Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Puthu Lanang Malang, Kuliner Jajanan Tradisional Legendaris

Puthu Lanang Malang, satu jajanan tempo doeloe yang sempat kami cicipi saat honeymoon backpacking di kota apel. Wisata kuliner di kota Malang sungguh banyak banget. Dalam perjalanan singkat kami di Malang, kami bisa mencoba tempat makan enak yang beraneka ragam. Itu juga belum semuanya sempat kami cobain 😀

Gimana, sudah cobain tempat makan yang kami ceritakan di artikel sebelumnya? Seperti pecel pincuk Malang salah satunya. Jika anda mampir liburan ke Malang, sempatkan untuk mampir ya 😀

proses memasak di puthu lanang - catatan bunda

Review Kulineran di Puthu Lanang Malang

Puthu Lanang Malang sudah berdiri sejak tahun 1935. Tahu dari mana? Saya lihat di kios tempatnya berjualan. Kami pun berpikir. Wah, dari tahun 1935 dan bertahan sampai saat ini, pasti ada suatu faktor istimewa yang ada di Puthu Lanang Malang.

Faktor istimewa yang membuat para konsumen terus datang dan setia berlangganan untuk menikmati jajanan pasar yang disajikan. Beruntung kami sempat berkunjung ke tempat ini. Kami pun harus berjuang ekstra saat datang ke sini. Saat hari pertama kami tiba di Malang, sore harinya kami pergi menuju ke alamat tempat berjualannya.

Akan tetapi, sayang sekali saat itu kedainya tutup, tidak jualan. Kami pun mengubah rencana awal dan berencana akan mencoba lagi keesokan harinya. Saat hari kedua (malam terakhir) kami di Malang, kami mencoba lagi untuk datang ke lokasi tempat berjualan kue Puthu Lanang ini.

Awalnya sudah was-was. Saat itu sudah malam terakhir kami di Malang, keesokan harinya kami sudah pulang ke Bandung. Bila sore itu kedai kue puthu tutup lagi, maka habislah kesempatan kami untuk mencicipi kedai jajanan pasar legendaris di Malang.

Setiba kami di lokasi, alhamdulillah kedai Puthu Lanang Malang ternyata buka. Kami pun langsung lega. Kami berdua pun langsung antri bersama para pengunjung yang lain. Padahal waktu itu, jajanannya ada yang sedang dimasak lho, belum semuanya matang. Akan tetapi, para pengunjung sudah banyak yang antri. Luar biasa, laris manis jualannya.

antrian konsumen puthu lanang - catatan bunda

Alamat Lengkap Puthu Lanang Malang

Di mana kita bisa memesan kue puthu dan jajanan legendaris lainnya dari kedai ini? Anda bisa menemukan lokasi jualannya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65112.

Peta lokasinya ada di bawah ini:

Ya, lokasinya terletak di gang kecil saja. Mobil berpapasan pun harus ekstra hati-hati karena sempit. Akan tetapi, jangan salah. Para pengunjung yang datang ke sana banyak banget. Saya pun sampai antri untuk bisa menikmati jajanan pasarnya.

proses memasak kue putu - catatan bunda

Menu Jajanan dan Harga di Puthu Lanang Malang

Anda bisa mendapatkan jajanan apa saja di Puthu Lanang? Mereka menyediakan berbagai jenis jajanan pasar. Sederhana banget. Kedai puthu lanang menyediakan menu jajanan seperti kue puthu, klepon, lupis, dan cenil. Sudah, empat jenis jajanan itu saja.

Anda tahu seperti apa kue putu, klepon, lupis, dan cenil? Kue ini merupakan jajanan tradisional khas dari Jawa. Penuh dengan aneka warna dan rasanya manis. Anda bisa googling untuk mendapat gambaran seperti apa bentuk jajanannya.

Harganya? Murah banget. Anda bisa mendapatkan satu porsi jajanan dengan harga Rp 10.000,-. Jika anda mau satu jenis jajanan, maka di dalam satu porsinya anda akan mendapatkan 9 pcs jajanan yang anda pilih.

pesanan jajanan khusus - catatan bunda

Misalkan anda mau pesan kue puthu satu porsi, maka anda akan mendapat 9 pcs kue puthu. Demikian seterusnya, jika anda mau pesan kue klepon satu porsi, maka anda akan mendapatkan 9 pcs kue klepon.

Selain memesan satu jenis jajanan, anda bisa memesan menu jajanan campur untuk satu porsi. Nanti anda akan mendapatkan kue puthu, klepon, lupis dan cenil dalam satu porsi pesanan anda. Jumlahnya bervariasi, tergantung jenis kuenya.

Selain order eceran per porsi, Puthu Lanang Malang juga menerima pesanan khusus dalam jumlah banyak. Misalkan anda mau mengadakan acara hajatan dan memerlukan jajanan pasar untuk kelengkapan acara, maka pesan jajanan pasar di Puthu Lanang Malang bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk anda.

Harganya berapa? Untuk satu tampah ukuran besar berisi aneka jenis jajanan pasar dijual dengan harga Rp 150.000 / buah, lengkap dengan gula dan varian pendukungnya.

harga menu dan jajanan puthu lanang - catatan bunda

Menikmati Puthu Lanang Malang

Kios jajanan pasar ini buka dari sore (menjelang maghrib) hingga malam hari. Waktu itu, kami datang sekitar jam 17.30 WIB. Kios baru saja dibuka.

Pak Sis, sang pemilik sibuk mempersiapkan kue puthu dan jajanan lain dengan dibantu oleh tiga orang karyawannya. Ada yang memarut kelapa, ada yang bertugas memasukkan gula aren ke dalam cetakan tabung kue puthu. Karyawan lainnya bertugas di area kompor dan memasak kue puthu. Dia bertanggung jawab untuk membolak-balik cetakan kue puthu hingga matang.

Setelah matang, baru disiapkan di meja penyajian bersama dengan kue klepon, cenil, dan kue lupis yang sudah siap. Sementara itu, saya pun mengantri bersama pelanggan yang lain. Siapa saja yang datang?

Banyak, kendaraannya juga bagus-bagus. Mulai dari warga yang menggunakan sepeda motor hingga yang membawa mobil, semuanya ikut antri menunggu giliran dengan sabar.

Sabar menunggu yaa. Lumayan, kami menunggu sekitar 20 – 30an menit hingga pesanan kami selesai dimasak. Pak Sis, pemilik Puthu Lanang, ikut berinteraksi dengan kami, para pelanggannya. Sambil menunggu kue putunya matang, Pak Sis mengajak semuanya untuk ngobrol sambil bercanda.

Jadi para konsumen pun nyaman dan tidak bosan saat menunggu. Saran buat anda, jika mau mencicipi jajanan tradisional ini, anda bisa datang sejak sore hari, sejak kios dibuka. Mengapa?

Karena semakin malam, semakin banyak pengunjung yang datang untuk mengantri. Untungnya kami tidak terlalu lama menunggu karena datang di awal. Jajanan apa saja yang kami pesan di Puthu Lanang Malang?

Saat itu kami pesan satu porsi jajanan yang campur, supaya kami bisa merasakan semua jajanannya sekaligus dan tidak makan terlalu banyak. Pak Sis sangat terampil menyajikan tiap porsi jajanan yang dipesan konsumennya. Saat melihatnya beraksi, seolah-olah kami melihat seorang ahli kungfu yang mempraktekkan jurusnya.

Tiap porsi jajanan akan dibungkus dengan daun pisang, menambah aroma sedap di jajanan pasar yang baru saja matang tersebut. Setelah menunggu dan mengantri, akhirnya pesanan kami datang juga. Kami pun membayar pesanan kami, lalu bergeser sedikit ke area yang kosong untuk langsung menikmati jajanan tradisional legenda di Malang.

puthu lanang malang kuliner jajanan tradisional legendaris - catatan bunda

Bagaimana rasa Puthu Lanang Malang?

Tepat di gigitan pertama, kue putu yang disajikan di Puthu Lanang Malang langsung memikat dan membuat kami berdua jatuh hati. Enak, lembut banget tepung berasnya. Berpadu dengan gula aren yang jumlahnya ga pelit, membuat rasa kue putu makin nikmat. Seumur-umur, baru kali ini kami berdua merasakan kue putu yang enak dan lembut banget.

Di komplek rumah kami di Bandung, terkadang ada pedagang kue putu keliling yang lewat. Kami pun pernah membeli dan merasakan kue putunya. Akan tetapi, rasanya sangat jauh jika dibandingkan dengan rasa sajian di Puthu Lanang Malang. Berlanjut ke jajanan lainnya, yaitu klepon, kue canil dan lupis. Sama, rasanya nikmat banget. Asli, kami puas bisa menikmati seporsi jajanan legenda di Puthu Lanang Malang.

Kami berdua jadi paham,

Mengapa para pelanggan rela antri lama untuk mendapatkan jajanan tradisional di sini?

Mengapa kios jajanan tradisional ini bisa bertahan dari tahun 1935 hingga 2018 saat ini?

Hal tersebut terjawab saat kami berdua ikut merasakan kue puthu dan jajanan lainnya. Rasanya lezat banget, membuat kami kangen untuk menikmatinya lagi. Suatu hari, saat kami kembali lagi ke Malang, kami pasti akan mampir ke tempat jajanan enak yang satu ini. Kami pun lega. Setelah hari pertama tutup, akhirnya bisa ketemu di hari kedua (malam terakhir) di Malang.

Sebelum pulang ke Bandung dari perjalanan honeymoon backpacking, kami bisa menikmati kulineran di sini 😀

Buat anda yang berencana mau liburan ke Malang, kami sangat menyarankan untuk mampir ke tempat jajanan enak yang legendaris ini. Nikmati saat mengantri, menunggu pesanan anda jadi, hingga saat menikmati aneka jajanan tradisional yang telah disediakan.

Sekian cerita singkat kami tentang pengalaman kuliner di Puthu Lanang Malang, satu tempat jajanan legendaris di Kota Malang. Sampai jumpa di episode selanjutnya 😀

(Visited 748 times, 2 visits today)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda