Free Update

Daftar di sini untuk mendapat info menarik dari Catatan Bunda yang dikirim langsung ke alamat email Anda. 

Gratis ^_^

Panduan Tips Liburan ke Bandung dengan Asyik dan Nyaman

Panduan tips liburan ke Bandung dengan nyaman.

Bandung, salah satu kota tujuan wisata terbesar di Indonesia. Kota Bandung dikenal juga sebagai ibukota provinsi Jawa Barat.

Banyak sebutan yang melekat pada kota Bandung. Diantaranya ialah sebutan Kota Kembang dan Paris van Java.

Jutaan turis berkunjung ke Bandung setiap tahunnya. Menurut pak walikota Ridwan Kamil, hampir 7 juta wisatawan yang tiap tahun mengunjungi kota terbesar di Jawa Barat ini.

Banyaknya daerah tujuan wisata di Bandung menjadi salah satu faktor daya tarik untuk para turis. Mulai dari destinasi wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata di tengah kota Bandung.

Posisi demografis Bandung terletak di dataran tinggi. Oleh sebab itu, udara di kota ini sangat sejuk.

Terlebih jika anda bergerak menuju ke wilayah yang lebih tinggi lagi, seperti kawasan Lembang atau Cikole di Bandung utara dan kawasan Ciwidey di Bandung selatan. Maka udara bisa semakin dingin dan sejuk.

Jika anda mau menjadikan Bandung sebagai destinasi liburan anda selanjutnya, simak panduan tips liburan ke Bandung berikut ini ya. Selamat menyimak 😀

panduan tips liburan ke bandung - kawasan jalan braga - blog catatan bunda

Panduan Tips Liburan ke Bandung

Ada banyak strategi yang bisa anda pakai jika anda menginginkan liburan di Bandung dengan menyenangkan. Semoga informasi dan sharing kali ini bisa anda praktekkan di kunjungan anda berikutnya 😀

#1 Hindari Waktu Libur Panjang

Tips liburan ke Bandung, sebagai panduan untuk anda yang pertama ialah coba hindari berlibur ke Paris van Java saat hari libur. Terlebih saat hari libur panjang.

Mengapa demikian?

Hampir bisa dipastikan, kota Bandung akan penuh sesak dengan pengunjung dan wisatawan yang datang dalam rentang waktu bersamaan (saat hari libur).

Tempat tujuan wisata akan sangat penuh dan bisa jadi anda tidak akan bisa menikmati liburan anda karena berdesak-desakan di destinasi wisata.

Bandingkan saat hari-hari biasa, saat bukan tanggal merah atau hari libur nasional. Tempat wisata akan jauh lebih lengang dan nyaman untuk anda jelajahi.

Anda bisa lebih puas untuk menikmati suasana yang ditawarkan di destinasi liburan yang sudah anda tentukan.

 

#2 Kenali Wilayah Menarik di Bandung

Panduan berikutnya sebagai tips liburan ke Bandung dengan nyaman ialah anda bisa mengenali beberapa wilayah strategis yang ada di Bandung.

Ada beberapa wilayah atau area yang patut anda ketahui selama berkunjung ke kota ini. Area ini mudah diingat, baik dengan area nama jalan yang terkenal maupun berdasarkan landmark yang terkenal di kawasan tersebut.

Wilayah-wilayah tersebut diantaranya ialah sebagai berikut:

Kawasan Dago, satu area yang sangat populer di Bandung. Di sini biasa diadakan Car Free Day saat hari Minggu.

Kawasan Cihampelas, area ini merupakan jalan satu arah. Satu jalan yang terkenal di Bandung. Anda bisa menemukan Mall Cihampelas Walk (Ciwalk) dan menikmati skywalk pedestrian yang sangat unik di Teras Cihampelas Bandung.

Kawasan Lembang, terletak di sebelah utara kota Bandung. Anda bisa menemukan banyak lokasi wisata, baik wisata alam maupun kuliner di area ini. Contohnya wisata Gunung Tangkuban Perahu, wisata alam di Orchid Forest Cikole, dan berbagai tempat wisata lainnya.

Kawasan Ciwidey, area ini bisa anda temukan jika anda menuju ke bagian selatan Kota Bandung. Area ini termasuk area sejuk dan dingin, terutama saat malam hingga pagi hari. Anda bisa menemukan tempat wisata seperti Kawah Putih, Perkebunan Teh Rancabali, hingga Situ Patenggang di sini.

Kawasan Cibaduyut, satu area terkenal di Paris van Java. Wilayah ini terkenal sebagai tempat pengrajin sandal dan sepatu kulit yang berkualitas di Bandung.

Kawasan Asia Afrika, sebuah kawasan yang penuh dengan nilai sejarah di Kota Bandung. Anda bisa menemukan alun-alun dan Masjid Agung kota Bandung. Selain itu, ada Gedung Merdeka dan bangunan tua lainnya.

Anda juga bisa menikmati wisata unik dengan penampilan para seniman Bandung yang menggunakan aneka kostum di sepanjang jalan ini. Mulai dari kostum superhero hingga kostum hantu yang menakutkan.

Kawasan Jalan Diponegoro, area yang berada di pusat Kota Bandung. Area tempat bekerja Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bekerja, yaitu di Gedung Sate. Selain itu, ada lapangan Gasibu dan pasar kaget yang bisa anda nikmati setiap hari Minggu pagi.

Selain itu, anda bisa menemukan Masjid Pusdai dan Taman Lansia di area sepanjang Jalan Diponegoro ini.

Kawasan Jalan Riau, satu area yang sangat populer, terlebih bagi anda yang ingin melakukan wisata belanja dan wisata kuliner di kota Bandung. Banyak Factory Outlet yang menjual berbagai pilihan baju trendy di sini.

Setelah lelah berbelanja, anda bisa meneruskan wisata dengan berburu makanan dan kuliner di restoran yang banyak tersebar di kawasan ini.

Kawasan Jalan Setiabudi, satu kawasan di bagian utara Bandung yang menjadi salah satu area untuk anda yang gemar belanja. Banyak tersebar factory outlet di sini. Tentunya dilengkapi dengan beberapa restoran dan hotel.

Kawasan Otista, yang merupakan singkatan dari Jalan Otto Iskandardinata. Pasar Baru terletak di sini. Anda bisa puas berbelanja dengan harga terjangkau di kawasan ini.

Tentunya harus pintar tawar menawar ya dengan para pedagang di Pasar Baru supaya mendapatkan harga yang pas untuk anda 😀

Recommended Info  Kawasan Chinatown Bandung, Menonton Barongsai Menjelang Imlek

Kawasan Braga, satu area eksotik yang harus anda kunjungi. Suasana kota tua sangat kental di area ini. Di sepanjang jalannya, anda bisa menikmati deretan bangunan tua yang dilengkapi berbagai spot foto yang keren dan instagrammable.

 

#3 Masuk dari Pintu Gerbang selain Pasteur

Tidak jarang wisatawan pergi ke Bandung dengan memakai kendaraan atau mobil pribadi. Satu gerbang masuk paling populer untuk masuk ke kota Bandung ialah melalui gerbang Tol Pasteur.

Tidak jarang antrian kendaraan yang panjang terlihat di gerbang tol Pasteur. Barangkali anda pernah mengalami hal ini?

Tahukah anda, bahwa ada banyak gerbang tol yang tersedia untuk masuk ke kota Bandung?

Tips liburan ke Bandung berikutnya ialah dengan memilih gerbang tol yang tersedia selain gerbang tol Pasteur.

Gerbang tol untuk masuk ke kota Bandung yang telah disediakan ialah sebagai berikut:

  • Gerbang tol Cileunyi
  • Gerbang tol Kopo
  • Gerbang tol Pasir Koja
  • Gerbang tol Buah Batu

Anda bisa pilih salah satu dari banyak pilihan di atas supaya tidak terjebak macet panjang di gerbang tol Pasteur.

 

#4 Buat Itinerary Sederhana – Tips Liburan ke Bandung

Ya, panduan selanjutnya sebagai tips liburan ke Bandung ialah membuat jadwal atau itinerary sederhana.

Mengapa perlu jadwal?

Jadwal yang anda susun akan menjadi satu patokan sederhana bagi anda selama jalan-jalan di Bandung. Anda bisa mengisi target lokasi wisata mana saja yang akan anda kunjungi.

Jadwal sederhana ini akan menjadi satu pengingat yang bermanfaat di dalam perjalanan anda di kota Bandung. Mengingatkan anda bahwa anda memiliki target khusus, supaya jadwal yang sudah anda susun, semuanya bisa kesampaian untuk dikunjungi.

 

#5 Pilih Penginapan yang Dekat Dengan Tujuan Wisata

Setelah menyusun jadwal sederhana untuk mengunjungi tempat wisata yang mana saja, anda bisa mulai mencari alternatif tempat menginap.

Banyak sekali tempat menginap di Bandung, mulai dari yang murah meriah hingga hotel bintang lima.

Panduan tips liburan di Bandung berikutnya ialah dengan mencari tempat penginapan atau hotel yang lokasinya dekat dengan tempat wisata yang akan anda kunjungi.

panduan tips liburan ke bandung - bumi siliwangi - blog catatan bunda

Mengapa sebaiknya cari yang dekat?

Dengan lokasi hotel atau penginapan yang dekat, anda bisa menghemat waktu yang anda perlukan saat akan menuju tempat wisata.

Jika anda terpaksa berwisata ke Bandung saat peak season atau masa libur panjang, maka anda akan bertemu dengan kemacetan lalu lintas yang sangat luar biasa. Waktu tempuh akan menjadi lebih lama dari biasanya, apabila anda salah perhitungan dalam memilih tempat penginapan saat liburan.

Selain itu, dengan lokasi hotel yang lebih dekat, anda juga bisa menghemat biaya transportasi selama anda berlibur di ibukota Jawa Barat ini.

Tentu perhitungkan kenyamanan juga saat memilih hotel atau tempat penginapan. Ingat, nyaman tidak harus mahal, bukan? 😀

 

#6 Start Kegiatan Sejak Pagi

Anda mau lebih menikmati Bandung? Coba mulai aktivitas anda sejak pagi hari. Ini salah satu tips liburan ke Bandung supaya perjalanan anda lebih berkesan.

Mengapa mulai aktivitas lebih pagi?

Saat pagi di Bandung, udara masih terasa lebih sejuk dibandingkan saat hari mulai siang yang panas.

Selain itu, saat pagi hari arus lalu lintas di Bandung masih jauh lebih bersahabat. Anda bisa menikmati suasana jalanan Bandung saat sepi di pagi hari.

Lebih cepat sampai ke lokasi destinasi wisata, relatif lebih sepi saat mulai petualangan wisata, jadi bisa menikmati banyak spot di tempat wisata tujuan anda.

Anda mau wisata sampai puas, betul? Bukannya terjebak macet di jalanan atau berdesak-desakan saat di tujuan wisata 😀

 

#7 Transportasi Menuju Bandung

Menuju Bandung, anda bisa memakai berbagai alternatif moda transportasi. Anda bisa memilih dari banyak pilihan yang tersedia. Tentu tiap pilihan mempunyai faktor kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika anda ingin leluasa dan membawa banyak barang, anda bisa mengendarai mobil pribadi dari kota asal anda. Tentu anda akan membutuhkan lebih banyak tenaga karena harus menyetir kendaraan sendiri menuju Bandung hingga kembali ke kota asal anda.

Selanjutnya, jika anda tidak mau terlalu capek berkendara, anda bisa menggunakan moda transportasi umum, mulai dari bus, kereta api, hingga pesawat terbang.

Untuk bus, biasanya akan berhenti di Terminal Cicaheum atau Terminal Leuwi Panjang. Beberapa bus juga bisa berhenti di pangkalannya sendiri. Seperti contohnya Bus Nusantara yang pangkalannya berada di Jalan Padjadjaran.

Pilihan berikutnya ialah kereta api, yang makin hari makin nyaman. Ada dua stasiun kereta api yang ada di Bandung. Kedua stasiun tersebut ialah Stasiun Utama Kota Bandung yang terletak di Jalan Kebon Kawung dan Stasiun Kereta Api Kiaracondong yang terletak di jalan Kiaracondong.

Stasiun utama atau stasiun besar biasanya akan dilewati oleh kereta api eksekutif dan bisnis. Sedangkan stasiun kiaracondong akan dilalui oleh kereta api dengan kelas ekonomi.

Pilihan berikutnya yang lebih cepat ialah menggunakan pesawat terbang yang akan mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Anda bisa berburu tiket pesawat murah yang menuju langsung ke Bandung, tanpa harus ke Bandara Jakarta dulu.

Recommended Info  Tutorial Membuat Bintang Kertas, Mainan Sederhana untuk Anak

Pilih tips liburan ke Bandung yang satu ini dengan baik ya. Sesuaikan berbagai pilihan ini dengan preferensi dan anggaran yang anda miliki, supaya perjalanan wisata anda ke Bandung hingga kembali ke kota asal berjalan dengan asyik.

 

#8 Transportasi di Dalam Kota

Saat anda sudah tiba di Bandung dan ingin memulai petualangan dan sensasi berlibur, maka moda transportasi akan sangat penting gunanya bagi anda.

Jika anda membawa mobil atau kendaraan pribadi, maka anda bisa jauh lebih leluasa saat menjelajah kota Bandung.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir bila anda tidak membawa kendaraan pribadi.

Panduan tips liburan ke Bandung berikutnya ialah dengan mengenali pilihan moda transportasi yang tersedia.

Jika salah satu pilihan anda ialah menggunakan ojek atau taksi online, anda bisa dengan mudah menemukan di kota ini. Mulai dari Gojek, Grab, hingga Uber.

Anda bisa memesan berbagai layanan tersebut melalui smartphone yang anda miliki.

Pilihan transportasi lain yang tersedia di Bandung diantaranya ialah angkutan kota (angkot), bus DAMRI, hingga taksi konvensional.

Bahkan anda bisa menyewa kendaraan sendiri di tempat rental mobil. Rata-rata tariff sewa mobilnya akan berbeda-beda. Mulai dari Rp 300.000 per hari anda sudah bisa menyewa kendaraan untuk berkeliling kota.

Anda bisa memilih bagaimana kelebihan dan kekurangan dari tiap penyedia jasa transportasi di Bandung.

 

#9 Berburu Oleh-Oleh Khas Bandung

Apa artinya berlibur tanpa kehadiran oleh-oleh. Demikian juga panduan bagi anda yang berkunjung ke Bandung.

Tips liburan ke Bandung selanjutnya ialah dengan merencanakan oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke kota asal.

Anda bisa mendata, siapa saja yang akan anda beri sedikit oleh-oleh setelah anda selesai jalan-jalan.

Jenis oleh-oleh yang beraneka ragam tentu jadi satu keunikan Kota Bandung. Para turis jadi punya banyak pilihan. Ada banyak jenis oleh-oleh yang Khas dari kota Bandung.

Ditambah lagi dengan kehadiran kue atau cake artist, maka opsi oleh-oleh anda tersedia lebih banyak.

Oleh-oleh khas Bandung yang anda perlu ketahui diantaranya sebagai berikut:

Brownies Amanda dan Kartika Sari di Jalan Dago, Peuyeum, dan Batagor bisa menjadi beberapa opsi oleh-oleh untuk anda bawa pulang ke kota asal.

Aneka jajanan hits kekinian di Bandung yang disediakan oleh para artis bisa masuk daftar oleh-oleh, seperti Bandung Makuta Cake (Laudya Cynthia Bella), Princess Cake (Syahrini), Bandung Kanaya (Amy Qonita, ibu dari Raffi Ahmad), Pevo Cake (Pevita Pearce), Madina Cake (Angel Lelga), Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

Anda bisa luangkan waktu dari perjalanan traveling anda ke Bandung untuk berburu oleh-oleh khas Bandung ini. Jika tidak sempat, anda bisa pesan layanan antar seperti layanan go-send dari Gojek.

 

#10 Wisata Kuliner Unik di Bandung

Liburan ke Bandung tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengisinya dengan wisata kuliner. Banyak ragam makanan dan menu unik yang dihadirkan oleh para pengusaha kuliner di Bandung.

Tips liburan ke Bandung berikutnya ialah berburu makanan unik yang tidak melulu berada di restoran mahal. Rasakan sensasi dan kenikmatan menu kuliner khas Bandung.

Anda bisa mulai dari tempat makan yang ada di dekat tempat tujuan wisata yang sedang anda kunjungi.

Setelahnya, bisa bergeser lagi ke berbagai tempat yang tersebar. Seperti misalnya ada bakso mantep Solo dengan tampilan ala ruko, atau Pasar Cisangkuy dengan konsep ala foodcourt, Mie Bakso Akung di Jalan Lodaya, Iga Bakar Si Jangkung di jalan Cipaganti, dan berbagai lokasi lain dengan aneka ragam pilihan menu.

 

#11 Wisata Kuliner di Café / Restoran

Selama perjalanan berlibur anda di Kota Bandung, anda bisa sisipkan untuk menikmati kuliner di restoran.

Sekedar untuk menikmati suasana dan menikmati sajian ala restoran. Biasanya harga menu yang ditawarkan akan lumayan tinggi, jadi anda tidak perlu sering-sering makan di restoran.

Banyak restoran yang bisa anda coba di Bandung, mulai dari yang tersebar di Jalan Riau, Jalan Dago, Jalan Cihampelas, hingga berbagai area lainnya.

 

#12 Tentukan Fokus Tujuan Wisata

Panduan selanjutnya sebagai tips liburan ke Bandung ialah dengan menentukan fokus tujuan wisata anda.

Di Bandung ada banyak tempat tujuan liburan, mulai dari wisata alam dengan berbagai lokasi (Bandung utara hingga Bandung selatan), wisata di dalam kota, wisata belanja, wisata tema anak, dan berbagai tema liburan lainnya.

Saat persiapan berlibur, tentu anda akan mengalokasikan sejumlah waktu, misalkan anda akan berlibur selama 3 hari 2 malam di Bandung. Tentunya dalam 3 hari, tidak mungkin anda bisa mengunjungi seluruh destinasi wisata yang tersedia di Bandung.

panduan tips liburan ke bandung - kebun teh ciwidey - blog catatan bunda

Anda harus membuat daftar prioritas tempat tujuan untuk kesempatan tersebut. Pada lain kesempatan, anda bisa bergerak ke tempat tujuan lainnya yang belum pernah anda kunjungi.

Jenis kegiatan yang bisa anda lakukan akan sangat bervariasi, mengikuti fokus tema wisata anda.

Misalkan anda ingin berwisata menikmati suasana dalam kota. Anda bisa memasukkan satu kegiatan unik, seperti mencoba naik Bus Bandros untuk keliling Bandung.

Dengan membuat fokus dan daftar prioritas, anda bisa berlibur dengan optimal selama di Bandung.

Recommended Info  Serunya Bermain di Kidzoona Paskal Shopping Mall Bandung

 

#13 Wisata Belanja

Wisata belanja menjadi satu daya tarik Bandung. Ya, banyak sekali tempat tujuan bagi para turis untuk berbelanja produk-produk khas Bandung.

Jenis produk yang bisa anda beli juga sangat bermacam-macam. Mulai dari kaos dengan aneka desain unik, aneka bentuk souvenir, aneka ragam pakaian dari atasan hingga bawahan untuk semua usia, dan lain-lain.

Tempat belanja yang terkenal di Bandung bisa anda dapatkan di berbagai lokasi. Contohnya ialah sebagai berikut:

  • Area Pasar Baru di Jalan Otista;
  • Area Teras Cihampelas;
  • Aneka Factory Outlet di Jalan Riau, Dago, hingga Jalan Setiabudi;
  • Kerajinan rajut di area Jalan Binong;
  • Aneka sepatu dan sandal kulit khas di Jalan Cibaduyut;
  • Dan lain-lain

Anda bisa sisipkan jadwal untuk belanja di rangkaian perjalanan berlibur ke Bandung. Bahkan terkadang untuk belanja bisa menghabiskan waktu seharian penuh lho 😀

 

#14 Membawa Uang Tunai

Satu unsur berikutnya ialah mempersiapkan uang tunai yang cukup selama di perjalanan. Ada kalanya di satu tempat, anda akan bertemu situasi dimana pembayaran hanya bisa dilakukan dengan uang tunai.

Pembayaran dengan mesin EDC , gesek kartu debit tidak tersedia. Sedangkan lokasi ATM tidak mudah ditemukan di dekat lokasi anda saat itu.

Oleh sebab itu, tips liburan ke Bandung berikutnya ialah dengan membawa dan menyediakan sejumlah uang tunai saat bepergian.

Tips lainnya ialah saat berada di lokasi tertentu, anda bisa bertanya pada pengelola mengenai mekanisme pembayaran. Apakah bisa membayar menggunakan kartu debit? Atau hanya memakai uang tunai saja?

 

#15 Persiapkan Pakaian yang Sesuai

Saat anda selesai menentukan tema dan tempat tujuan wisata, anda bisa menentukan pakaian yang sesuai tema liburan anda.

Misalkan anda menentukan tema wisata alam di lokasi yang dingin, anda bisa membawa baju hangat lebih banyak.

Jika anda memilih tema wisata untuk menikmati suasana di tengah kota, maka anda bisa lebih memilih baju santai dan casual untuk dibawa.

panduan tips liburan ke bandung - kebun teh rancabali - blog catatan bunda

Seperti saat kami jalan-jalan ke kebun teh di Ciwidey, maka kami membawa baju hangat lebih banyak. Mengapa demikian? Karena di lokasi kebun teh, cuaca akan sangat dingin waktu malam hingga pagi hari.

Mulai dari membawa kupluk, jaket, sweater, selimut tambahan, sarung, hingga kaos kaki tambahan kami siapkan saat itu.

Anda pun bisa menyesuaikan dengan tema wisata yang sudah anda pilih, supaya liburan anda selama di Bandung bisa lebih nyaman 😀

 

#16 Membawa Perlengkapan Foto

Saat anda berlibur, tentunya anda akan mengabadikan banyak momen liburan dengan foto ataupun video.

Nah, anda bisa mempersiapkan perlengkapan khusus untuk mengabadikan momen liburan anda dengan lebih baik.

Misalnya anda perlu membawa kamera tambahan, maka persiapkan kamera beserta perlengkapan lainnya seperti tripod hingga tempat charge baterai.

Jika anda hanya ingin membawa smartphone saja untuk mengabadikan, maka pastikan memory dan ruang penyimpanan di handphone anda masih tersedia cukup banyak.

Supaya saat di tengah perjalanan, anda tidak kerepotan jika tiba-tiba ruang penyimpanan di handphone anda penuh sesak.

 

#17 Bawa Sumber Baterai Cadangan

Tips liburan ke Bandung supaya kegiatan wisata anda tetap asyik ialah memperhatikan hal-hal kecil.

Hal detail ini seringkali tidak terasa begitu penting. Akan tetapi, saat membutuhkan di momen tertentu, anda bisa kelabakan saat tidak tersedia.

Salah satunya ialah dengan membawa sumber daya cadangan untuk mengisi daya handphone anda. Anda bisa membawa powerbank tambahan, lalu masukkan di dalam tas anda.

Charge powerbank secara berkala saat ada kesempatan, supaya daya powerbank tetap ada saat anda memerlukannya. Misalkan saat beristirahat di hotel, atau saat makan di café.

Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa membeli pengisi daya untuk dipasang di mobil anda. Jadi anda bisa mengisi daya selama perjalanan.

 

#18 Install Aplikasi Penunjuk Arah

Bagi anda yang baru datang untuk berkunjung ke Bandung, anda akan kebingungan soal arah saat menyusuri jalanan kota Bandung.

Terlebih lagi banyak jalanan satu arah yang berada di Bandung. Bila anda belum terbiasa, maka anda bisa kebingungan. Apalagi jika anda berkendara dan menyetir kendaraan sendiri.

Panduan selanjutnya untuk tips liburan ke Bandung dengan sukses ialah install aplikasi penunjuk arah di smartphone anda.

Anda bisa gunakan berbagai aplikasi yang tersedia di Playstore maupun Appstore. Bagi kami, ada dua aplikasi favorit yang menjadi penunjuk arah.

Aplikasi tersebut ialah WAZE dan GOOGLE MAPS.

Dua aplikasi tersebut sudah sangat membantu selama perjalanan kami. Petunjuk jalan yang tersedia juga terlihat sangat jelas.  Selain itu, bisa memberikan alternatif rute yang lebih dekat dan tidak terlalu macet.

Nah, demikian sharing kali ini mengenai panduan tips liburan ke Bandung dengan nyaman dan asyik. Selamat menikmati wisata di Paris van Java, semoga betah dan bisa kembali berkunjung lagi ke Bandung.

Ada tips tambahan yang pernah anda lakukan saat berlibur ke Bandung? Silakan sharing di kolom komentar ya 😀

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Berteman di Media Sosial

Subscribe Catatan Bunda di Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda

Template Mewarnai untuk AnakDownload di sini
+ +

Hadiah untuk Anda

Download PULUHAN TEMPLATE halaman mewarnai untuk anak di rumah.

GRATIS ^_^

You have Successfully Subscribed!