Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Orchid Forest Cikole Lembang, Tempat Wisata Alam Penuh Pesona

Liburan singkat ke Orchid Forest Cikole Lembang. Jadi cerita awalnya, sekolah kakak sedang dalam proses renovasi. Beberapa bulan ke depan, Mirza akan dipindah dulu gedung sekolahnya ke gedung yang lain.

Sambil persiapan para guru untuk mempersiapkan lokasi gedung sementara, para murid diberikan waktu untuk berlibur selama dua hari, yaitu hari Senin dan Selasa (15 โ€“ 16 Januari 2018). Langsung putar otaklah saya dan suami. Mumpung ada sedikit waktu, kakak mau diajak aktivitas apa ya yang berbeda dari sebelumnya.

Kami biasa memikirkan aneka kegiatan bersama anak, pengen memberikan experience atau pengalaman yang berbeda di setiap kesempatan. Kami yakin, kebersamaan dengan anak merupakan momen berharga yang harus kami prioritaskan.

Sempat berpikir untuk main ke taman kota Bandung yang belum pernah kami kunjungi. Selain itu, sempat muncul pikiran untuk menginap lagi di hotel lagi supaya bisa nyebur berkali-kali ke kolam renangnya. Sampai akhirnya saya browsing ke beberapa situs untuk mencari informasi lokasi yang bisa kami kunjungi. Lalu saya dan suami memutuskan ke satu tempat wisata yang akan kami review secara singkat pada artikel kali ini.

Apa nama lokasinya?

Namanya Orchid Forest Cikole Lembang.

Tadinya kami ingin pergi di hari Senin tanggal 15 Januari 2018. Akan tetapi, saat hari Senin, kedua anak kami kondisinya kurang baik, jadi kami tunda sambil berdoa semoga kondisi kakak dan adik bisa membaik.

Akhirnya di hari Selasa 16 Januari 2018, kondisi anak sudah membaik. Kami akhirnya bisa berangkat menuju Orchid Forest Cikole.

Jalan-Jalan di Orchid Forest Cikole Lembang Tempat Wisata Alam Penuh Pesona

Review Orchid Forest Cikole Lembang

Tempat wisata alam ini terletak di Jalan Tangkuban Perahu km 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Bagaimana rute yang saya tempuh saat menuju ke sana?

Awalnya saya survey alternatif rute untuk menuju ke sana dengan memakai aplikasi Waze. Setelah itu, saya memilih rute yang terdekat. Dari rumah saya, kami melewati Jalan Cigadung yang tembus ke Jalan Dago. Dari jalan Dago, saya menuju jalan ke arah Maribaya yang masuk dari kawasan Dago Atas.

Jalan masuknya tidak jauh dari Terminal Angkot Dago. Jalan yang kami lalui tidak terlalu besar, cukuplah untuk dua mobil berpapasan. Melewati banyak perkampungan warga.

Selain itu, selama perjalanan, kami hampir tidak menggunakan AC di mobil. Mengapa? Karena udara sekeliling sangat sejuk. Aseli, sejuk dan nikmat banget ๐Ÿ˜€

Selama tidak pakai AC dan kebetulan jalanan sepi, Mirza saya kami izinkan ngeluarin kepala di jendela. Dia pun puas melihat pemandangan sepanjang jalan sambil menikmati udara yang sejuk dan tetesan embun yang terasa membasahi tangan dan pipi.

Sesekali dia berteriak, Mama.. liat itu ada asap-asap, Ma.. coba liat itu apa, Mama.. kenapa ini begini itu begitu, dan baaaanyak lagi yang dia tanyakan. Apa sih yang dia liat?

Mulai dari melihat gunung yang tinggi plus diselimuti oleh kabut, hamparan sawah yang hijau, hingga melihat banyak sekali rumah warga yang ada di bawah gunung. Berapa lama waktu perjalanan kami hingga sampai ke lokasi Orchid Forest Cikole?ย Kami menempuh perjalanan kurang lebih 45 โ€“ 60 menitan. Rute yang kami pilih sudah tepat, jadi kami tidak terjebak banyak kemacetan.

Akan berbeda situasinya bila kami memilih rute lain yang melewati jalanan di pusat kota Bandung. Mungkin bisa lebih lama lagi. Saat akan masuk ke Pintu Gerbang Orchid Forest Cikole, kami melihat banyak mobil Land Rover, sepertinya mobil komunitas yang bisa disewa untuk berkeliling oleh para pengunjung.

Entahlah, kami tidak sempat bertanya lebih detail mengenai mobil-mobil tersebut. Barangkali dari para pembaca ada yang mengetahui lebih detail, boleh sharing informasinya di kolom komentar ya ๐Ÿ˜€

Selanjutnya, kami menuju ke pintu gerbang untuk membeli tiket masuk.

Bunga Indah di Orchid Forest Cikole Lembang - Blog Catatan Bunda

 

Berapa harga tiket masuk Orchid Forest Cikole Lembang?

Harga tiket masuknya sebesar Rp 30.000,- / orang.

Rp 25.000,- untuk tiket masuk ke Orchid Forest Cikole dan Rp 5.000,- untuk biaya masuk ke hutan konservasi. Sebelumnya petugas menghitung tiket untuk 3 orang. Lalu, keluarlah jiwa emak-emak saya untuk โ€˜menawarโ€™.ย  Saya tanya: Anak kecil juga bayar?

Mba petugas jawab: Usia anaknya berapa?

Saya dan Ayahnya serentak jawab, saya bilang 4 tahun, si Ayah jujur jawab 4 tahun setengah hehehehehe..

Tapi akhirnya si Mba petugas berbaik hati, Mirza di GRATIS kan. Jadi biaya kami RP 60.000,- untuk berdua. Anda bisa mendapatkan satu botol air mineral untuk tiap tiket yang dibeli. Botol air mineral ini bisa anda tukarkan di pintu keluar saat anda sudah selesai berkeliling.

Mengapa ditukarkan saat sudah selesai?

Barangkali pengelola tempat wisata alam ini tidak ingin pengunjung buang sampah sembarangan pada saat berkeliling di kawasan hutan pinus dan bunga anggrek ini. Melihat kebiasaan kita yang โ€œbelum semuanyaโ€ memiliki kesadaran menjaga kebersihan yang baik. Saya bisa sangat memahami kebijakan ini.

Jika anda membawa kendaraan sendiri ke lokasi, anda bisa parkir di dalam lokasi yang sudah disediakan. Berapa harga tiket parkir kendaraan di sini?

Untuk motor, tiket parkirnya Rp 3.000,-.

Sedangkan untuk mobil, harga tiket parkirnya ialah Rp 5.000,-.

Pintu Masuk Orchid Forest Cikole Lembang - Blog Catatan Bunda

Anda bisa mulai datang ke lokasi hutan pinus anggrek ini dari jam berapa?

Saat weekday, hari Senin โ€“ Jumat, lokasi hutan pinus dibuka mulai jam 09.00 โ€“ 19.00 WIB. Sedangkan pada saat weekend, hari Sabtu dan Minggu, anda bisa menikmati wisata alam yang satu ini mulai dari jam 08.00 โ€“ 19.00 WIB.

 

Ada apa saja di Orchid Forest Cikole Lembang?

Anda bisa sangat puas menikmati suasana alam di lokasi Orchid Forest Cikole Lembang. Udara sejuk dan dingin akan menyambut begitu anda tiba di lokasi ini.

Bahkan anda bisa mendengar suara angin kencang yang bertiup di sela-sela pepohonan hutan pinus. Saat cerah, anda bisa melihat awan yang bergerak saat ada angin bertiup, hingga melihat pucuk pohon pinus yang bergoyang-goyang saat angin berhembus.

Pepohonan di Orchid Forest Cikole

Jika beruntung, anda bisa menikmati turunnya kabut di hutan pinus. Pada saat kami main ke sana, kami tidak bisa melihat kabut yang turun. Barangkali disebabkan kami datang sudah agak siang, sekitar jam 10.00 WIB lebih, jadi kabut sudah tidak ada.

Pengunjung akan sangat dimanjakan dengan pemandangan hijau dan sangat indah di hutan pinus ini. Anda bisa dengan nyaman untuk berjalan kaki di sepanjang jalan setapak. Pada jalan setapak, sudah diberi paving sehingga nyaman untuk para pengunjung yang ingin menjelajahi hutan pinus dengan berjalan kaki.

 

Ragam Aktivitas di Orchid Forest Cikole Lembang

Kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan di lokasi Orchid Forest? Ada banyak kegiatan bernuansa alam yang bisa anda kerjakan di sini. Diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Berjalan kaki keliling hutan pinus dan melihat anggrek;
  • Memberi makan kelinci;
  • Melihat bunga bangkai (jika anda beruntung, anda bisa melihatnya saat sedang mekar);
  • Bisa makan dan minum di lokasi foodcourt (saat saya ke sini, lokasi foodcourt sedang dalam proses penyelesaian);
  • Flying fox; tapi kami tidak bisa naik wahana ini karena saat itu angin sering bertiup kencang, jadi sementara ditutup.
  • Beraktivitas di arena outbond;
  • Foto untuk event tertentu, seperti pre-wedding photoshoot dan foto untuk kelas atau sekolah;
  • Duduk santai di hamparan rumput dan bangku yang banyak disediakan;
  • Memanah di arena yang sudah disediakan;
  • Berjalan dan foto-foto di jembatan kayu dan di tengah pepohonan pinus;
  • Menikmati indahnya bunga anggrek;
  • Bersepeda;
  • Dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang muslim, jangan khawatir. Sudah disediakan dua buah mushola di lokasi Orchid Forest Cikole Lembang. Satu mushola untuk jamaah pria dan satu mushola lagi untuk jamaah wanita. Ada biaya tambahan jika anda ingin naik ke jembatan kayu atau masuk arena outbond. Berapa harga tiketnya?

Anda perlu menambah lagi sejumlah Rp 15.000,- per orang jika anda ingin naik ke jembatan kayu dan masuk ke arena outbond. Saat saya tanya-tanya ke petugas, lokasi Orchid Forest Cikole Lembang ini masih dalam tahap uji coba. Belum pembukaan (opening) secara resmi.

Petugas di Orchid Forest Cikole Lembang - Blog Catatan Bunda

Menurut info dari petugas, soft openingย tujuan wisata Orchid Forest Cikole Lembang akan dilakukan pada Bulan Maret 2018.

Di sini kakak ketemu lagi dengan kelinci. Yeaayy..!! ๐Ÿ˜€

Kakak pun bisa memberi makan kelinci dengan wortel, seperti pengalaman kakak terdahulu saat bisa berinteraksi dengan kelinci di Taman Kelinci Ciwidey. Sekarang dia lebih mahir untuk memegang wortel yang erat supaya wortelnya tidak cepat ditarik dan dibawa lari kelinci. Anda bisa membeli wortel yang disediakan oleh petugas di loket masuk ke arena kandang kelinci.

Berapa harganya?

Harga wortelnya dibandrol Rp 7.000,- per bungkus. Tiap bungkus berisi 3 buah wortel dengan ukuran yang lumayan besar. Saat saya beli, mereka tidak ada uang kembalian. Akhirnya saya coba tawar dengan harga Rp 10.000 untuk 2 (dua) bungkus wortel dan diperbolehkan. Asiikk, naluri emak-emak buat nawar bisa muncul juga di sini ๐Ÿ˜€

*catatan: menawar itu penting, tapi sadis jangan!

Untuk saya, kalimat penawaran hanya iseng celetukan di awal. Diperbolehkan Alhamdulillah, jika tidak ada reaksi atau tidak bisa.. ya sudah, jangan ngotot. Kami diijinkan masuk langsung ke kandang kelinci dan memberikan wortel yang kami beli di awal pada kelinci.

Para kelinci pun langsung makan dengan lahap dan berebutan untuk menyantap wortel yang dipegang oleh kakak.

Memberi Makan Kelinci di Orchid Forest Cikole Lembang - Blog Catatan BundaSetelah itu, kami meneruskan jalan ke lokasi bunga bangkai, tidak jauh dari lokasi kandang kelinci. Akan tetapi, kami kurang beruntung. Bunga bangkai belum mekar pada saat kami ke sana, jadi kami tidak bisa melihatnya dalam kondisi mekar.

Anda akan jalan terus dengan arah menurun pada saat masuk dan menjelajahi hutan pinus anggrek ini. Di sepanjang jalan anda bisa memilih banyak sekali lokasi untuk bersantai dan berfoto, baik foto selfie sendiri hingga bersama dengan pacar, teman-teman atau keluarga.

Kalau kebelet mau pipis atau pup, di beberapa titik juga disediakan toilet dengan bentuk bangunan unik dan imut-imut seperti ini:

Bentuk Toilet Umum di Orchid Forest Cikole Lembang

Saat sudah puas berkeliling dan jalan-jalan sampai ke bawah, kini waktunya untuk pulang. Di sinilah tantangannya. Jalannya naik mendaki..!!

Celetukan saya ke suami: pas datang wah.. wah.. wah.. takjub, pas pulang wah.. wah.. wah.. ngos-ngosan hehe. Asli menguras tenaga banget pas jalan naiknya. Kakak pun sampai kehabisan tenaga dan minta duduk istirahat beberapa kali.

Jadi kalau mau main ke sini, salah satu tipsnya bisa pakai sepatu atau sandal gunung ya.. biar nyaman dipakai untuk jalan. Suami malah cuma pake sandal jepit aja, enteng pas jalannya, huehehe ๐Ÿ˜€

Kalau butuh bawa stroller juga boleh, lumayan dari pada harus gendong-gendong. Bawa diri sendiri aja susah, apalagi sambil gendong anak hehe.. ๐Ÿ˜€

Untungnya kami bawa beberapa botol minum sendiri dari rumah. Jadi di tengah jalan, bisa istirahat sambil minum air. Salah satu tips liburan hemat ala keluarga kami, bawa bekal sendiri. Botol minum termasuk diantaranya ๐Ÿ˜€

Berikut ini video review jalan-jalan singkat kami di Orchid Forest Cikole Lembang:

Anda mau menginap di kawasan Orchid Forest Cikole Lembang? Bisa lho. Pengelola menyediakan tempat menginap dengan konsep tidur di dalam tenda. Ada beberapa jenis paket menginap di sini. Ada tenda dengan kapasitas 2 orang dan ada lagi tenda dengan kapasitas 4 orang.

Disediakan juga beberapa fasilitas seperti sarapan pagi, lampu tenda, sleeping bag, Kasur, bantal, toilet dan fasilitas lainnya. Saat kami tanya ke petugas tentang fasilitas lainnya, disebutkan bahwa pengunjung yang menginap akan disediakan jagung dan kayu bakar gratis untuk membuat jagung bakar saat malam hari.

Sudah lihat atau follow akun Instagram Orchid Forest Cikole Lembang? Anda bisa follow akun Instagram mereka di @orchidforestcikole.

Spot Foto Instagrammable di Orchid Forest Cikole Lembang - Blog Catatan Bunda

Anda mau ajak keluarga besar untuk main ke sini? Bisa. Anda mau mengadakan family gathering dari kantor ataupun sekolah anak di lokasi ini? Bisa banget.

Ada banyak arena outbond yang bisa mendukung acara anda di sini. Anda hanya ingin sekedar duduk santai, menikmati cuaca yang sejuk, hingga menikmati turunnya kabut? Sangat bisa.

Bahkan, anda mau foto pre-wedding atau foto post-wedding di sini? Aseli bisa banget. Banyak spot foto yang instagrammable dan romantis di lokasi Orchid Forest Cikole Lembang.

Begitu selesai dan bercapek ria berjalan kaki di sini, kami kembali menuju mobil untuk perjalanan pulang. Saat pulang, kami mencoba rute berbeda dari saat berangkat. Kali ini kami mencoba melewati jalur Lembang, dengan tetap mengikuti panduan arah dari aplikasi Waze.

Ternyata dari Lembang, kami diarahkan menuju ke Kawasan Punclut. Lumayan, jalur baru. Di tengah kawasan Punclut, ada jalan yang mengarah ke Dago, kami belok ke situ. Akhirnya kami sampai ke Jalan Dago dan menuju ke Jalan Cigadung lalu ikut aja jalannya sampai ke rumah.

Perjalanan pulang cepat, tak perlu waktu lama. Tidak ada kemacetan juga saat kami pulang. Waktu kami pulang memerlukan waktu sekitar 1 jam juga. Udah, selesailah review perjalanan singkat kami ke Orchid Forest Cikole Lembang. Berangkat dari rumah sekitar jam 09.00 kalo tidak salah. Sudah sampai lagi ke rumah sekitar jam 13.30 WIB.

Jalan-jalan singkat, sambil menemani kakak menghabiskan waktu liburannya dengan aktivitas yang berbeda dari biasanya. Hehehe..

Such a short and very sweet holidayโ€ฆ!!

Terima kasih banyak ya sudah berkenan menyimak review jalan-jalan kami di Orchid Forest Cikole Lembang. Jika anda sekeluarga masih lama liburan di Bandung, anda bisa coba keliling kota Bandung memakai Bandros ๐Ÿ˜€

Jangan lupa Subscribe Email / channel Youtube / follow Instagram / join Facebook Group Catatan Bunda untuk menikmati pengalaman terbaru dan review kegiatan menarik kami lainnya.

Jadi, kapan mau liburan ke Orchid Forest? ๐Ÿ˜€

(Visited 6,613 times, 3 visits today)

6 Comments

  1. Kak mau nanya kalo dari stasiun bandung nya terus mau ke orchid forest ada rute buat angkutan umum ga?

    1. Kalo langsung dari stasiun ke Orchid Forest sepertinya tidak ada.. Tetapi, dari stasiun Bandung ada angkot dengan rute Stasiun Hall – Lembang. Bisa gunakan angkot tersebut untuk menuju Lembang.

      Nanti tinggal mencari lanjutannya dari Lembang hingga sampai ke Orchid Forest. Salah satunya bisa gunakan ojek online.

      Semoga membantu ya ๐Ÿ™‚

    1. untuk saat ini belum punya Kak.. Kebanyakan yang kami coba itu penginapan yang cocok untuk keluarga..

      Jika ada pembaca lain yang punya rekomendasi penginapan backpacker di bandung, silakan reply di bawah komentar saya ya..

      Mari saling membantu ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda