Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Perumahan Chevron Duri, Cerita Berlibur di Rumah Kakak

Dalam perjalanan liburan ke Duri, kami menginap di Perumahan Chevron Duri. Komplek ini merupakan tempat tinggal kakak sulung kami saat ini. Kakak bekerja di Chevron Indonesia, sehingga mendapatkan fasilitas untuk tinggal di Perumahan Chevron Duri.

Mayoritas waktu berlibur kami habiskan di dalam camp Perumahan Chevron Duri. Banyak kegiatan yang bisa anak-anak lakukan. Selain itu, menginap di sini memunculkan kembali memori ketika saya masih kecil. Memori saat saya masih tinggal bersama kakak, menikmati aneka fasilitas yang ada di dalam komplek perumahan.

Pada kesempatan kali ini, saya bisa membawa suami dan anak-anak ke Duri. Saya pun bisa menceritakan banyak hal tentang masa kecil saya pada suami dan anak. Selain itu, ada kesempatan juga untuk berburu kuliner khas Duri.

Seperti apa perjalanan napak tilas masa kecil saya di Perumahan Chevron Duri? Ikuti terus yuk cerita kami 😀

traveling keluarga di perumahan chevron duri - catatan bunda

Pengalaman Menginap di Perumahan Chevron Duri

Hari Jumat sore kami berangkat menuju dari Pekanbaru ke Duri. Abang sendiri yang menyetir mobilnya. Perjalanan lancar sekali waktu itu. Berbeda halnya dengan kondisi lalu lintas di Pulau Jawa yang sangat padat.

Kami hampir tidak menemukan kemacetan lalu lintas saat berangkat dari Pekanbaru menuju ke kota Duri. Setelah menempuh perjalanan selama 3 jam, kami pun tiba di tujuan. Abang langsung mengarahkan mobilnya untuk masuk ke pintu gerbang Perumahan Chevron Duri.

Kami tiba di Perumahan Chevron Duri malam hari, jadi lingkungan sekeliling tidak terlalu terlihat dengan jelas. Tidak apa-apa, waktu liburan kami di Duri masih lumayan lama. Kami bisa berkeliling camp pada hari-hari berikutnya.

Tak lama kemudian, kami pun tiba di rumah abang. Alhamdulillah, perjalanan kami berlangsung dengan lancar. Kami tinggal beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh dari Bandung. Aneka kegiatan napak tilas masa kecil sudah mulai terngiang di dalam benak saya.

 

Lokasi Perumahan Chevron

Kantor Chevron terletak di beberapa kota, yaitu area Rumbai dan Duri. Lokasi lainnya seperti kantor di Dumai sempat ada, tetapi saat ini sudah tutup. Untuk memudahkan para karyawannya, pihak Chevron membangun komplek perumahan Chevron.

Salah satunya ialah yang ditempati oleh abang di Perumahan Chevron Duri. Selain di Duri, komplek perumahan Chevron juga terletak di Rumbai.

Lokasi komplek perumahannya mudah ditemukan. Ada papan penunjuk jalan di Kota Duri yang tertulis “Perumahan Chevron”. Jadi jangan khawatir tersesat atau susah menemukan lokasinya.

 

Aneka Fasilitas Perumahan Chevron Duri

Begitu masuk ke camp Chevron, langsung terasa ketenangannya. Rumah yang disediakan juga bermacam-macam. Mulai dari rumah berukuran kecil hingga rumah besar dua lantai.

Kesan yang kami dapatkan, komplek perumahan ini mirip seperti sebuah kota berukuran mini. Fasilitas pendukungnya sangat lengkap. Para penghuni bisa bertahan hidup di dalam komplek tanpa terlalu sering bepergian keluar komplek.

Jalan yang ada di dalam komplek Perumahan Chevron Duri pun demikian. Jalannya sangat lebar, sangat lebih dari cukup untuk jalan dua mobil yang berpapasan. Dua mobil berpapasan pun longgar, masih banyak ruang di sebelahnya.

Apa saja fasilitas yang tersedia di dalam komplek perumahan? Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya sebagai berikut:

  1. Masjid berukuran besar;
  2. Security 24 jam;
  3. Mobil Pemadam Kebakaran;
  4. Kolam renang;
  5. Aneka Cluster untuk Pegawai;
  6. Sekolah di dalam Komplek;
  7. Helikopter;
  8. Lapangan Golf;
  9. Wisma Menginap;
  10. Commissary / Minimarket;
  11. Playground anak-anak;
  12. Rumah Sakit;
  13. Café;
  14. Tempat gym;
  15. Lapangan olahraga (sepakbola, tenis, voli, basket);
  16. Dan banyak lagi fasilitas lainnya.
Baca juga  Tips Memilih Dokter Anak, karena yang Mahal Belum Tentu Cocok

Jadi terbayang dong, gimana nyamannya para penghuni di dalam komplek. Para penghuni bisa melakukan berbagai jenis aktivitas. Fasilitas pun bebas digunakan secara gratis. Bahkan untuk sekolah pun tidak perlu pusing. Di area perumahan Chevron Duri ini tersedia sekolah dari Taman Kanak-Kanak hingga SMA.

Aneka Masjid di Perumahan Chevron Duri

Kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari oleh abang ialah sholat wajib di Masjid. Suami saya dan anak sulung ikut serta dengan abang saat berangkat ke masjid. Saking besarnya komplek perumahan ini, masjid di dalam Perumahan Chevron Duri jumlahnya sangat banyak. Ada 3 atau 5 masjid di beberapa titik berbeda. Salah satu masjid besar yang ada di dalam komplek ialah Masjid Agung Ushuluddin.

Abang pun membawa suami dan anak sulung kami ke berbagai masjid yang berbeda. Tujuannya supaya bisa mengenal aneka masjid yang ada di dalam komplek. Jarak masjid dari rumah pun lumayan jauh. Rombongan pun harus berangkat ke masjid menggunakan mobil. Waktu tempuh dari rumah menuju masjid menggunakan mobil perlu waktu sekitar 10 menit.

Bagi suami yang baru menginjakkan kaki pertama kali di komplek, tentu masih kebingungan untuk mengingat rute dari rumah ke masjid. Jalanan di dalam perumahan sangat banyak dan bercabang.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di dalam komplek Perumahan Chevron Duri ialah pemakaian AC 24 jam. Cuaca Duri sangat panas, berbeda jauh dengan cuaca kota Bandung. Oleh sebab itu, pemakaian AC berlangsung selama 24 jam nonstop.

Selain di rumah, AC juga dipasang di dalam masjid. Oleh sebab itu, jumlah AC di masjid bisa berjumlah sangat banyak. Ruangan masjid selalu dalam keadaan tertutup supaya AC terasa dinginnya. Suami dan anak sulung pun baru bisa menikmati sholat di ruangan yang ber-AC terus menerus. Karpet masjidnya pun tebal dan empuk, jadi lebih nikmat saat mendirikan sholat.

Security 24 Jam

Ketika masuk perumahan, para pengendara akan disambut oleh para petugas keamanan di pintu gerbang. Para petugas berjaga terus selama 24 jam. Tidak semua pengunjung bisa langsung masuk ke sini. Para petugas akan meminta tanda pengenal khusus pada setiap pengendara yang akan masuk.

Tanda pengenal khusus hanya dimiliki oleh para penghuni komplek. Bila anda bukan penghuni, maka anda akan diminta menyerahkan identitas berupa KTP di pos pintu masuk. Saat anda keluar komplek, kartu identitas tersebut bisa anda ambil kembali.

Pintu gerbang masuk ke komplek perumahan ada banyak. Ada pintu gerbang 1, 2, dan 3. Pastikan anda mengingat dari pintu mana anda masuk ke Perumahan Chevron Duri, supaya tidak tersesat dan mudah mengambil kembali kartu identitas anda.

Kegiatan Bermain Anak

Buat anak-anak, ada banyak aktivitas yang bisa mereka jalankan di dalam komplek Perumahan Chevron Duri. Contohnya ialah bermain di playground. Kami bisa menemukan playground di tiap cluster. Waktu itu, kakak dan adik sempat menikmati playground yang terletak di dekat Minimarket.

Baca juga  Planet Sains Bandung, Bermain Sambil Belajar Mengenal Ilmu Sains

Kegiatan lainnya yang bisa dinikmati ialah berenang (baca: main air). Hehehehe 😀

Jangan khawatir, di dalam area Perumahan Chevron Duri sudah tersedia kolam renang. Kolam renang disediakan dalam ukuran anak-anak dan ukuran dewasa (kolam renang Olympic). Berhubung kegiatan berlibur kali ini membawa anak-anak, jadi suami mendampingi kakak dan adik di kolam renang ukuran kecil.

Kurang lebih 2 jam mereka puas bermain air di kolam renang. Ga ada bosannya dan tidak ada rasa capeknya. Area kolam renang punya peraturan yang harus dipatuhi. Kolam renang hanya bisa digunakan hingga jam 18.00 WIB oleh anak-anak. Setelah itu, tidak boleh ada anak-anak yang masih bermain dan berenang di kolam renang.

Di dalam area kolam renang ada satu kios makanan langganan saya sejak kecil. Kios tersebut menjual burger dan sandwich. Begitu ada waktu, saya langsung pergi ke kios untuk memesan burger dan sandwich khas buatan kedai tersebut. Begitu rombongan selesai main air, mereka bisa makan dan menikmati burger yang sudah saya pesan sebelumnya.

Selain bermain di kolam renang, anak-anak masih bisa main air di halaman rumah kakak. Halaman rumahnya sangat luas dan memiliki selang air ukuran besar. Selang air tersebut digunakan tukang kebun untuk merawat dan menyiram tanaman di halaman rumah.

Jadilah pada sore hari, kakak dan adik menyempatkan diri untuk bermain air di halaman. Anda pun bisa lihat pada video di bawah ini:

Kakak dan adik bertemu dengan kakak sepupunya saat traveling keluarga di Duri. Jadi banyak aktivitas yang mereka lakukan bersama-sama. Kakak Mirza suka sekali menggambar dan mewarnai, jadi kegiatan ini menjadi satu pilihan utama yang kakak kerjakan bersama dengan kakak sepupunya.

Hasilnya? Banyak banget karya yang dihasilkan oleh kakak Mirza. Contoh karyanya bisa anda lihat pada foto di bawah ini:

Aktivitas lain yang kakak Mirza lakukan bersama adik ialah bermain sepeda dan otoped di depan rumah. Mereka bisa puas menggunakan sepeda dan otoped secara bergantian. Kondisi jalanan yang sepi membuat permainan kali ini tidak berbahaya.

Saat abang pulang kerja dari Rumbai, abang pulang menggunakan helikopter. Ada landasan helikopter khusus di dalam komplek. Saya pun mengajak anak-anak untuk ikutan melihat helikopter dan menjemput uwak. Pengalaman unik buat kakak dan adik, bisa menyaksikan helikopter terbang dan mendarat di hadapannya.

Tertib Berkendara

Kondisi jalan yang lebar dan sepi sering memancing kita untuk memacu kendaraan lebih cepat. Akan tetapi, para pengemudi tidak bisa mengemudi secara ugal-ugalan. Ada sistem pengendali yang mengontrol para pengemudi.

Di dalam komplek, kami bisa menemukan lampu lalu lintas di perempatan jalan utama yang berukuran besar. Selain itu, pihak Chevron memasang Speed Limit Monitor di beberapa ruas jalan. Ada batas kecepatan kendaraan maksimal yang diperbolehkan. Batas kecepatan tersebut adalah 40 km/jam. Bila tertangkap melebihi batas kecepatan maksimal, maka pengendara akan dikenai sanksi.

Baca juga  Zest Hotel Bogor, Rekomendasi Hotel Murah Berkualitas

Walaupun jalanan sepi, tiap pengendara harus mematuhi rambu-rambu yang ada di jalan. Salah satunya ialah rambu-rambu STOP. Ketika kami menemui rambu-rambu tersebut, kami harus menghentikan mobil sejenak. Baik saat kondisi jalan ramai atau sangat sepi sekalipun.

Seluruh prosedur tertib berkendara tersebut diajarkan di satu kelas khusus. Tiap penghuni komplek diperbolehkan untuk mengikuti kelas tersebut. Mirip kelas ujian tertulis untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Selesai dari kelas tersebut, para peserta akan mendapatkan kartu khusus sebagai izin mengemudi di dalam area Perumahan Chevron Duri. Masa berlaku kartu tersebut ialah satu tahun dan bisa diperpanjang kembali setelah masa berlaku habis.

Nama Cluster Perumahan

Perumahan Chevron Duri ini sangat luas. Terdiri dari beberapa jenis tipe rumah. Tipe rumah ini disesuaikan sesuai dengan level jabatan seorang karyawan di tempat bekerjanya. Makin tinggi jabatannya, makin bagus rumahnya.

Satu tipe rumah dikelompokkan menjadi satu cluster. Nama yang digunakan untuk memberi nama cluster rumah ini pun unik. Untuk perumahan Chevron Duri, nama yang dipilih ialah menggunakan nama-nama gunung.

Nama cluster perumahan yang ada di Perumahan Chevron Duri ialah sebagai berikut:

  • Komplek Perumahan Seulawah,
  • Komplek Perumahan Krakatau,
  • Komplek Perumahan Dempo,
  • Komplek Perumahan Gunung Sibayak,
  • Komplek Perumahan Gunung Kerinci,
  • Komplek Perumahan Gunung Merapi,
  • Komplek Perumahan Gunung Sinabung,
  • Komplek Perumahan Gunung Singgalang,
  • Komplek Perumahan Gunung Leuser,
  • Komplek Perumahan Gunung Talang,
  • Komplek Perumahan Gunung Sago

Kondisi Perumahan

Kami dapat cerita dari abang bahwa Chevron sudah hampir habis masa kontraknya di Indonesia. Jika tidak salah, masa kontrak akan habis pada tahun 2021. Oleh sebab itu, bisa dibilang Chevron menjadi satu organisasi bisnis yang masuk ke masa decline (menurun). Dengan waktu yang hampir habis tersebut, sudah pasti akan berpengaruh pada kondisi fasilitas yang dimiliki, termasuk fasilitas perumahan untuk karyawan.

Saat ini Chevron sudah menghentikan banyak proses di dalam bisnisnya. Istilah kerennya ialah efisiensi. Proses perekrutan karyawan baru sudah tidak ada lagi. Jika dulu karyawan baru mendapat fasilitas yang mewah, maka kini hanya mendapat fasilitas ala kadarnya. Fasilitas yang didapatkan jauh menurun dibandingkan fasilitas jaman dahulu.

Bahkan karyawan yang menempati rumah di Perumahan Chevron Duri pun merasakan efisiensi biaya tersebut. Rumah yang ditempati bukan lagi fasilitas gratis dari perusahaan. Para karyawan harus membayar sejumlah biaya sebagai biaya perawatan. Ibaratnya seperti biaya mengontrak rumah.

Tidak heran, kini Perumahan Chevron Duri pun sangat sepi. Para penghuninya sudah banyak yang pindah. Lebih baik membeli rumah sendiri di luar komplek Chevron daripada harus mengeluarkan biaya perawatan setiap bulan.

Waktu liburan keluarga cepat sekali berlalu. Tiba saatnya kami pulang kembali ke Bandung. Sebelum terbang, kami sempat menginap satu malam di Pekanbaru. Dalam waktu yang singkat tersebut, kami sempat berkunjung ke Masjid Raya Pekanbaru. Simak juga ya cerita traveling kami.

Demikian kisah traveling dan liburan keluarga saat menginap di Perumahan Chevron Duri. Semoga cerita perjalanan kali ini memberikan informasi bermanfaat untuk anda. Sampai ketemu di petualangan kami selanjutnya 😀

(Visited 41 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda

Template Mewarnai untuk AnakDownload di sini
+ +