Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Tempat Wisata Keluarga di Bandung, Jadikan Liburan Anda Makin Seru!

Banyak sekali tempat wisata keluarga di Bandung. Tidak heran, saat hari libur nasional, banyak wisatawan yang datang ke Bandung untuk menikmati liburan. Baik itu solo traveler hingga yang membawa serta keluarga tercinta.

Bandung memiliki lokasi yang strategis. Letaknya berdekatan dengan kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan lain sebagainya. Di samping itu, akses menuju ke Bandung juga sangat banyak. Keberadaan jalan tol mulai dari Tol Cipularang hingga Tol Cipali semakin memudahkan masyarakat yang ingin berlibur menikmati obyek wisata yang ada di Bandung.

Ada obyek wisata apa saja di Bandung? Berikut ini kami kumpulkan berbagai lokasi menarik yang patut dijadikan tujuan saat anda wisata ke Bandung bersama keluarga. Selamat menikmati πŸ˜€

rekomendasi tempat wisata keluarga di bandung 2019 - catatan bunda

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung

Ada yang sudah pernah wisata ke Bandung? Tempat wisata mana yang paling menarik menurut anda? Jika berkenan, anda bisa sharing pengalaman liburan kepada kami di kolom komentar atau bergabung di grup telegram yang kami kelola. Siapa tahu, pengalaman anda bisa dijadikan pelajaran berharga bagi yang lain.

Tempat wisata keluarga di Bandung kali ini letaknya tersebar. Ada yang berlokasi di dalam kota, kawasan Lembang, Bandung Utara, Timur hingga Bandung Selatan. Anda bisa memilih obyek wisata yang ingin didatangi terlebih dahulu sesuai keinginan anda dan keluarga.

Sebagian dari tempat wisata keluarga di Bandung ini sudah pernah kami datangi. Review dan sharing pengalamannya pun kami tuliskan di blog Catatan Bunda. Mari kita mulai ulasannya.

#1 Ddieuland Bandung

Tempat wisata keluarga di Bandung yang pertama ialah Ddieuland. Obyek wisata ini terletak di kawasan Bandung utara dan masih dikelilingi oleh bukit-bukit yang penuh dengan pepohonan. Saat kami mengunjunginya, udara masih terasa segar dan sejuk.

Ada banyak atraksi permainan yang cocok untuk anak-anak. Anda bisa menemukan wahana bermain di bagian bawah tempat wisata Ddieuland Bandung. Mau bermain di playground outdoor? Ada. Mau mencoba permainan di area indoor? Bisa juga. Tinggal pilih saja.

Belum baca ulasan lengkapnya? Silakan mampir ya untuk menikmati sajian pengalaman kami saat bermain ke sana. Klik di sini >> Ddieuland Bandung.

#2 Puncak Bintang

Anda suka menikmati wisata alam? Jadikan lokasi wisata Puncak Bintang sebagai salah satu alternatif tujuannya. Tempat wisata keluarga di Bandung ini letaknya terpencil. Untuk menuju ke sana, anda harus melewati jalanan yang menanjak dan cukup berat.

Akan tetapi, semua perjuangan tersebut akan terbayarkan saat tiba di lokasi. Pemandangan indah kota Bandung 360 derajat sudah menanti anda. Udaranya pun masih sejuk. Apalagi jika anda tiba di Puncak Bintang saat pagi hari.

Kami sempat menuliskan perjalanan ke Puncak Bintang di blog ini. Jika belum membaca, kami persilakan untuk menikmati sharing pengalaman keluarga saat bermain di Puncak Bintang. Silakan klik di sini ya >> Puncak Bintang Bandung.

#3 Jendela Alam

Liburan bersama anak-anak memerlukan energi ekstra. Namanya anak-anak pasti suka bermain di luar ruangan. Nah, Jendela Alam Lembang patut menjadi satu pilihan. Tempat wisata keluarga di Bandung ini menyediakan banyak simulasi yang seru bagi anak-anak.

Anda mau menikmati salah satu wahana? Bisa. Atau penasaran dengan semua simulasi aktivitasnya? Order saja tiket terusan di Jendela Alam. Anda bisa menikmati semua wahana sepuasnya.

Obyek wisata yang satu ini bisa ditemukan di kawasan Lembang. Anda bisa melalui Jalan Setiabudi Bandung untuk menuju ke lokasi. Seperti apa keseruan kami sekeluarga saat bermain di Jendela Alam? Klik di sini untuk menikmati cerita lengkapnya >> review Jendela Alam.

#4 Taman Lalu Lintas

Liburan bersama keluarga dan anak-anak tidak harus mahal lho. Ada banyak tempat wisata keluarga di Bandung yang murah meriah. Anda bisa memasukkan lokasi-lokasi wisata ini sebagai alternatif tujuan bermain bareng anak-anak.

Kami jamin, mereka pasti suka saat mengunjunginya. Salah satu tempat yang dimaksud di bagian ini ialah Taman Lalu Lintas. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau. Masih berada di area dalam kota Bandung.

Tiket masuk ke Taman Lalu Lintas juga sangat murah. Di dalamnya banyak wahana bermain yang bisa dinikmati bersama keluarga. Kami sudah sempat mengunjungi dan bermain di dalamnya. Anak-anak bisa main apa saja di kawasan Taman Lalu Lintas? Cerita lengkapnya bisa anda temukan pada artikel Review Taman Lalu Lintas.

#5 Museum Gedung Sate

Sebelumnya, kami tidak tahu lho ada museum ini. Awalnya, kami mengunjungi salah satu event yang diadakan di Gedung Sate. Saat berjalan-jalan di dalamnya, barulah kami melihat ada Museum Gedung Sate.

Ada apa saja di dalamnya? Banyak cerita menarik dan bersejarah tentang Gedung Sate dan kota Bandung. Anda bisa menceritakan banyak hal pada anak-anak saat berkunjung ke museum satu ini.

Tiket masuk ke dalam Museum Gedung Sate pun sangat terjangkau. Cocok dijadikan salah satu tempat wisata keluarga di Bandung. Memberikan edukasi pada anak bisa dilakukan melalui cerita dan sejarah Kota Bandung. Selamat menikmati πŸ˜€

#6 Museum Geologi

Seperti apa bentuk Kota Bandung pada jaman dahulu? Kita bisa menemukan jawabannya di dalam Museum Geologi. Letaknya masih berdekatan dengan Gedung Sate.

Tidak hanya itu, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kita temukan di museum tersebut. Kita bisa menjadikannya sebagai materi edukasi untuk anak-anak. Sambil berkeliling di dalam museum, orangtua bisa menceritakan berbagai hal yang menarik.

Tidak jarang, kami bertemu dengan rombongan sekolah TK maupun SD di Museum Geologi. Sudah bisa diduga sebelumnya, karena di dalam museum ini memang tersedia berbagai materi ilmu pengetahuan yang menarik untuk anak-anak.

Ada apa saja di dalam Museum Geologi? Anda bisa menemukan cerita lengkapnya pada artikel yang sudah kami tulis sebelumnya. Nikmati kisah perjalanan kami di review Museum Geologi.

#7 De Ranch Lembang

Liburan ke Bandung, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati nuansa alamnya. Salah satu lokasi wisata yang menawarkan keindahan suasana alam ialah De Ranch Lembang.

Tempat wisata satu ini menyediakan banyak wahana bagi anak-anak maupun orangtua. Salah satu atraksi permainan yang paling diminati ialah berkeliling De Ranch dengan naik kuda. Anak-anak hingga orang dewasa bisa menikmati wahana bermain yang satu ini. Mengelilingi kawasan wisata De Ranch Lembang dengan naik kuda sambil menikmati pemandangan sekeliling yang sangat indah dan udara yang sejuk. Siapa yang tidak mau? πŸ˜€

#8 Bird and Bromelia Pavilion

Obyek wisata di Bandung sangat banyak jenisnya. Atraksi atau wahana yang ditawarkan pun sangat beragam dan unik. Salah satu tempat wisata yang unik ialah Bird and Bromelia Pavilion.

Sesuai namanya, pengunjung yang datang bisa menyaksikan aneka burung yang jinak dan lucu di kawasan Bird and Bromelia Pavilion. Kawasan wisatanya dibuat sangat nyaman untuk para pengunjung. Tempat wisata yang satu ini dikelilingi oleh banyak pepohonan tinggi sehingga udara pun terasa semakin sejuk dan segar.

Cocok untuk dijadikan salah satu tujuan wisata bersama keluarga. Para orangtua juga bisa memberikan cerita tentang berbagai macam spesies burung di dalamnya kepada anak-anak tercinta. Kami sudah pernah mengunjungi Bird and Bromelia Pavilion beberapa kali. Ulasannya bisa anda nikmati pada link berikut ini >> review taman burung di Bandung.

#9 Dusun Bambu Lembang

Tempat wisata keluarga di Bandung berikutnya ialah Dusun Bambu. Letaknya jauh dari kawasan perkotaan. Udara di sekeliling kawasan juga masih sejuk karena terletak di dataran tinggi. Kita bisa tiba ke Dusun Bambu kurang lebih 30-60 menit perjalanan dari pusat kota Bandung.

Dusun Bambu menawarkan berbagai macam atraksi wisata bagi keluarga. Mulai dari taman bermain untuk anak-anak, wisata kuliner berbagai tema untuk keluarga, dan sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah di sekelilingnya.

Tempat wisata ini menjadi favorit bagi para wisatawan. Baik wisatawan lokal dari kota Bandung maupun yang berasal dari luar Bandung. Saat akhir pekan dan hari libur nasional, Dusun Bambu akan penuh dengan pengunjung yang menghabiskan waktu liburannya di sana.

Seperti apa petualangan keluarga kami saat berada di Dusun Bambu? Ulasannya sudah kami siapkan di review Dusun Bambu Lembang. Selamat menikmati yaa πŸ˜€

#10 Farmhouse Susu Lembang

Tempat wisata Farmhouse Susu Lembang menjadi destinasi favorit berikutnya. Berlokasi di Bandung utara, anda bisa menemukannya dengan melewati Jalan Setiabudi Bandung. Bagi anda yang membawa rombongan keluarga saat liburan, tempat ini bisa menjadi destinasi yang cocok.

Ada banyak pemandangan indah dan wahana yang bisa dinikmati di dalam Farmhouse Susu Lembang. Mulai dari desain kawasan yang bernuansa Eropa, berinteraksi dengan berbagai jenis satwa, hingga wisata kuliner bisa anda nikmati di obyek wisata tersebut.

Seperti apa sih detail tempat wisata Farmhouse Susu Lembang? Kami sudah menceritakannya dengan lengkap untuk para pembaca setia Catatan Bunda. Nikmati kisah lengkapnya di review Farmhouse Lembang.

#11 Floating Market Lembang

Anda ingin mengajak orangtua bersama anak-anak untuk menikmati liburan? Ada satu tempat wisata keluarga di Bandung yang patut dicoba. Namanya Floating Market Lembang.

Obyek wisata ini terletak di kawasan Lembang. Lokasinya sangat strategis dan mudah ditemukan. Jika belum pernah ke Floating Market, cukup gunakan bantuan aplikasi Google Maps atau Waze sebagai penunjuk arah ke lokasi.

Apa sih yang ditawarkan di Floating Market? Seperti namanya, pengunjung bisa wisata kulineran sepuasnya di kawasan tersebut. Uniknya, para pedagang makanan di Floating Market berjualan dari dalam perahu yang mengelilingi danau buatan.

Tempat wisata ini menjadi satu favorit destinasi wisatawan. Saat akhir pekan dan hari libur nasional, Floating Market akan penuh sesak. Jika anda ingin liburan ke obyek wisata tersebut, anda bisa datang lebih pagi supaya bisa lebih menikmati suasana di dalamnya.

Cerita lengkapnya sudah kami tuliskan di Catatan Bunda. Nikmati keseruan perjalanan kami sekeluarga di review Floating Market Lembang.

#12 Kota Mini Lembang

Tempat wisata keluarga di Bandung berikutnya sangat cocok untuk anak-anak. Letaknya masih satu lokasi dengan Floating Market. Jadi, dalam satu kesempatan, anda bisa mendapatkan beberapa tempat wisata sekaligus. Sangat menghemat waktu perjalanan bagi anda yang memiliki waktu liburan terbatas.

Kota Mini Lembang menawarkan wahana bermain peran untuk anak-anak. Ada puluhan tempat bermain dengan peran yang berbeda-beda. Pengunjung cukup membeli tiket sesuai keinginan. Mau membeli tiket wahana satuan bisa, mau membeli tiket terusan pun bisa.

Ada wahana bermain peran apa saja di dalam Kota Mini Lembang? Banyak banget lho. Anda bisa nikmati cerita lengkapnya di review Kota Mini. Selamat menikmati πŸ˜€

#13 Teras Cihampelas

Bosan menghabiskan waktu liburan di sekitar Lembang? Jangan takut. Anda bisa liburan di dalam kota Bandung. Ada satu tempat wisata yang bisa anda nikmati secara gratis.

Letaknya berada di salah satu jalan strategis kota Bandung. Tepatnya di Jalan Cihampelas. Warga Bandung pasti sudah mengenal tempat yang satu ini. Namanya ialah Teras Cihampelas.

Sejarahnya tempat ini dibangun untuk mengakomodasi para pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan Cihampelas. Saat itu, jalan Cihampelas sangat padat dan macet. Apalagi ditambah dengan PKL yang berjualan di pinggir jalan. Solusinya, dibangunlah Teras Cihampelas dengan manfaat ganda. Selain untuk tempat berjualan PKL, bisa dijadikan tempat wisata murah meriah bagi warga Bandung.

Seperti apa cerita kami saat jalan-jalan di Teras Cihampelas? Nikmati perjalanan kami di review Teras Cihampelas.

#14 Alun-Alun Bandung

Alun-alun menjadi satu lokasi yang ada di tiap kota. Termasuk Bandung salah satunya. Tempat ini biasa dijadikan untuk ruang publik bagi warga lokal. Selain itu, alun-alun bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata murah meriah.

Seperti di Bandung, alun-alun kotanya terletak di Jalan Asia Afrika, satu ruas jalan yang sangat bersejarah. Alun-alun kota Bandung sudah dihias sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati oleh semua orang. Untuk masuk ke area alun-alun juga GRATIS, tidak dipungut biaya sama sekali.

Anda bisa membawa bekal makanan sendiri untuk dinikmati di alun-alun bersama keluarga. Jika tidak membawa, anda bisa membeli di pedagang yang berjualan di sekeliling lokasi alun-alun kota Bandung. Jenis makanan yang tersedia sangat bervariasi, harganya juga sangat terjangkau.

forest walk babakan siliwangi menikmati udara segar di hutan kota bandung - catatan bunda

#15 Forest Walk Babakan Siliwangi

Mau wisata murah meriah sambil berolahraga ringan? Forest Walk Babakan Siliwangi bisa menjadi alternatif untuk anda sekeluarga. Tempat wisata keluarga di Bandung ini bisa anda nikmati secara GRATIS, tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup membayar parkir saja jika anda membawa kendaraan pribadi πŸ˜€

Lokasinya terletak di tengah kota Bandung. Tepatnya di Jalan Siliwangi, berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Bandung. Tempat wisata ini berbentuk hutan kota. Pepohonannya tinggi-tinggi dan sangat rindang. Enak sekali dijadikan destinasi untuk jalan pagi bersama keluarga. Udara di dalam kawasannya sangat sejuk.

Seperti apa keseruan kami sekeluarga saat jalan-jalan di kawasan Forest Walk Babakan Siliwangi? Ikuti cerita lengkapnya di review hutan kota Bandung πŸ˜€

#16 Chinatown Bandung

Kota Bandung juga menyediakan tempat wisata dengan nuansa budaya lho. Salah satunya ialah Chinatown Bandung. Kami sekeluarga pernah berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Tepatnya kapan? Kami berkunjung ke Chinatown Bandung saat hari raya Imlek beberapa tahun yang lalu. Dalam bayangan kami, Chinatown Bandung akan ramai saat hari raya Imlek.

Anak-anak saat itu masih kecil. Rencananya, kami mengajak mereka untuk melihat barongsai. Tentunya, aktivitas ini akan menjadi pengalaman pertama untuk anak-anak.

Tidak hanya ada barongsai saja lho di Chinatown Bandung. Masih ada yang bisa pengunjung nikmati di kawasan tersebut. Apa saja yang ada di dalamnya? Ikuti cerita lengkap perjalanan kami sekeluarga di review Chinatown Bandung. Selamat menyimak ya πŸ˜€

Memberi Makan Kelinci di Orchid Forest Cikole Lembang - Blog Catatan Bunda

#17 Orchid Forest Cikole

Ingin menikmati suasana alam yang tenang saat liburan ke Bandung? Anda bisa pertimbangkan untuk berkunjung ke obyek wisata yang satu ini. Namanya ialah Orchid Forest Cikole.

Di tempat ini, anda bisa menikmati kesejukan hutan pinus. Anda bisa jalan-jalan keliling sambil melihat rindangnya pepohonan. Udara yang ada di hutan juga sangat sejuk. Setelah sibuk sehari-hari dengan berbagai aktivitas, sangat tepat rasanya berlibur ke Orchid Forest Cikole untuk menenangkan hati dan pikiran.

Seperti apa detail tempat wisata keluarga yang satu ini? Ikuti ceritanya saat kami sekeluarga jalan-jalan ke sana. Nikmati kisahnya di review Orchid Forest Cikole.

#18 Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata favorit para wisatawan. Dari beberapa yang menghubungi keluarga kami untuk diskusi soal liburan keluarga di Bandung, semuanya mencantumkan Tangkuban Perahu sebagai salah satu tujuannya. Tidak salah, wisata alam di sini memang indah. Anda bisa menikmati pemandangan area pegunungan dengan udara yang sejuk.

Akan tetapi, jika dilihat dari perspektif keluarga, sepertinya kami kurang cocok untuk wisata ke Gunung Tangkuban Perahu. Anak-anak masih kecil, sementara medan perjalanan di area Tangkuban Perahu tentu lebih menantang dibanding tujuan wisata pada umumnya. Resiko membawa anak akan lebih tinggi jika kami paksakan datang ke sana.

Faktor lainnya, di Tangkuban Perahu tidak ada wahana aktivitas atau permainan untuk anak. Sementara untuk anak kecil, melakukan aktivitas fisik saat liburan sangatlah penting. Mulai dari bermain di wahana permainan, olahraga seperti lari hingga berenang tentu menjadi favorit anak-anak. Dengan demikian, anak-anak akan cenderung bosan saat berada di Tangkuban Perahu.

Belum lagi resiko alam seperti yang beberapa waktu lalu terjadi. Gunung Tangkuban Perahu β€œbatuk-batuk” dan mengeluarkan asap. Sudah pasti kami tidak bisa berkunjung ke sana karena kondisi alam yang membahayakan. Jadi, lebih baik kami mencari obyek wisata lain yang lebih ramah anak dan keluarga. Masih banyak pilihannya πŸ˜€

#19 Taman Sejarah

Tidak sedikit tempat wisata keluarga di Bandung yang murah meriah, lho. Salah satu yang bisa dinikmati ialah Taman Sejarah. Anda bisa menjumpainya di dekat Kantor Walikota Bandung. Kami pernah berkunjung satu kali ke sana.

Kebetulan saat itu hari biasa dan bukan hari libur. Jadi kondisi Taman Sejarah sangat sepi dari pengunjung. Anak-anak pun bisa menikmati suasana taman sekaligus bermain di dalam area Taman Sejarah.

Seperti apa perjalanan kami sekeluarga saat pergi ke Taman Sejarah? Ikuti cerita petualangan lengkapnya di Taman Sejarah Bandung.

#20 Taman Lansia

Tempat wisata lain yang bisa anda nikmati secara gratis ialah Taman Lansia Bandung. Letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah. Taman ini berada tepat di sebelah Gedung Sate.

Anda bisa menikmati udara yang sejuk di dalam area taman. Apalagi saat pagi hari, anda bisa olahraga ringan dengan jalan kaki atau jogging berkeliling Taman Lansia. Idealnya, waktu yang nyaman untuk datang ke Taman Lansia ialah saat hari biasa atau weekday. Suasana taman relatif lebih sepi pengunjung.

Jika anda berkunjung saat akhir pekan atau hari libur, taman ini akan penuh dengan pengunjung. Tidak hanya itu, jalan raya yang mengelilingi taman akan penuh dengan lapak dadakan para pedagang. Setelah menikmati suasana Taman Lansia, anda bisa jalan-jalan di luar taman untuk cuci mata. Tidak hanya cuci mata, anda juga bisa belanja berbagai barang lucu yang ada hingga wisata kuliner murah meriah.

#21 Kebun Strawberry Ciwidey

Selain kawasan dalam kota Bandung dan Lembang, masih ada tempat yang bisa anda jelajahi lho. Tepatnya di kawasan Bandung Selatan, tepatnya daerah Ciwidey. Banyak tempat wisata keluarga di Bandung Selatan yang bisa anda nikmati.

Liburan bersama keluarga di Ciwidey asyik lho. Jaraknya memang lumayan jauh dari pusat kota Bandung. Justru asyik karena suasananya tenang. Anda sekeluarga bisa refreshing dari hiruk pikuk padatnya kawasan perkotaan.

Salah satu tempat wisata Ciwidey yang bisa anda kunjungi ialah kebun strawberry. Di kebun ini, anda bisa mengunjungi kebun strawberry sambil memetik buah-buahan strawberry yang segar. Tentunya aktivitas ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi anak-anak.

#22 Situ Cileunca

Bagi anda yang suka dengan wisata alam, Situ Cileunca bisa menjadi pilihan menarik. Letak obyek wisata satu ini ada di kawasan Bandung Selatan. Lumayan jauh jaraknya dari pusat kota Bandung.

Akan tetapi, anda bisa menikmati suasana liburan yang tenang di kawasan Situ Cileunca. Pemandangan alam dari danau yang indah siap menyambut kedatangan anda. Tidak hanya itu, ada atraksi menarik lain yang bisa anda coba saat liburan ke kawasan Situ Cileunca.

Atraksi apakah yang kami maksud? Bagi anda yang suka petualangan, cocok banget untuk mencoba rafting atau arung jeram di kawasan ini. Akan tetapi, bagi yang membawa anak kecil, lebih baik tidak usah ikutan rafting ya. Jalan-jalan saja menikmati pemandangan yang terbentang di kawasan Situ Cileunca.

#23 Kampung Cai Rancaupas

Tempat wisata keluarga di Bandung berikutnya masih berada di kawasan Bandung selatan. Namanya ialah Kampung Cai Rancaupas. Kami sekeluarga sudah pernah mampir berkunjung ke lokasi satu ini.

Ada apa yang menarik di dalam obyek wisata Kampung Cai Rancaupas? Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini ialah berkemah. Selain itu, di dalamnya ada lokasi penangkaran rusa. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa yang ada di dalam lokasi penangkaran.

Ketika kami berkunjung ke sana, waktunya memang tidak lama. Oleh sebab itu, kami tidak sempat menjelajah seluruh kawasan Kampung Cai Rancaupas. Kami hanya membawa anak-anak untuk bermain bersama rusa. Dengan aktivitas sederhana seperti itu, anak-anak sudah sangat terhibur. Bagaimana, tertarik untuk datang ke lokasi wisata satu ini? πŸ˜€

#24 Kawah Putih

Ada satu tempat wisata keluarga di Bandung selatan yang patut dikunjungi. Namanya ialah Kawah Putih. Tempat wisata satu ini merupakan salah satu ikon wisata Bandung. Kawah Putih ialah tempat wisata berbentuk danau alam yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Di sini, anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Memang tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak. Akan tetapi, suasana di Kawah Putih lumayan nyaman untuk dinikmati bersama keluarga.

Patut diingat, saat hari libur atau tanggal merah, lokasi Kawah Putih biasanya penuh dengan pengunjung. Tidak hanya di lokasi wisata, jalan raya menuju Kawah Putih juga padat oleh kendaraan para pengunjung. Oleh sebab itu, perhatikan waktu anda saat berkunjung ya. Jika memungkinkan, pilih waktu diluar hari libur jika ingin mengunjungi Kawah Putih.

#25 Bukit Jamur Ciwidey

Masih dalam nuansa obyek wisata alam. Ada satu tempat wisata yang patut dijadikan tujuan saat liburan ke Bandung. Nama obyek wisatanya ialah Bukit Jamur Ciwidey.

Sesuai namanya, tempat wisata keluarga di Bandung ini terletak di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Cuaca di kawasan ini masih sejuk. Apalagi saat sore, malam hingga pagi hari.

Bukit Jamur ini sebetulnya berbentuk kumpulan pohon cemara. Akan tetapi, bentuknya tidak runcing ke atas seperti pohon cemara pada umumnya. Pepohonan di kawasan ini berbentuk bulat seperti jamur. Oleh sebab itu, kawasan wisata ini diberi nama Bukit Jamur.

Pemandangan alam yang indah menjadi atraksi utama di area Bukit Jamur. Suasana yang tenang siap menyambut anda saat datang ke lokasi yang satu ini. Tertarik untuk datang ke Bukit Jamur Ciwidey? πŸ˜€

#26 Perkebunan Teh Rancabali

Satu lokasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika tujuan utama anda ialah menikmati kawasan Ciwidey di Bandung Selatan. Perkebunan teh Rancabali siap menyambut kedatangan anda. Kebun teh yang ada di sini sangatlah luas. Warna hijau membentang sanggup membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Anda juga bisa menginap di kawasan Perkebunan Teh Rancabali. Pihak pengelola menyediakan beberapa rumah kayu yang siap menampung para pengunjung. Ukuran rumahnya bermacam-macam. Mulai dari ukuran kecil hingga vila ukuran besar yang bisa menampung keluarga besar.

Patut diperhatikan, cuaca di kawasan ini sangat dingin saat malam hingga pagi hari. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mempersiapkan penghangat tubuh yang lebih banyak saat ingin menginap di kawasan kebun teh Rancabali.

Kota Bandung memang destinasi yang penuh pesona. Banyak destinasi wisata yang bisa kita nikmati di kota Bandung. Kami akan meng-update tempat wisata keluarga di Bandung secara berkala di artikel ini. Mengapa demikian?

Karena masih banyak tempat wisata lain yang belum kami tuliskan di sini. Kami akan lanjutkan daftarnya di lain kesempatan. Stay tune terus ya di Catatan Bunda. Semoga ulasan sederhana kali ini membawa manfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya ya πŸ˜€

(Visited 47 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda