Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Puteri Gunung Hotel, Tempat Staycation Keluarga Asyik di Lembang

Staycation liburan sekolah anak kali ini, kami memilih untuk menginap di Puteri Gunung Hotel. Salah satu hotel yang bisa anda temukan di kawasan Lembang. Kami memang belum pernah menginap secara khusus di sekitar Lembang. Pada kesempatan sebelumnya, kami baru coba menginap di hotel yang ada di area kota Bandung hingga ke kawasan Ciwidey (Bandung selatan).

Jadi, memilih hotel di Lembang merupakan pengalaman baru untuk kami sekeluarga. Selain itu, tujuan liburan keluarga kali ini juga banyak di area Lembang. Dengan demikian, letaknya masih berdekatan dan tidak perlu jauh-jauh saat menuju ke tempat tujuan. Peluang untuk terjebak macet terlalu lama saat di jalan bisa diperkecil.

Seperti apa pengalaman kami sekeluarga saat menginap di Puteri Gunung Hotel? Recommended atau tidak? Ikuti cerita lengkapnya pada tulisan kali ini ya. Siapa tahu bisa menjadi satu referensi bagi anda saat liburan di Lembang. Selamat mengikuti 😀

menikmati liburan sekolah di puteri gunung hotel lembang 2019 - catatan bunda

Menikmati Liburan Sekolah di Puteri Gunung Hotel

Petualangan kami diawali dengan bermain di Jendela Alam Lembang. Oleh sebab itu, kami berangkat sejak pagi dari rumah. Dengan demikian, saat pagi hari bisa dimanfaatkan dengan mengerjakan aktivitas bersama anak-anak. Rencananya, kami akan menghabiskan waktu hingga siang hari atau menjelang waktu check in ke Puteri Gunung Hotel.

Sudah pasti setelah bermain, badan mulai terasa lelah. Jadi, kami bisa langsung check in ke hotel untuk beristirahat dan makan siang. Aktivitas keluarga berjalan sesuai dengan rencana. Puas bermain di Jendela Alam Lembang, kami melanjutkan perjalanan.

Jarak dari obyek wisata menuju ke hotel sudah tidak terlalu jauh. Perjalanan juga sangat lancar. Jalanan yang kami lalui tidak terlalu macet. Tidak seperti saat kami berangkat dari rumah menuju Jendela Alam.

Sebelum tiba di hotel, kami mampir sebentar ke tempat makan. Cari yang gampang-gampang aja. Menu masakan padang menjadi pilihan. Kami membungkus makanan sesuai kebutuhan, termasuk untuk anak-anak. Saat tiba di hotel, kami bisa istirahat sambil menikmati makanan siang.

tempat menginap di lembang dengan kamar yang menyerupai villa keluarga - catatan bunda

Lokasi Hotel

Di mana sih letak hotel yang satu ini? Hotel ini letaknya sangat mudah untuk dijangkau. Kita pasti akan melewatinya saat akan menuju ke lokasi wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu atau Orchid Forest Cikole.

Alamat lengkap hotelnya ialah sebagai berikut:

Jalan Tangkuban Perahu km 16-17, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Kami sudah memesan kamar di hotel ini jauh hari sebelumnya. Traveloka menjadi aplikasi pilihan saat mencari hotel untuk tempat menginap. Kami memesan kamar dengan tipe Deluxe Garden Twin Bed. Momen liburan sekolah termasuk periode high season. Jadi, kami sudah sadar bahwa kemungkinan mendapat tariff kamar yang ekonomis sangat kecil peluangnya.

Berapa tariff yang kami dapatkan ketika menginap di Puteri Gunung Hotel? Tarif kamar deluxe garden twin bed saat itu ialah sebesar Rp 750.000-an untuk satu malam. Sudah termasuk untuk sarapan pagi keesokan harinya.

Saat masuk ke lokasi hotel, kami langsung menuju ke lobby untuk menurunkan barang. Ada satu orang petugas yang membantu mengeluarkan barang untuk dibawa ke kamar. Sambil menunggu proses check in, kami melihat-lihat sekeliling. Lobi hotelnya terlihat sangat luas. Tidak jauh dari lobi, kami melihat lokasi restoran hotel, tempat kami bisa menikmati sarapan pagi.

pemandangan alam yang indah di hotel lembang 2019 - catatan bunda

Keunikan Puteri Gunung Hotel Lembang

Proses check in di resepsionis hotel selesai. Kami sekeluarga dipersilakan untuk menuju kamar hotel. Pada awalnya, kami menyangka hotel satu ini sama seperti hotel yang pernah kami datangi sebelumnya. Bangunan hotel menjulang tinggi dan untuk masuk ke kamar, pengunjung harus naik memakai lift.

Ternyata tidak, perkiraan awal kami jauh berbeda dengan yang kami jumpai di hotel. Puteri Gunung Hotel mempunyai konsep yang jauh berbeda dari hotel pada umumnya. Di sini, kamar para tamu memiliki bentuk seperti rumah atau villa. Jadi, tidak ada lift di hotel satu ini.

Tiap unit untuk para tamu memiliki tipe yang berbeda. Ada yang ukurannya kecil (satu kamar) dan ada yang berukuran besar. Semakin besar ukuran villa, maka semakin mahal tariff menginap permalamnya. Di sinilah rasa takjub kami yang pertama.

Untuk menuju ke unit tempat menginap, kami melewati jalan-jalan setapak yang sudah didesain dengan sangat cantik. Sekelilingnya dipenuhi dengan tumbuhan dan pepohonan hijau yang sangat rimbun. Sehingga udaranya terasa sejuk dan nyaman.

Belum hilang rasa takjub kami, saat di kamar kami disambut lagi dengan ketidaklaziman lainnya. Satu fasilitas yang sudah biasa berada di kamar sebuah hotel berbintang ialah pendingin udara (AC). Ternyata, kamar yang ada di Puteri Gunung Hotel tidak menggunakan fasilitas pendingin udara. Sudah pasti heran dong, hotel berbintang kok tidak ada AC di kamarnya.

Jadi, siang itu kami buka jendela kamar di unit tempat kami menginap. Tujuannya supaya udara segar dari luar bisa masuk ke kamar. Sambil mencoba memahami alasan tidak adanya AC di kamar, kami menyantap makanan yang sudah dibeli sebelumnya. Selesai makan, kami pun beristirahat sejenak hingga menjelang sore.

Saat waktu bergeser ke malam hari, barulah kami paham. Ternyata, saat malam udara di lingkungan hotel mulai berubah drastis. Jauh berbeda dari udara yang kami rasakan ketika siang hingga sore hari. Walaupun sudah berada di dalam kamar, dinginnya udara Lembang sangat terasa. Dengan udara malam sedingin ini, pendingin udara malah tidak terlalu dibutuhkan di dalam kamar. Kami juga membayangkan saat pagi hari, udara pasti jauh lebih dingin lagi.

menikmati suasana pagi hari di lembang 2019 - catatan bunda

Aneka Fasilitas di Hotel

Pada staycation kali ini, kami menghabiskan waktu di hotel saja. Jalan-jalan keluar hanya sesekali waktu, sesuai dengan keperluan. Kami memanfaatkan aneka fasilitas yang sudah disediakan di dalam Puteri Gunung Hotel. Walaupun tidak sempat mencoba semuanya, sudah cukup menghibur dan menyenangkan bagi kami sekeluarga.

Fasilitas apa saja yang bisa dinikmati selama menginap di hotel? Berikut ini beberapa rinciannya.

kolam renang hotel di lembang 2019 - catatan bunda

Kolam Renang

Kolam renang menjadi satu fasilitas favorit kami sekeluarga. Tujuannya apalagi jika bukan untuk mendampingi anak-anak bermain air. Seperti saat kami berkelana di Clove Garden Hotel. Sudah sempat membaca ceritanya? Jika belum, ayo baca dulu cerita kami saat staycation di sana ya.

Hotel yang akan kami pilih harus memiliki kolam renang di dalamnya. Walaupun, kenyataannya tidak selalu sesuai dengan harapan. Seperti saat kami menginap di Asmila Boutique Hotel, kolam renangnya terlalu kecil. Anak-anak tidak bisa bermain sampai puas di area kolam renang.

Saat menginap di Puteri Gunung Hotel, kami sangat puas saat melihat kolam renangnya. Ukuran kolamnya bervariasi. Ada kolam renang dengan ukuran besar untuk orang dewasa. Tepat di sebelahnya, ada kolam renang dengan ukuran kecil yang ditujukan bagi anak-anak. Tidak hanya itu, pihak hotel juga menyediakan satu kolam khusus yang dilengkapi dengan air panas. Wah, lengkap banget deh.

Hotel di Lembang ini sangat memenuhi kriteria pencarian kami terhadap kolam renang yang tersedia di hotel. Saat kami menginap di sana, aktivitas di kolam renang menjadi pusat kegiatan kami sekeluarga. Anak-anak kami perbolehkan untuk bermain sepuasnya di area kolam renang.

Pada hari pertama, kami sempat beristirahat sampai sore. Ketika sore tiba, kami mengajak anak-anak masuk ke kolam renang. Waktunya memang tidak terlalu lama, tetapi sudah cukup membuat anak-anak puas bermain. Mereka asyik main air di kolam air hangat. Sesekali, mereka berdua pindah ke kolam ukuran kecil dengan air yang dingin.

Lalu, permainan di kolam renang kami sudahi ketika menjelang waktu maghrib. Udara semakin dingin, hari sudah hampir gelap. Kami pun menyudahi bermain air di kolam renang.

Bermain air kami lanjutkan kembali saat hari kedua. Tepatnya pada keesokan paginya. Kali ini, anak-anak bermain air ditemani oleh ayah. Setelah selesai sarapan pagi, anak-anak kembali minta nyebur ke kolam renang. Dengan senang hati kami ladeni permintaan mereka. Tujuan liburan kali ini memang memaksimalkan waktu dengan bermain bersama Mirza dan Chayra.

pemandangan indah dan udara sejuk di puteri gunung hotel lembang 2019 - catatan bunda

Jogging Track

Hotel ini memiliki luas lahan yang sangat besar. Puteri Gunung Hotel dibangun di kawasan perbukitan. Sudah pasti bentuk lahannya tidak rata. Nah, dari bentuk lahan yang ada, hotel ini membangun fasilitas yang unik. Salah satunya ialah jogging track.

Bagi anda yang suka olahraga lari, anda bisa memanfaatkan track yang sudah disediakan. Lintasan ini dibangun mengelilingi hotel dari atas hingga menuju ke arah bawah. Kami pun sempat mencoba menggunakan lintasan ini. Bukan dengan lari atau jogging, melainkan cukup dengan berjalan kaki saja, hehehe 😀

Matahari mulai muncul, hari mulai terang, kami tidak ingin berdiam diri di kamar saja. Sebelum sarapan pagi, kami coba keluar kamar dan jalan-jalan berkeliling hotel. Para pengunjung bisa menemukan jalan setapak ini mengarah tajam ke bagian bawah. Kami mengikuti jalanan tersebut hingga ke bagian bawah. Lumayan menyegarkan dan bisa menghangatkan badan di tengah udara dingin Lembang saat pagi hari.

Ketika itu, kami melihat ada pengunjung lain yang asyik menikmati jogging track juga. Kami menikmati jalan setapak itu sambil berjalan kaki saja. Akan tetapi, pengunjung yan lain menggunakan jogging track sambil berlari. Mau apapun pilihannya, yang penting semuanya gembira dan bisa menikmati suasana pagi dengan udara yang sejuk.

melihat kandang rusa di hotel lembang 2019 - catatan bunda

Kandang Rusa

Ada satu fasilitas menarik yang kami jumpai saat berjalan kaki melalui jogging track Puteri Gunung Hotel. Apa itu? Kami menjumpai adanya satu buah kandang rusa. Letaknya di bagian bawah lahan hotel. Pengunjung bisa menemukan kandang rusa ini jika mengikuti jalan setapak.

Sudah pasti kandang rusa ini menarik perhatian kedua anak kami. Mirza dan Chayra meminta untuk mampir dan bertemu dengan rusa. Sayangnya, kami lupa membawa makanan untuk rusa, seperti wortel dan sayuran lainnya. Dengan demikian, kami hanya bisa melihat-lihat rusa yang ada di dalam kandang saja.

Ada beberapa ekor rusa di dalam kandang. Kami kurang tahu jenis rusa apa yang ada di Puteri Gunung Hotel. Walaupun hanya melihat-lihat saja, anak-anak sudah terlihat puas dan gembira. Jika sebelumnya hanya bisa melihat melalui internet atau buku saja, kali ini anak-anak bisa merasakan pengalaman yang berbeda. Setelah sebelumnya bisa berinteraksi dengan rusa di Jendela Alam, anak-anak juga bertemu lagi dengan rusa di hotel.

permainan catur raksasa di hotel lembang 2019 - catatan bunda

Fasilitas Lainnya

Tidak hanya itu saja, masih ada fasilitas lainnya yang bisa digunakan oleh tamu hotel. Masih berada di bagian bawah hotel. Pada sudut lain dari kandang rusa, kami melihat ada satu area playground untuk anak-anak. Isinya ada alat bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, hingga perosotan. Saat itu, kami tidak bisa mengajak anak bermain di area playground. Pagi itu, udara masih dingin dan berembun. Jadi, alat bermain di area playground pun hampir semuanya dalam keadaan basah.

