialah nama domain itu sendiri.

Unsur kedua, ialah ekstensi domain yang akan anda gunakan.

Contoh termudahnya ialah nama website kami: catatanbunda.com dan idekreator.com.

Nama “catatanbunda” dan “idekreator” merupakan nama domain yang kami pilih sebagai nama website. Sementara .com ialah ekstensi domain yang jadi pilihan kami untuk dijadikan nama domain website yang utuh. Ada banyak pilihan ekstensi domain untuk anda pilih. Anda bebas untuk memilih sesuai keinginan.

Nah, pemilihan nama domain ini agak unik. Jika sudah dimiliki oleh seseorang, anda tidak bisa menggunakan nama domain tersebut. Anda harus memilih nama domain yang lain. Jadi, nama domain ini unik ya, hanya bisa dimiliki oleh satu pemilik.

Sebagai contoh, kami sudah memiliki nama domain catatanbunda.com dan idekreator.com. Nah, anda bisa coba mengecek saat akan membeli nama domain. Ketikkan nama domain catatanbunda.com dan idekreator.com, maka akan muncul keterangan bahwa domain tersebut “not available”. Artinya, nama domain itu sudah dimiliki oleh orang lain. Anda bisa memutar otak untuk mencari nama domain yang lainnya.

Berapa biaya untuk membeli dan perpanjangan domain? Untuk biaya, harganya bervariasi. Tergantung dari ekstensi domain yang anda pilih. Kisaran harga domainnya antara Rp 100.000 – Rp 1 juta ke atas. Satu ekstensi domain paling popular ialah .com, harga regulernya di kisaran Rp 120.000 – 150.000 per tahun.

Pilihan ekstensi nama domain juga ada banyak. Mulai dari ekstensi .com, .net, .info, .org, .id, .co.id, dan lain sebagainya. Ekstensi terpopuler dan banyak digunakan memang .com. Jadi, anda bisa mulai dengan mencari domain dari ekstensi ini terlebih dahulu. Jika nama incaran anda di .com sudah tidak tersedia, anda bisa bergerak ke ekstensi domain yang lain.

Untuk menentukan nama website, berikut ini beberapa tips memilih nama domain. Mari kita ulas satu persatu.

Sesuaikan nama dengan isi website

Tips memilih nama domain yang pertama ialah sesuaikan nama website dengan isinya. Mau membuat website seputar tips masak? Mungkin anda bisa mempertimbangkan nama domain seperti tipsmasak.com, tutorialmasak.com, dan lain sebagainya. Saat membaca nama domain, pengunjung sudah terbayang konten seperti apa yang bisa mereka dapatkan dan pelajari di website anda.

Nama domain tidak terlalu panjang

Tips berikutnya untuk menentukan nama domain ialah tidak menggunakan nama domain yang terlalu panjang. Selain kurang menarik, nama domain website yang terlalu panjang akan sulit diingat oleh para pengunjung. Anda bisa gunakan satu hingga maksimal dua kata sebagai nama website.

Dalam contoh yang kami sampaikan, kami menggunakan dua kata yang singkat dan mudah diingat. Pada website ini, kami menggunakan kata catatan dan bunda. Sedangkan pada contoh website satu lagi, kami memilih kata ide dan kreator sebagai nama website.

Contoh nama website yang terlalu panjang: keluargacatatanbundaindonesia.com

Tidak disarankan menggunakan angka

Untuk membuat nama domain yang menarik, tips ini sangat penting untuk anda perhatikan. Sebisa mungkin, gunakan unsur nama yang terdiri dari huruf saja. Kami sangat menghindari nama domain yang memiliki unsur angka di dalamnya.

Contoh: catatanbunda2020.com

Pilih nama domain yang unik dan brandable

Tips memilih nama domain berikut ini sangat menantang sekaligus menarik. Menantang karena anda dituntut untuk berkreasi mencari istilah unik dan masih terkait dengan tema website yang anda rencanakan. Temukan istilah yang unik sekaligus mudah diingat. Akan tetapi, kosakata tersebut jangan sampai terdengar alay :p

Dulu, kosakata seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada tampak aneh jika digunakan sebagai sebuah nama. Akan tetapi, lihat kondisinya saat ini. Kami yakin, anda semua sudah mengenal nama-nama tersebut. Mau belanja online? Nama-nama tersebut pasti sudah ada di top of mind anda semua. Betul? 😀

Menggunakan nama pribadi

Satu tips lain menentukan nama website yang baik ialah menggunakan nama pribadi. Kontennya apa saja? Anda bisa menentukan sesuai dengan keinginan. Mulai dari cerita tentang hobi, pekerjaan, bisnis, hingga keahlian yang anda kuasai.

Pilih nama domain berdasarkan nama tempat

Tips memilih nama domain berikutnya cocok untuk anda yang ingin membangun website khusus. Tepatnya, website yang fokus utamanya menampilkan informasi lokal di kota dan daerah tertentu. Informasi yang dihadirkan lebih cocok bertema lokal. Contoh nama domainnya seperti infobandung.com, beritajakarta.com, kabarsemarang.com, dan lain sebagainya.

Tidak disarankan menggunakan tanda hubung

Tips selanjutnya dalam memilih nama domain ialah tidak menggunakan tanda hubung atau tanda baca lain. Mengapa? Tanda baca tersebut akan sangat menyulitkan dan terlihat kurang professional.

Contoh penerapan nama domainnya sebagai berikut:

catatan-bunda.com dan ide-kreator.com. Bandingkan dengan catatanbunda.com dan idekreator.com. Nama domainnya terlihat lebih baik tanpa tanda hubung, bukan?

Mudah diingat dan diketik

Tujuan kita mencari nama domain ialah memudahkan calon pengunjung website yang kita miliki. Termasuk di dalamnya ialah nama yang mudah diingat dan mudah untuk diketik. Walaupun istilah yang anda maksud memang ada, jika pengucapan dan pengejaannya sulit, lebih baik anda cari alternatif nama domain yang lain.

Gunakan domain name generator

Tips memilih nama domain berikut ini bisa anda gunakan jika anda bingung mau mulai dari mana? Anda bisa cari di Google dengan kata kunci “domain name generator”. Cara kerjanya sangat mudah. Anda tinggal masukkan satu kata yang menjadi kata kunci utama untuk nama domain pilihan. Selanjutnya, software tersebut akan menampilkan alternatif pilihan nama domain untuk anda pilih.

berpikir kreatif dan maksimalkan imajinasi untuk mencari nama domain - catatan bunda 2020

Kurang lebih demikian, cerita dan sharing sederhana mengenai tips memilih nama domain. Semoga bisa dipahami ya rangkaian tipsnya. Selain itu, semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari nama domain untuk pembuatan website.

Ingin konsultasi dan tanya jawab seputar website / toko online? Silakan bergabung dengan klik link di bawah ini:

Konsultasi Website

Intinya, anda dituntut untuk berpikir kreatif dan out of the box dalam mencari nama domain idaman. Mengapa? Biasanya nama domain dengan ekstensi populer sudah ada yang memiliki. Oleh sebab itu, anda harus berpikir lebih kreatif untuk mendapatkan nama yang cocok dengan rencana anda.

Sampai di sini dulu cerita dan tipsnya. Sampai jumpa lagi di kisah dan petualangan keluarga kami lainnya 😀

(Visited 65 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *