Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Restoran Pak Nurdin Pekanbaru, Sensasi Kuliner Otentik Khas Sumatra

Wisata kuliner otentik di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru. Seperti apa ceritanya? Ikuti kisah perjalanan selengkapnya di sini.

Saat jalan-jalan, tidak bisa dilepaskan dari yang namanya wisata kuliner. Apalagi bagi kami yang membawa anak-anak. Selain bermanfaat untuk mengenyangkan perut, berhenti saat wisata kuliner memberi kesempatan pada kedua anak kami untuk beristirahat sejenak.

Tidak jarang anak-anak mengalami kebosanan selama perjalanan. Tadinya ceria dan menikmati perjalanan. Lalu tiba-tiba berubah drastis. Anak-anak mulai rewel dan menangis. Sebagai orangtua, tanda-tanda ini mempunyai pesan tersendiri.

Salah satunya ialah, pesan untuk beristirahat sejenak, anak-anak perlu berhenti sejenak. Bisa jadi merupakan pesan bahwa anak-anak lapar setelah menjalani penerbangan dalam waktu yang lama. Seperti saat kami sekeluarga terbang dari Bandung ke Pekanbaru beberapa minggu yang lalu.

Anda belum baca? Nah, coba deh baca dulu cerita traveling keluarga kami di artikel sebelumnya 😀

tampak depan restoran pak nurdin - catatan bunda

Cerita wisata kuliner di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru

Perjalanan kami dimulai dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung menuju Bandara Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru. Waktu penerbangan pesawat akan menghabiskan sekitar 1 jam 50 menit. Alhamdulillah, saat itu kami tiba di Pekanbaru sekitar jam 13.30 WIB.

Sambil menunggu kakak kami selesai di kantor, kami dijemput oleh pak supir yang bertugas di kantor kakak. Tujuan pertama setelah keluar dari Bandara Pekanbaru ialah langsung cari lokasi untuk wisata kuliner.

Berhubung kami tidak paham sama sekali tentang lokasi kuliner yang ngehits di Pekanbaru, kami ikuti saja rekomendasi dari pak supir yang menjemput kami. Akhirnya kami dibawa ke satu rumah makan. Begitu sampai, bayangan kami tentang nuansa Pulau Sumatera makin tergambar jelas. Kami dibawa ke Restoran Pak Nurdin Pekanbaru.

restoran pak nurdin pekanbaru - catatan bunda

Alamat lengkap Restoran Pak Nurdin Pekanbaru

Di mana alamat lengkap dari Restoran Pak Nurdin Pekanbaru? Lokasinya sangat dekat dari bandara Sultan Syarif Kasim. Hanya berjarak kurang lebih 15 hingga 20 menit berkendara dari bandara, kami sudah tiba di lokasi restoran.

Tepatnya berada di Jalan HR. Soebrantas, RT 02 / RW 03, Glora, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau.

Restorannya luas banget. Parkiran mobilnya besar, bisa menampung mobil lumayan banyak. Jadi kesan pertama kali tiba di sana, restorannya terasa longgar dan nyaman.

Masuk ke dalam Restoran Pak Nurdin Pekanbaru, melihat tempat makan yang jauh lebih luas lagi. Bisa menampung ratusan pengunjung sekaligus. Pilihan tempat makannya pun ada dua jenis. Pertama ialah duduk di kursi dan meja makan seperti tempat makan pada umumnya. Pilihan kedua ialah pengunjung bisa duduk lesehan. Pihak restoran sudah menyediakan beberapa meja khusus untuk tempat lesehan.

Anda bisa bebas memilih tempat makan yang disukai. Hanya saja jumlah meja untuk lesehan tidak sebanyak meja makan regular. Saat itu sih suasananya agak sepi, jadi kami masih kebagian di meja makan lesehan.

foto di dalam restoran - catatan bunda

Pilihan Menu Makanan di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru

Dari luar restoran, sudah terlihat ciri khas menu makanan apa yang disajikan. Kami melihat ada banyak piring kecil yang disusun dengan berbagai pilihan menu makanan.

Satu ciri khas yang sangat mudah dikenali. Ya, restoran ini menyajikan menu masakan Padang. Sebelumnya kami hanya menikmati menu masakan Padang yang ada di Bandung. Kali ini kami berkesempatan untuk menikmati menu khas ini langsung di tanah Sumatra.

Menu makanan seperti rendang, ayam gulai, berbagai jenis ikan, dan masakan Padang lainnya tersedia dengan lengkap di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru. Anda tinggal pilih suka menu makanan yang mana.

Cara penyajiannya pun bisa anda pilih. Anda bisa langsung pesan di satu piring yang berisi nasi, sayur dan lauk pauk yang anda sukai. Pilihan lainnya pun tidak kalah seru.