Fasilitas lainnya, ada satu hal yang menyita perhatian kami sekeluarga. Kita semua tentu familiar dengan permainan catur. Satu permainan yang dimainkan memakai papan yang berisi bidak-bidak dengan berbagai macam peran. Nah, di Puteri Gunung Hotel, para tamu bisa menjumpai permainan catur yang berbeda dari biasanya.

Di sini, permainan caturnya dibuat dalam ukuran raksasa. Bidak-bidaknya dibuat dari kayu yang dipahat sesuai bentuk tiap peran. Lumayan juga tingginya, hampir setinggi anak bungsu kami. Kami sempat mampir dan berfoto di dalam papan catur raksasa tersebut. Hihi, lucu yah. Pengalaman baru dan unik untuk kami sekeluarga.

Selain itu, masih ada fasilitas lain berupa lapangan rumput yang luas. Bagi anda yang suka sepakbola, anda bisa bermain sepuasnya di lapangan yang tersedia. Tidak hanya untuk bermain sepakbola, lapangan ini juga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya. Seperti misalnya melakukan aktivitas outbond atau team building yang diadakan oleh instansi atau perusahaan.

Tidak hanya itu, pihak hotel menyediakan fasilitas bagi anda yang ingin bersantai sambil merawat diri. Ada satu buah spa yang terletak di bagian tengah kawasan hotel. Bagi pengunjung yang ingin menikmati fasilitas ini, ada biaya khusus yang harus dipersiapkan.

restoran hotel tempat sarapan pagi di hotel lembang 2019 - catatan bunda

Restoran Hotel

Puas melihat-lihat di bagian bawah hotel, kami berjalan kaki kembali ke kamar. Lumayan ngos-ngosan saat melewati jalan menanjaknya. Setelah susah payah berjalan, akhirnya kami tiba juga di kamar. Rencananya kami akan istirahat sebentar di kamar selama beberapa menit.

Setelah istirahat, kami menuju ke restoran hotel. Apalagi jika bukan untuk menikmati sarapan pagi. Sebelum masuk restoran, kami cukup menyebutkan nomor kamar tempat kami menginap.

Ada banyak pilihan makanan yang disediakan. Mulai dari berbagai jenis roti, buah-buahan, hingga menu makanan Indonesia bisa dinikmati sepuasnya oleh para tamu hotel. Jika ingin makan sambil menikmati pemandangan, pengunjung bisa memilih tempat duduk yang berada di bagian teras.

Secara keseluruhan, makanan yang disajikan di restoran Puteri Gunung Hotel rasanya lezat. Kami sekeluarga bisa menikmati makanan yang ada dengan lahap. Para tamu yang lain pun demikian. Mereka semua asyik melahap menu makanan bersama keluarga tercinta. Staf hotel juga sangat membantu bila para tamu membutuhkan bantuan di dalam area restoran.

Kami menghabiskan waktu di hotel hingga menjelang waktu check-out. Kali ini, kami tidak buru-buru untuk keluar karena fasilitas kolam renangnya yang memadai. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di kolam renang. Dengan demikian, waktu bisa kami maksimalkan hingga akhir.

liburan staycation bersama keluarga di puteri gunung hotel lembang 2019 - catatan bunda

Apakah hotel ini recommended? Menurut kami, pengalaman pertama berkunjung ke Puteri Gunung Hotel sangat berkesan. Kami sekeluarga puas saat menginap dan menghabiskan waktu liburan di dalamnya. Jika anda sedang berencana mau liburan ke Bandung atau kawasan Lembang, tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di salah satu hotel di Lembang seperti Puteri Gunung Hotel.

Apabila disuruh mengulang liburan, tentu kami dengan senang hati untuk menginap kembali di hotel satu ini. Masih ada villa ukuran keluarga besar yang belum kami coba. Akan sangat cocok bila kami mengajak orang tua untuk menikmati liburan ke Puteri Gunung Hotel.

Demikian kisah perjalanan dan pengalaman liburan kami sekeluarga. Semoga review sederhana kali ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak. Sampai jumpa pada petualangan kami selanjutnya 😀

(Visited 96 times, 1 visits today)