Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Sate Padang Mak Syukur, Wisata Kuliner Legendaris di Padang Panjang

Liburan ke Sumatra Barat belum lengkap tanpa wisata kuliner ke Sate Padang Mak Syukur. Beruntung kami sekeluarga sempat menikmati makanan di restoran legendaris tersebut saat berkunjung ke Padang Panjang. Pada tulisan sebelumnya, kami cerita bahwa kami liburan sekeluarga ke Padang Panjang. Tepatnya menginap di Mifan Waterpark selama dua malam. Belum baca? Coba deh mampir dan nikmati keseruan aktivitas keluarga kami saat libur Idul Fitri di Mifan Waterpark.

Lalu, kapan tepatnya kami kulineran di Sate Padang Mak Syukur? Di manakah lokasi restoran legendaris ini? Seperti apa cerita lengkapnya? Ikuti terus ya kisah kulineran keluarga kami di sini.

restoran sate padang mak syukur yang ramai saat libur idul fitri 2019 - catatan bunda

Berburu Kuliner Legendaris di Sate Padang Mak Syukur

Perjalanan kami bermula dari Pekanbaru. Berangkat pada pagi hari, tantangan di jalan sangatlah banyak. Mulai dari jalanan yang padat oleh warga yang menikmati liburan Idul Fitri 2019 hingga anggota keluarga yang mabuk perjalanan. Pada akhirnya, kami baru tiba di Padang Panjang saat malam hari.

Tubuh sudah mulai kelelahan akibat perjalanan darat dari pagi hingga malam. Akan tetapi, perut lapar karena belum makan malam tidak bisa dihilangkan begitu saja. Oleh sebab itu, kami sepakat untuk makan malam dahulu sebelum check in dan beristirahat di penginapan yang ada di Mifan Waterpark Padang Panjang.

Tujuan utama kami ialah makan malam di Sate Padang Mak Syukur. Ketika itu, kami sudah harap-harap cemas juga. Kami tiba terlalu malam, khawatirnya sajian di tempat makan tersebut sudah habis. Bahkan, rombongan kami sudah mempersiapkan alternatif tempat makan lain untuk jaga-jaga apabila kami sudah kehabisan saat tiba di sana.

Setelah terjebak macet beberapa saat ketika masuk Padang Panjang, kami akhirnya tiba di lokasi Sate Padang Mak Syukur. Bagi saya dan keluarga, melihat tempat makan ini sungguh mengejutkan. Dalam bayangan kami, tempat makan sate padang ini akan biasa saja dan tidak terlalu megah. Mengapa demikian? Karena dalam keseharian kami saat berada di Bandung, penjual sate padang kebanyakan berjualan di sebuah gerobak kecil saja. Akan tetapi, saat melihatnya secara langsung, bayangan awal kami langsung sirna.

alamat lengkap sate padang mak syukur padang panjang 2019 - catatan bunda

Restoran ini sangatlah megah. Ukuran bangunannya pun sangat besar dan bisa menampung banyak pengunjung sekaligus. Para konsumen pun bisa memilih, mau duduk di lantai bawah atau mencari tempat duduk yang ada di lantai atas. Luar biasa..!! 😀

Jalan-jalan sangatlah penting. Perjalanan akan membuka cakrawala pikiran seseorang, termasuk kami. Dari anggapan bahwa penjual sate padang hanyalah usaha kecil-kecilan, saat tiba di Padang Panjang, anggapan tersebut langsung musnah. Sate Padang Mak Syukur menjadi satu bukti tidak terbantahkan.

Fasilitas yang tersedia di lokasi restoran pun sangat memadai. Area parkir yang luas, ketersediaan mushola, toilet, dan jumlah meja makan yang sangat banyak. Siap menampung kedatangan para pelanggan setia.

Malam itu, restoran sangat penuh oleh pelanggan setia. Semuanya terlihat asyik menikmati sate padang yang disajikan. Kami yang baru datang tidak kebagian tempat duduk. Sambil menunggu, kami berpencar untuk mencari tempat duduk yang kosong. Ada yang mengamati di lantai bawah, sementara yang lain mencari ke lantai atas.

Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga tempat duduk yang cukup untuk keluarga kami. Satu meja di lantai bawah, dan satu meja lagi di lantai atas. Karena situasi yang sedang padat pengunjung, kami tidak terlalu merisaukan hal tersebut. Perut sudah sangat lapar, kami hanya ingin cepat makan lalu beristirahat. Hehehe 😀

Di mana letak alamat lengkap Sate Padang Mak Syukur yang kami datangi? Restoran ini bisa ditemukan di alamat berikut ini:

Jalan Sutan Syahrir No. 250, Silaing Bawah, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118.

Sate Padang Mak Syukur buka setiap hari. Restoran ini beroperasi mulai pukul 09.30 WIB hingga 21.00 WIB. Tidak terbayang berapa tusuk sate padang yang disediakan setiap harinya ya. Apalagi pada periode liburan panjang dan hari raya Idul Fitri 2019 seperti beberapa waktu yang lalu 😀

Pilihan Menu Makanan

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner sate padang? Sajian sate khas Sumatra Barat ini punya ciri khas tersendiri yang berbeda dengan sate lainnya. Sate ini menjadikan sapi sebagai bahan dasarnya. Bagian tubuh yang digunakan terdiri dari daging hingga jeroan. Potongan sate dibakar dengan menggunakan arang lalu disajikan dengan ketupat.

Daging sapi sebetulnya sudah dimasak lebih dahulu dan dicampur dengan bumbu. Dengan demikian, proses pembakaran tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Untuk penyajian, sate dan ketupat tersebut akan disiram dengan kuah kental khas Sumatra Barat yang berwarna kekuningan. Tidak lupa dilengkapi dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Ada pilihan menu apa saja di restoran Sate Padang Mak Syukur? Sesuai namanya, tempat kulineran ini hanya menyajikan satu menu saja. Apalagi jika bukan sate padang. Tidak ada lagi pilihan menu makanan lainnya.

ukuran satu porsi sate padang mak syukur padang panjang 2019 - catatan bunda

Untuk menu pendamping dan minuman, barulah ada variasi. Mulai dari aneka jenis kerupuk tersedia di tiap meja. Ada kerupuk kulit yang sudah biasa dijadikan pendamping menikmati sate padang. Selain itu, ada juga rempeyek kacang hingga kerupuk bayam. Pengunjung bebas memilih yang sesuai dengan seleranya.

Kedua anak kami sayangnya belum terbiasa untuk menikmati makanan yang pedas. Oleh sebab itu, saat di Sate Padang Mak Syukur, Mirza dan Chayra tidak bisa ikutan makan malam. Keduanya hanya asyik ngemil aneka jenis kerupuk dan menikmati minuman teh manis hangat yang sudah dipesan sebelumnya. Malam itu, Mirza dan Chayra kami belikan makanan terpisah dari restoran yang ada di sekitarnya, yaitu nasi putih dengan sayur sop.

Review Citarasa Makanan Sate Padang Mak Syukur

Malam itu benar-benar penuh perjuangan. Untuk memesan pun, kami harus berulang kali memanggil pramusaji restoran tersebut. Pengunjung yang membludak membuat seluruh karyawan sangat sibuk melayani pesanan sate padang dari semua pengunjung, termasuk pesanan kami sekeluarga.

Sambil menunggu, kami akhirnya banyak ngemil kerupuk yang terhidang di meja. Mulai dari kerupuk kulit, rempeyek dan kerupuk bayam bergantian kami cicipi. Enak rasanya, maklum, sudah lapar berat malam itu 😀

Akhirnya, setelah menunggu lumayan lama, giliran kami pun tiba. Pesanan sate padang legendaris diantarkan oleh pramusaji ke meja makan. Tanpa perlu pikir panjang, kami langsung menyerbu makanan yang sudah dinanti-nanti tersebut.

wisata kuliner khas sumatra barat di sate padang mak syukur 2019 - catatan bunda

Seperti apa rasanya?

Asli, rasanya tidak mengecewakan. Bumbu sate padangnya nendang banget. Nikmat sekali rasanya. Ukuran porsi Sate Padang Mak Syukur juga lumayan besar. Jadi, sangat cocok bagi pengunjung yang kelaparan seperti rombongan kami sekeluarga, hehehe 😀

Potongan ketupatnya dibuat dadu berukuran besar. Demikian juga potongan satenya. Kami amati, ukurannya jauh berbeda dari ukuran sate padang yang biasa kami temukan di Bandung. Sate padangnya berukuran jauh lebih besar. Jadi saat digigit dan ditarik dari tusuk satenya terasa lebih mantap.

Satu porsi sate padang di restoran ini bisa dibeli dengan harga Rp 27.000,-. Harga yang pantas dengan ukuran porsi besarnya. Ditambah dengan sate padang yang sungguh nikmat rasanya. Layak untuk diperjuangkan bila anda sedang jalan-jalan ke Sumatra Barat atau Padang Panjang. Usahakan untuk mampir yah 😀

Kuah bumbunya sangat nikmat dan terasa sekali rempahnya. Benar-benar tidak pelit. Kuah sate padangnya juga sangat kental, sehingga terasa lebih enak ketika diseruput bersama ketupat dan satenya. Kami terlihat sangat menikmati sate padang yang tersaji, sama seperti para pengunjung lain yang juga sedang “khusyuk” menikmati sate padangnya.

proses penyajian sate padang mak syukur padang panjang 2019 - catatan bunda

Sambil asyik menikmati, sesekali kami melihat ke sekeliling. Walaupun sudah malam dan hampir tutup, masih banyak pengunjung yang datang ke Sate Padang Mak Syukur. Sampai akhirnya, dari meja yang tidak jauh dari kami ada pengunjung yang memanggil pramusaji untuk memesan sate padang. Akan tetapi, sang pramusaji memberikan kabar buruk. Sate padangnya sudah habis untuk malam itu.

Mendengar hal tersebut, kami sekeluarga sangat bersyukur. Walaupun kedatangan kami mepet dengan jam tutup, masih bisa kebagian menikmati sate padang legendaris di Padang Panjang. Datang terlambat sedikit saja, bisa-bisa sudah kehabisan seperti pengunjung yang ada di meja sebelah kami.

Bagi pembaca Catatan Bunda, kami sangat menyarankan untuk wisata kuliner di Sate Padang Mak Syukur yang terletak di Kota Padang Panjang. Terlebih lagi, ketika anda sedang berwisata atau berlibur ke Sumatra Barat. Lokasi kota ini terletak di antara kota Padang dan Bukittinggi. Bisa dijamin, anda akan sangat menikmati kelezatan sajian kuliner nusantara di Sate Padang Mak Syukur.

Setelah semuanya selesai makan, kami pun melanjutkan perjalanan. Untungnya, lokasi Mifan Park sangat dekat dari lokasi restoran sate padang ini. Malam itu, kami bisa beristirahat dengan nyaman dan perut yang kenyang. Tidak sabar untuk memulai petualangan bersama keluarga keesokan harinya di Mifan Waterpark.

Sekian dulu cerita petualangan wisata kuliner kami di Sate Padang Mak Syukur. Semoga bisa menambah referensi lokasi tempat makan enak bagi para pembaca setia. Sampai jumpa pada petualangan kami berikutnya yaa 😀

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda