Tips Memilih Hosting Website, Seperti Apa Saja Kriteria Idealnya?

Setelah berbagi alasan memakai WordPress dan belajar memilih domain, kali ini kami akan berbagi tentang tips memilih hosting website. Hosting merupakan satu unsur penting dalam membuat sebuah website. Oleh sebab itu, bagian ini harus anda pelajari jika ingin memiliki website dengan performa yang handal.

Layanan hosting akan menjadi tempat bernaung bagi website anda di internet. Jadi, anda harus lebih teliti saat memilih layanan dari penyedia hosting. Ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan hosting website.

Semoga panduan dan tips memilih hosting website kali ini bisa membantu teman-teman dalam memutuskan. Tipe hosting apa yang harus dipilih? Provider hosting seperti apa yang bisa menjadi pilihan? Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, kita mulai saja ulasannya. Selamat mengikuti.

tips memilih hosting website yang baik dan profesional - catatan bunda 2020

Mengenal Tipe Hosting Website

Ada banyak tipe hosting untuk website. Bagian ini jadikan sebagai tambahan informasi bagi yang belum mengenal hosting website. Berikut ini tipe-tipe hostingnya:

Shared Hosting

Tipe hosting ini merupakan jenis hosting yang paling umum. Shared hosting artinya hosting untuk website anda diletakkan dalam satu server bersama dengan website lain. Pihak hosting yang mengatur spesifikasi server supaya performa tiap website masih bisa optimal.

Karena satu server yang digunakan bersama-sama, maka harga paket shared hosting relatif murah. Anda bisa memilih paket ini saat baru memulai untuk membuat website.

Adakah batasnya? Tentu ada.

Performa shared hosting akan mulai goyah saat pengunjung website anda mulai membludak. Dengan pengunjung yang banyak, maka website anda akan membutuhkan lebih banyak resource di dalam server. 

Hal tersebut bisa menimbulkan ketidakstabilan kepada website lain yang berada satu server dengan website anda. Website mulai susah diakses, loading terlalu lama dan lain sebagainya. Jika sudah demikian, maka anda bisa pertimbangkan untuk upgrade layanan hosting ke tipe berikutnya.  

VPS Hosting

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Tipe hosting ini memberikan semacam private server untuk website anda dalam bentuk virtual. Akan tetapi, masih dalam satu server fisik dengan beberapa website yang lain.

Dari segi spesifikasi, tentunya VPS hosting memiliki spek teknis yang lebih baik dibandingkan shared hosting. Akan tetapi, anda harus memiliki kemampuan teknis untuk mengelola VPS hosting. Harga yang ditawarkan untuk VPS hosting biasanya masih relatif murah (tentunya lebih tinggi dibandingkan biaya shared hosting). Jika tidak mau repot, anda bisa menggunakan layanan managed VPS hosting. Lebih mudah dalam operasionalnya, tetapi biaya yang perlu anda keluarkan akan lebih mahal.

Dedicated Server

Jenis hosting berikutnya ialah dedicated server. Sesuai namanya, tipe ini sudah memiliki server fisik sendiri. Terpisah dari website yang lain. Satu server khusus untuk meng-handle kebutuhan website milik anda saja.

Tipe ini cocok bagi anda yang punya pengunjung website dalam jumlah besar. Selain itu, website anda membutuhkan resource server dalam jumlah yang sangat banyak.

kriteria provider hosting dalam dan luar negeri - catatan bunda 2020

Panduan Sederhana dan Tips Memilih Hosting Website

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan hosting website? Hosting merupakan satu unsur penting penyusun website. Jika domain website merupakan alamat rumah anda di internet, hosting memiliki fungsi yang berbeda.

Analoginya, hosting itu seperti luas rumah atau toko yang anda miliki di internet. Semakin luas toko anda, maka anda bisa memasukkan lebih banyak konten ke dalamnya untuk ditampilkan kepada calon konsumen. Konten di sini bisa bermacam-macam jenisnya. Mulai dari artikel atau tulisan, foto produk, video, dan lain-lain.

Sebelum menentukan pilihan hosting, ada beberapa hal yang harus anda observasi terlebih dahulu. Dengan melakukan observasi, anda bisa menganalisa kebutuhan anda sendiri.

Kira-kira, website seperti apa yang ingin anda bangun? Bila anda ingin membangun website personal, maka anda tidak perlu membeli hosting dengan spesifikasi kelas berat seperti VPS atau cloud hosting pada awalnya. Akan tetapi, jika anda ingin membangun website bisnis dengan banyak konten foto, artikel, hingga video maka anda perlu memilih hosting dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Apa saja tips memilih hosting website? Berikut ini beberapa hal yang bisa anda gunakan:

Performa Server Website

Tips memilih hosting website yang pertama ialah cari tahu tentang kualitas servernya. Jangan sampai website anda sulit untuk diakses karena gangguan yang terjadi di server.

Anda bisa melihat spesifikasi teknis yang disediakan oleh provider hosting. Mulai dari RAM, limit bandwidth, spesifikasi CPU server, dan lain-lain. Jika ada informasi spesifikasi hosting yang anda perlukan, anda bisa hubungi customer service tiap hosting. Tanyakan mengenai hal teknis untuk mendapatkan jawaban dari informasi yang anda butuhkan.

Hosting yang baik juga memiliki up time server minimal 99%. Lebih tinggi akan lebih bagus. Terkadang angka ini ditampilkan di homepage website provider, terkadang juga tidak. Anda bisa tanyakan ke pihak hosting secara langsung.

Customer Service 24 jam

Namanya website dan akses internet, selalu akan ada tantangan yang muncul. Pada suatu waktu, seorang pelanggan tentu menghadapi masalah di websitenya. Apakah itu tidak bisa diakses dan kendala website lainnya.

Salah satu tips memilih hosting website yang baik ialah tersedianya layanan customer service 24 jam. Jadi, kapanpun anda menghadapi masalah website, anda bisa tanyakan langsung kepada Customer Service. Meskipun website anda bermasalah tengah malam sekalipun, tetap ada yang bisa membantu mengatasi kendala tersebut.

Perhatikan juga media apa saja yang digunakan untuk membantu permasalahan konsumen. Semakin banyak medianya, semakin bagus karena anda bisa menghubungi pihak hosting dari mana saja. Layanan customer service hosting biasanya menggunakan live chat di website provider hosting, email, dan nomor whatsapp.

Garansi Uang Kembali

Tips memilih hosting website berikutnya ialah pihak hosting memiliki garansi uang kembali. Dari hasil pengamatan kami, rata-rata provider hosting menyediakan garansi untuk konsumen yang tidak puas dengan kualitas hostingnya.

Rata-rata pihak hosting menyediakan garansi 30 hari uang kembali. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengobservasi kualitas sebuah hosting. Rasakan sendiri kualitasnya, jajal performanya dalam 30 hari. Jika puas, anda bisa meneruskan layanan hosting tersebut. Jika tidak puas, anda bisa mengajukan refund.

Dalam klausa ini, anda harus mempelajari syarat dan ketentuannya. Kebijakan dari tiap hosting mengenai refund bisa berbeda-beda. Pelajari dengan baik supaya anda bisa mengetahui dengan jelas apa dan bagaimana proses refund nantinya (jika diperlukan).

Bandingkan layanan dan fitur tiap hosting

Panduan berikut ini sangatlah penting. Tiap hosting bisa jadi memiliki layanan yang berbeda. Anda dituntut untuk melakukan survey ke tiap provider hosting yang anda incar. Tanyakan poin penting layanan yang anda harapkan dari pihak hosting. Apakah sudah sesuai atau belum dengan harapan anda?

Layanan yang umum ada di tiap penyedia hosting ialah migrasi data website dari hosting lama ke hosting baru. Mereka biasanya menyediakan layanan ini secara gratis. Pihak hosting akan meminta akses cpanel di hosting lama untuk memindahkan file website WordPress anda ke hosting yang baru. Jika ada layanan lain, anda bisa survey dan tanyakan ke pihak hosting untuk informasi lebih lanjut.

Pilih paket hosting yang sesuai

Tips memilih hosting website berikutnya ialah pastikan anda pilih paket hosting yang sesuai. Dalam hal ini, anda harus mengetahui dengan pasti kebutuhan untuk website anda. Jika anda mulai dari nol, ada baiknya untuk memilih paket yang ekonomis dan lebih ramah ke kantong anda. Saat traffic website mulai meningkat, anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade paket hosting. Selain upgrade, anda punya pilihan untuk pindah ke penyedia hosting lain yang lebih baik.

rekomendasi provider hosting terbaik dan murah ala catatan bunda

Memilih Provider Hosting

Penyedia hosting website sangatlah banyak. Anda bisa googling dan menemukan provider hosting dalam negeri hingga mancanegara. Lalu, mana yang sebaiknya anda pilih?

Tips memilih hosting website bagi anda, apalagi jika anda baru mulai, ada baiknya untuk memulai dari hosting dalam negeri terlebih dahulu. Mengapa? Setidaknya ada beberapa hal yang patut anda perhatikan:

  • Kesamaan bahasa untuk proses komunikasi dan support jika ada kendala;
  • Kemudahan dalam proses pembelian;
  • Kemudahan untuk sistem pembayaran;

Ada beberapa hosting dalam negeri yang bisa anda pilih. Harga paket hostingnya relatif murah dengan spesifikasi hosting yang lumayan. Dari fitur keamanan, pihak hosting ini sudah menawarkan fitur SSL gratis pada website anda. Saat ini, setiap website disarankan memakai fitur SSL. Artinya, website anda sebaiknya diakses menggunakan https dan bukan http saja. Selain lebih aman, fitur SSL juga lebih baik dalam mendukung kualitas SEO sebuah website.

Tiap provider ini memiliki perbedaan kapasitas website yang ditawarkan. Anda bisa telusuri sendiri untuk melihat kapasitas yang ada. Sebaiknya, anda bisa memilih paket hosting dengan kapasitas lebih dari 2GB. Provider hosting lokal ini sudah cukup bagi anda untuk memulai perjalanan membangun website. Rekomendasi dari kami ialah sebagai berikut:

Akan tetapi, jika anda tidak mempermasalahkan semua itu, maka anda bisa mempertimbangkan untuk memilih provider hosting luar negeri. Contohnya hosting dari Hawkhost yang kami gunakan untuk mengelola Catatan Bunda sejak tahun 2017. Dari performa hosting, kami tidak merasakan keluhan berarti. Koneksi dan akses website tidak ada kendala walaupun masih menggunakan shared hosting. Penawaran harga paket hosting juga tidak terlalu mahal. Spesifikasi hosting yang ditawarkan juga lumayan baik.

Hanya saja, anda harus siap untuk melakukan pembayaran memakai kartu kredit jika ingin memesan hosting luar negeri. Di samping itu, bahasa untuk support teknis tentu menggunakan bahasa Inggris.

Tanyakan fasilitas backup dan keamanan

Tips memilih hosting website satu ini sangat penting. Gunanya untuk mengamankan data yang ada di website anda secara berkala. Apabila ada gangguan dari pihak luar, anda masih memiliki data cadangan yang bisa digunakan. Mengenai teknis fasilitas backup, anda bisa tanyakan mekanismenya kepada tiap penyedia hosting.

Demikian beberapa ulasan ringan dan berbagai tips memilih hosting website. Semoga informasi yang ada di dalam tulisan ini bermanfaat untuk anda semua. Terutama yang ingin membangun sebuah website.

Ada informasi dari tips memilih hosting website yang belum jelas? Silakan hubungi kami ya untuk berdiskusi dan tanya jawab. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak dan sampai jumpa di cerita kami berikutnya 😀

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by