Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Soto Mbak Lin Semarang, Kuliner Lezat yang Tidak Boleh Dilewatkan

Soto Mbak Lin Semarang merupakan satu tempat makan langganan keluarga. Saat liburan di Semarang, kami selalu menyempatkan diri untuk mampir ke sini. Tahu gimbal juga termasuk salah satunya. Anda bisa ikuti cerita perjalanannya pada artikel yang sudah kami tulis.

Pada hari terakhir liburan di Semarang, agenda kami ialah wisata kuliner di Soto Mbak Lin Semarang. Hari sebelumnya, kami menemani anak-anak untuk jalan-jalan. Mulai dari mengunjungi Grand Maerakaca hingga bermain mobil hias di Simpang Lima. Selesai main di Simpang Lima sudah malam, jadi kesempatan untuk jalan-jalan sudah tidak ada malam itu. Kami baru bisa pergi lagi keesokan harinya.

Oleh sebab itu, kami menentukan tema berbeda di hari terakhir. Rencananya, di hari terakhir kami akan wisata kuliner saja. Harapannya bisa menikmati kuliner Semarang di beberapa tempat sekaligus. Keesokan harinya, kami sudah harus pulang kembali ke Bandung.

Pilihan pertama jatuh ke Soto Mbak Lin Semarang. Seperti apa ceritanya saat kami menikmati wisata kuliner khas Semarang di sini? Ikuti terus ya ceritanya di bawah ini. Selamat menikmati.

wisata kuliner enak khas soto kudus mbak lin semarang - catatan bunda

Tempat Makan Langganan di Soto Mbak Lin Semarang

Menjelajah kota Semarang dalam waktu singkat memang tidak memungkinkan. Banyak sekali tempat yang bisa dijelajahi. Mulai dari tempat wisatanya hingga tujuan untuk wisata kuliner khas Semarang. Ketika liburan, kami sempat menikmati kuliner di Pecel Bu Sumo, Mie Kopyok khas Semarang, warung nasi mangut pedas, tahu gimbal Pak Edy, dan dilanjutkan dengan kulineran di Soto Mbak Lin Semarang.

Memang tidak banyak, tetapi kami sangat puas bisa berkeliling ke banyak tempat. Kendala waktu liburan yang tidak lama menjadi satu penyebabnya. Bila waktu kami di Semarang lebih lama, bukan tidak mungkin daftar tempat kulinernya bisa lebih panjang.

Soto merupakan satu jenis makanan berkuah yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang enak, gurih dan segar membuat banyak orang menggemari soto. Jenis isiannya bisa bermacam-macam. Mulai dari daging ayam hingga daging sapi. Belum lagi banyak variasi lain yang bisa digunakan sebagai isian seporsi soto.

Tiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Soto yang ada di Bandung, berbeda dengan soto yang ada di Jakarta. Demikian juga soto di Jakarta, akan memiliki citarasa yang berbeda dengan soto khas di Semarang. Bahkan di Semarang sendiri ada beragam jenis soto yang bisa dinikmati para pecinta kuliner. Anda bisa menikmati soto bangkong Semarang

Termasuk salah satunya Soto Mbak Lin Semarang. Restoran yang sudah menjadi langganan keluarga selama bertahun-tahun. Keluarga kami terkesan dengan citarasanya yang unik, sehingga berkenan untuk langganan hingga saat ini. Tidak hanya makan di tempat, seringkali bapak dan ibu pesan soto kudus Mbak Lin untuk dinikmati di rumah.

wisata kuliner khas dengan makan siang di soto mbak lin semarang - catatan bunda

Lokasi Restoran Soto Mbak Lin Semarang

Berhubung sudah hari terakhir liburan, kami sempatkan untuk wisata kuliner ke Soto Mbak Lin. Kami pergi menuju ke restoran Soto Mbak Lin Semarang saat pagi hari. Maksudnya supaya tubuh masih segar dan belum terlalu padat oleh pengunjung. Setelah mempersiapkan diri dan anak-anak, kami berangkat.

Tempat makan yang satu ini sudah buka sejak lama. Jika kami tidak salah, warung Soto Mbak Lin Semarang sudah beroperasi sejak tahun 2004. Awalnya dibuka di Jalan Ahmad Dahlan kota Semarang. Tepatnya di depan Rumah Sakit Telogorejo Semarang. Dulu, suami dan orangtua sering kulineran di warungnya.

Seiring berjalannya waktu, Soto Mbak Lin semakin berkembang. Cabangnya mulai bertambah banyak. Semakin mudah untuk ditemukan di area kota Semarang. Kini, pengunjung bisa menikmati soto Kudus khas Mbak Lin di alamat-alamat berikut ini:

  • Jalan Ahmad Dahlan Semarang;
  • Jalan Puri Anjasmoro Raya, Semarang;
  • Jalan Jati Raya, Banyumanik, Semarang;
  • Sebelah kanan RS Permata Medika, Semarang;
  • Ventura Taman Kuliner, Jalan Ki Mangunsarkoro Semarang.

Saat itu, kami sekeluarga menuju ke cabang warung yang ada di Jalan Ki Mangunsarkoro. Letaknya lebih dekat dari rumah dibandingkan dengan cabang yang lain. Tempat ini berbentuk foodcourt. Artinya, ada banyak tempat makanan yang tersedia di sana. Konsep tempatnya mirip seperti foodcourt tempat kami menikmati mie kopyok khas Semarang.

Pilihan Menu dan Harga Makanan

Sesuai namanya, menu utama di sini ialah soto ayam. Akan tetapi, pengunjung tidak hanya bisa menikmati soto saja. Ada banyak lauk pauk yang disediakan untuk mendampingi saat kulineran di Soto Mbak Lin Semarang.

Pilihan lauk pauk yang tersedia antara lain:

  • Paru goreng Rp 6.500 / pcs;
  • Sate ayam Rp 4.000 / tusuk;
  • Otak goreng Rp 6.000 / pcs;
  • Pastel ayam Rp 6.500 / pcs;
  • Sate telur Rp 4.000 / tusuk;
  • Sate kerang Rp 4.000 / tusuk;
  • Perkedel kentang Rp 1.500 / pcs.

Anda juga bisa menikmati tempe goreng dan kerupuk. Semua lauk pauk dihidangkan di tiap meja. Pengunjung bebas mengambil sepuasnya. Jangan sampai lupa untuk menghitung jumlah lauk yang sudah anda nikmati ya 😀

Lalu, berapa harga soto kudus Mbak Lin? Ada dua pilihan ukuran yang tersedia, yaitu mangkuk ukuran besar dan kecil. Untuk mangkuk ukuran besar bisa dinikmati dengan Rp 10.000 / porsi. Sementara, soto kudus ukuran kecil harganya Rp 8.500 / porsi. Buat pengunjung yang ekstra lapar, bisa pesan mangkuk ukuran besar. Jika sedang tidak terlalu lapar, porsi soto ukuran kecil juga sudah mengenyangkan.

sate daging ayam di warung soto mbak lin semarang - catatan bunda

Pilihan minuman yang tersedia di kedai Soto Mbak Lin Semarang juga sangat banyak. Beberapa pilihannya ialah sebagai berikut:

  • Es teler Rp 10.000 / porsi;
  • Es kelapa muda Rp 7.000 / porsi;
  • Es jeruk Rp 5.000 / porsi;
  • Es teh manis Rp 3.000 / porsi;
  • Kunir asem Rp 5.000 / porsi;
  • Kopi lanang Rp 5.000 / porsi;
  • Jus sehat mata Rp 5.000 / porsi;
  • Jus alpukat dan jus wortel Rp 8.000 / porsi;
  • Jus jambu, jus strawberry, jus mangga, jus sirsak, jus tomat Rp 7.000 / porsi;
  • Teh manis hangat Rp 2.500 / porsi;
  • Teh tawar hangat Rp 1.000 / porsi.

Murah meriah ya harga makanan dan minumannya? Surga banget deh saat menikmati kuliner di sini. Hati-hati kalap, semuanya dimakan dan langsung kekenyangan 😀

sate kerang di soto mbak lin semarang - catatan bunda

Review Citarasa Kuliner di Soto Kudus Mbak Lin

Restoran soto kudus Mbak Lin ini sangat besar. Pagi itu, pengunjung sudah banyak yang berkunjung. Kami pikir saat pagi masih relatif sepi. Ternyata dugaan awal kami salah. Restoran sudah penuh oleh pengunjung yang sedang asyik menikmati soto kudus yang disediakan.

Restoran ini buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu. Asyiknya lagi, jam operasionalnya sangat panjang. Kedai soto Mbak Lin Semarang buka mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sangat cocok untuk menampung semua orang. Mulai dari yang mau sarapan pagi hingga makan malam.

Kami pun memilih meja dan tempat duduk yang masih kosong. Setelah duduk, ada karyawan yang menghampiri dan menanyakan pesanan. Kami memesan soto ukuran kecil saja. Jika kurang, baru tambah lagi. Tidak lama kemudian, pesanan soto dan minuman kami diantarkan ke meja. Setiap saat, kami lihat soto ayam diracik terus menerus di meja penyajian. Jadi, ketika ada pesanan baru, karyawan tinggal mengambil dan mengantarkannya ke meja pengunjung.

suasana restoran soto mbak lin semarang yang penuh pengunjung - catatan bunda

Cocok ga untuk anak-anak? Menurut pengalaman, menu soto kudus Mbak Lin ini cocok sekali. Rasa aslinya tidak pedas sama sekali. Dominan rasa manis dan gurih dari kuahnya. Soto ayam disajikan dalam kondisi kuah yang sangat panas. Jika ditujukan untuk anak-anak, sepertinya akan membutuhkan waktu untuk mendinginkan kuahnya.

Kami mengakalinya dengan meminta tambahan piring yang kosong. Porsi soto yang ditujukan untuk anak akan dituang ke dalam piring. Tujuannya supaya lebih cepat dingin dan bisa dimakan anak-anak. Saat dituang baru terlihat, ukuran porsinya lumayan banyak, walaupun dari ukuran mangkuk yang kecil.

Soto kudus Mbak Lin punya isian tersendiri. Kuahnya berwarna kuning pekat. Di dalamnya ada nasi putih, daging ayam, bawang goreng, dan potongan sayuran untuk menghiasnya. Sebelum makan, tidak lupa kami menambahkan jeruk nipis yang diperas dan sambal untuk memberikan rasa pedas.

Sensasi rasa sotonya lezat sekali. Dominasi rasa manis dan gurih pada menu asli sangat terasa. Begitu ditambahkan perasan jeruk nipis, rasa kuahnya semakin segar. Makin nikmat setelah diberi tambahan sambalnya untuk menciptakan rasa pedas. Tidak lupa mengambil beberapa lauk yang ada. Favorit kami ialah sate telur, sate ayam, dan sate kerangnya. Cocok sekali sebagai pendamping. Mau dicampur ke dalam mangkok soto atau dimakan terpisah juga bisa. Sesuaikan dengan selera masing-masing ya 😀

Alhamdulillah, anak-anak terlihat menikmati makanannya. Satu porsi sangat cukup untuk dimakan oleh anak sulung dan bungsu kami. Ditambah dengan kerupuk, keduanya terlihat lebih nikmat saat menyantap Soto Mbak Lin Semarang.

Soto ini memang sangat nikmat untuk disantap saat masih panas. Kelezatannya lebih terasa di lidah. Daging ayamnya sangat empuk, bahkan anak-anak pun bisa memakannya dengan mudah. Tidak perlu waktu lama untuk menghabiskan makanan yang kami pesan. Semuanya ludes dalam waktu sesingkat-singkatnya 😀

Pembayaran makanan dilakukan di meja kasir. Di sini pembeli yang menyebutkan lauk apa saja yang sudah diambil. Kejujuran tiap orang sangat penting. Pihak pengelola tidak meletakkan penjaga di setiap meja pengunjung untuk menghitung lauk pauk yang dinikmati.

Secara keseluruhan, kami sangat merekomendasikan untuk mencicipi kuliner khas di Soto Mbak Lin Semarang. Kelezatan rasa sotonya akan membuat kangen para pengunjung. Buktinya, restoran tidak pernah sepi. Pengunjung terus datang silih berganti.

sate telur di soto mbak lin semarang - catatan bunda

Fasilitas pendukung juga sangat memadai. Lahan parkir tersedia, ukurannya pun terbilang luas. Jadi, bagi anda yang mau mengendarai mobil, tidak perlu risau kesulitan parkir di lokasi Soto Mbak Lin Semarang. Meja makan dan tempat duduk juga sangat banyak. Bisa menampung banyak pengunjung sekaligus.

Demikian, oleh-oleh cerita wisata kuliner kami di Soto Mbak Lin Semarang. Semoga berkenan dan terimakasih banyak sudah menyimak hingga selesai. Sampai ketemu pada cerita petualangan kami selanjutnya 😀

(Visited 41 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda