Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Taman Lalu Lintas Bandung, Media Edukasi Sekaligus Rekreasi Keluarga

Salah satu taman kota yang menjadi favorit warga ialah Taman Lalu Lintas Bandung. Beberapa waktu yang lalu, Mirza sempat terkena penyakit cacar. Oleh sebab itu, kami sekeluarga tidak keluar rumah hingga Mirza benar-benar pulih kembali. Hampir 2 minggu kami sekeluarga berada di rumah saja.

Kebetulan juga, saat ini sudah mulai masuk periode libur sekolah. Jadi, Mirza tidak ketinggalan pelajaran. Bisa fokus istirahat dan pemulihan diri di rumah. Jadi, memang selalu ada hikmah dari setiap peristiwa. Bahkan dari satu kejadian buruk sekalipun.

Sekarang tinggal was-was menanti adiknya saja. Mudah-mudahan tidak sampai tertular cacar seperti kakaknya. Kami sekeluarga sudah pernah kena cacar, jadi tidak perlu khawatir ketularan lagi. Anak bungsu saja yang belum pernah terkena cacar. Bantu doakan ya teman-teman sekalian, semoga kedua anak kami selalu sehat.

Begitu anak sehat, kami langsung mengagendakan untuk jalan-jalan. Tujuan pertama yang kami datangi ialah Taman Lalu Lintas Bandung. Seperti apa cerita petualangan keluarga di dalamnya? Ikuti kisah lengkapnya di bawah ini yuk.

wisata keluarga di taman lalu lintas bandung - catatan bunda

Wisata Keluarga Murah Meriah Saat Liburan Sekolah

Gatel juga saat ada di rumah terus. Tidak bisa keluar rumah karena Mirza sedang sakit. Begitu sembuh, kami langsung tidak membuang waktu lagi. Kami sekeluarga langsung memilih tempat wisata yang menarik dan cocok untuk didatangi.

Akhirnya pilihan jatuh ke Taman Lalu Lintas Bandung. Menurut kami, taman ini patut dijadikan sebagai tujuan wisata murah meriah di Bandung. Sering sekali kami melewati taman yang satu ini. Hanya saja, waktunya selalu tidak pernah tepat. Jadi, kami hanya lewat saja dan belum pernah mampir ke taman satu ini.

Pagi itu, kami sudah mempersiapkan diri sejak awak. Tempat tujuan sudah ditetapkan sejak awal. Kami mau mencoba berkunjung ke Taman Lalu Lintas Bandung.

Anak-anak dipersiapkan dahulu sejak pagi. Minum susu, sarapan, hingga mandi dilakukan dengan cepat dan efisien. Tujuannya supaya kami tidak terlalu siang saat tiba di lokasi taman. Dengan tiba lebih pagi, udara masih terasa lebih sejuk dibandingkan saat tiba siang hari. Harapan lainnya belum terlalu banyak pengunjung yang berada di taman. Dengan demikian, anak-anak bisa beraktivitas lebih leluasa di dalam area taman.

Begitu semuanya siap, kami langsung berangkat dari rumah. Berbagai jenis perlengkapan standar pun dibawa. Peralatan seperti tas berisi baju ganti anak, kamera untuk mengambil foto dan merekam video beserta kelengkapan lainnya. Tidak lupa juga untuk membawa bekal berupa botol air minum serbaguna.

Tujuan bermain ke Taman Lalu Lintas Bandung ialah bermain bersama anak. Jadi, bisa dipastikan kami akan berkeringat saat berada di dalamnya. Jadi, bekal air minum sudah menjadi hal wajib yang harus kami bawa.

Perjalanan menuju lokasi wisata sangat cepat. Pagi itu situasi jalanan sangat ramah. Sepi dan lancar. Liburan sekolah tampaknya membuat jalanan tidak padat pagi itu. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 – 25 menit, kami pun tiba di lokasi Taman Lalu Lintas Bandung.

belajar membaca rambu lalu lintas bersama ayah di taman lalu lintas bandung - catatan bunda

Harga Tiket Masuk

Satu tantangan yang harus diingat ketika mau berkunjung ke Taman Lalu Lintas ialah tempat parkir. Jika terlalu siang, mencari parkir kendaraan bisa lebih sulit dibandingkan saat pagi hari. Apalagi bagi kami yang datang dengan membawa kendaraan pribadi.

Ada satu tips sederhana bagi anda yang tidak mau ribet. Anda bisa mengunjungi Taman Lalu Lintas menggunakan taksi online atau ojek online. Praktis dan tidak perlu ribet untuk mencari tempat parkir. Anda bisa berhenti langsung di depan pintu gerbang Taman Lalu Lintas.

Beruntungnya, pagi itu masih banyak lahan parkir yang kosong. Kami bisa parkir kendaraan dengan leluasa. Sudah ada petugas yang berjaga di area parkir tersebut. Setelah parkir kendaraan beres, kami berjalan menuju ke pintu masuk Taman Lalu Lintas Bandung. Jadi, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, sebaiknya anda datang lebih pagi supaya mudah saat mencari tempat parkir.

Sebelum bisa masuk dan menikmati suasana taman, pengunjung harus membeli tiket masuk. Saat tiba di loket, ternyata perkiraan kami salah besar. Kami mengira suasana taman belum terlalu ramai. Akan tetapi, ternyata yang terjadi malah sebaliknya. Untuk membeli tiket masuk, kami harus antri. Pengunjung sudah sangat padat pagi itu.

Berapa harga tiket masuk Taman Lalu Lintas?

Tarif tiket masuknya sangat murah. Pada hari biasa, cukup membayar Rp 6.000 per orang untuk membeli tiket. Sementara saat hari Minggu dan hari libur nasional, tiket masuknya sebesar Rp 7.000 per orang. Sangat murah, bukan? 😀

Banyak sekali tempat wisata murah meriah di Bandung. Selain yang kami ceritakan pada kesempatan ini, kami sudah bagikan pengalaman wisata murah pada artikel sebelumnya. Tepatnya ketika jalan-jalan dan berpetualang di dalam Museum Gedung Sate.

mainan perosotan bersama anak lain di taman lalu lintas bandung - catatan bunda

Alamat Lengkap Taman Lalu Lintas

Taman ini merupakan salah satu taman legendaris di Bandung. Selain itu, lokasi taman menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi banyak keluarga. Di mana kita bisa menemukan lokasi Taman Lalu Lintas? Anda bisa simak alamat lengkapnya berikut ini:

Jalan Belitung nomor 1, Sumur Bandung, Kota Bandung 40113.

Letaknya sangat strategis dan berada di dekat kantor Walikota Bandung. Beruntung sekali bisa menikmati taman yang satu ini. Di tengah kota yang sangat padat oleh kendaraan dan gedung bertingkat, warga Bandung masih bisa menikmati hutan kota yang luas dan hijau.

Taman Lalu Lintas buka hari apa saja?

Obyek wisata ini beroperasi dari hari Senin hingga Minggu. Khusus pada hari Jumat, lokasi ini tutup dan tidak dibuka untuk umum. Taman yang juga dikenal dengan nama Taman Ade Irma Suryani Nasution ini dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Rentang waktu yang cocok digunakan sebagai waktu liburan bersama keluarga. Terutama untuk anak-anak.

aktivitas anak saat libur sekolah di taman lalu lintas bandung - catatan bunda

Daya Tarik Taman Lalu Lintas Bandung

Setelah selesai membeli tiket masuk, kami diijinkan masuk oleh petugas yang berjaga di pintu masuk. Begitu tiba di dalam, kami langsung bisa merasakan kesejukan dari Taman Lalu Lintas Bandung. Pepohonan di taman ini sangat banyak dan berukuran besar.

Sesuai namanya, taman ini berisi berbagai media edukasi untuk anak-anak. Terutama yang berkaitan dengan tertib lalu lintas. Begitu masuk, kami bisa melihat beberapa rambu lalu lintas berukuran raksasa.

Tidak jauh dari situ, kami melihat ada beberapa papan berukuran besar. Papan tersebut berisi informasi tentang berbagai jenis rambu lalu lintas. Info yang disajikan sangat lengkap dan beragam. Bahkan, ada beberapa rambu tersebut yang belum pernah kami lihat sebelumnya.

Kedua anak kami pun sangat antusias mendengarkan penjelasan tentang rambu lalu lintas tersebut. Selain berisi gambar, pengunjung bisa menikmati penjelasan berupa tulisan pada papan informasi rambu lalu lintas. Kami bisa memanfaatkan papan tersebut menjadi simulasi bagi anak. Terlebih untuk menjadi latihan tersendiri dalam proses belajar membaca untuk anak.

arena bermain anak berupa carousel sederhana di taman lalu lintas bandung - catatan bunda
naik carousel
hasil revitalisasi taman lalu lintas bandung bersama toyota - catatan bunda
revitalisasi taman bersama toyota

Selesai melihat-lihat aneka jenis rambut lalu lintas, kami melanjutkan perjalanan untuk mengelilingi Taman Lalu Lintas Bandung. Semakin masuk ke dalam, kami melihat taman ini sangat penuh dengan pengunjung. Kemungkinan ada ribuan pengunjung yang sedang menikmati suasana taman hari itu.

Taman Lalu Lintas kini sudah tampil dengan suasana yang lebih modern dan beragam isinya. Taman ini selesai direvitalisasi pada Bulan September 2017 silam. Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan yayasan Pembina Taman Lalu Lintas dan Toyota Motor untuk mengembalikan kejayaan taman yang satu ini.

Sebagaimana di taman pada umumnya, ada satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan bersama keluarga. Wisata keluarga di taman belum lengkap tanpa melakukan botram atau membawa bekal makanan dari rumah. Sama halnya dengan para pengunjung di Taman Lalu Lintas Bandung. Ada banyak pengunjung yang duduk santai dengan tikar sambil menggelar aneka jenis bekal makanan dari rumah.

Anda bisa membawa tikar sendiri saat mau berangkat ke obyek wisata satu ini. Jika lupa bagaimana? Jangan khawatir, ada banyak pedagang yang menyewakan tikar di dalam kawasan Taman Lalu Lintas. Berhubung kami tidak membawa makanan maupun tikar, kami terus melanjutkan penjelajahan.

pengunjung padat saat hari libur sekolah di taman lalu lintas bandung - catatan bunda
kepadatan pengunjung
wahana kereta api mini di taman lalu lintas bandung - catatan bunda
kereta api mini

Kami lihat, ada banyak arena permainan yang disediakan untuk anak-anak. Tidak terbayangkan betapa ramainya Taman Lalu Lintas saat liburan. Anda mau mencoba? Yuk silakan langsung datang dan nikmati sensasinya.

Saat jalan-jalan di dalam, kami putuskan untuk mencoba beberapa permainan anak. Tidak semuanya, tetapi kami seleksi yang cocok untuk kedua anak kami.

Permainan pertama yang dicoba oleh anak-anak ialah carousel. Cukup membeli tiket masuk Rp 5.000 per orang untuk menikmati permainan tersebut. Anak-anak sangat antusias untuk naik dan berputar-putar di arena Carousel.

Setelah puas menikmati carousel, kami mencoba wahana bermain yang lain. Tujuan kami ialah naik kereta mini untuk mengelilingi Taman Lalu Lintas Bandung. Harga tiketnya juga sama. Cukup dengan Rp 5.000 per orang sudah bisa naik kereta mini untuk berkeliling area taman.

Dari perjalanan singkat ini, kami bisa melihat banyaknya pengunjung yang sedang menikmati waktu liburannya. Aktivitas yang dilakukan juga bermacam-macam. Ada satu aktivitas anak yang menjadi favorit pengunjung Taman Lalu Lintas Bandung.

Kegiatan yang kami maksud ialah berenang. Mungkin lebih tepatnya ialah bermain air saja. Kolam renangnya sangat penuh pengunjung. Pada pintu masuknya, sudah ada ratusan ibu-ibu yang mengantri untuk masuk kolam dan bermain air bersama anaknya. Jika sudah demikian, maka aktivitas berenang sudah tidak bisa dinikmati lagi.

Perjalanan keliling taman naik kereta mini berlangsung singkat. Beberapa menit kemudian, kami tiba kembali di stasiun tempat kereta mini berhenti. Kami pun turun dan meneruskan ke wahana lainnya.

arena bermain sepeda keliling kota di taman lalu lintas bandung - catatan bunda

Pilihan berikutnya jatuh kepada wahana bersepeda. Arena ini dibentuk menyerupai sebuah kota mini. Ada jalan raya di dalam arena tersebut. Lalu, sepeda ini bisa digunakan untuk berkeliling kota. Tidak hanya jalan raya, arena kota mini ini dilengkapi dengan lampu lalu lintas.

Sebelum berkeliling naik sepeda di Taman Lalu Lintas Bandung, anak-anak harus membeli tiket. Harga tiket untuk menikmati wahana bersepeda ialah Rp 5.000 per anak. Satu sesi permainan dibatasi 10 menit per anak.

Saat tiket sudah di tangan, Mirza tidak bisa langsung naik sepeda. Akan tetapi, Mirza harus mengantri di jalur yang sudah disediakan. Demikian juga dengan anak-anak yang lain. Semuanya harus antri, tidak ada kecuali. Begitu tiba giliran Mirza, barulah bisa turun ke arena dan memilih sepeda yang diinginkan.

Kami pun membiarkan Mirza untuk keliling arena dengan bersepeda. Mirza tidak sendirian siang itu. Ada banyak anak lain yang ikut serta naik sepeda keliling arena. Sepertinya ada lebih dari 20 anak yang bisa bermain sepeda dalam satu sesi permainan.

Begitu sesi berakhir, akan ada pengumuman dari operator yang bertugas melalui pengeras suara. Anak-anak akan diminta untuk mengembalikan sepeda dan memarkir kembali di area yang tersedia. Sesi permainan selanjutnya akan segera dimulai untuk anak-anak yang lain yang sudah mengantri.

Tidak terasa, hari sudah semakin siang. Kami mulai merasa lapar, demikian juga dengan anak-anak. Sudah waktunya untuk keluar dari obyek wisata tersebut dan mencari makan siang. Kami pun menyudahi petualangan singkat di Taman Lalu Lintas Bandung.

Secara umum, tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Taman Lalu Lintas Bandung memang dikonsep dengan mengkombinasikan berbagai unsur. Mulai dari unsur pendidikan atau edukasi, rekreasi keluarga, dan fungsi sebagai taman kota menjadi satu kesatuan yang bisa dinikmati seluruh masyarakat.

Demikian petualangan kami sekeluarga di Taman Lalu Lintas. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak perjalanan liburan keluarga di Bandung. Sampai ketemu pada kisah kami lainnya 😀

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda