Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Se’i Sapi Lamalera Bandung, Olahan Daging Asap yang Menggugah Selera

Petualangan kuliner kali ini, kami ngeluyur untuk mencicipi Se’i Sapi Lamalera Bandung. Banyak banget tempat makan enak di Bandung. Seolah-olah ga habis-habis kami cicipi. Teman-teman ada usulan tempat makan yang menarik buat dikunjungi?

Jika berkenan, silakan share di kolom komentar ya. Siapa tahu, usulan teman-teman kami pilih sebagai destinasi berikutnya. Semoga informasi yang kami sajikan di blog bermanfaat ya buat teman-teman sekalian.

Ada yang sudah pernah dengar tentang sei sapi? Makanan jenis apa lagi ini? Sei sapi merupakan satu jenis makanan tradisional nusantara. Tepatnya berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bentuknya berupa olahan daging sapi asap yang diolah secara tradisional.

Jadi, di sini kita seolah-olah sedang traveling ke Kupang. Bisa menikmati kuliner tradisional Kupang secara langsung di Bandung. Bagaimana cerita kuliner kami selengkapnya? Ikuti terus kisah kuliner di Se’i Sapi Lamalera Bandung di bawah ini.

wisata kuliner daging asap di se'i sapi lamalera bandung - catatan bunda

Sharing Cerita Wisata Kuliner di Se’i Sapi Lamalera Bandung

Tempat makan ini terlihat sangat sederhana. Bertempat di sebuah rumah biasa dan tidak memiliki penyejuk ruangan. Cuaca kota Bandung yang relatif sejuk membuat pengunjung tetap nyaman saat menikmati makanan di dalam Se’i Sapi Lamalera Bandung.

Saat masuk, pengunjung akan disambut dengan berbagai lukisan unik di dinding. Nuansa anak muda pun terasa di lokasi ini. Tempat makan bisa anda pilih dengan leluasa, apalagi saat tempat makan ini masih sepi. Ada tempat duduk yang berada di bagian dalam dan di luar.

Siang itu cuaca Bandung sangat cerah. Ketika tiba di lokasi, pas banyak banget pengunjungnya. Jadi kami kebagian tempat duduk di pojokan. Mungkin waktu kedatangan kami pas dengan waktu makan siang ya, jadinya ramai sekali. Semuanya sedang istirahat sambil makan siang di Se’i Sapi Lamalera Bandung.

Selain penuh dengan pengunjung yang mau makan, ada pemandangan menarik di sekeliling area restoran. Banyak abang ojek online yang terlihat duduk dan menunggu pesanan.

Sepertinya banyak konsumen di luar sana yang pesan makan di Se’i Sapi Lamalera Bandung via Gojek atau Grabfood. Jadi, buat anda yang mager alias males gerak, bisa langsung order di Se’i Sapi Lamalera via ojek online.

alamat lengkap restoran se'i sapi lamalera bandung - catatan bunda

Menu Makanan di Se’i Sapi Lamalera

Makanan sei merupakan satu kuliner khas dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Di daerah asalnya, olahan sei biasa menggunakan daging babi. Akan tetapi, di restoran Se’i Sapi Lamalera Bandung, bahan dasarnya tidak lagi menggunakan daging babi.

Di restoran ini, bahan dasar masakannya menggunakan daging sapi, daging ayam, dan lidah sapi. Anda bisa memilih mana yang menjadi kegemaran. Buat kami, pilihannya antara daging sapi atau daging ayam saja.

Ada menu makanan apa saja di Restoran Se’i Sapi Lamalera Bandung? Tempat makan ini menyediakan banyak variasi sajian, diantaranya:

  • Sei daging sapi;
  • Sei daging ayam;
  • Sei lidah sapi;
  • Sei iga sapi;
  • Sebagai pendamping, tersedia juga sayur bunga pepaya.

Yang unik di sini adalah aneka sambalnya. Ada beberapa jenis sambal yang disediakan untuk menikmati olahan sei. Cocok banget buat anda yang suka sambal dan rasa pedas.

Varian sambal yang disediakan antara lain:

  • Sambal Lu’at
  • Sambal Ijo
  • Sambal Matah
  • Rica-Rica
  • Lada Hitam

Saat itu, kami mencoba beberapa jenis sambal sekaligus, yaitu sambal lu’at, sambal matah, dan sambal ijo. Rasa pedasnya tentu terasa, apalagi yang sambal matah dan sambal ijo. Sedangkan sambal lu’at, rasa pedasnya masih di bawah kedua sambal yang lain. Akan tetapi, ada ciri khas tersendiri dari sambal yang satu ini.

Sambal lu’at merupakan satu sambal khas dari Kupang. Sajian original sei di Kupang disajikan dengan memakai sambal lu’at. Selain menggunakan cabai sebagai bahan utama, sambal ini memakai tambahan fermentasi dari kulit jeruk. Jadi ada rasa asam dan segarnya saat kami cicipi.

Berapa harga menu makanan yang disajikan di Se’i Sapi Lamalera Bandung?

Harga makanan olahan sei di restoran ini dijual mulai harga Rp 15.000 hingga Rp 55.000 per porsi satuan. Oya, ada pilihan porsi reguler dan jumbo untuk tiap menunya.

Menu lainnya yang menarik ialah paket Long Board Platter. Pada menu paket ini seperti 3 menu satuan yang dijadikan satu di dalam satu sajian. Anda bisa memilih 3 jenis sambal sebagai sajian. Long board platter bisa disantap untuk 4 hingga 6 orang.

Jika anda penggemar makanan dengan porsi yang besar, menu long board platter ini juga bisa dihabiskan oleh 2 orang saja. Seperti yang kami pesan saat itu, hehehe 😀

Untuk minuman, pilihannya bermacam-macam. Ada aneka jus buah, aneka milk shake, dan aneka minuman teh seperti teh tropical, teh leci, teh pandan manis, teh sereh manis hingga teh tarik. Harga minumannya masih sangat terjangkau. Mulai dari Rp 2.000 hingga Rp Rp 20.000 per porsi.

Saat itu, kami lihat di daftar menu ada minuman baru yang ditawarkan, yaitu es krim goreng dan es pisang ijo. Harganya Rp 20.000 untuk es krim goreng dan Rp 15.000 untuk satu porsi es pisang ijo.

Sayangnya, menu minuman tersebut belum tersedia alias masih kosong. Kami urungkan deh niat mencicipi es krim goreng beserta es pisang ijonya. Mudah-mudahan dalam kesempatan yang lain, dua menu minuman itu sudah siap untuk dipesan.

wisata kuliner para pengunjung di restoran se'i sapi lamalera bandung - catatan bunda

Lokasi Se’i Sapi Lamalera Bandung

Sudah tidak sabar untuk datang ke sini? Lokasinya gampang banget ditemukan. Letaknya dekat banget di pusat kota Bandung.

Misalkan, saat minggu pagi, anda jalan-jalan bareng keluarga di Car Free Day Dago. Setelah menikmati suasana dan cuaca yang nikmat saat CFD di Dago, anda bisa lanjutkan wisata kulinernya ke lokasi Se’i Sapi Lamalera Bandung.

Contoh lainnya, anda sedang jalan-jalan di lapangan Gasibu Bandung. Setelah capek jalan santai, anda juga bisa langsung melipir ke tempat makan yang satu ini. Dekat sekali dengan Jalan Dago dan Lapangan Gasibu.

Atau, anda sedang wisata bareng keluarga di Floating Market Lembang. Tinggal ikuti jalan turun dari Lembang ke arah kota, anda bisa menemukan tempat makan ini dengan mudah.

Jadi, di mana alamat lengkap Restoran Se’i Sapi Lamalera Bandung? Anda bisa temukan tempat makan khas Kupang ini di Jalan Bagusrangin nomor 24B Kota Bandung.

Anda bisa makan di sini mulai dari pukul 10.00 WIB hingga tutup pada pukul 22.00 WIB. Oya, restoran ini buka setiap hari ya. Mulai dari Senin hingga hari Minggu selalu buka.

Enak Gak Makanan di Se’i Sapi Lamalera Bandung?

Kini waktunya untuk order aneka menu sei di restoran khas Kupang yang satu ini. Apa saja yang menjadi pilihan keluarga kami? Saat itu, kami datang bersama dengan kedua anak kami. Jadi, menu yang tidak pedas dan empuk merupakan prioritas kami saat memilih menu untuk anak-anak.

Adakah pilihan makanan untuk anak di Se’i Sapi Lamalera? Jangan khawatir, semua menu sei bisa dipesan tanpa sambal. Pesan saja menu sei yang tidak pedas karena untuk makan anak-anak. Sampaikan hal tersebut ke pramusajinya. Minta sambalnya supaya tidak dicampur dengan dagingnya.

Kami pesankan satu porsi sei daging ayam untuk anak-anak. Sedangkan untuk kami berdua, menu Long Board Platter jadi pilihan yang asyik dicoba. Sekali makan bisa mencoba berbagai sambal yang tersedia.

Sei daging sapi di long board platter jadi menu yang kami pilih untuk dimakan berdua. Sedangkan untuk sambal, kami memilih topping sambal matah, sambal lu’at, dan sambal ijo. Pada menu long board platter, yang dibolehkan hanya variasi sambalnya saja. Tidak bisa variasi dari jenis dagingnya.

Siang itu pengunjung sedang ramai. Jadi makanan pesanan kami agak lama diantar ke meja makan. Sambil menunggu, kami ngobrol bareng anak tentang tempat wisata di Bandung, salah satunya cerita ketika main ke Kota Mini Lembang. Tidak lupa kami mengabadikan foto-foto di sekeliling. Setelah menunggu 15-20 menitan, makanan baru diantarkan ke meja.

Saya mulai menyuapi anak-anak. Alhamdulillah, anak-anak bisa makan dengan lahap. Sei daging ayam sangat empuk hingga kakak dan adik pun bisa menikmati tiap suapannya. Ditambah kuah kaldu yang disajikan sebagai pendamping. Makin segar dan gurih rasanya.

Kami pun makan dengan lahap. Sayur bunga pepaya rasanya enak. Tidak terasa pahit sama sekali. Sayur yang dimakan dengan sei daging sapi dan sambal makin nikmat rasanya.

Menurut kami, recommended gak makan di Se’i Sapi Lamalera Bandung? Kami sih suka banget bisa makan di sini. Satu pengalaman yang baru bisa menikmati daging asap tradisional khas Kupang.

Bisa jadi variasi untuk menikmati olahan daging sapi. Restoran lain pada umumnya mengolah daging sapi menjadi aneka steak, seperti sirloin, tenderloin, dan lain-lain. Di restoran Se’i Sapi Lamalera Bandung berbeda. Daging sapi diolah dengan pengasapan yang ditambah dengan bumbu rempah-rempah yang khas untuk menambah kenikmatan rasanya.

menu long board platter di restoran se'i sapi lamalera bandung - catatan bunda

Kuliner khas nusantara memang juara. Rasanya tidak kalah dengan hidangan dari luar negeri. Sampai di sini dulu ya cerita pengalaman kami saat kulineran di Se’i Lamalera Sapi Bandung. Jangan lupa untuk follow instagram Catatan Bunda.

Terimakasih sudah berkenan menyimak kisah kali ini. Selamat mencicipi. Menjelajah ke mana lagi ya? 😀

(Visited 608 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda