Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Lotek Kalipah Apo, Sarapan Pagi di Tempat Makan Legendaris Bandung

Lotek Kalipah Apo merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Bandung. Syukurlah, akhirnya kami punya kesempatan untuk wisata kuliner ke restoran tersebut. Hari itu kami awali dengan belanja ke Pasar Baru bersama ibunda. Kebetulan ibunda sedang berlibur di Bandung.

Liburan ibunda belum lengkap jika belum belanja di Pasar Baru. Jadi, kami sempatkan untuk membawa ibunda jalan-jalan ke salah satu pusat perbelanjaan besar yang ada di Bandung. Kami berangkat pagi-pagi dari rumah. Pasar Baru akan sangat padat dengan pengunjung, apalagi jika sudah siang menuju ke sore hari.

Mengantisipasi hal tersebut, kami sekeluarga berangkat lebih awal. Harapannya, kondisi pasar belum terlalu padat. Berkeliling pasar mencari barang belanjaan masih nyaman. Saat sudah selesai, kami bisa langsung melanjutkan ke tujuan berikutnya.

Seperti apa cerita lengkap kami saat kulineran di Lotek Kalipah Apo? Ikuti terus review perjalanan keluarga di bawah ini. Selamat menyimak ya 😀

suasana restoran lotek kalipah apo bandung saat pagi hari - catatan bunda

Wisata Kuliner Legendaris di Bandung

Banyak sekali tujuan kuliner legendaris di Bandung. Sebaiknya anda luangkan banyak waktu jika ingin berburu makanan yang awet sejak dahulu kala. Salah satunya ialah Lotek Kalipah Apo.

Restoran ini sudah buka dan beroperasi sejak tahun 1953. Sudah lebih dari setengah abad dan masih bertahan terus hingga sekarang. Luar biasa..!! Jujur, kami belum pernah berkunjung ke restoran satu ini. Jadi, kami belum terbayang seperti apa kondisi dan rasa makanan yang disediakan.

Jalan-jalan kami mulai dengan berkeliling Pasar Baru. Bagi anda yang ingin mencari kado unik untuk orangtua bisa jelajahi tempat yang satu ini. Ada banyak pilihan barang yang dijual oleh para pedagang di pasar tersebut.

Sementara itu, kami mendampingi ibunda untuk membeli beberapa barang belanjaan. Setelah satu jam lebih berkeliling, semua barang yang dicari sudah lengkap. Kami pun bisa keluar dari Pasar Baru. Sesuai dengan tebakan awal, kondisi pasar masih sangat bersahabat saat pagi hari. Jalan-jalan di dalam pasar pun lebih nyaman.

Kami sengaja tidak sarapan dari rumah. Jika sudah sarapan sejak awal, kami akan kekenyangan. Bisa jadi kami tidak akan wisata kuliner setelah belanja di Pasar Baru dan langsung pulang ke rumah. Cukup anak-anak saja yang mengisi perut saat sebelum berangkat.

tempat sarapan legendaris lotek kalipah apo bandung - catatan bunda

Lokasi Warung Lotek Kalipah Apo

Di mana kita bisa menemukan lokasi Lotek Kalipah Apo? Sebetulnya sangat mudah. Kalipah Apo sendiri merupakan nama jalan yang ada di Bandung. Kebetulan lokasinya berdekatan dengan Pasar Baru yang berada di Jalan Otto Iskandardinata Bandung.

Kami memang memilih tempat makan yang letaknya masih dekat. Mumpung berada di sekitar Pasar Baru, tidak ada salahnya untuk menjelajah kuliner khas di sekitar lokasi. Lotek Kalipah Apo menjadi pilihan keluarga pagi itu.

Tadinya kami mencari beberapa alternatif lainnya untuk sarapan pagi di Bandung. Sempat muncul pilihan lontong kari. Akan tetapi, kami urungkan dahulu dan pilihan jatuh untuk menikmati lotek.

Restoran ini terletak di Jalan Kalipah Apo No. 42, Astanaanyar, Kota Bandung 40241.

Anda akan menemukannya lewat aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps atau Waze. Jadi, saat akan kulineran ke sini, anda tidak akan kesulitan menuju ke lokasinya. Demikian saat kami keluar dari Pasar Baru.

Cukup 5 – 10 menit dari Pasar Baru, kami sudah tiba di lokasi restoran lotek. Jalan Kalipah Apo tidak terlalu besar lebarnya, tetapi cukup padat oleh kendaraan. Sekeliling jalan tersebut banyak dipadati oleh berbagai toko. Tepat di depan lokasi lotek juga terdapat satu buah gereja.

Ketika itu, kami kulineran saat hari Minggu pagi. Otomatis jalanan sudah lumayan padat oleh para jamaah yang sedang beribadah di gereja. Untung saja masih ada satu lokasi parkir yang kosong saat itu. Kami bisa langsung memarkir mobil dan langsung masuk ke dalam lokasi restoran setelah itu.

Lotek Kalipah Apo kini tidak hanya berada di Bandung. Sudah ada cabangnya di Jakarta. Kabar gembira bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta. Anda bisa kunjungi cabang Jakarta pada alamat Jalan Batang Hari nomor 21 Jakarta Pusat.

Pilihan Menu Makanan dan Harga

Anda pasti sudah bisa menebak, menu makanan apa yang disajikan di tempat makan yang satu ini. Betul sekali, restoran ini menyajikan lotek. Apa sih lotek itu? Mudahnya, bisa dibilang lotek merupakan salad khas Sunda atau pecel khas Jawa.

Apakah hanya menyediakan lotek saja? Awalnya kami menduga demikian. Akan tetapi, begitu melihat langsung ke restorannya, ternyata perkiraan kami salah total. Sajian di restoran Lotek Kalipah Apo sangat banyak. Ada banyak sekali pilihan bagi para konsumen yang berkunjung.

Ada pilihan apa saja? Mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat pun tersedia. Contoh pilihan menu utama yang bisa anda pilih diantaranya sebagai berikut:

  • Nasi timbel ayam / gepuk
  • Pindang bandeng kuah
  • Nasi kari ayam
  • Bihun kari ayam
  • Gado-gado
  • Laksa ayam
  • Dan lain-lain

Selain menu utama, masih ada pilihan lainnya. Lebih ringan dan variasinya banyak. Cocok banget jika anda memang mau wisata kuliner dan mencicipi berbagai jenis makanan. Rencana awal yang hanya akan mencicipi lotek akan berubah total setelah anda masuk ke restoran ini. Bisa kalap! 😀

gado-gado khas restoran lotek kalipah apo bandung - catatan bunda

Pengunjung bisa menikmati pilihan menu pendamping sebagai berikut:

  • Bubur sagurangi
  • Bubur jali
  • Bubur lemu
  • Bubur pacar
  • Bubur caca
  • Bubur ketan hitam
  • Kolak campur
  • Kolak pisang
  • Rujak asinan
  • Rujak ulek
  • Rujak tumbuk (beubeuk)
  • Rujak banci
  • Manisan mangga
  • Manisan kedondong
  • Manisan pepaya

Banyak banget yah? Oleh sebab itu, anda bisa jadi berubah pikiran saat kulineran di Lotek Kalipah Apo. Baiknya siapkan perut yang lapar untuk menikmati makanan di sini.

Harga makanannya masih terjangkau. Aneka cemilan dan menu utama di sini bisa anda nikmati mulai dari harga Rp 18.000 hingga Rp 38.500 per porsinya. Sementara menu minuman bisa dinikmati mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 18.000 untuk tiap porsi. Masih terjangkau, ya? 😀

Selain menu di atas, pengunjung masih punya pilihan yang lain. Ada menu prasmanan yang disediakan oleh pengelola. Jadi, pengunjung bisa memilih sayur dan aneka lauk sesuai keinginan masing-masing. Jangan ditanya pilihan sayur dan lauk pauknya, banyak sekali!

pilihan menu prasmanan di lotek kalipah apo bandung - catatan bunda

Citarasa Makanan

Apa saja yang kami pesan saat sarapan pagi di Lotek Kalipah Apo? Kami memesan beberapa jenis menu. Tentu memesan lotek matang menjadi satu keharusan. Menu lainnya yang kami coba ialah gado-gado. Sementara itu, ibunda dan adik memesan menu prasmanan.

Bagaimana dengan anak-anak? Jangan khawatir, kami lihat menunya banyak yang cocok untuk dinikmati kedua anak kami. Menu makanan yang berkuah dan tidak pedas bisa dipilih pada menu prasmanan.

Kami memesan makanan di meja pemesanan. Setelah itu, langsung melakukan pembayaran di kasir. Begitu selesai melakukan pembayaran, baru diperbolehkan untuk menikmati makanan yang sudah dipesan.

Meja makan di restoran legendaris ini pun lucu. Warna putih dengan jumlah yang lumayan banyak. Ukuran meja dan bangku makannya kecil dan mungil, tidak terlalu panjang. Dengan kondisi tersebut, kami harus menggunakan dua buah meja.

Pagi itu, suasana tidak terlalu ramai. Wajar saja, restoran Lotek Kalipah Apo belum lama beroperasi pagi itu. Kami tiba sekitar pukul 10.00 WIB, sementara restoran baru saja buka pada pukul 09.00 WIB. Beberapa pengunjung sudah nampak duduk dan menikmati makanan kegemaran mereka masing-masing.

Pengunjung yang datang sangat beragam usianya. Ada yang masih usia muda hingga kakek nenek berdatangan untuk membeli makanan di sini. Barangkali mereka merupakan langganan tetap selama bertahun-tahun di Lotek Kalipah Apo. Di samping itu, kami lihat ada beberapa ojek online yang masuk ke dalam restoran. Beliau sedang bertugas membelikan pesanan dari konsumen yang memesan menu makanan lewat aplikasi.

tempat makan pagi legendaris di lotek kalipah apo bandung - catatan bunda

Seperti apa rasa makanan yang disajikan di Lotek Kalipah Apo?

Bagi para penggemar sayuran seperti kami, menu di sini sangat enak. Sayuran yang tersaji di lotek dan gado-gadonya masih segar. Porsinya juga besar, jadi kami kenyang setelah menghabiskan satu porsi.

Lotek memang mirip seperti pecel. Akan tetapi, bumbunya tidak berair dan banyak seperti pecel pada umumnya. Bumbu kacangnya nikmat, pas sekali membalut aneka sayuran yang tersedia. Kami meminta lotek dengan rasa yang pedas. Benar saja, rasa pedasnya lumayan terasa. Akan tetapi, tidak terlalu menyengat dan masih bisa dinikmati. Secara umum, bumbu kacangnya dominan terasa manis.

Sementara itu, gado-gado juga sama. Sayuran segarnya sangat lezat. Ditambah dengan aneka pendukung gado-gado seperti tahu goreng, telur rebus, dan emping. Rasa dominan bumbu gado-gadonya manis. Jika ingin rasa pedas, kami tinggal menambahkan sambal yang sudah tersedia di wadah-wadah kecil.

Anak-anak juga menikmati makanannya dengan lahap. Nasi, sayur hijau, ditambah ayam goreng menjadi menu pilihan untuk anak-anak. Bagi anda yang suka menu lain jangan khawatir. Pilihan lauk dan sayuran di menu prasmanan masih banyak, anda bisa sesuaikan dengan selera.

Tadinya kami berencana untuk memesan bubur atau kolak yang tersedia. Akan tetapi, rencana tinggal rencana. Perut sudah kekenyangan dengan gado-gado dan lotek. Ditambah lagi saat anak-anak tidak sanggup menghabiskan menu makanannya. Kami makin kekenyangan 😀

Mudah-mudahan pada kesempatan lain, kami bisa datang lagi ke Lotek Kalipah Apo. Salah satu tujuan utamanya ialah mencicipi bubur dan kolak khasnya. Bagaimana dengan anda? Tertarik untuk menikmati sarapan pagi di sini seperti kami sekeluarga?

Langsung cuss saja ke lokasi untuk kulineran ya. Sesuaikan saja dengan waktu yang anda miliki. Baik saat sarapan pagi atau makan siang juga cocok. Restoran lotek legendaris ini beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 16.30 WIB.

Secara umum, restoran ini patut dijadikan tujuan kuliner keluarga. Suasananya tenang, ukuran restorannya juga besar dan luas. Selain itu, kami rasakan restoran lotek legendaris di Bandung ini terjaga kebersihannya. Rasa makanan yang disajikan juga cocok di lidah kami sekeluarga. Para pelanggan pun datang silih berganti untuk memesan makanan yang tersedia.

Tidak perlu waktu lama, seluruh makanan yang kami pesan sudah ludes. Setelah istirahat sejenak, kami pun pulang. Berakhir sudah petualangan kuliner kami sekeluarga. Semoga pengalaman singkat sarapan pagi di Lotek Kalipah Apo bermanfaat bagi teman-teman pembaca.

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak kisah perjalanan kami. Sampai ketemu pada cerita keluarga kami lainnya 😀

(Visited 198 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda