Manfaat Memiliki Website, Mulai Optimasi Bisnis dan Brand Anda dari Sini

Halo semuanya, dalam kesempatan ini kami ingin berbagi sedikit mengenai manfaat memiliki website. Ya, dalam era digital seperti sekarang, website sudah menjadi hal primer. Mulai dari anda yang berprofesi sebagai blogger, content creator, hingga menjalankan sebuah bisnis online.

Membuat website bukanlah sebuah perkara yang sulit. Untuk memulai, anda bisa gunakan struktur website yang sederhana dan mudah. Tujuannya supaya website anda segera nyala dan bisa diakses. Sedangkan bagi perusahaan besar, tentu sudah memiliki anggaran yang jauh lebih memadai. Anda bisa merekrut developer khusus untuk membuat website bisnis untuk perusahaan.

Banyak cara yang bisa dilakukan. Yang terpenting ialah mulai secepatnya dan mulai dari hal-hal yang anda sanggup lakukan. Lalu, apa saja manfaat memiliki website? Kali ini kami coba ulas secara sederhana untuk para pembaca setia. Semoga bermanfaat.

Ingin konsultasi dan tanya jawab seputar website / toko online? Silakan bergabung dengan klik link di bawah ini:

Konsultasi Website

manfaat memiliki website untuk pribadi dan bisnis - catatan bunda 2020

Berkenalan dengan Aneka Manfaat Memiliki Website

Website merupakan satu unsur penting jika anda ingin eksis di dunia maya. Baik itu eksis secara personal maupun secara bisnis. Sebuah website akan menjadi rumah bagi kebutuhan anda. Oleh sebab itu, kenali lebih lanjut mengenai sejumlah manfaat memiliki website. Anda bisa tetap produktif di mana saja jika memiliki sebuah website.

Dengan mengenal manfaatnya, anda bisa segera memiliki website sendiri. Selanjutnya, bangun reputasi dan nama anda melalui website. Berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat memiliki website. Selamat menikmati!

#1 Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil Dan Menengah

Sebuah bisnis punya keharusan untuk membangun kredibilitas. Membangun nama dan kredibilitas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara awal yang bisa digunakan ialah memiliki sebuah website. Dengan memiliki website bisnis profesional, akan menambah kepercayaan dari publik terhadap sebuah bisnis.

Hal ini berlaku untuk bisnis kecil dan menengah sekalipun. Website bisa menjadi etalase awal sebuah bisnis. Calon konsumen bisa menilai profesionalisme bisnis anda dari website. Apakah tampilan websitenya tertata dengan rapi atau sekedarnya saja? Dan masih banyak faktor lain yang bisa dinilai oleh seorang calon konsumen.

#2 Cara Hemat untuk Mempromosikan Bisnis

Website ibarat sebuah bangunan toko di bisnis offline. Memiliki website punya banyak keuntungan untuk seorang pebisnis. Salah satunya ialah menjadi media untuk mempromosikan bisnis.

Bandingkan dengan menyewa ruko untuk toko. Anda akan membutuhkan dana yang sangat besar. Mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah dalam satu tahun, hanya untuk menyewa sebuah ruko atau bangunan untuk dijadikan toko.

Membuat website toko online jauh lebih ekonomis untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan juta pertahun. Biaya operasional bisnis akan jauh lebih hemat dengan menggunakan website. Anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan usaha yang lainnya. Asyik?

tips mudah membuat website profesional dan berkelas - catatan bunda 2020

#3 Terhubung dengan Pelanggan Setiap Saat

Sebuah toko offline biasanya buka dari pagi hingga sore. Sebagian lagi ada yang buka sampai malam hari. Manfaat memiliki website berikutnya bisa membantu anda dalam hal ini. Website bisa membuat anda terhubung dengan pelanggan 24 jam nonstop.

Tidak ada kata tutup dari sebuah website. Etalase produk di website dan toko online bisa terus diakses kapan saja oleh pelanggan. Bahkan saat anda sedang tidur sekalipun. Kecuali anda lupa untuk memperpanjang paket hosting dan domain website bisnis anda, hehehe 😀

#4 Memudahkan untuk Memperluas Target Pemasaran

Manfaat memiliki website satu ini tidak kalah penting. Penggunaan website bisa membantu untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis online anda. Berbeda dengan toko offline. Jangkauan promosi toko offline biasanya hanya terbatas di lokasinya saja.

Promosikan bisnis menggunakan strategi khusus. Jangkau konsumen lebih banyak di berbagai daerah. Dengan semakin banyak orang yang mengenal bisnis anda, maka bisnis online bisa terus bertumbuh.

#5 Katalog Produk

Saat ini, kita semua sudah terbiasa untuk berbelanja melalui website e-commerce besar. Kita lebih sering mengenal e-commerce tersebut dengan sebutan marketplace. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan berbagai toko lainnya.

Pada dasarnya, semua itu merupakan sebuah website. Anda pun bisa memiliki website yang digunakan sebagai katalog produk. Pebisnis bisa merasakan manfaat memiliki website ini dengan mendesain toko onlinenya sendiri. Anda bisa sesuaikan fitur toko online dengan keinginan dan kebutuhan dari bisnis yang sedang anda jalani.

pentingnya website untuk sebuah bisnis online - catatan bunda

#6 Kemudahan Akses untuk pelanggan

Promosi sebuah bisnis bisa dilakukan setiap saat. Bertemu dengan orang baru, lakukan promosi. Meeting bersama rekan kerja, lakukan promosi. Kapanpun dan di manapun. Biasanya anda akan perlu membawa selebaran berupa flyer atau brosur bisnis anda.

Saat mempunyai website, cara promosi anda akan berubah total. Manfaat memiliki website berikutnya ialah memudahkan anda saat promosi. Cukup infokan link website anda. Calon pelanggan bisa mengakses website anda dengan mudah.

#7 Menghemat Waktu

Mempersiapkan sebuah website memang membutuhkan waktu. Mulai dari setting awal hingga website nyala. Dilanjutkan dengan mulai mengisi konten. Contohnya foto produk, deskripsi produk, dan artikel informasi lainnya.

Biasanya pertanyaan calon konsumen itu berulang. Anda bisa sampaikan segala informasi terkait produk dan jasa di dalam website. Formatnya bisa bermacam-macam. Mulai dari bentuk tulisan di artikel, audio, atau dalam bentuk video. Bebas, sesuai dengan keinginan anda.

Setelah semua konten selesai, anda tinggal fokus untuk promosi. Sebarkan kepada sebanyak mungkin calon konsumen. Tidak perlu membuat atau mencetak ulang brosur promo. Cukup arahkan calon konsumen untuk membaca info dan penawaran produk di website anda. Tentunya proses ini akan lebih menghemat waktu operasional harian di bisnis anda.

#8 Sumber Informasi Terbaru

Anda bisa gunakan website untuk berbagai keperluan. Manfaat memiliki website bisa anda rasakan. Salah satunya ialah untuk menyampaikan informasi terbaru seputar bisnis anda. Apakah artikel berisi tips pemakaian, tips perawatan, dan artikel lainnya.

Setelah artikel informasinya selesai, anda tinggal menginformasikan kepada para pelanggan bisnis online anda. Upaya ini bermanfaat sebagai upaya pelayanan kepada para pelanggan lama maupun baru.

toko online dengan basis wordpress dan woocommerce - catatan bunda

#9 Memperbaiki Pelayanan

Manfaat memiliki website bisa anda gunakan untuk meningkatkan pelayanan pada konsumen. Caranya bagaimana? Sangat mudah. Beberapa contoh praktisnya ialah sebagai berikut.

Anda bisa masukkan halaman tanya jawab (FAQ) seputar hal yang sering ditanyakan. Bagaimana cara untuk melakukan pemesanan? Berapa nomor telepon Customer Service? Di mana alamat toko online anda? Dan informasi penting lainnya.

#10 Identitas Terbaik untuk Pribadi Maupun Bisnis Online

Salah satu unsur penting website ialah memilih nama domain yang baik. Domain akan menjadi identitas anda di dunia online. Oleh sebab itu, pilih nama identitas anda dengan baik.

Identitas ini berlaku untuk berbagai macam keperluan. Apakah untuk website pribadi? Atau memilih nama domain untuk kebutuhan bisnis? Sama saja prinsipnya. Anda memerlukan perencanaan yang baik saat akan menentukan nama domain untuk website atau toko online.

Manfaat memiliki website ini unik juga lho. Anda bisa menggunakan website sebagai pengganti kartu nama. Saat berkenalan dengan orang baru, anda tinggal menyebutkan alamat website yang anda miliki. Oleh sebab itu, usahakan selalu merawat website anda supaya terlihat menarik dan isinya bermanfaat untuk orang lain ya.

#11 Tempat Berbagi Cerita dan Pengalaman

Salah satu manfaat memiliki website sudah kami praktekkan di blog. Seperti saat anda membaca tulisan kami di Catatan Bunda. Website ini kami jadikan sebagai tempat berbagi cerita dan pengalaman keluarga.

Penggunaannya juga sangat fleksibel. Tidak hanya untuk pengalaman keluarga saja. Anda punya skill tertentu? Gunakan website sebagai media bercerita dan menunjukkan skill anda kepada dunia. Anda punya bisnis online? Gunakan toko online sebagai media untuk menampilkan produk anda kepada konsumen. Seru yah?! 😀

manfaat memiliki website - info praktis cara membuat blog dan toko online profesional - catatan bunda 2020

#12 Menghasilkan Uang

Selain berbagai manfaat di atas, anda bisa menggunakan website sebagai cara untuk menghasilkan uang. Apalagi di era perkembangan teknologi seperti sekarang. Website yang dikelola dengan baik dan professional merupakan investasi yang berharga.

Website akan menjadi alat bantu untuk mendapatkan omset puluhan, ratusan juta hingga milyaran rupiah. Sudah banyak toko online yang merasakan income besar dari sebuah website. Anda masih ingin menjadi penonton saja? 😀

#13 Berdiri di Kaki Sendiri

Jualan di marketplace besar memang praktis dan mudah. Akan tetapi, dalam jangka panjang bisa menimbulkan ketergantungan. Bisnis anda tidak bisa memegang data yang penting. Semua data pengunjung sudah terekam dengan baik oleh marketplace.

Anda hanya mendapatkan data-data sisanya saja. Seperti nama konsumen, alamat, dan nomor telepon yang memesan di toko anda. Data lain seperti kode Facebook Pixel dan Email? Anda tidak akan bisa mendapatkannya karena data tersebut menjadi milik marketplace.

Oleh sebab itu, manfaat memiliki website berikutnya ialah membangun kemandirian bisnis. Bisa berdiri di kaki sendiri merupakan tujuan jangka panjang. Jika masih berjualan di marketplace, tidak apa-apa. Segera rencanakan untuk belajar mengenai website. Alokasikan dana khusus untuk membuat website, alokasikan waktu untuk belajar memahami sebuah website. Perjuangan yang panjang, tetapi akan sangat berguna untuk perkembangan bisnis ke depannya.

Ingin konsultasi dan tanya jawab seputar website / toko online? Silakan bergabung dengan klik link di bawah ini:

Konsultasi Website

Demikian ulasan singkat mengenai 13 manfaat memiliki website. Semoga informasi singkat ini berguna untuk para pembaca. Terlebih bagi anda yang belum mempunyai website sendiri.

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak cerita kali ini. Sampai jumpa di petualangan kami berikutnya 😀

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?