Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Museum Geologi Bandung, Wisata Sejarah Sekaligus Edukasi Anak

Suka bermain di Gasibu, belum afdol rasanya jika belum berkunjung ke Museum Geologi Bandung. Satu tempat wisata sejarah yang penting di kota Bandung. Akhirnya kami bisa mengajak anak-anak untuk menikmati aneka koleksi di dalam museum.

Anda sedang merencanakan untuk wisata ke Bandung? Tidak ada salahnya lho untuk memasukkan Museum Geologi ke dalam salah satu destinasi anda. Apalagi jika anda akan wisata berkeliling di dalam area kota Bandung.

Ada koleksi apa saja di Museum Geologi? Berapa harga tiket masuknya? Di mana lokasi persisnya? Dalam kisah kali ini, kami akan coba membagikannya untuk anda, para pembaca setia. Berikut ini ialah cerita perjalanan kami saat menjelajah di dalam Museum Geologi.

Selamat menikmati dan semoga bermanfaat bagi anda sekalian πŸ˜€

wisata sejarah sambil edukasi anak di museum geologi bandung 2018 - catatan bunda
wisata sejarah sambil edukasi anak

Wisata Sejarah Murah Meriah di Bandung

Hari itu bertepatan dengan hari Minggu. Kami ingin mengajak anak-anak ke tujuan wisata yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, kami coba mencari alternatif, kira-kira tempat seperti apa yang masih nyaman untuk dikunjungi dan tidak terlalu padat saat hari Minggu?

Sudah jadi rahasia umum, hari libur seperti hari Minggu merupakan waktu favorit untuk jalan-jalan bersama keluarga. Jalanan kota Bandung akan sangat padat dan macet di mana-mana. Obyek wisata dan tempat makan juga penuh.

Setelah berunding dan mencari alternatif, akhirnya ketemu juga lokasi yang cocok. Kami sepakat untuk mengajak anak-anak ke Museum Geologi Bandung. Letaknya dekat dari rumah. Harapannya, kami tidak akan terjebak macet terlalu lama. Dengan demikian, kami masih bisa menikmati suasana liburan bersama anak-anak.

Kami berangkat setelah sarapan pagi dan mandi. Begitu semuanya siap, kami langsung berangkat dari rumah. Kurang lebih pukul 09.00 WIB kami keluar rumah untuk menuju Museum Geologi. Sebelumnya, kami sudah mencari informasi sederhana, tetapi sangat penting. Informasi apa? Museum ini tetap buka pada hari Minggu.

Dengan berbekal informasi sederhana tersebut, kami yakin untuk berangkat ke tujuan. Alhamdulillah, informasi yang kami temukan itu benar adanya. Museum tetap buka untuk menerima pengunjung yang berdatangan. Saat kami tiba di pintu gerbang museum, kami dipersilakan untuk langsung mencari parkir untuk kendaraan pribadi.

pompa minyak bumi di museum geologi bandung - catatan bunda
pompa minyak bumi

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung 2018

Begitu mendapatkan tempat untuk parkir, kami langsung bergegas masuk ke museum. Tidak lupa membawa barang bawaan yang penting untuk proses dokumentasi. Sambil berjalan kaki, kami melihat sekeliling. Ada satu tanda menarik yang berada di bagian depan museum. Kami melihat ada miniatur pompa yang banyak berada di sumber minyak bumi.

Pompa itu bergerak naik dan turun seperti orang yang sedang menganggukkan kepalanya. Kami sekeluarga lebih mengenalnya dengan sebutan β€œpompa angguk”, hehehe. Nama aslinya apa ya? Silakan share di kolom komentar yaa πŸ˜€

Loket untuk membeli tiket masuk berada di dekat pompa minyak bumi tersebut. Harga tiket masuk Museum Geologi Bandung sangatlah murah. Harganya ialah sebagai berikut:

Anak usia balita – masih gratis;

Anak-anak – Rp 2.000 per orang;

Orang dewasa – Rp 3.000 per orang.

Sangat murah, bukan? Ekonomis banget menurut kami. Dengan biaya yang sangat murah, kami sudah bisa masuk dan menikmati segala koleksi yang berada di dalam Museum Geologi. Jalan-jalan bareng anak terlaksana, biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar.

Lokasi Museum Geologi Bandung

Untuk menuju ke Museum Geologi sangatlah mudah. Hal ini disebabkan lokasi Museum Geologi Bandung sangat strategis di pusat kota. Mudah untuk dijangkau dari berbagai arah.

Museum Geologi bisa ditemukan di alamat Jalan Diponegoro nomor 67, kota Bandung 40122.

Obyek bersejarah ini terletak di dekat obyek strategis di kota Bandung. Jadi, saat jalan-jalan ke area ini, anda bisa dapat banyak. Untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, anda bisa lakukan dengan berjalan kaki saja. Sangat mudah dan menyehatkan.

Museum Geologi terletak di dekat Gedung Sate, lapangan Gasibu, dan Taman Lansia. Di ujung jalan Diponegoro juga bisa ditemukan Masjid Pusdai. Bagi anda yang beragama Islam dan mau sholat, anda bisa menuju ke Masjid Pusdai. Mau jalan kaki atau naik kendaraan juga bisa.

fosil gajah raksasa di pintu masuk museum geologi bandung - catatan bunda
penyambut di pintu masuk museum

Isi Koleksi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung sudah dibangun sejak lama. Tepatnya berdiri sejak tanggal 16 Mei 1928. Museum ini juga sempat direnovasi, lalu diresmikan ulang pada tanggal 23 Agustus 2000. Dari usianya, wajar jika bangunan ini memerlukan renovasi secara berkala.

Ada koleksi apa saja yang terletak di dalam Museum Geologi?

Banyak sekali dan semuanya sangat menarik. Bangunan museum terdiri dari dua lantai. Pada lantai bawah dan atas, kita bisa menjelajahi koleksi yang sangat berbeda. Semuanya bisa menjadi bahan yang menarik untuk diceritakan pada anak.

Kami langsung masuk dari pintu utama Museum Geologi Bandung. Tepat di pintu masuk, kami sudah disambut oleh fosil gajah purba yang berukuran raksasa. Fosil tersebut langsung menjadi obyek foto dan selfie bagi para pengunjung yang sedang ramai kala itu.

Berbelok ke kiri, kami mendapati ada satu ruangan yang sedang menampilkan sebuah film dokumenter. Isinya tentang sejarah penciptaan planet bumi. Ruangan dibuat agak gelap supaya tayangan film singkat tersebut bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

miniatur planet bumi di museum geologi bandung - catatan bunda
miniatur bumi
nonton film dokumenter pembentukan bumi di museum geologi bandung 2018 - catatan bunda
nonton film dokumenter

Anak-anak pun langsung duduk di lantai sambil menikmati tontonan yang ada. Film singkat tersebut akan diulang-ulang terus. Jadi, anda tidak perlu khawatir harus datang pada jam tertentu untuk menikmati film sejarah penciptaan bumi.

Selesai menonton film dokumenter, kami menjelajah lorong tersebut lebih jauh lagi. Di dalamnya, banyak sharing ilmu pengetahuan tentang planet bumi. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Sembilan Bentukan Morfologi Muka Bumi;
  • Penjelasan tentang Pelapukan, Erosi, dan Pengendapan;
  • Kekayaan Sumber Daya Geologi;
  • Dan lain-lain.

Kami pun berjalan kembali ke arah tengah museum. Sebelum keluar dari area alam semesta dan planet bumi, kami melihat ada miniatur planet bumi. Ukurannya lumayan besar, jadi bisa diputar dan diperlihatkan lapisan bagian dalam dari bumi. Kami gunakan kesempatan tersebut dengan berfoto di depan miniatur planet bumi.

Lorong berikutnya, kami berbelok ke arah kanan (jika dilihat dari pintu masuk utama). Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis fosil binatang purba seperti dinosaurus. Ada satu fosil yang menarik perhatian anak-anak. Apalagi jika bukan fosil raksasa dari Tyrannosaurus Rex atau yang lebih dikenal dengan sebutan T-Rex.

fosil raksasa dinosaurus t rex di museum geologi bandung - catatan bunda
fosil T-Rex
fosil tulang gajah purba di museum geologi bandung 2018 - catatan bunda
fosil gajah purba

Anak-anak bisa mengamati fosil raksasa T-Rex itu sepuasnya. Mengamati fosil binatang purba dari dekat menjadi pengalaman baru untuk kedua anak kami. Oleh sebab itu, mereka terlihat sangat tertarik saat melihat fosil-fosil binatang purba yang ada di dalam ruangan tersebut.

Oya, fosil di dalam ruangan itu jumlahnya banyak. Jenisnya tidak hanya fosil T-Rex saja. Akan tetapi, ada berbagai jenis binatang purba lainnya. Semuanya ditata dengan rapi di satu ruangan besar. Pengunjung bisa menyusuri ruangan tersebut sambil melihat fosil binatang purba di sekelilingnya.

Anda mau berfoto dengan fosil purba tersebut? Boleh banget. Cocok dijadikan sebagai kenang-kenangan. Jika sedang sepi, anda bisa foto sepuasnya. Akan tetapi, saat sedang ramai pengunjung, bersiaplah untuk antri dan bergantian dengan pengunjung lain yang mau mengambil foto bersama fosil binatang purba.

Masuk ke ruangan yang lebih dalam, kita bisa menemukan bagian menarik lainnya. Di satu ruangan, kita bisa melihat tengkorak manusia dari jaman purba. Tengkorak manusia purba ini diletakkan di dalam etalase yang mengelilingi ruangan. Lalu, di atasnya diletakkan berbagai infografis dan penjelasan seputar manusia purba. Beberapa contohnya ialah sebagai berikut:

  • Teori Evolusi Manusia;
  • Mata Rantai yang Hilang;
  • Penjelasan Migrasi Manusia Purba ke Indonesia;
  • Dan berbagai informasi lainnya.

Selesai berkeliling di lantai 1, kami melanjutkan untuk naik ke lantai 2. Di sini, ada dua bagian besar yang bisa dipelajari oleh para pengunjung Museum Geologi Bandung. Dua bagian tersebut adalah:

  • Informasi tentang berbagai Sumber Daya Geologi
  • Informasi tentang berbagai Manfaat dan Bencana Geologi

Kami coba untuk masuk ke ruangan sumber daya geologi dahulu. Di dalamnya ada banyak informasi seperti di bagian bawah. Bedanya, pada bagian ini terlihat informasinya disajikan dalam bentuk papan besar dengan berbagai warna yang menarik. Dalam ruangan ini, kami bisa melihat penjelasan ilmiah tentang berbagai hal, diantaranya:

  • Minyak dan gas bumi;
  • Batubara;
  • Panas bumi;
  • Sumber daya air;
  • Batu mulia;
  • Dan berbagai informasi lainnya.

area lantai dua sumber daya geologi di museum geologi bandung 2018 - catatan bunda

Selesai dari situ, kami menjelajah ke ruangan berikutnya. Banyak informasi tentang pengenalan berbagai bencana alam. Semuanya ditinjau dari sudut pandang ilmu geologi. Menarik sekali dan memberikan wawasan baru bagi orang awam seperti kami.

Semua koleksi yang ada di Museum Geologi Bandung dijelaskan dengan sangat baik. Ada penjelasan pada setiap bagiannya. Dengan begitu, kami tidak kesulitan saat menceritakannya kembali kepada anak-anak. Jadi, manfaatnya sangat banyak. Sambil jalan-jalan, kami bisa membagikan ilmu baru pada anak.

Jadi, manfaatkan kunjungan ke Museum Geologi Bandung sebagai salah satu media edukasi anak. Jauh lebih baik daripada hanya sekedar duduk diam dan bermain gadget saja. Betul? πŸ˜€

Selesai sudah perjalanan kami menjelajahi semua ruangan Museum Geologi Bandung. Makin siang, makin banyak pengunjung yang datang. Lumayan juga lho berkeliling satu museum. Kaki terasa agak pegal.

Sebelum pulang, kami sempatkan untuk berkeliling ke lokasi menarik di sekitar museum. Saat itu hari Minggu, jadi ada aktivitas pasar tumpah di sekitar lapangan Gasibu, Taman Lansia dan Gedung Sate.

Satu acara rutin yang diadakan setiap Minggu pagi. Kami jalan-jalan sebentar deh di sekitar situ. Siapa tahu ada barang menarik dengan harga murah, kami bisa langsung membelinya. Alternatif lainnya, anda bisa wisata kuliner ke tempat yang dekat dari Museum Geologi Bandung. Beberapa diantaranya ialah Pasar Cisangkuy atau Bakmi Jowo DU 67 πŸ˜€

Jika anda beruntung, maka anda bisa bertemu juga dengan event keren di Gedung Sate. Salah satunya seperti Ngopi Saraosna yang pernah kami datangi beberapa waktu lalu. Memang tidak setiap saat ada event di lokasi, jadi ini untung-untungan.

Demikian cerita dan petualangan kami sekeluarga di Museum Geologi Bandung. Sempatkan waktu anda ya jika ingin wisata murah meriah di Bandung. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak. Sampai ketemu di cerita selanjutnya yaa πŸ˜€

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda