Persiapan Menuju Bulan Ramadhan, Berlomba Menyambut Tamu Agung

Apakah anda sudah memulai persiapan menuju bulan Ramadhan? Tamu yang agung akan segera tiba. Kita semua harus mulai bersiap-siap. Mengapa? Supaya saat waktunya tiba, kita semua bisa maksimal saat menyambutnya. Kita semua bisa optimal saat menjalani prosesnya.

Bulan puasa Ramadhan merupakan waktu yang sangat spesial bagi umat Islam. Selama satu bulan penuh, seluruh umat muslim akan menjalani ibadah puasa. Dimulai dari waktu sahur hingga matahari terbenam.

Tidak hanya itu, Allah SWT juga menjanjikan banyak kebaikan bagi umat muslim. Kebaikan sekecil apapun tetap diganjar dengan pahala yang melimpah dari Allah. Pahala puasa Ramadhan akan dihitung secara khusus dan berbeda dari bulan-bulan lainnya. Selain itu, dalam jangka panjang, manfaat puasa juga akan terasa dalam tubuh seseorang. Baik itu manfaat fisik hingga kondisi jiwa yang lebih membaik.

Dengan banyaknya ganjaran dan manfaat di bulan Ramadhan, akan rugi bagi kita jika tidak mempersiapkannya dengan baik. Lalu, apa saja persiapan menuju bulan Ramadhan yang patut diperhatikan? Mari kita simak bersama ulasannya. Selamat menikmati dan semoga bermanfaat untuk semua.

persiapan menuju bulan ramadhan bersama keluarga - catatan bunda 2020

Aneka Tips dan Persiapan Menuju Bulan Ramadhan

Ada banyak aspek yang harus dipersiapkan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Paling dekat ialah mempersiapkan diri sendiri dan keluarga terdekat di rumah. Sebagai orangtua, kita harus mulai banyak menyampaikan akan datangnya bulan Ramadhan ke anak-anak.

Memang anak-anak belum wajib untuk berpuasa. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita sudah mulai memperkenalkan tentang ibadah puasa sejak usia dini. Bagaimana cara melatih anak untuk puasa Ramadhan? Kami sudah pernah merangkumnya dalam sebuah tulisan. Silakan mampir ya 😀

Lalu, apa saja persiapan menuju bulan Ramadhan? Aspek apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ini beberapa diantaranya:

#1 Perbaiki Niat

Langkah awal untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan ialah dengan memperbaiki niat. Dengan niat yang benar, maka segala aktivitas Ramadhan akan maksimal dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Niatkan segala sesuatunya hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

#2 Punya Target yang Jelas

Persiapan menuju bulan Ramadhan berikutnya ialah miliki target dan fokus yang jelas. Bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk memaksimalkan ibadah kepada Allah SWT. Akan tetapi, tidak jarang kita terlena dengan berbagai aktivitas yang justru menjauhkan dari target ibadah.

Seperti apa contohnya? Terlalu fokus memikirkan menu makanan saat berbuka puasa, waktu sahur, jadwal buka puasa bersama, dan lain-lainnya. Padahal Ramadhan hanya berlangsung sebentar saja. Sayang rasanya jika tidak dimaksimalkan dengan fokus dan target yang jelas. Sepakat?

perbanyak membaca dan tilawah alquran selama bulan ramadhan - catatan bunda 2020

#3 Menyelesaikan Puasa Tahun Sebelumnya

Persiapan menyambut kedatangan bulan Ramadhan berikutnya ialah melunasi hutang. Dalam konteks ini, maksud kami ialah hutang puasa. Beberapa di antara kita tentu ada yang dalam kondisi tidak memungkinkan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Seperti wanita hamil, ibu menyusui, dan anda yang sempat mengalami sakit saat bulan puasa.

Nah, Allah SWT memberikan banyak kesempatan dan kemudahan untuk melunasi hutang puasa Ramadhan. Kita ketahui bersama, hukum puasa Ramadhan ialah wajib. Seluruh umat Islam wajib menjalankannya. Bagi yang berhalangan untuk berpuasa, ada mekanismenya tersendiri.

Salah satunya ialah dengan mengganti puasa Ramadhan di waktu yang lain. Setelah bulan Ramadhan, kita bisa menjalankan puasa dengan niat untuk qadha (mengganti). Selain qadha, ada juga mekanisme dengan membayar fidyah. Kami akan coba membahas mekanisme ini pada tulisan yang lain ya.

#4 Memperbanyak Ibadah

Bulan puasa merupakan momen istimewa untuk menjalankan ibadah. Kita bisa berlatih pada bulan-bulan sebelumnya. Seperti misalnya memperbanyak tilawah Alquran, merutinkan sholat Dhuha, sholat Tahajud, dan berbagai ibadah lainnya.

Anda bisa menggunakan alat bantu untuk menambah fokus dan kenyamanan saat beribadah. Contohnya ialah wewangian berupa minyak wangi sholat dengan aroma yang lembut. Aroma wangi dari parfum ini akan membantu kita untuk menjalankan ibadah lebih fokus dan nyaman.

Dengan merutinkan ibadah sunnah, besar harapan kita sudah memiliki kebiasaan tersebut. Saat bulan Ramadhan tiba, kita bisa meneruskan kebiasaan yang sudah dilatih pada waktu sebelum Ramadhan. Tentunya dengan ganjaran pahala yang jauh lebih besar dari Allah SWT. Siap ya? 😀

perbanyak amal ibadah dan amal soleh saat bulan puasa - catatan bunda 2020

#5 Memperbanyak Doa dan Dzikir

Persiapan menuju bulan Ramadhan berikutnya ialah dengan memperbanyak doa dan dzikir. Amalan yang terlihat ringan, tetapi memiliki banyak keutamaan. Dengan merutinkan dzikir, kita akan selalu ingat kepada Allah SWT.

Saat ingat kepada Allah, kita akan terdorong untuk selalu berbuat kebaikan. Artinya, langkah kita sehari-hari pun akan selalu dalam lindungan Allah SWT. Saat bulan Ramadhan tiba, kita bisa melanjutkan doa dan dzikir yang sudah menjadi kebiasaan rutin sehari-hari.

#6 Latihan Puasa Sunnah

Langkah satu ini merupakan sebuah proses menyambut bulan puasa yang sangat bagus. Selain mendapatkan pahala, kebiasaan satu ini bisa menyehatkan tubuh. Ya, kebiasaan yang kami maksud ialah puasa sunnah.

Ada banyak puasa sunnah yang bisa dilakukan umat Islam. Beberapa contohnya ialah puasa Senin – Kamis, puasa Ayyamul Bidh (3 hari di pertengahan bulan), dan puasa Daud. Metode ini bisa anda jadikan sebagai latihan menjelang puasa Ranadhan. Akan lebih menyenangkan jika anda menjalankannya bersama keluarga tercinta. Anda bisa mengajak untuk melakukan aktivitas keluarga yang kreatif dan menyenangkan.

#7 Belajar Ilmu Fiqih Ramadhan

Segala sesuatu ada ilmunya. Tugas kita sebagai manusia ialah belajar. Termasuk puasa Ramadhan. Tentu ada mekanisme dan tata cara benar untuk menjalankannya. Alangkah baiknya jika kita memaksa diri untuk belajar ilmu puasa Ramadhan supaya lebih paham. Setelah paham, kita bisa menjalankan rangkaian ibadah puasa dengan kualitas yang lebih baik.

berlatih untuk rutin sholat jamaah di masjid - catatan bunda

#8 Persiapan Fisik

Seorang muslim haruslah menjadi orang yang kuat, termasuk secara fisik. Ibadah puasa selama satu bulan penuh bukanlah ibadah yang bisa dianggap enteng. Tubuh yang sehat dan prima menjadi salah satu pondasi supaya bisa sukses menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Oleh sebab itu, kita harus rutin melatih fisik dengan olahraga. Melakukan olahraga rutin tidaklah sulit. Kita bisa memulai cukup dengan 30 menit setiap hari. Olahraga apa saja yang bisa dilakukan? Mulai dengan melakukan olahraga yang anda sukai.

Kunci utamanya adalah disiplin dan konsisten. Olahraga sederhana seperti jalan kaki yang dijalankan secara rutin jauh lebih baik daripada olahraga berat seperti angkat berat tetapi tidak konsisten. Kita bisa mengalokasikan waktu khusus setiap harinya untuk berolahraga. Mau pagi hari, siang hari, ataupun sore hari tidak menjadi masalah. Sesuaikan dengan aktivitas yang dijalankan tiap individu.

#9 Persiapan Dana

Bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah yang istimewa. Salah satu persiapan menyambut bulan puasa ialah persiapan dana. Saat bulan puasa, umat muslim akan berlomba-lomba untuk rutin mengeluarkan infaq, sedekah, hingga menyediakan menu berbuka untuk orang yang berpuasa.

Semua amal tersebut membutuhkan dana. Oleh sebab itu, umat muslim perlu menyediakan alokasi dana khusus di bulan Ramadhan. Untuk membiasakan diri, kita bisa berlatih mulai sekarang. Mulai dari yang ringan-ringan dulu. Misalnya, komitmen melakukan sedekah senilai minimal Rp 10.000 saat sholat Subuh. Nominalnya bebas, sesuai keinginan masing-masing ya.

#10 Memperbaiki Pola Makan

Satu langkah penting sebagai persiapan menyambut bulan puasa ialah menjaga pola makan. Secara waktu, sudah pasti akan berubah dari pola makan pada bulan-bulan selain Ramadhan. Umat Islam akan makan pada waktu berbuka puasa dan waktu sahur.

Anehnya, seringkali banyak yang mengeluhkan berat badannya malah naik saat bulan Ramadhan. Apakah anda termasuk salah satunya? Penyebab utamanya bisa jadi berasal dari jumlah makanan yang dikonsumsi saat buka puasa dan sahur.

Saat buka puasa dan sahur tidak jarang kita menjadi kalap. Semua jenis makanan ingin disantap. Saat buka puasa, seringkali diawali dengan minum teh manis dan gorengan. Setelah itu dilanjutkan dengan makan nasi beserta lauk pauknya. Belum lagi cemilan yang dimakan saat selesai sholat tarawih.

Dengan pola makan semacam itu, bisa dipastikan berat badan akan mengalami peningkatan. Padahal, saat bulan puasa kita diminta untuk berjuang melawan hawa nafsu, termasuk nafsu terhadap makanan. Nikmati makanan seperti biasa dengan porsi dan nutrisi yang secukupnya.

Jika dibutuhkan, anda bisa menggabungkan pola makan saat puasa dengan suplemen diet BPOM yang aman dikonsumsi. Untuk berhasil, memang dibutuhkan disiplin diri yang tinggi. Akan tetapi, hasilnya bisa anda nikmati dalam jangka panjang. Tubuh akan lebih sehat dengan berat badan yang ideal.

Dengan persiapan yang baik, peluang untuk sukses di bulan Ramadhan akan semakin besar. Keseimbangan hidup akan mudah untuk dirasakan. Mulai dari kesehatan tubuh yang baik, berat badan yang ideal, diimbangi dengan ibadah yang berkualitas.

Siap berjuang ya, teman-teman?

Demikian informasi dan sharing singkat mengenai persiapan menuju bulan Ramadhan. Semoga ada manfaatnya bagi teman-teman semua. Terimakasih banyak sudah menyimak ulasan singkat kali ini. Sampai ketemu lagi di tulisan-tulisan kami berikutnya 😀

(Visited 83 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *