Perjalanan kami berlanjut untuk kulineran ke Sop Ayam Raja Blitar. Darimana kami tahu informasi warung yang satu ini? Jika anda menyimak cerita jalan-jalan sebelumnya, kami baru saja menikmati suasana di Bukit Teletubbies Blitar. Setelah menghabiskan beberapa jam di lokasi, kami meneruskan perjalanan.

Badan sudah mulai lelah dan terasa lapar. Budhe yang ikut serta dalam rombongan mengajak kami untuk wisata kuliner. Menurut beliau, ada tempat yang masakannya enak. Namanya sop ayam Raja. Kami semua setuju dan langsung menuju ke lokasi untuk makan siang bersama.

Mendengar namanya, kami langsung membayangkan jenis makanannya. Sudah pasti jenis makanannya berkuah, cocok nih untuk anak-anak. Mereka berdua pasti suka. Lalu, dari nama sop ayam, kami sempat mengira bahwa seperti sop pada umumnya. Satu porsi sop biasanya berisi aneka sayuran, seperti wortel, kentang, dan aneka sayuran pendukung lainnya. Tidak lupa ditambah suwiran daging ayam di dalamnya.

Bagaimana cerita lanjutan saat wisata kuliner di Sop Ayam Raja Blitar? Seperti apa tampilan menu makanannya? Ikuti terus perjalanan kami yuk 😀

lokasi alamat warung sop ayam raja blitar - catatan bunda

Pengalaman Wisata Kuliner di Sop Ayam Raja Blitar

Perjalanan kami diawali dari Bukit Teletubbies. Dari lokasi, perjalanan menuju warung Sop Ayam Kampung Raja Blitar memerlukan waktu sekitar 30 – 45 menit. Lumayan lama karena jaraknya yang jauh, bukan karena kemacetan. Jarang sekali kami menemui kemacetan parah selama kami liburan sekeluarga di Blitar.

Sambil menanti untuk tiba di lokasi, kami banyak ngobrol di dalam mobil. Budhe banyak bercerita tentang Blitar. Contoh-contoh lokasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Selain itu, budhe juga banyak cerita tentang tujuan wisata kuliner enak di Blitar yang patut dicicipi. Kami banyak mendapatkan informasi berharga. Budhe sangat membantu kami selama perjalanan di Blitar. Seolah-olah kami memiliki pemandu wisata lokal yang sangat handal dan bisa dipercaya.

tempat penyajian sop ayam raja blitar wisata kuliner keluarga - catatan bunda

Alamat Warung Sop Ayam Kampung Raja

Tidak lama kemudian, kami tiba di lokasi Warung Sop Ayam Raja Blitar. Ternyata lokasinya strategis dan berdekatan dengan salah satu tempat penting di Blitar. Warung tersebut terletak persis di seberang pemandian dan kolam renang Sumber Udel Blitar.

Kami menemukan lokasi warung ini di Jalan Kalibrantas No. 2, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, 66117.

Warungnya berukuran cukup besar. Dominan dihiasi oleh warna merah. Warung ini bisa menampung banyak pengunjung sekaligus. Meja dan kursinya lumayan banyak.

Hanya saja, lahan parkir di warung Sop Ayam Raja Blitar sangat terbatas. Terutama untuk parkir mobil. Jadi, mobil kami pun sempat kesulitan untuk parkir. Untungnya saat itu sedang sepi. Dengan demikian, mobil masih bisa parkir tepat di depan warung. Tidak terbayang jika warung sop ayam sedang ramai oleh pengunjung. Idealnya, lahan parkir di depan warung hanya muat untuk 2 buah mobil yang parkir.

Pilihan Menu dan Harga Makanan

Saat masuk, kami langsung melihat-lihat. Sebenarnya makanan seperti apa yang disajikan di sini. Begitu melihat lebih dekat, ternyata persepsi awal kami salah. Awalnya kami menduga seperti sayur sop pada umumnya. Akan tetapi, jenis makanan yang disajikan ini sangat mirip seperti soto kwali. Seperti yang pernah kami cicipi saat sarapan soto kwali di Sragen beberapa hari sebelumnya.

Ada menu makanan apa saja di warung ini? Tempat kuliner Sop Ayam Raja Blitar hanya menyediakan satu jenis menu makanan saja. Tidak ada variasi menu makanan yang lain, benar-benar tematik. Anda akan menemukan menu sop ayam saja di warung tersebut. Daging ayam yang digunakan menggunakan ayam kampung.

Perbedaannya hanya terletak pada ukuran porsinya saja. Pengunjung bisa memilih porsi sop ayam dengan mangkok ukuran kecil atau ukuran besar. Harga tiap ukuran itu berbeda.

Jika anda ingin makan dengan mangkok ukuran kecil, cukup sediakan Rp 8.000 per porsi. Sementara untuk mangkok ukuran besar, harganya Rp 15.000 per porsi. Kami semua pesan ukuran kecil terlebih dahulu. Nanti jika terasa kurang, baru tambah lagi. Mudah kok, tinggal pesan saja pada karyawan yang bertugas di Sop Ayam Raja Blitar.

Sebagai pendamping makanan, kami tidak lupa memesan minuman. Kami pesan es teh manis dan es jeruk. Siang itu sangat terik, jadi tepat rasanya menikmati minuman dingin untuk mendinginkan tubuh.

ukuran mangkok kecil sop ayam raja blitar - catatan bunda

Citarasa Makanan di Sop Ayam Raja Blitar

Setelah pesan, kami menunggu di meja makan. Sop ayam diolah di gerobak kecil. Tempat pengolahannya mirip seperti soto kwali Sragen. Pramusaji memasukkan berbagai isian ke dalam mangkok. Lalu, kuah panas yang beraroma harum dituangkan sebagai langkah akhir.

Waktu penyajiannya singkat saja. Kami tidak perlu menunggu terlalu lama. Semua isian dan bahan-bahan pelengkapnya sudah disiapkan. Jadi, ketika ada yang memesan, tinggal meramu dijadikan satu di dalam sebuah mangkok.

Apa saja isian dalam satu porsi Sop Ayam Kampung Raja? Isiannya sederhana. Ada bihun, potongan daging ayam, dan seledri yang disiram oleh kuah bening. Sangat sederhana, bukan? Walaupun demikian, jangan khawatir dengan rasanya.

Citarasanya sungguh nikmat. Aroma dan rasa dari kuah bening dari Sop Ayam Kampung Raja ini memang juara. Kuahnya encer, tidak memakai santan dan tidak kental. Jadi, ketika diseruput terasa sangat ringan. Rasa gurihnya juga pas dan lezat.

Bagi kami yang suka pedas, tinggal menambahkan beberapa sendok sambal saja ke dalam mangkok sop ayam. Sementara bagi anak-anak, sop ayam yang original dan tidak pedas menjadi pilihan utama. Semuanya menikmati sajian Sop Ayam Raja Blitar dengan lahap, termasuk anak-anak. Tidak puas dengan sop ayam, kami tinggal mengambil lauk dan tambahan kerupuk yang tersedia.

menikmati makan siang lezat murah di sop ayam raja blitar - catatan bunda

Alhamdulillah, rasa sajian di warung tersebut cocok di lidah semua usia. Dari anak-anak hingga kami yang sudah dewasa. Selain itu, walaupun sajiannya sederhana dan satu jenis saja, tetapi tetap nendang kelezatannya. Bisa dipastikan, satu porsi sop ayam ukuran kecil tidak cukup bagi anda untuk memuaskan kelaparan yang tengah melanda perut 😀

Bagi anda yang sedang liburan ke Blitar, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan. Selain menikmati wisata alam seperti Pantai Serang Blitar atau wisata edukasi seperti Kampung Coklat. Anda bisa menikmati Sop Ayam Raja Blitar mulai dari pagi hingga sore hari. Warung buka mulai dari pukul 07.00 WIB dan tutup sekitar pukul 15.00 WIB. Jadi, warung ini cocok untuk anda yang mencari makanan untuk sarapan pagi dan makan siang. Warung Sop Ayam Kampung Raja buka setiap hari. Jadi, anda bisa datang hari apapun untuk kulineran di tempat ini.

Apalagi seperti kondisi kami siang itu. Setelah menempuh petualangan berat di Bukit Teletubbies, kami sekeluarga kelelahan dan kelaparan. Menikmati makanan yang tidak terlalu berat seperti Sop Ayam Kampung Raja menjadi pilihan yang tepat. Rasa sajiannya lezat, ukuran porsinya tidak terlalu berlebihan, dan cocok untuk semua usia. Selain itu, harga makanannya juga sangat murah.

Selesai makan, kami membayar makanan di meja kasir. Pembayaran di warung tersebut hanya menerima uang tunai saja ya. Tidak ada mesin kartu debit di sana.

Sungguh, daya tarik kuliner Blitar ini memang tiada banding. Bagaimana caranya satu porsi sop ayam bisa dinikmati dengan Rp 8.000 saja? Saat di Bandung, kami tidak akan bisa menemukan kuliner dengan harga murah dan rasa nikmat seperti itu. Jadi, bagi anda penggemar kuliner khas daerah setempat, kami sarankan untuk mampir ke sini.

Nikmati sensasi rasa enak dari semangkok Sop Ayam Raja Blitar. Jangan lupa untuk nambah, karena satu porsi tidak pernah cukup, hehehehe. Sampai ketemu pada petualangan kami selanjutnya ya 😀

(Visited 12 times, 2 visits today)