Tips Bisnis Kuliner Sederhana, Sharing Insight untuk Bertahan Saat Krisis

Kali ini, kami ingin coba berbagi sedikit tips bisnis kuliner. Pada wabah virus Covid-19 seperti sekarang, salah satu bidang bisnis yang terpukul ialah area kuliner. Tidak heran, banyak warung, restoran, hingga kafe yang gulung tikar akibat wabah ini. Penyebaran virus bisa lebih cepat terjadi apabila banyak orang yang nongkrong bersama. Oleh sebab itu, kebijakan social distancing hingga physical distancing ditempuh sejak beberapa waktu yang lalu.

Bahkan di Jakarta, saat ini sudah ditetapkan kebijakan khusus dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Seperti kita ketahui, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah berlaku. Tidak ada aktivitas bisnis atau perkantoran yang diijinkan selama kebijakan PSBB berlaku.

Efeknya langsung dirasakan oleh sahabat kami yang menjalankan bisnis kuliner. Restoran atau kafe yang setiap harinya penuh, tiba-tiba langsung sepi. Tidak ada lagi pengunjung yang datang. Tentu hal ini sangat berdampak kepada omset bisnis online.

Memang, tidak hanya bisnis kuliner saja yang terpukul oleh wabah ini. Hampir seluruh sektor bisnis juga merasakan dampaknya. Hanya saja, dalam kesempatan ini kami akan coba mengulas dari sisi bisnis kuliner terlebih dahulu. Semoga, di lain kesempatan kami bisa membahas sektor bisnis yang lain.

Semoga tips bisnis kuliner kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika berkenan, silakan share ke teman, saudara atau keluarga yang memiliki bisnis kuliner. Semoga kita semua dikuatkan untuk melewati krisis ini. Mari kita mulai ulasannya, selamat menyimak! 😀

tips bisnis kuliner sederhana untuk bertahan saat krisis - catatan bunda 2020

Tips Bisnis Kuliner Sederhana Pada Masa Krisis

Teman-teman pembaca pasti sudah banyak mendengar cerita tentang krisis yang menghantam bisnis kuliner. Ya, kami juga sempat ngobrol dengan salah seorang sahabat yang mengelola usaha kuliner. Dampaknya memang sangat dia rasakan. Jika berlangsung terus, anggaran perusahaan tidak akan sanggup menahan kelangsungan usahanya.

Menutup usaha menjadi satu-satunya opsi. Para karyawan yang mendampingi akan diberhentikan. Sedemikian besar dampak wabah virus kali ini. Sebelum hal paling buruk terjadi, seorang pengusaha harus memutar otak lebih keras lagi. Berusaha sampai titik darah penghabisan. Sambil terus berdoa supaya kondisi krisis segera berlalu.

Tips bisnis kuliner kali ini bermula dari perubahan perilaku konsumen. Hampir seluruh aktivitas sehari-hari dilakukan dari rumah. Mulai dari menyelesaikan pekerjaan hingga aktivitas belajar anak. Termasuk di dalamnya ialah aktivitas menyantap makanan. Jika biasanya bisa wisata kuliner ke berbagai restoran, kali ini tidak bisa lagi.

inovasi usaha makanan online saat covid 19 - catatan bunda 2020

Perubahan ini tentu mengubah perilaku manusia tentang makanan. Memasak akan menjadi hobi banyak orang. Andakah salah satunya?

Beberapa perubahan perilaku yang bisa kami analisa diantaranya sebagai berikut:

  • Memasak sendiri di rumah lebih aman daripada jajan makanan dari tempat makan yang ada di luar;
  • Ada juga yang coba-coba untuk belajar masak. Siapa tahu hasil percobaan iseng-iseng saat memasak bisa dijual;
  • Tidak ada banyak aktivitas di rumah. Aktivitas work from home bisa selesai dalam beberapa jam saja. Sisanya, masih ada banyak waktu. Belajar memasak bisa dijadikan salah satu pilihan kegiatan sehari-hari;
  • Restoran atau café favorit anda bisa jadi tutup terkena imbas wabah corona. Dengan demikian, tidak ada pilihan lagi selain memasak makanan sendiri di rumah;
  • Momen seperti sekarang merupakan momen yang tepat untuk hidup sehat. Dulu, semua makanan dibeli, tidak peduli makanan sehat atau tidak. Sekarang, waktu yang pas untuk belajar hidup sehat. Oleh sebab itu, pembelian makanan yang tidak sehat menurun drastis (bisa dikendalikan).

Inilah beberapa perubahan perilaku yang bisa jadi sedang terjadi di masyarakat. Lalu, apa kaitannya dengan sebuah usaha kuliner? Perubahan perilaku seperti ini akan sangat berdampak dengan strategi bisnis kuliner.

Apa saja tips bisnis kuliner yang bisa dijadikan strategi baru supaya bisa tetap bertahan? Berikut ini beberapa insight sederhana yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan sederhana ini bisa anda terapkan di usaha kuliner masing-masing:

Tips bisnis kuliner yang PERTAMA, brand kuliner tersebut mengkampanyekan kesehatan di dalam proses bisnis. Beberapa contoh aktivitas pendukung hal ini diantaranya:

  • Semua tim dan karyawan memakai masker wajah;
  • Semua tim dan karyawan menggunakan atribut keselamatan dan kebersihan;
  • Seluruh anggota tim diukur suhu tubuhnya;
  • Ada laporan hasil pemeriksaan kesehatan tiap anggota tim;

Tips yang KEDUA, coba luncurkan promo makan untuk sekeluarga. Misalkan paket makan untuk 3 orang, 5 orang, dst. Gunakan penawaran dan diskon harga yang besar. Dengan demikian, penawaran tersebut akan sulit untuk ditolak oleh konsumen.

panduan usaha makanan selama wabah corona - catatan bunda 2020

Tips yang KETIGA, dominasi pencarian di area lokal. Teknik ini bisa anda gunakan untuk pencarian di Google maupun hashtag pencarian di Instagram. Dengan dominasi kata kunci tertentu, peluang untuk mendapat pesanan bisa semakin bertambah.

Tips bisnis kuliner yang KEEMPAT, buat kampanye dan tunjukkan bahwa bisnis kuliner anda bersih. Alat masak yang dipakai selalu higienis, bahan masakan selalu segar, karyawan dan tim memasak juga sehat dan selalu bersih.

Tips bisnis kuliner KELIMA, brand kuliner bisa menggunakan teknik empathy branding. Cara mudahnya ialah memasukkan unsur empati di dalam teknik promosinya. Beberapa contoh sederhananya ialah sebagai berikut:

  • Sebagian keuntungan dari tiap transaksi akan disumbangkan untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan tim medis;
  • Setiap pembelian paket makan untuk berlima, ada satu porsi makanan gratis yang diserahkan kepada abang ojek online;
  • Setiap pemesanan yang masuk, maka brand kuliner akan membagikan satu buah masker wajah gratis kepada abang ojek online yang menjemput paketnya;
  • Dan berbagai variasi promo lainnya.

Tips KEENAM, brand kuliner anda bisa mendukung kampanye #dirumahaja. Anda bisa menyusun program atau promo yang sejalan dengan momen #dirumahaja. Belum kebayang? Seperti ini beberapa contohnya:

  • Membuat varian produk makanan yang bisa disimpan di kulkas (frozen food packaging);
  • Membuat paket bumbu dan sayuran yang bisa langsung dimasak (misalkan, bumbu beserta sayuran untuk sop, soto ayam, sayur capcay, dan berbagai pilihan menu lainnya);
  • Sediakan bonus gimmick untuk konsumen yang melakukan order (misalnya, celemek kertas, atribut ulangtahun bagi konsumen yang sedang merayakan, mainan origami kertas, dan lain sebagainya).

usaha bisnis online di bidang makanan dan cemilan - catatan bunda 2020

Tips bisnis kuliner yang KETUJUH, ialah memaksimalkan promosi melalui media social. Jangan takut untuk membuat kampanye lewat Facebook Ads, Instagram Ads, maupun Google Ads. Buat konsep iklan yang menarik. Salah satu contoh konten yang bisa anda gunakan ialah merekam video suasana dapur di bisnis anda. Tunjukkan bahwa bisnis kuliner anda bersih dan higienis.

Untuk bisa beriklan di Facebook, Instagram ataupun Google anda bisa gunakan website bisnis. Ini merupakan salah satu manfaat website yang bisa anda dapatkan. Belum punya website sendiri? Yuk konsultasikan kebutuhan anda dengan kami.

Tips sederhana yang KEDELAPAN ialah membuat program reseller. Dengan membuat program reseller, brand anda bisa tersebar lebih luas. Buat program dan bonus yang menarik bagi para reseller. Siapkan seluruh marketing kit reseller dengan desain konten instagram profesional.

Desain konten ini bisa diposting reseller di berbagai media social. Mulai posting di Facebook, Instagram feed, Instagram Story, hingga status Whatsapp. Dengan fleksibilitas tinggi seperti ini, maka brand awareness usaha anda bisa terus bertahan.

Anda membutuhkan informasi lebih detail mengenai jasa desain konten Instagram profesional? Silakan hubungi kami untuk konsultasi di Whatsapp.

tips bisnis kuliner - order jasa desain konten instagram profesional - ide kreator 0817 421 531

Orderan dari reseller terus mengalir. Reseller menikmati keuntungan tiap penjualan. Sedangkan anda sebagai pemilik brand kuliner, bisa terus bertahan di masa krisis virus Corona seperti saat ini. Konsep bisnis bisa jadi berubah total dari rencana anda di awal. Akan tetapi, bisnis kuliner bisa terus bertahan. Cashflow usaha kuliner aman, tim usaha anda pun bisa terus mendapatkan penghasilan.

Pola kerja di bisnis kuliner juga bisa menyesuaikan dengan keadaan. Mungkin tidak semua anggota tim perlu bekerja di kantor. Sebagian bisa bekerja dari rumah. Selama tetap produktif dan berkontribusi untuk perusahaan, tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah besar.

Demikian ulasan sederhana mengenai 8 tips bisnis kuliner. Semoga memberikan sedikit insight untuk teman-teman semua. Ada pertanyaan atau komentar? Silakan hubungi kami atau tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

Terimakasih banyak sudah menyimak tips bisnis kuliner untuk bisa bertahan di masa krisis. Sampai jumpa di cerita dan ulasan seru ala Catatan Bunda lainnya.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?