Free Update

Daftar di sini untuk mendapat info menarik dari Catatan Bunda yang dikirim langsung ke alamat email Anda. 

Gratis ^_^

Naik Bus Bandros, Cara Unik Wisata Keliling Kota Bandung

Bus Bandros, apa itu?

Bus ini merupakan salah satu program wisata unik yang hadir saat masa pemerintahan Pak Ridwan Kamil di Kota Bandung.

Bandros sendiri merupakan akronim dari Bandung Tour on Bus.

Dari nama tersebut, sudah bisa tercermin untuk apa Bus Bandros ini? Ya, anda bisa naik bus ini untuk berwisata keliling kota Bandung.

Awalnya bus ini diresmikan saat malam tahun baru 2014 oleh Pak Walikota Bandung. Bus Bandros merupakan satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkomsel.

Saat ini, di awal tahun 2018 kita bisa menikmati lebih banyak Bus Bandros.

Pemerintah kota Bandung telah menyiapkan kurang lebih 12 (dua belas) buah bus bandros bagi warga Bandung hingga jutaan wisatawan yang sedang berlibur ke kota Bandung dan ingin menikmati cara wisata keliling Bandung dengan cara yang berbeda.

Uniknya, bus ini tersedia dengan berbagai pilihan warna, dari yang awalnya hanya berwarna merah. Ada yang berwarna merah, hijau, biru muda, hitam, pink, ungu dan warna unik lainnya.

Saat ini bus bandros disediakan dengan memakai dana APBD kota Bandung dan memakan dana senilai Rp 12,4 milyar.

Pengelolaan belasan bus bandros saat ini masih berada di bawah Dinas Perhubungan Kota Bandung. Rencana ke depannya akan dilakukan proses lelang untuk menentukan pihak yang berhak untuk mengelola bandros secara profesional.

naik bus bandros cara unik wisata keliling kota bandung
sumber: foto pak walikota Ridwan Kamil

Naik Bus Bandros, Cara Unik Wisata Keliling Kota Bandung

Lokasi Shelter Atau Terminal Bus Bandros

Di mana letak lokasi shelter atau terminal Bus Bandros?

Anda bisa menemukan terminal atau shelter Bus Bandros di depan gedung Bank Indonesia dan Taman Balaikota Bandung.

Jika bawa kendaraan sendiri, bisa parkir di mana?

Anda bisa parkir di tempat parkir yang tersedia di balaikota Bandung atau parkir di sekitar Masjid Al-Ukhuwah yang terletak di seberang balaikota Bandung.

 

Nomor Kontak Informasi Bus Bandros

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan mengetahui cara wisata keliling Bandung menggunakan Bandros, anda juga bisa menghubungi contact center Bus Bandros di nomor 0899 022 3030 dan 0899 022 3131.

Recommended Info  Restoran Everfresh Fish Market Jakarta, Surganya Pecinta Seafood

Anda bisa menghubungi lewat Whatsapp, SMS atau langsung telepon ke nomor tersebut.

Sedangkan alamat kantor untuk reservasi, baik perorangan atau kelompok, anda bisa datang ke Jalan Indramayu nomor 66, Antapani, kota Bandung. Nomor teleponnya 022 – 721 3805 atau 0877 3608 1998.

Bus bandros akan beroperasi setiap hari, termasuk hari libur dan tanggal merah.

Jam operasionalnya bagaimana?

Bus tour keliling Bandung ini beroperasi jam 09.00 – 16.00 WIB.

Waktu operasional bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Ada baiknya jika anda datang lebih pagi saat mau menggunakan bus ini untuk keliling Bandung. Akan banyak warga hingga wisatawan yang ingin naik dan menikmati bus ini.

Jadi ada kemungkinan anda harus antri saat mau naik bus bandros.

Anda bisa membawa keluarga dan anak-anak juga saat mau keliling kota menggunakan Bus Bandros. Kegiatan ini bisa jadi satu aktivitas unik bersama anak yang bisa anda lakukan bersama-sama.

Dengan penambahan armada bus bandros menjadi belasan bus, mudah-mudahan tidak terlalu panjang waktu antriannya bagi para penumpang yang ingin menikmati cara wisata keliling Bandung menggunakan bus unik ini.

 

Tarif Harga Tiket Naik Bus Bandros

Berapa harga tiket untuk naik bus bandros?

Beberapa tahun lalu, kami pernah naik bus bandros. Saat itu harga tiketnya Rp 20.000 / orang. Sedikit lebih murah karena kami naik bareng rombongan.

Untuk harga tiket bus bandros tahun 2018 yang baru, dari hasil pencarian informasi kami, harga tiketnya dibandrol Rp 10.000 / orang.

Oleh pemerintah kota Bandung, saat ini sedang dilakukan kajian untuk penentuan harga tiket yang baru. Kemungkinan akan dirilis pada bulan Februari 2018. Kita nantikan saja pengumuman resminya.

Tiket untuk baik bus bandros akan dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu tiket sekali jalan dan paket perjalanan seharian.

Recommended Info  Teras Cihampelas Bandung, Ikon Wisata Unik di Tengah Kota

Wacana harga tarif akan berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 untuk tiket sekali jalan dan Rp 25.000 – Rp 50.000 untuk paket perjalanan seharian menggunakan bus bandros.

Anda bisa mendapatkan TIKET GRATIS untuk naik Bus Bandros. Bagaimana caranya?

Cukup membeli produk sponsor yang ada di Taman Dewi Sartika. Letaknya di depan gedung Bank Indonesia.

naik bus bandros cara unik jalan-jalan keliling kota bandung
sumber: foto pak walikota Ridwan Kamil

 

Rute Perjalanan Bus Bandros

Untuk keliling kota Bandung dengan naik bus bandros, anda akan memerlukan waktu antara 45 sampai 60 menit untuk sekali berkeliling.

Tergantung tingkat kemacetan di jalan yang dihadapi saat itu.

Saat kami melakukan cara wisata keliling Bandung menggunakan bus bandros, kami naik dari Taman Cibeunying menggunakan bus yang berwarna merah.

Dari taman Cibeunying, akan bergerak ke arah jalan Cisangkuy dan berbelok ke Gedung Sate. Jalan terus lalu berbelok lagi menuju jalan Dago.

Dari jalan Dago, masuk ke jalan Merdeka, lalu jalan Tamblong dan mengarah ke jalan Asia Afrika.

Dari jalan Asia Afrika, bus akan bergerak menuju jalan Braga hingga akhirnya menuju lagi ke Taman Cibeunying.

Bagi kami, pengalaman naik bus Bandros bisa kami gunakan sebagai salah satu media edukasi bagi anak. Sambil menikmati perjalanan, kami bisa cerita banyak hal.

Banyak pemandangan yang bisa dinikmati saat wisata keliling Bandung menggunakan bus ini. Jadi, bagi para orang tua, tentu tidak akan kehabisan bahan untuk bercerita pada anak-anak 😀

Untuk rute bus bandros tahun 2018 bisa jadi akan berbeda dari yang dulu pernah kami coba karena titik awalnya akan mulai dari kawasan Balaikota Bandung.

Dengan adanya 12 buah bus Bandros baru yang akan segera beroperasi, ada lebih banyak pilihan rute yang bisa anda nikmati nantinya.

Untuk bus Bandros berwarna ungu akan melewati rute jalan di Gasibu yang menuju ke Taman Cikapayang, Alun-Alun Ujungberung Bandung lalu menuju Museum Geologi dan Pusdai yang ada di Jalan Diponegoro kota Bandung.

Recommended Info  Bandung Creative Hub, Wadah Para Seniman untuk Berkarya

Sedangkan untuk rute bus Bandros warna hijau akan membawa pengunjung untuk melewati kawasan Chinatown Bandung, lalu menuju jalan Pasir Kaliki, Alun-Alun kawasan Cicendo, Karang Setra, Kampus UPI hingga sampai ke GOR Padjadjaran.

Bus Bandros dengan warna pink (merah muda) akan melewati rute Gasibu lalu menuju Taman Jomblo (Taman Pasupati), Teras Cikapayang, lalu mengarah ke Teras Cihampelas di jalan Cihampelas hingga menuju ke Taman Budaya.

Untuk tamu VIP atau tamu khusus pemerintah kota Bandung yang berkunjung ke kota Bandung, disediakan bus Bandros yang berwarna hitam.

Bus Bandros yang berwarna biru akan bergerak dari Alun-Alun Bandung lalu menuju Cibaduyut, bergerak lagi ke arah Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga kota Bandung. Setelah itu bergerak mengarah ke Alun-Alun Regol hingga ke kawasan jalan Buah Batu.

naik bus bandros cara unik wisata keliling bandung
sumber: foto pak walikota Ridwan Kamil

Untuk bus Bandros warna kuning, akan bergerak melewati Lapangan Gasibu, Taman Cibeunying, lalu menuju Taman Superhero, Taman Foto kota Bandung. Setelah itu mengarah ke Gedung Merdeka dan Alun-Alun Bandung di Jalan Asia Afrika, lalu berbelok menuju ke Jalan Braga.

Bus Bandros ini disediakan bagi anda yang ingin berkeliling kota Bandung, baik warga Bandung ataupun para turis yang datang dari luar kota.

Dengan banyaknya armada bus Bandros ini, harapannya bisa membuat penggunaan kendaraan pribadi para turis berkurang saat mereka ingin berkunjung ke berbagai destinasi wisata Kota Bandung.

Demikian informasi mengenai cara wisata keliling Bandung dengan naik Bus Bandros. Semoga anda bisa menikmati perjalanan anda selama berada di kota Bandung.

Jangan lupa subscribe melalui email, channel telegram, channel Youtube, atau facebook Catatan Bunda ya untuk mendapat informasi update terbaru dari kami.

Sampai jumpa di tips dan informasi selanjutnya 😀

(Visited 338 times, 8 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Berteman di Media Sosial

Subscribe Catatan Bunda di Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda

Template Mewarnai untuk AnakDownload di sini
+ +

Hadiah untuk Anda

Download PULUHAN TEMPLATE halaman mewarnai untuk anak di rumah.

GRATIS ^_^

You have Successfully Subscribed!