Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Mengenalkan Manfaat Berpuasa Kepada Anak Sejak Dini

Mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak. Bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang. Satu bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Bulan di mana seluruh umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Bagi anda yang sudah dewasa pastinya sudah sangat memahami apa itu perintah puasa dan juga manfaatnya. Akan tetapi, bagi usia anak-anak hal itu mungkin belum sepenuhnya dipahami sebab anak hanya mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya.

Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus memulai untuk mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak sejak dini. Jadi anak bisa paham bahwa puasa tidak hanya menahan lapar saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk hal lain di dalam kehidupannya.

mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak - catatan bunda

Mengenalkan Manfaat Berpuasa Kepada Anak

Anda bisa mulai menjelaskan pada anak-anak mengenai definisi puasa. Kami biasa ajak anak sulung buat ngobrol santai, bahkan saat kakak sedang asyik bermain merakit permainan lego sekalipun. Lalu di sela-selanya kami sisipkan tentang pengertian puasa secara sederhana.

Selain itu, kami ngobrol juga persiapan untuk puasa. Sebelum puasa ada yang namanya makan sahur. Tujuan makan sahur adalah mengisi energi supaya kakak kuat menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Berhubung kakak masih kecil, kami sesuaikan penjelasannya sesuai dengan usianya. Menjelaskan dan mengenalkan satu proses ibadah tentu memerlukan waktu yang panjang. Sebagai orangtua, kami harus pandai memilih kata yang sesuai dengan pemahaman yang kakak miliki.

Mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak sebaiknya dimulai usia berapa? Tidak ada patokan pasti harus usia berapa. Anda bisa mulai secara bertahap, sesuaikan dengan usia anak. Hingga anak mulai beranjak dewasa, orangtua bisa mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak secara lebih detail dan lebih jelas.

Selanjutnya, kami bisa mulai untuk mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak. Bagi Anda yang masih merasa bingung untuk menjelaskan manfaat dalam puasa, berikut ini adalah beberapa manfaat ibadah puasa yang bisa Anda jelaskan kepada buah hati.

Membersihkan Tubuh dari Zat Berbahaya

Salah satu manfaat yang bisa Anda jelaskan kepada buah hati yaitu puasa akan menyehatkan organ yang ada di dalam pencernaan, kenapa? Sebab selama beberapa jam dalam setiap harinya pencernaan selalu bekerja keras.

Berbeda halnya pada saat menjalankan puasa. Pada saat melakukan ibadah puasa, maka organ pencernaan bisa melakukan istirahat untuk sementara waktu.

Tahukah Anda, ternyata sistem pencernaan makanan yang ada di dalam tubuh ini terus berlangsung dan harus beristirahat selama 8 jam, dan kondisi ini acap kali tidak bisa terpenuhi. Penyebabnya karena selang makan satu dengan yang lainnya itu justru kurang dari 8 jam.

Jika dilakukan secara terus menerus kemungkinan besar akan terjadi penumpukan zat yang tentunya tidak penting untuk tubuh. Anda bisa mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak dalam cerita ini, yaitu sebagai proses detoksifikasi atau membersihkan racun dan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Dengan proses pembersihan tersebut, tubuh akan berfungsi dengan baik dan lebih nyaman ketika melakukan berbagai aktivitas. Kebetulan kakak saat ini sudah sekolah, jadi kami gunakan penjelasan kegiatan sekolah supaya kakak lebih terbayang maksud penjelasan orangtuanya.

Menumbuhkan Sikap Sabar Pada Anak

Ibadah puasa ternyata juga memiliki manfaat untuk memperbaiki kesehatan mental pada anak loh.

Selain menahan lapar dan haus, ibadah puasa juga diharuskan untuk menjaga beberapa hal seperti ucapan, perbuatan, dan emosi. Beberapa hal itu tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan mental pada anak.

Anda bisa mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak yang berpengaruh positif bagi kesehatan mentalnya. Yang namanya anak-anak, tentu kekuatan dan daya tahan tubuhnya belum seperti orang dewasa. Jadi sebagai orangtua, kurang pantas bila sudah memaksakan anak untuk puasa seperti orang dewasa, padahal anak belum mampu.

Pada kegiatan sehari-hari, anak akan rutin makan dan minum setiap harinya. Mulai dari pagi, siang hingga ke sore atau malam hari. Pada saat bulan puasa, ritme pola makan akan berubah dengan drastis.

Demikian halnya kegiatan wisata yang biasa dilakukan pada bulan-bulan biasa. Salah satunya seperti saat menikmati liburan di Car Free Day saat hari Minggu pagi. Biasanya sangat sepi saat bulan Ramadhan.

Anak-anak bisa merasa lapar pada jam-jam tertentu, karena biasanya mereka makan secara rutin, tetapi polanya berubah selama bulan Ramadhan berlangsung.

Ketika siang hari anak mulai merasa lapar, maka berilah penjelasan pada anak untuk menahan rasa lapar tersebut. Dengan terus menerus berlatih, mentalnya akan terlatih dengan tetap tenang dan sabar menunggu hingga waktu berbuka puasa tiba.

Jika belum kuat puasa seharian penuh, maka sesuaikan dengan kemampuan anak. Anda bisa melatih anak untuk berpuasa setengah hari dulu, atau berpuasa hingga waktu sholat Asar.

Melatih Sikap Jujur Pada Anak

Banyak pembelajaran yang bisa didapatkan selama berpuasa. Baik itu pembelajaran bagi anak hingga bagi orangtua sekalipun.

Selama berpuasa, kita akan mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak yang sangat besar. Manfaat tersebut ialah melatih anak untuk berbuat sportif dan jujur.

Sebagai orang tua, kita mengajarkan bahwa ibadah puasa merupakan satu proses ibadah yang sangat istimewa. Anak akan selalu di bawah pengawasan Allah SWT, walaupun anak sedang bersama orang tua atau tidak sekalipun.

Oleh sebab itu, para orang tua harus memberikan edukasi yang baik pada anak. Berilah penjelasan bahwa anak tidak diperbolehkan untuk berbohong dan harus selalu berkata jujur.

Mendidik anak untuk bersikap jujur tentu akan berbeda tingkat kesulitannya pada setiap anak. Akan tetapi, jika setiap hari orangtua sudah memberikan contoh kebiasaan untuk berbuat jujur, maka anak bisa lebih mudah dalam menerapkan kebiasaan tersebut.

Mengembangkan Rasa Empati Pada Anak

Saat sedang jalan-jalan bersama anak, tidak jarang kami melihat anak jalanan dan pengemis. Saat melihat kondisi tersebut, kami sering ajak anak untuk ngobrol.

Kami selalu mengingatkan anak untuk selalu bersyukur pada Allah SWT dengan mengucapkan hamdalah dan berterima kasih. Kakak masih diberi karunia badan yang sehat, bisa makan dan minum dengan mudah, bisa bersekolah setiap hari, dan lain-lain.

Setelah itu, kami lanjutkan untuk membahas ibadah puasa di Bulan Ramadhan sambil mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak. Kami ajak ngobrol kakak bahwa saat ibadah puasa, masih banyak yang sulit untuk mendapatkan makanan dan hidup kelaparan.

Kami ajak kakak untuk menumbuhkan rasa empati. Caranya ialah dengan merasakan bagaimana orang lain kelaparan. Dengan merasakan hal tersebut, kakak bisa selalu bersyukur atas segala karunia yang kakak terima dari Allah SWT.

Melatih Hidup Sederhana Pada Anak

Mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak bisa dimulai sejak jauh hari sebelum datangnya bulan Ramadhan. Cara paling mudah ialah orangtua memberikan contoh dan teladan yang baik kepada anak-anaknya.

Berikutnya, selain menumbuhkan rasa empati, orang tua bisa menjelaskan manfaat lain dari berpuasa. Salah satunya ialah dengan melatih anak untuk hidup secara sederhana.

Secara sederhana, makna hidup sederhana ialah hidup secukupnya, tidak berlebih-lebihan atas segala sesuatu.

Saat menahan rasa lapar dan tiba waktu berbuka, seringkali seseorang ingin memakan segalanya. Demikian halnya dengan anak-anak. Orang tua harus bisa memberikan pemahaman yang baik pada anak.

Saat tiba saat untuk makan atau berbuka puasa, tetap jaga kesederhanaannya. Ketika berada dalam lingkungan tertentu, jangan pernah meninggalkan gaya hidup yang sederhana. Mulai dari sederhana dalam bersikap, sederhana dalam memilih makanan secukupnya, hingga sederhana dalam memilih perkataan yang baik.

Dengan memiliki kesederhanaan dalam hidup, maka kehidupan akan terasa lebih nyaman. Tidak terlalu banyak beban pikiran yang mengganggu.

Meningkatkan Kesehatan Spiritual Pada Anak

Nah pada tahap yang terakhir, Anda juga harus mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak sebagai hal dalam memperbaiki kesehatan spiritualnya. Biasanya anak akan semakin semangat beribadah ketika tiba bulan puasa, sebab bulan ini dilakukan bersama teman yang lainnya dan acaranya juga relatif banyak.

Anak akan selalu terpacu untuk memenuhi apa yang sudah ditargetkan. Misalkan saja dia tidak ingin jika ada puasa satu pun yang bolong, nah dari hal ini maka sudah diketahui dengan benar bahwa puasa memiliki manfaat untuk kesehatan spiritual dari anak.

Selain target untuk berpuasa secara penuh, banyak amalan harian yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan. Sebagai orangtua, sudah seharusnya bisa mendampingi anak saat menjalankan ibadah.

Beberapa amalan tersebut diantaranya ialah menjalankan sholat wajib lima waktu dengan tepat waktu, rutin tadarus Al-Quran, hingga sholat tarawih di Masjid. Saat menjalani amalan harian, usahakan untuk selalu mendampingi buah hati anda.

Para orangtua bisa mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak dengan amalan harian tersebut. Bahwa saat menjalankan ibadah puasa, tidak hanya berdiam diri saja. Akan tetapi, banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari aktivitas umum hingga rangkaian amal ibadah yang banyak sekali jenisnya.

Bahkan menjalankan ibadah umroh bersama keluarga pun bisa dilakukan selama Bulan Ramadhan. Tidak harus menunggu pada bulan-bulan umum, saat sedang tidak berpuasa.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat puasa untuk buah hati anda? Jadi, untuk menambah semangat buah hati maka Anda bisa mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak sejak dini.

Jangan lupa untuk selalu hadir di sisinya sebagai tempat bertanya dan berdiskusi. Supaya anak tetap terjaga semangatnya untuk berbuat kebaikan dari hari ke hari. Demikian sharing singkat mengenai mengenalkan manfaat berpuasa kepada anak.

Semoga cerita kali ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada episode cerita berikutnya ya 😀

(Visited 671 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda