Bagaimana cara membeli tiket bus online? Apakah saat ini sudah memungkinkan untuk dilakukan?

Bepergian menggunakan bus saat ini banyak dipilih masyarakat. Apalagi dengan kecanggihan teknologi masa kini Anda dapat membeli tiket bus online. Adanya kemudahan ini tentu menjadikan rencana perjalanan Anda semakin mudah dipersiapkan. Ya, membeli tiket bus online bisa menghemat waktu dan tenaga Anda sehingga bisa fokus untuk mempersiapkan hal lainnya.

Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah Anda harus mengetahui betul apa yang harus dilakukan agar perjalanan nanti aman dan menyenangkan. Mengingat bus adalah transportasi umum, jadi Anda memang harus mengupayakan langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi di tengah perjalanan.

Kali ini, kami akan coba membagikan informasi bermanfaat seputar membeli tiket bus online. Selain itu, ada informasi dan tips untuk bepergian dengan aman menggunakan layanan bus umum. Selamat menyimak dan semoga informasi kali ini bermanfaat untuk perjalanan anda.

panduan mudah membeli tiket bus online di bukalapak - catatan bunda

Cara Aman Bepergian Dengan Naik Bus

Jika perihal pemesanan tiket bus online sudah beres, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara aman naik bus. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa membuat perjalanan Anda dengan menggunakan bus menjadi aman dan nyaman.

CARI INFORMASI MENGENAI BUS YANG AKAN DINAIKI

Sebelum Anda memilih bus yang akan dinaiki, lebih baik carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai armada yang akan dipilih. Cek dari lokasi pool bus, lalu jadwal keberangkatan dari terminal, rute yang akan dilalui, tempat istirahat hingga terminal tujuan akhir dari perjalanan dengan bus tersebut.

Jika sudah memiliki informasi lengkap, anda bisa lanjutkan dengan membeli tiket bus melalui toko online yang terpercaya. Anda juga tidak akan mudah tertipu dengan cerita orang asing tentang bus yang akan dinaiki. Jika merasa kurang percaya dengan informasi yang didapatkan melalui pihak lain atau internet, Anda bisa segera menghubungi perusahaan bus yang nantinya akan membantu memberikan penjelasan lebih banyak.

SELALU WASPADA DENGAN ORANG ASING

Memang tidak ada salahnya jika berteman dengan orang asing. Tetapi, tetap berwaspada dengan orang baru dikenal sangatlah penting. Anda perlu untuk berhati-hati dan menjaga diri dari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Apalagi untuk para wanita, harus pintar dalam menjaga diri.

Jika Anda diajak mengobrol oleh orang yang baru dikenal, bisa berbincang dengan sopan dan secukupnya saja. Tidak perlu terlalu banyak mengungkap identitas pribadi dan cerita personal, apalagi hingga mengeluarkan barang berharga di depan orang asing. Banyak orang yang menjadi korban kejahatan karena kelalaiannya sendiri.

Seperti yang pernah dialami oleh saya beserta mama ketika naik bus dari Bandung menuju ke Ngawi. Kejadian tersebut berlangsung beberapa tahun yang lalu. Kami berdua sangat mengantuk hingga tertidur selama di perjalanan. Ketika terbangun, ada barang bawaan mama yang hilang dari dalam tas. Bisa jadi sudah dicuri oleh orang asing yang sudah mengintai kami selama perjalanan.

CARI INFO LENGKAP MENGENAI KOTA YANG AKAN DIKUNJUNGI

Jika kali ini merupakan perjalanan menuju ke daerah yang masih asing bagi Anda, lebih baik cari info lengkap tentang kota yang akan dituju. Mulai dari terminal terletak di sebelah mana, bagaimana Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan, atau transportasi apa yang akan digunakan setelah turun dari bus dan lainnya. Tidak lupa pula apakah sudah tersedia mekanisme dari pihak bus yang membuat para penumpang bisa membeli tiket bus online.

Apabila ada saudara di tempat tujuan, anda bisa menghubunginya terlebih dahulu. Anda bisa meminta bantuan untuk menjemput ketika tiba di terminal bus. Dengan demikian, anda tidak akan kebingungan saat tiba di kota tujuan. Situasi terminal di kota tujuan bisa jadi terlihat sangat asing, sehingga anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Alternatif lainnya, anda bisa memanfaatkan jasa taksi atau ojek online sebagai moda transportasi. Dengan aplikasi yang terpasang di smartphone, anda bisa memesan layanan ojek atau taksi online dengan mudah. Harga layanan yang tergolong murah bisa menjadi alternatif yang bisa anda gunakan.

SIMPAN BARANG BERHARGA DI TEMPAT AMAN

Selanjutnya adalah menyimpan barang berharga di tempat yang aman. Apalagi jika anda pergi naik bus saat waktu padat, seperti hari raya Idul Fitri atau Natal misalnya. Tingkat kewaspadaan untuk menyimpan barang berharga harus lebih diperhatikan.

Misalnya dengan tas kecil yang berbeda dengan tas yang isinya pakaian, atau menaruh barang berharga di saku dalam jaket agar tidak mudah diambil. Hal yang terpenting adalah tidak memakai perhiasan yang terlalu mencolok agar bisa terhindar dari incaran penjahat.

Contoh lainnya adalah jika anda menggunakan celana bahan yang relatif tipis. Hindari memasukkan smartphone atau dompet ke dalam saku celana. Mengapa? Karena celana bahan yang tipis akan sangat memperlihatkan smartphone atau dompet. Resiko terjadi tindak criminal akan lebih besar. Lebih baik anda simpan di dalam tas atau saku jaket yang lebih tebal dan tersembunyi.

JANGAN MUDAH TERGODA RAYUAN CALO

Di terminal tentu ada banyak calo yang berkeliaran menjual tiket bus. Kita bisa menemukan para calo ini dengan mudah. Akan tetapi, lebih baik hindari para calo saat akan membeli tiket. Kita bisa langsung menuju agen resmi untuk membeli tiket bus dengan tujuan yang diinginkan. Biasanya harga tiket bus yang ditawarkan oleh para calo akan jauh lebih mahal. Anda akan dirugikan jika membeli tiket bus melalui calo.

Mengapa harus lewat calo? Saat ini, membeli tiket bus online sudah sangat mudah untuk dilakukan. Lebih aman dan terhindar dari harga tiket ganas yang ditawarkan oleh calo.

Itu dia beberapa tips aman berkendara menggunakan bus. Jika Anda akan bepergian, bisa melakukan beberapa tips di atas agar perjalanan semakin nyaman dan aman. Nah, jika Anda masih bingung membeli tiket bus di mana, jangan khawatir karena saat ini anda sudah bisa membeli tiket online di Bukalapak.

cara gampang membeli tiket bus online untuk liburan - catatan bunda

Cara Mudah Membeli Tiket Bus Online di Bukalapak 

Layanan bus umum juga terus berbenah. Kini, sudah banyak bus yang kualitas armadanya nyaman bagi penumpang. Seperti armada bus yang ada di Bandung, misalnya. Kita bisa menemukan bus dengan kualitas baik seperti Bus Kramat Djati dan Bandung Express.

Tidak mau kalah seperti layanan transportasi lainnya, kini membeli tiket bus secara online sudah bisa dilakukan. Seperti yang bisa dilakukan dengan layanan dari Bukalapak. Para calon penumpang bisa berburu tiket bus dengan mudah.

Saat akan membeli tiket bus online, kita cukup masuk ke website atau aplikasi Bukalapak. Setelah itu, calon penumpang tinggal menentukan asal kota keberangkatan dan tujuan akhirnya. Tidak lupa menentukan tanggal keberangkatan dan jumlah tiket yang akan dibeli. Sistem Bukalapak akan membantu mencarikan tiket bus untuk anda.

Dari aneka pilihan tiket, calon penumpang akan diarahkan untuk memilih kursi bus. Anda bisa memilih tempat duduk yang masih kosong. Selanjutnya, anda tinggal mengisi formulir data penumpang yang sudah disediakan Bukalapak. Begitu data lengkap, anda bisa lanjutkan untuk melakukan proses pembayaran.

Alur membeli tiket bus online di Bukalapak sangat mudah. Anda bisa mendapatkan tiket bus sesuai keinginan dengan proses yang cepat. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut atau jika ada kendala tertentu, anda bisa hubungi Customer Service Bukalapak.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan tiket? Salah satu tips untuk membeli tiket bus online ialah membeli jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Minimal anda bisa mencari tiket dua bulan sebelum berangkat. Dengan membeli lebih awal, anda tidak akan berebutan dengan calon penumpang yang lain.

Apalagi jika tanggal berangkat anda bertepatan dengan hari libur nasional. Sudah pasti semua penumpang akan menghadapi persaingan yang sengit untuk mendapatkan tiket bus. Selain itu, anda bisa lebih leluasa ketika ingin memilih jam keberangkatan bus. Apakah mau berangkat siang hari, sore, atau bahkan malam hari. Peluang untuk mendapatkan tiket akan lebih besar jika anda membeli tiket bus online lebih awal.

Demikian informasi dan tips untuk membeli tiket bus online. Semoga ulasan sederhana kali ini bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan untuk jalan-jalan. Jangan lupa untuk berkunjung ke Bandung. Banyak tempat wisata menarik di Bandung yang menunggu kedatangan anda semua.

Terimakasih banyak sudah menyimak tips kali ini. Sampai jumpa pada cerita keluarga dan petualangan kuliner kami selanjutnya ya 😀

(Visited 64 times, 1 visits today)