Liburan ke Museum Angkut Batu, Pengalaman Seru Keluyuran Berdua

Menikmati liburan ke Museum Angkut Batu Malang. Dalam perjalanan honeymoon backpacking kami di Malang, kami tidak sempat untuk mampir ke banyak tempat wisata sekaligus.

Kebanyakan kami berburu makanan enak di kota Malang. Selain berburu kuliner lezat, kami menyempatkan diri untuk mengunjungi satu tempat wisata terkenal yang ada di sana.

Destinasi wisata apa yang menjadi pilihan kami berdua? Kami memilih untuk jalan-jalan dan menikmati liburan ke Museum Angkut yang terletak di kota Batu. Seperti apa cerita jalan-jalan kami berdua ke Museum Angkut Batu? Ikuti terus sharing pengalaman kami di sini.

Pengalaman Seru Liburan ke Museum Angkut Batu Malang - catatan bunda

Pengalaman Cerita Liburan ke Museum Angkut Batu

Awalnya kami mau nekat pergi jalan-jalan liburan ke Museum Angkut saat hari pertama kami tiba di Malang. Saat itu sudah hampir sore hari. Akan tetapi, setelah dipikir-pikir, akhirnya kami alihkan rencana jalan-jalan ke Museum Angkut keesokan harinya.

Mengapa?

Supaya kami berangkat lebih pagi, jadi waktu untuk menjelajahi Museum Angkut bisa lebih panjang. Jadi kami bisa lebih puas menghabiskan waktu wisata ke Museum Angkut, tidak terburu-buru. Bagaimana cara kami pergi ke Museum Angkut?

Tidak lain dan tidak bukan, kami menggunakan jasa taksi online. Mudah dan sangat membantu kami saat menikmati liburan ke Museum Angkut Batu Malang. Alhamdulillah πŸ˜€

Perjalanan dari kota Malang menuju lokasi museum juga lancar. Sepanjang perjalanan, kami banyak ngobrol dengan driver taksi online. Beliau sangat ramah dan sopan. Kami benar-benar terkesan dengan kesopanan para driver yang membantu perjalanan keluyuran di Malang.

Kami tidak terjebak kemacetan yang parah. Perjalanan kami menuju Museum sangat menyenangkan. Dalam waktu sekitar 30 – 45 menitan, kami sudah tiba di lokasi museum. Di tengah jalan, kami bisa melihat tempat wisata menarik lainnya yang ada di Malang dan Batu.

Salah satunya ialah kami sempat melihat Jatim Park 3 yang sedang menyelesaikan proses pembangunan di beberapa bagiannya. Doakan kami bisa keluyuran lagi ke Malang dan membawa anak-anak ya, supaya anak-anak bisa menikmati pengalaman liburan yang unik di tempat wisata keluarga dan anak.

foto di lahan parkir dengan background pesawat kepresidenan - catatan bunda

Alamat Lengkap Museum Angkut Batu Malang

Di manakah alamat lokasi Museum Angkut Batu Malang?

Kita bisa menemukan destinasi wisata yang satu ini di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur 65314.

Museum Angkut buka jam berapa?

Saat hari Senin hingga Kamis, destinasi liburan ini buka dari jam 12 siang dan tutup jam 8 malam (20.00 WIB). Sedangkan di akhir pekan, mulai dari Jumat hingga Minggu, Museum Angkut beroperasi mulai jam 11 siang dan tutup jam 8 malam.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut Batu Malang

Untuk masuk dan menikmati liburan ke Museum Angkut, kita harus membeli tiket masuknya terlebih dahulu. Kita akan menemukannya dengan mudah di bagian depan.

Berapa harga tiket masuk Museum Angkut?

Untuk hari Senin hingga Kamis harga tiket masuknya Rp 70.000 / orang.

Sedangkan untuk hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional harga tiket masuknya Rp 100.000 / orang.

Jika anda membawa kamera khusus seperti kamera DSLR atau mirrorless, maka anda harus membayar tiket khusus untuk kamera, yaitu sebesar Rp 30.000 / kamera.

Kamera handphone tidak dikenakan biaya alias gratis.

Anda akan mendapatkan gelang khusus yang berfungsi sebagai tanda masuk ke seluruh area dan wahana yang tersedia di Museum Angkut. Jadi jangan sampai hilang ya. Ketentuan harga tiket anak dan dewasa tidak berlaku. Harga tiketnya flat, sama untuk anak maupun dewasa.

Penetapan membayar harga tiket penuh untuk anak dilihat dari tinggi badannya. Bila anak anda sudah lebih tinggi dari 85 cm, maka dikenakan harga tiket penuh.

tempat pembelian tiket di museum angkut batu - catatan bunda

Zona yang Tersedia di Museum Angkut Batu

Museum Angkut Batu Malang ini sangat luas. Kurang lebih luas areanya mencapai 3 hektar lebih. Lalu bangunan di Museum Angkut ini dibuat menjadi 3 lantai yang dibagi menjadi beberapa tema dalam bentuk zona kunjungan. Kami yang jalan berdua saja gempor saat menjelajahi dan menikmati liburan ke Museum Angkut dari zona awal hingga yang terakhir.

Beberapa zona yang bisa anda temukan di Museum Angkut ialah sebagai berikut:

Hall Utama

Hall utama bisa anda temukan saat anda masuk pertama kali. Area luas di lantai satu ini sudah langsung memanjakan mata dengan aneka jenis kendaraan. Mulai dari aneka jenis mobil Amerika dan Eropa, aneka jenis sepeda motor, dan kendaraan tradisional di Indonesia seperti sepeda onthel dan replika kereta kuda yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta.

VIDEO PERTAMA

Anda bisa melihat helikopter kenegaraan di hall utama yang dinaiki oleh Presiden Pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Selain itu, anda bisa melihat aneka sepeda motor dan pesawat yang dipajang dengan cara yang unik. Sepeda motor dipajang dengan ditempelkan di dinding, sedangkan pesawat digantung di plafon atas hall utama.

Saat kami datang, area hall utama masih sepi, belum terlalu padat oleh pengunjung. Jika mau menikmati kondisi yang nyaman dan tidak terlalu padat, anda bisa masuk ke museum tepat saat jam buka. Saat kami keliling lagi ke sini menjelang sore, area hall utama sudah sangat padat oleh pengunjung yang banyak berdatangan.

aneka mobil di hall utama - museum angkut

Selesai dari area ini, anda bisa melanjutkan liburan ke Museum Angkut Batu dengan menuju ke lantai 2 menggunakan tangga atau lift yang telah disediakan. Di area lantai 2, anda bisa melihat berbagai kendaraan khas Indonesia. Beberapa diantaranya ialah becak, gerobak, kereta api, dan kendaraan lainnya.

Anda bisa menemukan replika roket Apollo juga di lantai 2. Kita bisa naik hingga bagian atas dan menikmati pemandangan Kota Batu dengan udaranya yang sejuk. Anda akan menemukan miniatur aneka jenis kapal di lantai 2.

Mulai dari jenis kapal Borobudur, kapal Pinisi, kapal Santa Maria, kapal Jung China, Perahu Rawa Bedalem, hingga miniatur kapal Titanic.

miniatur aneka jenis kapal - catatan bunda

Zona Pecinan dan Batavia

Selesai dari area hall utama, anda bisa meneruskan jalan kaki ke zona selanjutnya. Kali ini anda akan menemukan Zona Pecinan dan Batavia. Di sini anda bisa melihat penataan kota ukuran kecil yang menggambarkan peradaban masyarakat Tionghoa dan kawasan Batavia tempo dulu.

Anda bisa melihat kereta kuda, aneka tempat perdagangan, dan mobil tentunya. Di area ini disediakan mushola pria dan wanita yang terpisah.

VIDEO KEDUA

Anda bisa istirahat sejenak di mushola sambil menunaikan sholat sebelum meneruskan perjalanan liburan ke Museum Angkut Batu dengan menuju ke zona selanjutnya. Tidak jauh setelah berjalan kaki, anda akan melihat bangunan besar yang bertuliskan nama Gudang Batavia.

Di dalamnya anda bisa menemukan lebih banyak lagi mobil dan sepeda motor dari berbagai produsen otomotif terkenal di dunia. Anda bisa melihat mobil Chevrolet tahun 1955, mobil Chrysler, mobil Buick, dan mobil lainnya. Selain mobil, anda akan melihat sepeda motor keluaran produsen otomotif Jepang seperti Honda dan Yamaha.

kawasan pecinan dan batavia - catatan bunda

Zona Gangster Town

Jalan kaki kami lanjutkan. Sudah mulai rada gempor πŸ˜€

Pada zona selanjutnya, kita akan menemukan Gangster Town. Di area ini anda bisa melihat kawasan yang ditata dengan konsep kota koboi seperti di film-film. Anda bisa melihat jalan raya dan gedung-gedung di sekelilingnya dengan aneka jenis mobil yang diparkir di tepinya.

Banyak mobil keren yang bisa dilihat di kawasan ini. Diantaranya ada mobil Plymouth tahun 1957, mobil Opel, mobil Pontiac tahun 1952, hingga mobil Cadillac. Anda bisa puas berfoto ria di kawasan ini. Kami pun melihat banyak pengunjung yang antri untuk foto di tengah jalan πŸ˜€

Saat melihat sudah pada antri, kami malas untuk ikutan antri. Kami terusin aja jalan kaki untuk menuju ke kawasan selanjutnya. Anda bisa istirahat sejenak di kawasan Gangster Town dengan membeli souvenir khas Museum Angkut dan duduk menikmati jajanan ringan yang tersedia di cafΓ© yang ada di kawasan ini.

Konsep museum yang dikemas dengan gabungan edukasi dan entertainment ini sungguh bisa kami nikmati dalam wisata liburan ke Museum Angkut Batu Malang. Selain itu, pihak pengelola Museum Angkut sering mengadakan berbagai event seperti parade di kawasan Gangster Town.

Saat kami ke sana, memang sedang tidak ada jadwal parade. Akan tetapi, pihak pengelola mengirimkan dua orang talent yang menaiki mobil dan berdandan ala gangster. Para pengunjung dipersilakan untuk foto bersama kedua talent tersebut secara GRATIS.

zona gangster town di museum angkut - catatan bunda

Zona Eropa

Cerita jalan-jalan liburan ke Museum Angkut Batu Malang berlanjut ke zona berikutnya. Kami menemukan kawasan berikutnya yang tentunya sangat menarik. Setelah Gangster Town kami menuju ke Zona Eropa. Di kawasan ini kita bisa menikmati aneka jenis mobil pabrikan dari berbagai negara di Eropa seperti Italia, Perancis, Jerman, dan Inggris.

Kawasan tiap negara ini dibuat terpisah karena tiap negara memiliki merk mobilnya tersendiri. Seperti di Zona Italia, kami bisa melihat kendaraan keluaran Italia seperti Fiat 850 Sport keluaran tahun 1970, Maserati Turbo tahun 1992, Alfa Romeo tahun 1966, Fiat Topolino tahun 1943, dan aneka jenis Vespa.

Selanjutnya, kita akan memasuki Kawasan Negara Prancis dengan kendaraan khasnya. Kami melihat mobil merk Citroen tahun 1972, Citroen Mehari tahun 1976, dan mobil Peugeot tahun 1964.

Di sini kita bisa melihat miniatur landmark paling terkenal di Prancis, yaitu Menara Eiffel. Begitu melihat, kami bisa langsung tahu bahwa kami sedang ada di kawasan negara Prancis.

Berikutnya, kami menuju ke kawasan negara Jerman yang merupakan salah satu negara otomotif terbaik di dunia. Aneka mobil dari Mercedez Benz, Volkswagen, dan BMW bisa kita lihat di kawasan negara Jerman.

Contohnya mobil Mercedes Benz 190 SL tahun 1956, Mercedes Benz keluaran tahun 1971 hingga tahun 1987, Volkswagen Pickup tahun 1970, Volkswagen 411 tahun 1970, dan aneka jenis mobil lainnya.

Selain mobil, kami melihat sepeda motor klasik keluaran Jerman seperti sepeda motor Zundapp Combinette tahun 1961. Selesai dari Jerman, kami melanjutkan perjalanan ke Inggris. Berasa keliling Eropa yah πŸ˜€

Amiiin, salah satu wishlist keluarga kami nih.

Bisa liburan dan wisata keliling Eropa, termasuk mampir ke markas klub sepakbola kesayangan suami, Juventus FC di Turin, Italia. Setibanya di zona Inggris, kami melihat aneka mobil seperti Austin 1300 tahun 1973, merk Morris Oxford tahun 1961, Austin Seven tahun 1934, Aston Martin tahun 1980, dan banyak lagi.

Di kawasan Inggris, kami bisa lihat mobil legendaris milik Mr. Bean, yaitu mobil Morris Mini keluaran tahun 1968.

Istana Buckingham

Kawasan berikutnya yang kami nikmati selama liburan ke Museum Angkut ialah Zona Istana Buckingham. Masih dengan tema Inggris. Aneka jenis mobil mewah keluaran Inggris ada di sini.

Contohnya seperti mobil Rolls Royce Silver Shadow tahun 1976, Rolls Royce Phantom tahun 1962, mobil Bentley tahun 1957, Austin Healey Frogeye tahun 1960, Sunbeam Alpine tahun 1967, Jaguar tahun 1956, Jaguar tahun 1979 dan masih banyak lagi.

Suasana mewah sangat terlihat dari interior replika bangunan Istana Buckingham Palace. Foto anggota keluarga kerajaan Inggris bisa kita lihat di tembok bagian atas dan diletakkan mengelilingi ruangan Istana Buckingham Palace. Sebelum masuk ke ruangan, anda bisa mampir dulu ke taman bunga yang ada di luar kawasan Istana untuk berfoto.

Jika ingin tampil lebih bergaya dengan suasana khas Inggris, di sini tersedia tempat penyewaan kostum bagi anda.

aneka mobil dan motor di gudang batavia - catatan bunda

Zona Hollywood

Keluar dari zona Istana Buckingham, kami menuju ke Zona Hollywood. Di sini kelaparan mulai melanda nih. Ahahaha, tidak terasa sudah beberapa jam kami keluyuran dan jalan-jalan menikmati liburan ke Museum Angkut Batu Malang.

Kami lanjutkan dulu perjalanan di area ini. Di sini kami melihat mobil Hummer Limousine keluaran tahun 2004 yang panjang banget. Banyak mobil dari film Box Office dunia yang ditampilkan di area Hollywood ini.

Kita bisa melihat mobil dari film Fast and Furious seperti Chevrolet Camaro RS tahun 1967. Selain itu kita bisa melihat mobil dari film Golden Eye seperti Lincoln Continental tahun 1979 dan Ford Thunderbird tahun 1960.

Ada juga mobil dari film Scooby Doo, yaitu Chevrolet Sedan tahun 1957.

Zona Runway 27

Zona menarik selanjutnya yang harus anda kunjungi di Museum Angkut Batu Malang ialah kawasan yang terletak di lantai 3, yaitu Zona Runway 27. Di area ini kami melihat pesawat kenegaraan Republik Indonesia.

Anda bisa bermain juga di zona ini. Bermain apa?

Pihak pengelola menyediakan flight simulator, alat untuk bermain simulasi menerbangkan pesawat. Mulai dari pesawat biasa dan simulator pesawat tempur. Cukup membayar Rp 20.000 untuk simulasi menerbangkan pesawat tempur selama 7 menit dan Rp 150.000 untuk simulasi menerbangkan pesawat Boeing 737-800 selama 20 menit.

flight simulator pesawat - catatan bunda

Anda kelaparan saat tiba di sini? Tenang, di sini tersedia cafΓ© yang bisa anda kunjungi untuk menikmati makanan dan minuman saat liburan ke Museum Angkut. Jika beruntung, anda bisa menikmati tarian ceria dari para kru yang bertugas di sini.

Alhamdulillah kami berkesempatan melihat para kru menari, mereka pun mengajak para pengunjung untuk ikut serta bergembira bersama. Selesai melihat para kru, kami masuk ke kabin pesawat kepresidenan. Di dalamnya kami bisa melihat fasilitas pesawat yang membawa presiden saat berkunjung keluar negeri.

Kru yang bertugas memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk masuk dan berfoto di dalam kabin pesawat. Jangka waktunya pun dibatasi, hanya 7 menit saja karena harus bergantian dengan kloter pengunjung berikutnya yang mau masuk ke dalam pesawat. Pengalaman menarik yang harus anda dapatkan saat wisata dan liburan ke Museum Angkut Batu Malang.

zona runway 27 pesawat presiden indonesia - catatan bunda

Pasar Angkut Nusantara

Begitu rasa lapar melanda, kami langsung turun ke area foodcourt yang ada di bagian bawah Museum Angkut. Area ini lebih dikenal dengan nama Pasar Angkut Nusantara. Ada beberapa area yang bisa anda kunjungi di Pasar Angkut Nusantara. Area tersebut adalah sebagai berikut:

• Area Jawa yang menyediakan aneka kuliner dan souvenir;
  • Area Papua yang menyediakan pijat refleksi dan souvenir;
  • Area Kalimantan yang menyediakan snack / jajanan dan souvenir;
  • Area Lombok yang menyediakan aneka kuliner dan souvenir;
  • Area Toraja yang menyediakan jajanan tradisional;
  • Area Resto Cheng Ho yang menyediakan aneka masakan dan minuman;
  • Area Museum D’Topeng sebagai pusat oleh-oleh dan menyimpan aneka jenis topeng;
  • Area Madura yang menyediakan aneka kuliner dan souvenir;
  • Area Dermaga, tempat dimana anda bisa naik perahu dayung untuk berkeliling lokasi Pasar Apung Nusantara.

Berhubung kami sudah kelaparan dan capek berat, kami langsung makan saja di Resto Cheng Ho. Tidak sempat lagi keliling ke area Pasar Apung Nusantara untuk berburu jajanan atau snack lainnya. Selesai menikmati makanan di Resto Cheng Ho dan liburan ke Museum Angkut Batu, kami bisa beristirahat sejenak sebelum pulang kembali ke kota Malang.

Fasilitas di Museum Angkut Batu Malang

Setelah kami hitung, kami menghabiskan waktu sekitar 4 jam berjalan kaki untuk mengelilingi Museum Angkut. Tidak heran selesai jalan-jalan, kami langsung gempor dan kelaparan πŸ˜€

Fasilitas di dalam Museum Angkut bermacam-macam dan sangat membantu. Akan tetapi ada satu fasilitas yang sangat menolong kami saat berkeliling dan menikmati liburan ke Museum Angkut Batu Malang.

Fasilitas tersebut ialah tersedianya charging station atau tempat untuk mengisi ulang daya baterai. Fasilitas charging station ini bisa anda temukan di banyak tempat. Mulai dari hall utama dan aneka zona yang ada di kawasan museum. Berulang kali kami mengisi daya, baik baterai kamera maupun smartphone yang kami bawa. Obyek foto yang luar biasa banyak membuat baterai kamera kami bekerja keras dan harus diisi berulang kali di sini πŸ˜€

Hal ini salah satunya disebabkan kami lupa mengisi daya baterai kamera hingga penuh di awal. Salah satu tips yang berguna buat anda, terutama jika anda membawa kamera khusus untuk mengabadikan gambar dan video di area museum. Isi daya baterai kamera anda sampai penuh.

Jadi saat di tengah perjalanan menjelajahi Museum Angkut, anda tidak terlalu sering untuk mengisi ulang daya baterai kamera.

Apakah Museum Angkut Batu Cocok untuk Tujuan Wisata Keluarga?

Menurut kami, Museum Angkut Batu sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan anda untuk berwisata dan berlibur bersama keluarga ke Malang. Bila anda membawa anak kecil, tips dari kami, sebaiknya anda membawa stroller untuk bayi atau anak anda.

Lalu sepanjang perjalanan liburan ke Museum Angkut Batu, anda bisa berkeliling sambil mendorong stroller anak anda. Dengan mendorong stroller, anda akan menghemat lebih banyak tenaga jika dibandingkan anda menggendong anak sepanjang perjalanan keliling Museum Angkut. Saat kami berkeliling menikmati liburan ke Museum Angkut Batu, kami pun langsung teringat kedua anak kami.

“Wah, ini kakak sama adik pasti senang diajak liburan ke sini”

“Mobilnya banyak, pemandangannya menarik, dan banyak hal yang bisa diceritakan ke kakak dan adik saat liburan ke Museum Angkut Batu Malang.”

Maka dari itu, kami akan mencoba kesempatan lain untuk liburan keluarga ke Malang. Tujuan lainnya bisa kami pertimbangkan, seperti ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Cocok juga buat liburan anak-anak. Pada kesempatan kali ini kami hanya bisa menampilkan sebagian kecil saja gambar foto Museum Angkut Batu Malang.

Banyak banget fotonya, jadi kami harus pilih-pilih. Sampai bingung pilih yang mana πŸ˜€

Selesai menikmati liburan ke Museum Angkut Batu Malang, sore harinya kami meluncur kembali ke Kota Malang menggunakan taksi online. Selanjutnya kami ke mana? Tentunya berburu kuliner lagi.

Kali ini kami berhasil mencicipi dua lokasi kuliner yang berdekatan dan termasuk legendaris di Malang, yaitu Puthu Lanang dan Bakso Bakar Pak Man.

Semoga informasi dan pengalaman liburan ke Museum Angkut Batu Malang bisa memberikan gambaran yang bermanfaat bagi anda. Ikuti terus ya cerita perjalanan kami di blog kesayangan anda. Sampai jumpa di episode selanjutnya πŸ˜€

(Visited 5,070 times, 1 visits today)