Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Sambal Karmila Bandung, Surga Bagi Para Pecinta Kuliner Pedas

Sambal Karmila Bandung sudah lama buka, tetapi kami sekeluarga belum sempat wisata kuliner ke sini. Kami lebih sering main ke playground anak yang jumlahnya banyak sekali di Bandung. Akhirnya, pada suatu sore, kesempatan itu datang juga. Pas jalan-jalan santai bareng keluarga, tiba-tiba muncul ide untuk kulineran di tempat yang belum pernah kami coba sebelumnya.

Kami ikuti jalan saja, sambil lihat kanan dan kiri jalan. Siapa tahu ada tempat makan yang menarik untuk dicoba. Jujur, pada awalnya kami tidak tahu akan berhenti di mana. Benar-benar menikmati rute perjalanan yang dilalui saja.

Setelah lumayan lama berkeliling, kami tiba di Jalan Sunda. Perut sudah mulai terasa lapar. Mudah-mudahan kami ketemu tempat tujuan di jalan ini. Eh, benar saja. Di jalan tersebut, kami melihat satu tempat makan yang menarik perhatian.

Bangunannya besar dan sepertinya terbilang cabang yang baru. Sebelumnya, kami belum pernah melihat ada tempat makan tersebut di Jalan Sunda. Kami baru melihat outlet sebelumnya di Jalan Subang. Selain itu, kami juga belum pernah wisata kuliner keluarga di restoran tersebut. Wah, cocok nih mampir ke tempat ini.

Mobil langsung menepi dan parkir di lahan yang disediakan restoran. Kami siap untuk kulineran di Sambal Karmila Bandung. Ikuti pengalaman dan cerita makan-makan selengkapnya ya.

lokasi restoran sambal karmila bandung di jalan sunda - catatan bunda

 

Review Kuliner Keluarga di Sambal Karmila Bandung

Bangunan dari restoran Sambal Karmila Bandung masih terlihat baru. Sore itu, restoran masih sepi, tidak terlalu banyak pengunjung. Apakah karena cabangnya masih baru? Bisa jadi. Dengan suasana yang sepi, kami jadi leluasa untuk memilih tempat duduk yang nyaman.

Bagian atas bangunan lebih terlihat lebih banyak meja dan kursi dibanding lantai bawah. Buat anda yang mau kumpul bersama teman dalam jumlah besar juga cocok. Ada ruangan yang lumayan besar di lantai atas untuk menampung belasan hingga puluhan orang sekaligus.

Pengunjung bisa memilih tempat makan di lantai bawah dan lantai atas. Khusus di bagian atas, ruangan dilengkapi pendingin ruangan. Sedangkan di bagian bawah tidak memakai pendingin ruangan. Kami jalan menuju ke atas saja, supaya lebih nyaman.

Bayangan awal kami, setidaknya ada sofa dan tempat duduk panjang ala café yang disediakan. Ternyata tidak ada. Kebetulan saat itu, anak bungsu sedang tidur sambil digendong ayah. Jadi, jika ada kursi panjang atau sofa, kami bisa menidurkan anak bungsu di sofa tersebut. Berhubung tidak ada, jadi terpaksa digendong saja.

pilihan menu makanan di restoran sambal karmila bandung - catatan bunda

Alamat Restoran Sambal Karmila Bandung

Kami pertama kali melihat outlet Sambal Karmila di Jalan Sabang Bandung. Sambil lewat saja karena waktunya yang tidak tepat. Dari hasil penelusuran, ternyata Sambal Karmila Bandung sudah ada beberapa cabang. Tidak hanya di Bandung saja, tetapi sudah ada di Tangerang dan Jakarta.

Di mana kita bisa menemukan lokasi Sambal Karmila Bandung? Sudah ada tiga cabang yang tersedia di Bandung. Anda tinggal memilih lokasi yang lebih dekat dengan posisi, entah itu lokasi kantor atau tempat tinggal anda.

Cabang yang ada di Bandung ialah sebagai berikut:

  • Jalan Sabang nomor 63, Cihapit, Bandung (buka pukul 09.00 – 22.00 WIB)
  • Jalan Buahbatu nomor 167, Bandung (buka pukul 09.00 – 22.00 WIB)
  • Jalan Sunda nomor 69, Bandung (Weekday buka pukul 10.00 – 21.00 WIB ; Jumat dan Weekend buka pukul 10.00 – 22.00 WIB)

Pada kesempatan kali ini, lokasi cabang yang kami kunjungi ialah outlet yang terletak di Jalan Sunda Bandung. Letak restorannya ada di kiri jalan. Tepat berada di seberang Supermarket Yogya di Jalan Sunda.

Pilihan Menu Makanan di Sambal Karmila Bandung

Apa sih yang menjadi menu unggulan di Sambal Karmila? Kami berdua penasaran dengan sambalnya. Ya, tempat makan ini merupakan surga bagi para pecinta makanan pedas.

Bagaimana tidak? Sambal Karmila Bandung menyediakan setidaknya 12 jenis varian sambal. Mulai dari sambal yang level pedasnya rendah hingga sambal yang pedas parah. Nama sambal yang disediakan pun unik dan lucu. Walau tidak selucu rasa pedasnya, hehehe 😀

Varian sambal yang disediakan antara lain:

  • Sambal bawang goreng rahasia Karmila;
  • Sambal tomat yang terkenal;
  • Sambal rica-rica pedas asik;
  • Sambal terasi khas pedesaan;
  • Sambal pedas manis si Mbak;
  • Sambal teri nikmat menggoda;
  • Sambal pete duniawi banget;
  • Sambal merah domba membara;
  • Sambal karmila juara dunia;
  • Sambal bawang dengan jeruk nipis;
  • Sambal mangga yang the best;
  • Sambal hejo yang warnanya hejo;

Tiap sambal punya level pedasnya masing-masing. Sambal disajikan di wadah berukuran kecil, anda bisa memesan jenis sambal yang anda sukai. Satu porsi sambal dijual dengan harga Rp 3.500 / porsi.

aneka sambal pedas di restoran sambal karmila bandung - catatan bunda

Pilihan menu lainnya bervariasi. Semua menu makanannya merupakan makanan khas Indonesia. Berbeda dengan Warung Laos pada cerita kami sebelumnya. Tujuan kuliner tersebut menyajikan makanan dan minuman yang bergaya eropa.

Di Sambal khas Karmila Bandung ada menu ayam goreng, ayam bakar dan ayam penyet. Variasi olahannya lumayan banyak. Selain menu ayam, Sambal Karmila Bandung juga menyediakan menu olahan bebek. Berbagai menu bebek tersedia mulai dari bebek goreng dan bebek bakar dengan berbagai variasi.

Harga tiap menu juga tergolong terjangkau. Contohnya, menu bebek goreng dibandrol dengan harga Rp 25.000 / porsi. Sedangkan menu ayam lebih murah, berkisar antara Rp 16.500 – 18.500 / porsi (belum termasuk nasi).

Restoran Sambal Karmila Bandung tidak hanya menyediakan ayam dan bebek saja. Bagi anda yang suka sayuran, anda bisa menemukan beberapa jenis sayuran yang tersedia di sini. Ada sayur sop yang dijual dengan harga RP 12.500 / porsi, sayur asem yang dijual dengan harga Rp 8.500 / porsi, dan sayur lodeh (Rp 8.500 / porsi).

Menu lain yang tersedia di sini tidak kalah menggodanya. Anda bisa memilih menu seperti tahu pedas, kulit ayam goreng, pete goreng, tempe penyet, tempe goreng, kol goreng mentega, lele goreng, perkedel jagung, jengkol balado, baby ikan mas goreng, dan tahu goreng. Harga menu tambahan di sini berkisar antara Rp 4.500 – Rp 20.500 per porsi.

Apakah ada pilihan menu makanan untuk anak? Tentu saja ada. Pilihannya juga banyak. Kami bisa memilih jenis menu yang tidak pedas ditambah dengan memesan sayuran. Jatah makan untuk anak sudah aman.

Lalu, menu makanan apa saja yang kami pesan kala itu? Kami pesan lumayan banyak. Penyebabnya adalah karena penasaran, hehehe. Mudah-mudahan rasanya enak dan lezat sesuai harapan kami.

Kami pesan lele goreng (satu porsi berisi 2 ekor), ayam bakar, ayam goreng, sayur asem untuk anak, tempe goreng, kol goreng. Tambahan lainnya, kami pesan satu porsi baby fish goreng. Tidak lupa pesan sambalnya. Pada kesempatan kali ini, kami coba dua jenis sambal dulu. Kami order sambal bawang goreng dan sambal karmila juara dunia. Unik yah namanya? 😀

Bagaimana rasanya?

Untuk sambal, kami coba yang tidak terlalu pedas dulu. Mau coba merasakan, seberapa pedas sambal yang berada pada level “rendahan”. Ternyata, pedas sambalnya tidak terlalu menyengat. Sesuai dengan level yang kami pesan.

Anak-anak menikmati makanannya dengan nasi putih, ikan lele, tempe goreng, dan sayuran. Alhamdulillah, keduanya cocok dan bisa makan banyak. Rasa lele gorengnya enak, bisa diterima anak-anak.

Ayam bakar di Sambal khas Karmila Bandung pun sama. Bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Ketika dagingnya dipotong, tidak ada perlawanan sama sekali. Empuk banget. Dicocol ke dua jenis sambal yang kami pesan, makin nikmat rasanya.

Ayam goreng dimakan bersama nasi putih dan dicampur dengan baby fish goreng juga lezat. Sensasi kriuk dan gurih dari baby fish goreng ikut mewarnai rasa makanan yang masuk ke dalam mulut. Tidak lupa ditambah dengan sambal dan kol goreng ya. Sedap banget, nyam nyamm 😀

menu ayam bakar di restoran sambal karmila bandung - catatan bunda

Secara keseluruhan, pengalaman pertama kulineran di Sambal khas Karmila Bandung sungguh berkesan. Variasi menu makanan dan minumannya banyak. Harga menu masih relatif terjangkau. Tempatnya enak buat nongkrong bersama keluarga dan teman-teman. Tidak kalah penting, rasa makanan di Sambal Karmila Bandung terbilang sedap. Masuk ke lidah Indonesia kami sekeluarga, hehehe 😀

Sambal khas Karmila Bandung sudah masuk ke dalam tujuan kuliner favorit kami. Pada waktu-waktu mendatang, kami akan datang kembali ke sini. Mencoba menu yang lain, plus jenis sambal lain yang lebih menantang.

Demikian cerita pengalaman kuliner keluarga kami di Sambal Karmila Bandung. Jika penasaran, tidak ada salahnya untuk langsung meluncur ke lokasi restorannya. Nikmati sensasi pedasnya sambal di sana. Selamat menikmati..!!

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak. Sampai bertemu lagi pada cerita petualangan keluarga selanjutnya 😀

(Visited 19 times, 4 visits today)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda