Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Soto Kwali Bu Genthong Sragen, Sarapan Nikmat di Tengah Perjalanan

Soto Kwali Bu Genthong Sragen menjadi salah satu tempat singgah kami saat perjalanan. Setelah menghabiskan dua hari pertama untuk istirahat di Semarang, kami akan meneruskan jalan-jalan keluarga ke Blitar, Jawa Timur. Di sinilah letak makam proklamator Republik Indonesia sekaligus Presiden pertama kita, Bapak Ir. Soekarno.

Blitar memiliki tempat tersendiri bagi keluarga besar kami. Ibunda kami lahir dan tumbuh dewasa di sini. Bapak dan ibu juga pertama kali bertemu di kota ini ketika masih sekolah bersama di SMA. Jadi, kenangan masa kecil suami saat kecil pun banyak diceritakan. Ketika hari raya Idul Fitri, mudik ke Blitar selalu menjadi agenda wajib keluarga.

Kunjungan kali ini merupakan kesempatan pertama kali buat kami sekeluarga. Selama hampir 7 tahun berumah tangga, kami belum pernah pulang lagi ke Blitar. Jadi, mumpung ada kesempatan traveling, kami manfaatkan semaksimal mungkin. Baik untuk kegiatan wisata alam, menemani anak bermain, hingga wisata kuliner khas daerah.

Dalam perjalanan menuju Ngawi, kami mampir untuk sarapan di Soto Kwali Bu Genthong Sragen. Seperti apa ceritanya? Simak terus ya kisah lengkapnya.

warung soto kwali bu genthong sragen - catatan bunda

Persiapan Jalan-Jalan Keluarga ke Jawa Timur

Ketika itu hari Minggu. Pada hari itu, agenda perjalanan liburan keluarga kami ke Jawa Timur dimulai. Tujuan akhirnya ialah pergi ke kota Blitar. Jarak tempuh Semarang – Blitar kurang lebih 320 km. Estimasi waktu perjalanan menggunakan mobil ialah sekitar 7 hingga 8 jam, jika dilakukan non-stop (tanpa istirahat).

Persiapan barang bawaan sudah dilakukan dan masuk ke dalam mobil. Tidak lupa membuat ruang tidur di bagian belakang mobil untuk anak-anak. Kami berangkat dari rumah hari Minggu dinihari, kurang lebih pukul 3.30 WIB atau 4.00 WIB.

Dalam perjalanan hari Minggu tersebut, kami tidak langsung menuju ke Blitar. Rencananya, kami singgah di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kakak kandung saya tinggal di sana. Kebetulan Ngawi memang kami lalui saat perjalanan menuju ke Blitar. Jadi, tidak ada salahnya untuk mampir dan menginap satu malam di rumah kakak. Perjalanan kami juga santai, tidak terburu-buru.

Kebetulan di rumah kakak juga ada anaknya yang bungsu. Dia suka sekali bermain dengan Mirza, anak sulung kami. Jadi klop, kedua anak kami pun bisa bermain bersama kakak sepupunya di Ngawi.

Mengapa berangkat dinihari? Apakah ada alasan khusus dibalik hal tersebut?

Kami sadar, perjalanan ini akan lumayan panjang. Perjalanan dari kota Semarang menuju Ngawi akan memerlukan waktu kurang lebih 4 jam. Kita semua mengetahui, saat pagi hari udara masih sangat segar dan sejuk. Selain itu, kondisi lalu lintas biasanya juga masih bersahabat. Jalanan masih sepi tidak terlalu macet.

Faktor udara segar dan jalanan lancar itulah yang kami kejar. Jika berangkat saat matahari terbit, kami akan terjebak di jalanan saat siang hari. Biasanya, pada siang hari, jalanan sudah mulai padat dan udara sudah terasa lebih panas dibandingkan pagi hari. Ditambah lagi, badan lebih segar saat masih pagi. Jadi, banyak faktor yang bermanfaat menurut keluarga kami. Oleh sebab itulah, kami lebih suka mulai saat dinihari jika ingin bepergian jauh.

Perjalanan pun dimulai. Sesuai dugaan, jalanan sangat lancar dan sepi. Perjalanan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Berhubung masih gelap, anak-anak masih tidur di ruang tidurnya pada bagian belakang.

Kali ini rute traveling kami agak berbeda. Ketika ngobrol dengan kakak di Whatsapp, kami mendapat info bahwa jalan tol baru sudah mulai beroperasi. Lebih tepatnya jalan tol rute Solo – Ngawi. Wah, mendengar hal tersebut, kami senang sekali. Dengan melalui jalan tol, perjalanan bisa lebih cepat sampai.

Masuklah kami ke jalan tol. Saat sudah berada di dalam, jalan tol masih sangat sepi. Belum ada kendaraan lain yang lewat. Berbeda jauh dengan jalan tol di Jabodetabek yang selalu padat merayap setiap harinya. Kendaraan pun dipacu dengan cepat.

Di tengah perjalanan, ternyata rutenya dibelokkan. Sepertinya jalan tol memang belum selesai secara total. Arah ke Ngawi masih ditutup dan dialihkan ke jalur yang sudah terbuka. Kami pun mengikuti arahan yang tersedia.

cara penyajian soto di warung soto kwali bu genthong sragen - catatan bunda

Menikmati Sarapan di Soto Kwali Bu Genthong Sragen

Kurang lebih setelah perjalanan 3 jam dari Semarang, kami sudah tiba di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tepatnya di kota Sragen. Waktu menunjukkan kurang lebih pukul 7.00 WIB. Anak-anak sudah terbangun dari tidurnya.

Kami putuskan untuk berhenti sejenak. Tujuannya yaitu mencari tempat makan untuk sarapan pagi. Jujur, kami tidak tahu akan makan apa pagi itu. Kami hanya mengikuti jalan sambil memilih tempat yang sekiranya cocok dan nyaman untuk dijadikan tempat sarapan.

Hingga akhirnya kami melihat ada papan nama tempat makan. Bentuk tempat makannya lumayan besar, berbentuk rumah. Pagi itu, sudah banyak mobil yang parkir di depan warung makan tersebut.

Kami sepakat untuk berhenti sejenak di warung tersebut. Tibalah kami di warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen.  Cocok nih menu makanannya untuk keluarga. Baik untuk makanan kedua anak kami hingga orang dewasa.

Sesuai namanya, warung ini hanya menyajikan soto ayam. Uniknya, di sepanjang jalan mendekati warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen, terdapat banyak sekali warung soto ayam. Semuanya memiliki nama Soto Kwali. Perbedaannya hanya pada “nama pemilik” di belakang nama soto kwali. Sepertinya, soto kwali merupakan satu kuliner khas di Sragen.

Mengapa diberi nama soto kwali? Ketika kami masuk dan melihat ke tempat penyajian, barulah kami mengetahui alasannya. Kuah soto ayam diletakkan di dalam sebuah kwali (gentong besar) yang terbuat dari tanah liat. Oleh sebab itu, nama sotonya disebut dengan nama soto kwali. Khas sekali bentuk kwalinya.

Kami langsung memilih tempat duduk. Kebetulan ada satu meja panjang yang kosong di bagian depan warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen. Kami sekeluarga langsung duduk di kursi yang tersedia. Sambil duduk, kami melakukan pemesanan makanan dan minuman.

Kwali untuk menyajikan soto ayam berada di bagian depan. Jadi, para pengunjung bisa melihat secara langsung pesanan soto ayamnya yang sedang disiapkan. Tentu saja, hal tersebut menjadi pemandangan baru bagi kami. Jarang-jarang kami bisa menemukan pemandangan proses seperti itu di Bandung. Walaupun hanya proses penyajian yang sederhana, kami sangat menikmatinya.

Alamat Warung Soto Kwali Bu Genthong

Bagi anda yang kebetulan melintas di Sragen, tidak ada salahnya untuk mampir di warung soto yang satu ini. Lokasinya strategis dan terletak di tepi jalan besar. Tepatnya di jalan raya yang menghubungkan Sragen menuju ke Ngawi.

Kami menemukan warung Soto Kwali Bu Genthong di alamat berikut ini:

Jalan Raya Timur 5 / 65, Bener, Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dari arah Semarang, warung soto ini terletak di sisi kiri jalan. Jangan khawatir, papan namanya berukuran besar dan mudah untuk ditemukan. Warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen sepertinya buka dari pagi dan melayani para pelanggan yang ingin menikmati sarapan pagi.

Saat itu, kami tiba sekitar pukul 7.30 WIB. Ketika kami datang, warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen sudah penuh oleh mobil dan sepeda motor yang parkir. Sudah banyak pengunjung yang sedang asyik menikmati sarapan soto ayamnya masing-masing.

Pilihan Menu Makanan di Soto Kwali Bu Genthong Sragen

Kami memesan nasi soto sebanyak 5 porsi. Anak-anak sengaja kami pesankan satu porsi terlebih dahulu. Jika habis dan mereka belum kenyang, barulah kami pesan lagi untuk tambah. Untuk minuman, kami pesan teh panas. Berhubung masih pagi, udara masih sejuk dan segar. Jadi, tepat rasanya jika menikmati minuman hangat seperti teh.

Seperti cerita di awal, warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen hanya menyajikan soto ayam. Penyajian soto tiap porsi menggunakan mangkok berukuran kecil. Cantik deh bentuk mangkoknya. Ukuran porsinya pas untuk sarapan pagi, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Lalu, apakah hanya ada makanan berupa soto ayam saja di warung tersebut? Alhamdulillah tidak. Pemilik warung soto kwali Bu Genthong Sragen melengkapi dengan tambahan aneka lauk pauk. Mirip seperti warung nasi pecel Bu Sumo yang kami nikmati saat di Semarang. Pilihan lauknya banyak sekali.

Kami bisa menemukan lauk pauk seperti tempe goreng, sate telur puyuh, dan sate jeroan. Selain itu, ada tambahan berupa kerupuk yang diletakkan di dalam kaleng. Aneka lauk tersebut diletakkan di setiap meja makan. Pengunjung yang ingin menikmati soto ayam dengan tambahan lauk, bisa dengan mudah mengambilnya di meja masing-masing.

aneka lauk saat wisata kuliner keluarga di soto kwali bu genthong sragen - catatan bunda

Selain lauk dan kerupuk, tambahan lain yang tidak bisa dilupakan ialah sambal dan kecap. Jangan khawatir, sambal dan kecap sudah tersedia di tiap meja. Siap digunakan untuk menikmati soto ayam yang kami pesan.

Tidak perlu menunggu lama, soto ayam yang kami pesan sudah jadi. Ada pramusaji yang mengantarkan pesanan ke meja kami. Rasa lapar yang mulai melanda, membuat kami langsung menyerbu soto ayam tersebut. Hati-hati, soto ayamnya masih sangat panas. Perlahan saja ya makannya.

Untuk makan anak-anak, kami meminta tambahan piring kepada karyawan. Kami mau menuangkan soto yang masih panas ke dalam piring. Harapannya supaya soto ayam untuk anak bisa lebih cepat turun panasnya dan bisa dinikmati.

Citarasa Makanan di Soto Kwali Bu Genthong Sragen

Bagaimana rasa makanan di warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen?

Rasanya enak banget. Kuah sotonya ringan dan segar, tidak terlalu kental. Isian sotonya pun sederhana saja. Hanya berisi nasi, daging ayam, taoge, daun bawang, dan bawang goreng. Sudah itu saja.

Walaupun sederhana, rasa soto ayamnya nikmat. Apalagi ditambah sambal dan dimakan saat masih panas. Wuah, tambah maknyuss deh 😀

Selain sambal, tidak lupa kami menikmati soto ayamnya dengan kerupuk dan aneka lauk yang tersedia di meja makan. Sambil makan, kami menyuapi anak-anak secara bergantian. Anak-anak juga sama. Mereka berdua bisa menikmati soto ayam yang terhidang di meja. Tidak terlalu banyak drama saat makan, apalagi anak sulung kami. Hanya anak bungsu saja yang masih agak sulit makan, tetapi sudah berhasil masuk lumayan banyak.

Suami cocok saat sarapan di warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen. Buktinya, dia sampai tambah lagi. Tidak cukup hanya makan satu mangkuk saja. Kami akui, citarasanya memang mantap dan lezat. Tidak heran banyak pengunjung yang mampir untuk sarapan di warung yang satu ini.

lauk berupa sate telur puyuh di warung soto kwali bu genthong sragen - catatan bunda

Setelah selesai menikmati makanan, tiba waktunya untuk membayar. Berapa harga makanan di warung soto ini? Harganya murah sekali. Satu porsi soto kwali dihargai Rp 10.000 / mangkuk. Sekali makan untuk satu keluarga besar, tidak sampai Rp 100.000. Sudah termasuk dengan minum dan aneka jenis lauk yang disediakan. Jauh lebih murah jika dibandingkan dengan wisata kuliner di restoran-restoran kota Bandung.

Pembayaran di warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen hanya menggunakan uang tunai saja. Warung ini belum menyediakan pembayaran memakai mesin gesek kartu debit. Pastikan anda sudah menyiapkan sejumlah uang tunai ya saat perjalanan.

Sarapan akhirnya selesai. Semua kenyang dan puas. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju rumah kakak di Ngawi. Jaraknya sudah dekat dari Sragen. Kurang lebih satu jam perjalanan saja, kami akan tiba di rumah kakak.

Demikian cerita dan pengalaman singkat kami saat wisata kuliner di Sragen. Menikmati soto yang sangat lezat di warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen. Kami rekomendasikan anda untuk mampir ke warung ini jika sedang melalui Sragen. Nikmati rasa sotonya yang lezat dengan harga yang murah.

Semoga cerita kuliner di warung Soto Kwali Bu Genthong Sragen memberikan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa share informasi ini supaya banyak yang mendapat manfaat. Sampai ketemu lagi di cerita perjalanan kami berikutnya 😀

(Visited 98 times, 1 visits today)

4 Comments

1. Bagusnya, gentongnya dijadiin modal buat jualan lagi (berupa soto kwali). Jadi, makin berlipat-lipat untungnya 😀