Peralatan Membuat Channel Youtube, Jalan Mudah untuk Berbagi Manfaat

Halo semuanya, kali ini kami mau coba sharing sederhana mengenai apa saja sih peralatan membuat channel Youtube? Menjadi seorang content creator atau Youtuber terkenal memang menjadi sebuah harapan untuk para newbie yang menjajal peruntungan di dunia YouTube. Bagaimana tidak, hanya dengan bermodalkan YouTube saja sudah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Untuk menjadi seorang youtuber yang profesional, tentunya Anda tidak boleh sembarangan dalam mengunggah video. Banyak faktor yang harus dipersiapkan untuk membangun channel Youtube yang sukses dan bermanfaat. Anda suka kulineran? Anda bisa mulai channel Youtube dengan video seputar wisata kuliner halal dan nge-hits. Anda suka traveling? Anda pun bisa membuat video dengan tema traveling saat anda jalan-jalan ke berbagai lokasi wisata dan liburan keluarga.

Selain membutuhkan keahlian mengolah video, diperlukan juga peralatan membuat channel YouTube yang memadai. Tujuannya tidak lain supaya karya di channel Youtube anda menjadi lebih berkualitas dan banyak diminati.

Dengan demikian, subscriber di channel Youtube anda akan terus bertambah. Dari sana, peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah akan berdatangan dari berbagai arah.

peralatan membuat channel youtube 2020 - catatan bunda

Daftar Peralatan Membuat Channel Youtube

Lantas apa peralatan apa saja yang harus Anda siapkan sebelum terjun ke dunia Youtube? Berikut daftar beserta ulasan lebih lengkapnya! Semoga ulasan sederhana kali ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

KAMERA

Salah satu peralatan membuat channel Youtube yang wajib anda miliki adalah sebuah kamera. Saat ini, ada banyak opsi yang bisa anda pilih saat akan membeli sebuah kamera. Mulai dari kamera yang ada di smartphone, hingga kamera mirrorless dan kamera DSLR. Jika anggaran anda terbatas, anda bisa memulai channel Youtube dengan bekal kamera smartphone saja lho.

Setelah berjalan beberapa waktu, anda bisa pertimbangkan untuk berinvestasi lebih besar. Tujuan utamanya ialah bisa membeli kamera yang lebih canggih.

Mengapa? Karena kamera yang bagus akan mempengaruhi kualitas video yang Anda hasilkan. Anda bisa mulai mencari informasi tentang review kamera yang beredar saat ini. Banyak merk kamera mirrorless maupun DSLR yang bisa anda pilih. Beberapa contohnya ialah merk Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan berbagai merk lainnya.

alat untuk pembuatan video berkualitas - catatan bunda

MICROPHONE

Sama halnya dengan kamera, microphone juga tak kalah penting. Alat satu ini harus masuk daftar peralatan membuat channel YouTube. Meskipun video Anda berkualitas full HD, tetapi tanpa tanpa mic yang berkualitas, hasil video anda kurang sempurna. Ibaratnya seperti makan sayur tanpa garam.

Jadi maksudnya adalah mic akan berfungsi untuk menjadikan audio yang ada di video Anda lebih jernih. Kamera memang bisa merekam video sekaligus dengan audionya. Akan tetapi, kebanyakan kamera memiliki system perekam audio yang sangat buruk. Jadi, anda akan membutuhkan alat tambahan berupa microphone external.

Ada berbagai jenis microphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa lakukan riset yang sama seperti saat akan membeli kamera digital. Dengan demikian, anda bisa memilih microphone external yang sesuai dengan kebutuhan.

MEMORY CARD

Peralatan membuat channel Youtube berikutnya punya ukuran yang kecil Akan tetapi, punya fungsi yang sangat penting. Durasi video yang anda buat pastinya disesuaikan juga dengan kapasitas dari kartu memori. Kualitas video yang bagus biasanya memiliki ukuran video yang besar pula. Oleh sebab itu, anda akan membutuhkan kartu memori.

Bahkan, anda bisa mempunyai beberapa kartu memori sekaligus. Tujuannya ialah menjadi kartu memori cadangan. Apabila anda menghadapi hal yang tidak terduga selama proses rekaman, anda bisa menggantinya dengan kartu memori cadangan.

Merk kartu memori sangat banyak. Jenis kapasitas dari sebuah kartu memori pun sangat bervariasi. Ada yang kapasitas kecil hingga besar. Kami pribadi memiliki 3 kartu memori. Masing-masing dengan kapasitas 4 GB, 32 GB, dan 64 GB. Bagaimana dengan anda? Sesuaikan dengan kebutuhannya ya 😀

kamera mirrorless untuk merekam video - catatan bunda

TRIPOD

Peralatan membuat channel YouTube selanjutnya adalah tripod. Tripod merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyangga kamera Anda ketika sedang merekam video. Alat ini sangat bermanfaat. Apalagi jika anda masih menjalankan proses rekaman untuk video Youtube seorang diri.

Selain berfungsi sebagai penyangga, tripod ini juga berfungsi untuk menstabilkan letak kamera atau mengurangi goyakan ketika proses rekaman berlangsung. Bonusnya juga akan mengurangi beban Anda dalam memegang kamera.

Merk dan ukuran tripod kamera sangat bervariasi. Anda bisa membeli beberapa jenis sekaligus. Ada tripod ukuran kecil yang bisa digunakan untuk smartphone dan kamera mirrorless. Selain itu, ada juga tripod ukuran besar yang punya tingkat fleksibilitas lebih besar.

LIGHTING / SISTEM PENCAHAYAAN

Lighting merupakan penerangan yang dibutuhkan agar kualitas video yang Anda hasilkan lebih jelas dan terang. Bisa digunakan ketika malam hari maupun ketika lokasi yang Anda gunakan untuk perekaman video minim cahaya.

Peralatan membuat channel Youtube ini punya peranan penting terhadap keberhasilan video anda. Pencahayaan yang baik akan meningkatkan kualitas video anda. Penonton bisa lebih nyaman saat melihat hasil video akhirnya. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah untuk berinvestasi ke area lighting ya. Sekali beli, bisa dipakai dalam waktu lama, lho! 😀

LAPTOP ATAU PC

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika laptop atau komputer harus masuk dalam deretan peralatan utama untuk memulai channel Youtube.  Perangkat ini biasanya digunakan untuk mengedit video agar lebih maksimal lagi. Biasanya akan ada pertanyaan, bisa ga hanya modal smartphone saja?

Jawaban kami, jika dibilang bisa, pasti bisa saja untuk memulai channel Youtube dengan sebuah smartphone. Akan tetapi, patut diingat bahwa smartphone memiliki keterbatasan. Dari segi performa dan kebutuhan yang bisa dikerjakan, laptop atau PC jauh lebih unggul dibandingkan smartphone.

STABILIZER / GIMBAL

Selanjutnya adalah stabilizer kamera yang merupakan perlengkapan tambahan untuk bisa menjadi seorang Youtuber professional. Fungsi dari stabilizer kamera sendiri adalah untuk meminimalisir gambar atau video yang buram di kamera. Kualitas video merupakan poin yang penting dalam menjadi seorang youtuber. Apabila video yang dihasilkan buram / blur, bagaimana bisa menarik orang lain untuk subscribe ke channel anda?

proses pembuatan video youtube yang kompleks - catatan bunda

SOFTWARE EDIT VIDEO

Selain laptop atau komputer, nyatanya Anda masih membutuhkan sebuah software yang digunakan untuk mengedit. Pemilihan software editing video yang berkualitas akan menentukan hasil video anda. Tentunya dengan pemilihan software yang bagus juga bisa memaksimalkan proses mengedit Anda.

Sekarang sudah sangat banyak pilihan software yang mumpuni. Anda bisa riset lebih dalam mengenai software edit video yang cocok untuk anda. Beberapa software edit video yang banyak digunakan adalah Corel Video Studio, Adobe Premiere, Wondershare Filmora, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, kini ada solusi praktis bagi anda yang belum familiar dengan software edit video di atas. Cukup dengan software Power Point, anda bisa membuat video Youtube berkualitas. Gunakan kode kupon IDEKREATOR untuk mendapatkan diskon 50%. Kami yakin, tiap laptop atau PC saat ini sudah memiliki software Power Point di dalamnya. Dengan laptop, software powerpoint dan rekomendasi di atas, anda sudah bisa untuk memulai channel Youtube sendiri.

KONEKSI INTERNET

Peralatan membuat channel YouTube berikutnya adalah koneksi internet yang cepat. Koneksi internet sangat berpengaruh untuk kelancaran saat Anda ingin mengupload video ke channel youtube.

Cara lainnya, anda tinggal nongkrong saja di café atau tempat makan favorit. Kini, café dan tempat makan sudah memiliki fasilitas koneksi internet. Sambil nongkrong menikmati makanan, anda bisa upload video hasil editing yang sudah anda selesaikan sebelumnya.

Menjadi seorang youtuber tidak semudah yang dibayangkan. Kesuksesan youtuber memerlukan niat, usaha serta ketekunan yang sungguh-sungguh. Pastikan untuk mempersiapkan peralatan membuat channel YouTube yang memadai untuk konten anda. Tidak lupa, anda harus kreatif dan konsisten upload konten di channel Youtube anda.

Sekian dulu informasi kali ini. Semoga sharing kali ini memberikan informasi yang berguna untuk tujuan anda dalam membuat channel Youtube. Sampai jumpa di cerita kami lainnya. Selamat mencoba.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by