Tempat wisata di Baturaden merupakan tujuan wisata yang terfavorit di kalangan wisatawan dari Banyumas dan sekitarnya.

Nama Baturaden sendiri diambil dari nama sepasang kekasih, yakni Batur yang merupakan pria dari kalangan rakyat biasa dan seorang wanita bangsawan bergelar Raden. Lokasi Baturaden sendiri berada di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, provinsi Jawa Tengah.

Terletak di kaki Gunung Slamet, Baturaden bukan hanya memiliki hawa yang sejuk namun juga mempunyai beragam wisata yang menarik dan menakjubkan.

Anda bisa menjadikan aneka obyek wisata yang tersedia sebagai alternatif berlibur keluarga di akhir pekan. Dari sekian banyak tempat wisata di Baturaden, berikut ini yang paling wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Baturaden.

tempat wisata di baturaden - blog catatan bunda

Berbagai Tempat Wisata di Baturaden yang Wajib Dikunjungi

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi Baturaden merupakan sebuah telaga yang berada di sebuah kawasan yang sunyi, kurang lebih 2,8 km dari Lokawisata Baturaden. Telaga indah ini terletak di ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut.

Obyek wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah, airnya tenang dan jernih serta bebatuan hijau penuh lumut menambah keharmonisan suasananya. Namun perlu diingat, Telaga Sunyi memiliki kedalaman 3 meter. Jadi berhati-hatilah saat berenang.

Anda bisa berkunjung ke sini untuk menenangkan pikiran, setelah anda sibuk dengan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Tarif masuk pengunjung ke Telaga Sunyi ini berapa?

Anda bisa menyiapkan harga tiket masuk Rp 13.000 per orang saat akan masuk ke lokasi Telaga Sunyi.

telaga sunyi baturaden - blog catatan bunda

Taman Miniatur Dunia Baturaden / Baturaden Small World

Terletak di Jalan Raya Baturaden Barat, no. 270, Desa Ketenger, Baturaden, wisata Baturaden terbaru ini merupakan tempat wisata rekreasi sekaligus edukatif. Disini, Anda seolah sedang berkeliling dunia karena berbagai miniatur tempat-tempat khas dari negara-negara di dunia bisa Anda jumpai disini.

Selain bisa berfoto-foto, Anda akan memperoleh pengetahuan mengenai berbagai negara di semua benua di taman wisata Baturaden ini.

Untuk masuk ke lokasi rekreasi ini, anda bisa menyiapkan harga tiket masuk sebesar 15.000 / orang pada saat weekday dan Rp 25.000 / orang pada saat akhir pekan.

Taman Miniatur Dunia di Baturaden beroperasi dari jam 07.00 WIB hingga jam 22.00 WIB di malam hari dan baru akan tutup jam 24.00 WIB pada saat akhir pekan.

Anda bisa berjalan-jalan di sini sambil menikmati pemandangan kelap-kelip lampu yang indah pada malam hari.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati hangatnya sumber air panas yang mengandung sulfur, ada dua di Baturaden.

Yang pertama adalah Baturaden Pancuran 7 (pitu) dan satu lagi, Pancuran 3 (telu). Kedua sumber air panas ini sama-sama mengandung belerang yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Sumber mata air panas bumi yang satu ini berasal langsung dari kaki Gunung Slamet.

Anda bisa membeli tiket masuk seharga Rp 15.000 / orang untuk menjelajah tempat wisata di Baturaden ini. Mulai dari Pancuran Pitu, Goa Selirang, Pancuran Telu dan Telaga Sunyi.

Saat sudah selesai berkeliling dan menikmati air hangat yang tersedia di sini, anda bisa menikmati makanan di warung-warung yang ada di sekitar lokasi Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

Baturaden Adventure Forest

Jika Anda penggemar petualangan yang menantang, di Baturaden Adventure Forest ini, Anda bisa memuaskan keinginan Anda.

Anda bisa melakukan beragam aktivitas wisata dan rekreasi yang menghibur sekaligus menantang, mulai dari River Boarding, menuruni tebing dengan tali, sirkuit sepeda mini, Night Adventure, bungee trampoline, berjalan kaki menjelajahi hutan, dan aneka aktivitas outdoor lainnya.

Pihak pengelola sudah menyiapkan aneka fasilitas yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata di Baturaden yang satu ini.

Ada fasilitas seperti api unggun, kantin makanan dengan tema alam, mushola dengan nuansa kayu yang sejuk, toilet dan kamar mandi, barak, area gathering untuk outbond, dan aneka spot untuk menikmati pemandangan hutan yang luar biasa indahnya.

baturaden adventure forest - blog catatan bunda

Baturaden Adventure Forest menyediakan aneka pilihan program yang bisa disesuaikan dengan tujuan anda.

Mulai dari anda yang datang langsung hingga program petualangan yang bisa disiapkan dengan camping selama 1 hingga 2 hari. Paket harga yang ditawarkan juga berbeda-beda.

Mulai dari Rp 385.000 / pax hingga Rp 700.000-an / pax, anda sudah bisa menikmati aneka program petualangan di destinasi liburan seru yang satu ini.

Curug Bayan

Tempat wisata di Baturaden ini berupa air terjun. Curug Bayan juga sering dikenal dengan sebutan Curug Gede Baturaden.

Lokasinya berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Anda bisa menuju tempat wisata di Baturaden yang satu ini sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Purwokerto.

Berapa harga tiket masuk ke lokasi Curug Gede? Cukup menyiapkan Rp 3.000 / orang untuk masuk dan bermain sepuasnya di dalam area Curug Gede Baturaden.

Meski berupa air terjun, sungai di Curug Gede tidak terlalu dalam, arusnya pun tidak terlalu deras, sehingga masih cukup aman digunakan untuk berenang bersama anak-anak.

Anda bisa menikmati suasana di tujuan wisata yang satu ini dengan menginap di villa yang tersedia. Tarif sewa villa yang ada di sini masih terjangkau untuk kebutuhan keluarga anda.

Tarif sewa kamar penginapan di sini mulai dari Rp 400.000 / malam.

Jika anda memerlukan tempat menginap yang lebih besar, anda bisa memilih ukuran villa yang lebih besar, sesuai dengan keperluan.

Kebun Raya Baturaden

Ingin menikmati suasana perkebunan di tengah-tengah hutan yang asri dan rindang? Anda harus mencoba berkunjung ke Kebun Raya Baturaden yang terletak di Jalan Pancuran Tujuh, Kemutug Lor, Wanawisata Baturaden.

Obyek wisata ini tergolong sebagai wisata Baturaden terbaru karena baru diresmikan pada tanggal 19 Oktober 2015 lalu.

Berapa harga tiket masuk ke Kebun Raya Baturaden?

Tiap pengunjung dikenakan tarif Rp 10.000 / orang saat akan berkunjung ke salah satu tempat wisata di Baturaden ini.

Tempat tujuan wisata ini berguna sebagai tempat untuk edukasi bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang dunia flora dan fauna.

Anda akan melihat beraneka macam jenis tanaman dengan berbagai karakteristik, mulai dari yang merambat, hingga menjulang tinggi hingga taman bunga yang sangat indah.

Abadikan foto anda di lokasi wisata indah ini, jaga kebersihan dan keindahan di lokasi ini ya. Jangan sampai buang sampah sembarangan atau merusak tanaman yang ada di Kebun Raya Baturaden.

Lokawisata Baturaden

Untuk tempat wisata di Baturaden ini rasa-rasanya semua orang juga sudah banyak yang tahu.

Obyek wisata yang berjarak 15 km dari pusat kota Banyumas (Purwokerto) ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari Banyumas maupun dari luar wilayah.

Tempat wisata di Baturaden yang satu ini sangat cocok dikunjungi oleh semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Lokasi rekreasi Lokawisata Baturaden menawarkan berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke sana. Beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati diantaranya sebagai berikut:

  • Kolam renang
  • Sepeda air
  • Air mancur
  • Seluncur air
  • Air terjun
  • Pemandian air panas (mengandung belerang)

Saat anda menyusuri aneka spot wisata di lokasi ini, anda bisa menikmati atraksi kesenian lokal seperti kuda lumping, kenthongan dan lain sebagainya.

Pada sudut-sudut lainnya, anda bisa menikmati fasilitas Teater Alam yang berbentuk Pesawat Foxer 28 milik Garuda Indonesia.

Di dalam Teater Alam, anda bisa menyaksikan film pendek yang berisi aneka pemandangan alam yang ada di Indonesia.

Konsep kesenian yang ada di sini mirip dengan satu tempat baru yang ada di Kota Bandung dan baru saja diresmikan oleh Walikota Bandung. Tempat tersebut ialah wisata seni di Bandung Creative Hub.

Anda bisa masukkan tempat baru ini sebagai salah satu tujuan anda saat berlibur bersama anak ke Bandung.

Desa Wisata Ketenger Baturaden

Di Desa Wisata Ketenger ini, Anda akan disuguhi dengan nuansa pedesaan yang kental dengan nuansa alamnya yang asri sekaligus suasana tradisionalnya. Anda bisa menikmati beragam pertunjukan kesenian tradisional disini.

Lokasi tempat wisata di Baturaden yang satu ini menawarkan berbagai hiburan menarik bagi para pengunjung, terutama penampilan di bidang kesenian.

Anda bisa menikmati penampilan menarik seperti kuda lumping, Siteran, Begalan, wayang kulit khas Banyumasan, hingga Lengger Calung.

Selain menikmati atraksi kesenian daerah yang bermacam-macam di Desa Wisata Ketenger, anda bisa jalan berkeliling juga lho.

Situs peninggalan sejarah di sini seru dan sangat menarik untuk dinikmati, contohnya seperti Rel Lori dan Waduk Ketenger, contoh situs sejarah peninggalan dari zaman penjajahan dulu.

Itu dia tadi 8 obyek wisata Baturaden yang tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda berkunjung dan berlibur ke Banyumas, atau yang lebih dikenal orang dengan nama Purwokerto.

Jika anda ingin melanjutkan perjalanan ke daerah Yogyakarta dan sekitarnya, anda bisa simak ulasan obyek wisata di Kulon Progo, yang bisa menjadi pilihan tempat tujuan bagi anda.

Selamat menikmati keindahan alam yang ada di aneka tempat wisata di Baturaden bersama keluarga. Sampai jumpa di episode selanjutnya ya 😀

(Visited 673 times, 1 visits today)