Anda bisa minta sajikan berbagai jenis menu di meja makan. Petugas restoran dengan cekatan akan membawa banyak piring dengan berbagai macam menu ke meja anda. Setelah terhidang, anda bisa dengan bebas memilih makan dengan menu yang mana.

Kami memilih untuk disajikan dengan cara yang kedua. Pilihan menunya diantarkan ke meja makan. Setelah kami lihat sekeliling, ternyata tidak hanya menu makanan Padang yang tersedia di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru.

Ada banyak pilihan menu lain yang bisa dipesan. Mulai dari sate ayam, sate kambing, kwetiau goreng, hingga sup buntut. Jadi, memang tidak salah pak supir membawa kami ke restoran ini. Pilihannya banyak, cocok buat kami yang kelaparan setelah penerbangan Bandung ke Pekanbaru.

Anak-anak juga bisa menikmati saat kulineran di restoran ini. Pilihan menu makanan yang banyak memudahkan saya saat memilih makan siang buat kedua anak kami. Pilihan makanan anak jatuh ke menu sup buntut.

Saya cari makanan yang berkuah, tidak pedas dan rasanya segar. Menu makanan yang cocok untuk kedua anak kami.

rendang original khas sumatera - catatan bunda

Rendang Sumatra vs Rendang Ala Jawa

Begitu menu terhidang, kami pun langsung menikmati makanan yang tersedia. Satu menu yang menyita perhatian saya ialah rendang. Di restoran Pak Nurdin Pekanbaru, warna rendangnya hitam pekat. Berbeda dengan rendang yang tersedia di Bandung pada umumnya.

Rendang yang biasa kami nikmati di Bandung berwarna coklat dan basah. Oleh sebab itu, pemandangan rendang yang berwarna hitam itu membuat kami tertarik.

Rendang ala Jawa yang berwarna coklat itu dikenal dengan nama Kalio. Ada penyesuaian cara memasak rendang saat di Sumatra dengan di Pulau Jawa. Hal tersebut dilakukan supaya rendang bisa dinikmati oleh para konsumen yang berada di Pulau Jawa. Tekstur dari Kalio pun cenderung basah, lengket, dan masih agak keras.

Sedangkan masakan rendang original khas Sumatra yang berwarna hitam pekat itu jauh lebih kering, dagingnya pun lebih empuk, dan rasanya cenderung pedas. Semakin gelap warna dagingnya, menjadi tanda bahwa proses masaknya semakin lama.

Tidak perlu waktu lama, rendang original Sumatra yang terhidang di piring langsung ludes. Maklum, jarang sekali bisa melihat rendang khas seperti itu. Kami makan sambil menyuapi anak makan.

Saya menyuapi anak bungsu, sedangkan suami menyuapi makan untuk anak yang sulung. Alhamdulillah kakak dan adik cocok dengan sup buntut yang sudah kami pesan. Mereka bisa makan dengan lahap. Demikian halnya dengan kami.

Selain itu, kami juga memesan menu kwetiauw goreng. Level yang pedas tentunya. Saya pikir rasa pedasnya dimasukkan ke dalam menu dengan bentuk bumbu cabe yang sudah dihaluskan. Ternyata tidak. Rasa pedas dari kwetiauw dimunculkan dari potongan cabe.

sate kambing di restoran pak nurdin - catatan bunda

Bagaimana Rasa Masakannya?

Secara keseluruhan, rasa makanan di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru enak banget. Benar-benar otentik dan lezat banget rasanya. Bumbunya ga nanggung, totalitas banget hingga tersaji makanan dengan rasa yang nendang. Kami makan banyak banget saat itu, hihihi. Maklum kelaparan setelah turun dari pesawat.

Kebersihan tempat makannya pun terjaga dengan baik. Jadi kami bersama anak-anak pun bisa menikmati makanan dengan nyaman.

Berapa harga makanan di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru? Jujur, kami tidak tahu harganya. Sebelum kami sempat ke kasir, pak supir sudah membayar semua makanan yang kami nikmati. Alhamdulillah, terima kasih banyak ya Pak.

Begitu selesai menikmati makanan, kami meneruskan perjalanan untuk menemui kakak di kantornya yang berlokasi di Rumbai. Tidak jauh dari Pekanbaru. Perjalanan kami masih jauh, karena akan menuju ke rumah kakak yang terletak di Duri, 3 jam perjalanan darat dari Pekanbaru.

Demikian kisah singkat wisata kuliner keluarga kami di Restoran Pak Nurdin Pekanbaru. Semoga bisa menjadi satu referensi bagi para pembaca yang sedang berkunjung atau liburan di Pekanbaru.

Sampai ketemu di cerita kami selanjutnya ya 😀

(Visited 569 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda