Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Mifan Waterpark Padang Panjang, Wisata Keluarga Asyik Saat Liburan

Mifan Waterpark Padang Panjang menjadi destinasi awal liburan keluarga saat Idul Fitri 2019. Semua anggota keluarga besar mempersiapkan barang bawaan dengan seksama. Perjalanan liburan ke Sumatera Barat direncanakan akan berjalan selama lima hari. Pakaian ganti, alat bermain anak, dan berbagai alat pendukung tidak boleh ketinggalan.

Momen liburan Idul Fitri bersama keluarga besar sangat sulit untuk direalisasikan. Terlebih lokasi kami berjauhan. Ibunda tinggal di Medan. Sementara 3 kakak lainnya tinggal di Pekanbaru, Duri, dan Ngawi. Kami sendiri saat ini berdomisili di Bandung. Jadi, kesempatan berkumpul seperti ini menjadi momen berharga untuk keluarga besar.

Seperti apa petualangan keluarga saat liburan di Mifan Waterpark Padang Panjang? Ikuti kisah selengkapnya pada artikel kali ini. Selamat menikmati 😀

perjalanan menuju lokasi Mifan Waterpark bersama keluarga - catatan bunda

Perjalanan Menuju Lokasi Mifan Waterpark Padang Panjang

Untuk menuju ke Sumatera Barat, kami menempuh perjalanan darat dari Pekanbaru. Satu minibus Hi-Ace sudah bersiap pada hari keberangkatan. Ditambah dengan satu mobil pribadi milik kakak. Pagi hari menjadi pilihan waktu kami sekeluarga untuk memulai perjalanan. Tujuannya tidak lain supaya tubuh masih segar sepanjang perjalanan.

Menurut perkiraan, waktu yang dibutuhkan dari Pekanbaru menuju Padang Panjang ialah 6 hingga 7 jam perjalanan darat. Akan tetapi, ada satu hal yang sempat kami lupakan. Apa itu? Perjalanan kali ini bertepatan dengan periode libur Idul Fitri 2019. Hampir bisa dipastikan, banyak warga yang pergi berlibur juga. Kepadatan akan menjadi pemandangan biasa di jalanan hingga tempat wisata.

Perkiraan waktu yang membutuhkan waktu 6 hingga 7 jam perjalanan akhirnya jebol juga. Prediksi awal, kami bisa tiba di Padang Panjang saat sore hari. Akan tetapi, perjalanan kami akhirnya molor. Kami banyak menemui kemacetan di tengah jalan. Warga setempat tumpah ruah di jalanan untuk menikmati waktu libur Idul Fitri bersama keluarga.

Kami berangkat dari Pekanbaru sekitar pukul 08.00 WIB. Sepanjang perjalanan, kami disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah. Ditambah pemandangan luar biasa di Kelok 9 Sumatra Barat. Ruas jalan berkelok ini berlokasi sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatra Barat.

pemandangan ruas jalan kelok 9 di sumatra barat - catatan bunda

Berhubung sedang dalam periode libur Idul Fitri, ruas jalanan Kelok 9 dipenuhi pengunjung. Banyak yang berhenti di pinggir jalan dan bersantai menikmati pemandangan pegunungan hijau di sekelilingnya. Penduduk setempat banyak yang membuka warung dadakan di sepanjang Kelok 9. Mereka menjajakan berbagai makanan, mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat.

Perjalanan kami sekeluarga sempat tersendat ketika tiba di Kelok 9. Akan tetapi, kami justru menikmati hal tersebut. Saat mobil berjalan perlahan, kami bisa berfoto dari dalam mobil dan melihat pemandangan Kelok 9 beserta pemandangan alam di latar belakangnya.

Selesai dari Kelok 9, kami meneruskan perjalanan ke Mifan Waterpark Padang Panjang. Singkat cerita, kami baru tiba di lokasi saat malam hari. Kurang lebih pukul 20.00 – 21.00 WIB. Jadi, perjalanan sungguh jauh meleset dari perkiraan awal.

resort penginapan keluarga di Mifan Waterpark - catatan bunda

Alamat Lokasi Mifan Waterpark Padang Panjang

Kami tiba di tujuan saat malam hari. Tubuh sudah terasa lelah dan langsung ingin istirahat saja. Di mana sih letak Mifan Waterpark Padang Panjang? Alamat lengkapnya bisa anda temukan di sini:

Jalan Sutan Syahrir No. 252, Silaing Bawah, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118.

Aneka Fasilitas di Mifan Waterpark Padang Panjang

Minang Fantasi (Mifan) Waterpark Padang Panjang ini memiliki banyak fasilitas yang memanjakan pengunjung. Obyek wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2008 di atas lahan seluas 9,8 hektar. Obyek wisata ini terletak di dataran tinggi yang membuat udara terasa sejuk dan dingin. Mifan Waterpark menawarkan banyak sekali wahana menarik bagi pengunjung.

Beberapa wahana menarik di Mifan Waterpark Padang Panjang ialah sebagai berikut:

Mifan Waterpark menawarkan banyak tempat menginap dengan berbagai ukuran. Mulai dari rumah ukuran kecil hingga rumah gadang berukuran besar. Jadi, berapapun rombongan yang akan anda bawa, lokasi wisata ini siap menyambut kedatangan anda.

Kami sekeluarga menyewa satu rumah berukuran besar. Cukup untuk menampung keluarga besar yang jumlahnya mencapai belasan orang. Lokasi rumah yang disewa tepat berada di depan area kolam renang. Dengan demikian, anak-anak bisa bermain di kolam renang sepuas hati.

bermain air bersama anak di Mifan Waterpark Padang Panjang - catatan bunda
main air bersama anak
liburan keluarga idul fitri di sumatra barat - catatan bunda
foto di depan penginapan keluarga

Dari hasil pengamatan, area penginapan di Mifan Waterpark saat itu penuh oleh pengunjung. Parkiran mobil di dalam area penginapan pun sangat padat. Tampaknya, lokasi wisata yang satu ini menjadi favorit masyarakat untuk menghabiskan liburan Idul Fitri bersama keluarga.

Sementara anak-anak asyik bermain di kolam renang, yang lain bisa menikmati pemandangan indah di area Mifan Waterpark Padang Panjang. Kami bisa melihat dan menikmati gunung berwarna hijau yang menjulang tinggi yang bisa terlihat dari area Mifan Waterpark. Pemandangannya indah sekali. Udara di kawasan Mifan Waterpark juga sangat sejuk dan segar. Terlebih saat masih pagi hari. Menikmati makanan, minuman hingga mengobrol santai dengan anggota keluarga yang lain terasa lebih nikmat.

  • Area kolam renang;
  • Seluncuran ukuran raksasa;
  • Kolam ombak;
  • Ember tumpah;
  • Area outbond;

Satu tujuan utama liburan keluarga ialah untuk bersenang-senang dan berkumpul dengan keluarga besar yang saling berjauhan lokasinya. Apalagi banyak anak kecil di dalam anggota keluarga besar kami. Oleh sebab itu, tempat tujuan wisata dipilih secara hati-hati. Fasilitas untuk bermain harus memadai, salah satunya ialah kolam renang.

Nah, di area Mifan Waterpark Padang Panjang banyak sekali wahana bermain air. Baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Termasuk kolam renang yang terletak tepat di depan rumah yang kami gunakan selama menginap di sana.

Mirza dan Chayra sangat antusias untuk bermain air. Keesokan pagi setelah tiba di lokasi, anak-anak sudah meminta untuk ganti baju renang. Mereka sudah tidak sabar untuk masuk ke kolam dan bermain air. Sepupu mereka lainnya pun demikian. Begitu bangun tidur pagi, sudah pada heboh mau segera berenang di kolam renang.

aktivitas liburan keluarga saat idul fitri di Mifan Waterpark - catatan bunda
Mifan Waterpark
wahana kolam air raksasa di Mifan Waterpark Padang Panjang - catatan bunda
wahana kolam air raksasa

Begitu matahari mulai menampakkan diri, anak-anak pun langsung berhamburan masuk ke kolam renang. Mereka menikmati permainan pagi itu walaupun air kolam terasa sangat dingin. Ayah kebagian mendampingi Chayra saat bermain di kolam renang. Chayra terlihat sangat menikmati hingga tidak lama kemudian terlihat kedinginan. Sementara kakak-kakak lainnya terus melanjutkan bermain air. Selesai bermain di satu kolam, mereka melanjutkan ke wahana air lainnya.

Fasilitas kolam renang ini bisa dinikmati secara gratis oleh para pengunjung yang menginap di dalam area Mifan Waterpark Padang Panjang. Jadi, berenang dari pagi, siang, hingga sore hari sekalipun dipersilakan. Pengunjung bisa berenang sepuasnya. Anak-anak pun demikian, mereka puas bisa bolak-balik berenang di kolam renang maupun wahana air lain yang tersedia di Mifan Waterpark Padang Panjang.

Tidak hanya anak-anak saja yang doyan main air. Kami yang sudah dewasa pun ikutan. Misalkan saat Mirza dan Chayra sedang tidur siang, giliran mamanya yang nyebur ke kolam. Namanya juga main air sepuasnya, jadi mau nyebur kapan saja juga bisa, hehehe 😀

Selesai dari kolam renang yang ada di depan rumah, petualangan pun berlanjut. Penasaran dengan kolam ombak, kami berpindah menuju wahana tersebut. Berjubel dengan pengunjung yang lain, kami menikmati deburan ombak buatan yang ada di kolam ombak tersebut.

Selain wahana air, masih ada wahana lain yang bisa dinikmati bersama keluarga di area Mifan Waterpark. Seperti yang kami amati dari rombongan yang menempati rumah di seberang lokasi rumah yang kami tempati. Saat pagi hari, rombongan tersebut melakukan aktivitas outbond dan fungame di luar ruangan.

Periode liburan Idul Fitri memang membawa berkah bagi tempat wisata. Tidak terkecuali Mifan Waterpark Padang Panjang. Pengunjung tumpah ruah dari pagi hingga sore hari. Baik itu pengunjung yang menginap di resort maupun yang datang hanya untuk bermain air saja. Kolam renang, kolam ombak dan wahana air yang tersedia penuh semua oleh pengunjung.

Dua hari menginap di lokasi, kami bisa melihat antusiasme warga yang datang. Hampir tidak pernah sepi. Pengunjung sangat membludak. Lahan parkir penuh oleh mobil para pengunjung. Para pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar tempat wisata pun ikut merasakan ramainya pengunjung Mifan Waterpark Padang Panjang.

Menikmati Nuansa Budaya Minangkabau

Saat waktu menginap di lokasi sudah selesai, kami putuskan untuk berkunjung ke satu lokasi menarik sebelum melanjutkan perjalanan. Kebetulan letaknya masih berada di satu lokasi dengan Mifan Waterpark Padang Panjang. Pengunjung bisa melihatnya lebih dahulu sebelum masuk ke lokasi waterpark.

Namanya ialah Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Selagi berada di Sumatra Barat, pengalaman belum lengkap jika tidak mampir ke Rumah Gadang. Nah, Gedung PDIKM ini berbentuk rumah gadang dengan ukuran raksasa. Dari jauh, rumah gadang ini terlihat sangat indah dan megah.

wisata keluarga di Museum Rumah Gadang Bustanul Arifin 2019 - catatan bunda
Rumah Gadang

Rombongan kami pun mampir ke lokasi tersebut. Tujuannya untuk melihat, berkeliling dan berfoto dengan latar belakang rumah gadang yang indah. Untuk masuk ke lokasi, pengunjung dikenai biaya Rp 5.000 / orang.

Saat berjalan mendekati rumah gadang, tiba-tiba terlihat satu tulisan yang menyita perhatian. Di lokasi gedung Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau tersedia penyewaan pakaian adat khas Minang. Harga sewa pakaiannya terbilang murah yaitu Rp 25.000 / orang. Pengunjung bisa memilih pakaian adat Minang yang tersedia. Pilihannya terbilang banyak, mulai dari pakaian untuk dewasa hingga anak-anak juga ada.

Kami memilih pakaian adat Minangkabau dengan warna merah. Lalu, petugas membantu kami sekeluarga untuk memakai pakaian adat tersebut. Alhamdulillah, Mirza dan Chayra pun mau ikut serta. Mereka berdua tetap tenang dan tidak rewel ketika harus memakai pakaian adat.

foto dengan kosum pakaian adat minangkabau - catatan bunda
foto keluarga dengan pakaian adat Minang
sewa kostum pakaian adat minangkabau di museum rumah gadang bustanul arifin - 2019
ganti pakaian adat Minangkabau

Selesai ganti pakaian adat, kami naik ke rumah gadang dan mengabadikan momen tersebut melalui foto dan video. Suasana sempat heboh karena mahkota yang Chayra gunakan terlihat renggang dan hampir jatuh. Kejadian ini berlangsung sampai 2 kali. Hingga akhirnya, mahkota yang dikenakan Chayra dilepas saja. Untungnya, sesi foto dan videonya sudah selesai dilaksanakan 😀

Alhamdulillah, petualangan liburan keluarga di Mifan Waterpark Padang Panjang selesai juga. Selesai menginap dua malam dan berkunjung ke rumah gadang, kami melanjutkan perjalanan. Liburan belum usai, kami akan meneruskan liburan ke lokasi yang kedua. Tidak lupa wisata kuliner yang luar biasa juga ketika liburan.

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak cerita liburan keluarga kami. Sampai ketemu pada petualangan selanjutnya.

(Visited 230 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda