Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Restoran Minang Aie Badarun, Sajian Kuliner Maknyus di Tanah Sumatra

Restoran Minang Aie Badarun menjadi salah satu tujuan kuliner saat kami jalan-jalan di Sumatra Barat. Sungguh beruntung kami sekeluarga bisa mampir ke restoran minang yang satu ini. Saat di Bandung saja sudah sering menikmati makanan khas Padang. Apalagi saat sedang berada di sana. Belum lengkap rasanya jika belum kulineran khas Minang saat sedang liburan di Sumatra Barat. Betul? 😀

Kapan kami berkunjung ke Restoran Minang Aie Badarun? Kami mampir ke tempat makan ini setelah selesai dari Mifan Waterpark dan Museum Bustanul Arifin. Simak cerita kami di Mifan Waterpark di tulisan sebelumnya ya. Saat itu, kami sedang dalam perjalanan menuju Lembah Harau Dream Park. Dalam perjalanan, kami melewati restoran minang tersebut.

Kami sengaja melewati Restoran Minang Aie Badarun mendekati waktu makan siang. Jadi, perut sudah mulai terasa lapar. Makanan yang disajikan bisa terasa lebih nikmat. Kami memang memaksimalkan waktu di Mifan Waterpark dan Museum Bustanul Arifin. Ketika pagi masih bisa jalan-jalan, ada yang main air di Mifan Waterpark. Setelah itu, kami bisa berfoto-foto juga dengan baju adat Minang di Rumah Gadang.

restoran minang aie badarun di sumatra barat 2019 - catatan bunda

Masakan Otentik di Restoran Minang Aie Badarun

Selesai jalan-jalan di Museum Bustanul Arifin, perut mulai terasa lapar. Saat itu, sudah mendekati siang hari. Kami langsung bergerak lagi ke tujuan berikutnya. Apalagi jika bukan untuk istirahat dan menikmati makan siang bersama-sama. Restoran Minang Aie Badarun menjadi pilihan keluarga kami.

Menurut abang kami, di restoran tersebut makanannya enak-enak. Kami jadi makin penasaran dan perut semakin keroncongan. Gimana ya rasanya masakan khas Minang di tanah Minang? Apakah berbeda dengan yang biasa ditemukan di Bandung dan daerah lainnya?

Mobil mulai bergerak menyusuri jalan raya. Setelah beberapa waktu, kami tiba di restoran tujuan. Restoran Minang Aie Badarun terletak di tepi jalan raya. Lokasinya sangat strategis dan mudah untuk ditemukan. Jika kita datang dari arah Padang Panjang, maka restoran minang tersebut akan berada di sisi kanan jalan raya.

Ukuran rumah makannya juga sangat luas. Lahan parkir untuk menampung kendaraan para pengunjung juga sangat besar dan lapang. Perkiraan kami, lahan parkirnya cukup untuk menampung belasan hingga puluhan mobil. Lumayan gede yah?

bangunan restoran dan lahan parkir luas di restoran aie badarun 2019 - catatan bunda

Asyiknya, pengelola menyediakan satu mushola khusus di luar restoran. Letaknya di sisi ujung lahan parkir. Jadi, bagi para pengunjung restoran yang beragama Islam, tidak perlu khawatir akan ketinggalan sholat. Sebelum atau setelah makan, para pengunjung bisa menunaikan ibadah sholat di mushola yang sudah disediakan.

Berhubung sedang masa liburan, pengunjung sangat banyak. Siang itu, lahan parkir sangat penuh. Kami sempat menunggu sebentar untuk mendapatkan tempat parkir untuk mobil. Bangunan restoran ini berukuran besar dan megah. Begitu masuk ke dalam restoran, kami melihat restoran yang sangat penuh oleh pengunjung. Semuanya sedang asyik menikmati sajian makan siang di Restoran Minang Aie Badarun.

Di mana sih alamat lengkap restoran minang yang satu ini? Kita bisa menemukannya di alamat berikut ini:

Jalan Raya Padang Panjang Bukittinggi km 6 Sumatra Barat.

Tiba di dalam restoran, kami mencari tempat duduk untuk keluarga besar. Berhubung jumlah keluarga kami sangat banyak, kami perlu tempat duduk yang banyak pula. Oleh salah satu karyawan restoran, kami diarahkan untuk menuju meja makan yang berukuran besar dan panjang. Dilengkapi dengan tempat duduk dalam jumlah banyak. Meja makan tersebut ditujukan untuk pengunjung yang jumlahnya banyak, seperti rombongan keluarga besar kami.

Pilihan Menu Makanan

Sesuai namanya, restoran ini menyajikan berbagai menu makanan khas Sumatra Barat. Menu masakan idola banyak masyarakat Indonesia, termasuk kami, hehehe. Pengunjung bisa menemukan menu masakan khas seperti ayam gulai, rendang, dendeng, ikan balado, telur balado, kikil, dan berbagai jenis menu lainnya. Untuk Mirza dan Chayra, kami memesankan sayur sop iga untuk mereka berdua. Disantap dengan nasi hangat, menu makanan tersebut sangat cocok dan bisa dinikmati oleh kedua anak kami.

Di sini, para pengunjung tidak perlu repot untuk memesan menu makanan satu persatu. Jika demikian, sudah pasti akan lama sekali proses pelayanan konsumennya. Seperti restoran khas minang pada umumnya, pihak restoran akan menyajikan seluruh menu makanan di meja makan konsumen.

makan siang bersama keluarga di restoran minang aie badarun 2019 - catatan bunda

Kami sekeluarga sudah siap di meja makan. Sambil ngobrol santai, kami menyaksikan proses penyajian makanan oleh para petugas di restoran minang tersebut. Satu persatu menu diantarkan dan ditata di atas meja. Banyak banget pilihan menunya. Kami sampai bingung harus makan yang mana, karena tidak mungkin akan dihabiskan semua. Hebat bener bisa habis semua 😀

Sesuai perkiraan, masakan khas tanah Minang memang mempesona. Termasuk yang kami nikmati di restoran Minang Aie Badarun. Citarasa masakannya sangat lezat dan tidak mengecewakan. Kami sekeluarga sangat lahap menikmati sajian berbagai makanan yang disajikan di atas meja.

Walaupun tidak banyak, paling tidak kami bisa mencicipi menu masakan favorit kami. Beberapa yang kami coba antara lain telur puyuh balado, ayam gulai, dendeng, sayuran hijau, dan beberapa lauk lainnya. Tidak pula mencicipi sayur sop iga saat menyuapi anak-anak makan. Sayur sopnya mantap, kuahnya terasa gurih dan lezat. Potongan daging di iga sapinya juga empuk. Supaya bisa dinikmati anak-anak, memang harus dipotong dalam ukuran yang lebih kecil.

Begitu juga dengan dendeng baladonya. Dagingnya gurih sekali, enak banget saat dipadukan dengan sambal balado yang terasa sedikit pedas. Jadi makin nikmat rasa daging dendengnya. Apalagi saat ditambah dengan nasi hangat dan lauk pauk yang lain, makin joss rasanya. Satu potong daging dendeng tidak akan cukup 😀

masakan khas sumatra barat yang menggoda - catatan bunda

Bubur Kampiun khas Minang

Selain menu makanan berat khas Sumatra Barat, Restoran Minang Aie Badarun juga menyediakan menu cemilan ringan. Salah satu yang menarik perhatian kami ialah bubur kampiun. Kami melihatnya tepat saat berjalan melewati pintu masuk.

Ada satu meja khusus yang diatasnya ada banyak wadah dengan berbagai jenis bubur. Aneka macam bubur tersebut akan dikombinasikan menjadi bubur kampiun khas Minang. Saat anda sempat datang ke Aie Badarun, kami sarankan untuk mencicipi cemilan manis yang mantap satu ini.

Bubur kampiun khas Minang terdiri dari berbagai jenis bubur. Beberapa unsur penyusunnya antara lain bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur candil, bubur delima, dan kolak pisang. Semua itu diracik ke dalam sebuah gelas untuk menjadi bubur kampiun khas Minang.

bubur kampiun khas minang - catatan bunda

Bagaimana rasanya?

Sudah pasti maknyus banget rasanya. Jika sudah sampai di Aie Badarun, jangan sampai tidak mencicipi bubur kampiunnya. Bisa jadi anda akan menyesal. Belum tentu kita memiliki waktu lagi untuk berkunjung ke restoran Minang Aie Badarun seperti kami. Kesempatan itu hanya datang sekali. Kami tidak akan melewati restoran tersebut lagi. Dengan kondisi tersebut, kami maksimalkan untuk mencicipi bubur kampiunnya juga.

Rasa bubur kampiunnya memang rame. Ada paduan rasa gurih dari santan, ada juga rasa manis dari aneka bubur penyusunnya. Walau demikian, aneka rasa tersebut berpadu dan tidak saling mengalahkan saat masuk ke dalam mulut. Sensasi rasa bubur kampiun memang berbeda dari bubur yang pernah kami rasakan sebelumnya. Jika sebelumnya hanya mencicipi satu atau dua jenis bubur saja dalam satu hidangan. Kali ini kami merasakan pengalaman kuliner otentik khas Sumatra Barat yang jauh berbeda.

Selesai menikmati sajian makanan dan cemilan khas yang ada di Restoran Minang Aie Badarun, kami pun kekenyangan. Kami sekeluarga istirahat sejenak sambil melaksanakan ibadah sholat di mushola yang telah disediakan. Setelah semuanya selesai sholat, kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Lembah Harau.

bubur kampiun cemilan ringan yang harus dicoba - catatan bunda

Bagi para pembaca sekalian, kami sangat menyarankan untuk wisata kuliner ke restoran ini. Dijamin akan puas dengan kenikmatan makanan dan sajian lainnya. Sisihkan slot waktu khusus saat liburan ke Sumatra Barat untuk mampir ke Restoran Minang Aie Badarun ya.

Demikian petualangan keluarga besar kami saat makan siang bersama di Aie Badarun. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak kisah kami. Sampai jumpa di kisah dan perjalanan kami berikutnya 😀

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda