Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Liburan Murah di Bandung, Tips Mengatur Biaya Wisata Keluarga

Banyak sekali yang menanyakan pada kami, bagaimana sih tips dan trik untuk liburan murah di Bandung. Pada kesempatan kali ini, kami coba menjawab pertanyaan tersebut. Semoga ulasan sederhana ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak bisa kita pungkiri, wisata atau liburan merupakan satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Setelah melakukan pekerjaan berat, seseorang perlu β€œistirahat” sejenak. Kegiatan istirahat tersebut sering dimanfaatkan dengan pergi berlibur atau jalan-jalan ke tempat wisata.

Banyak sekali tempat tujuan wisata yang ada di Indonesia. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Keindahan alamnya yang mempesona, wisata budaya yang beraneka ragam, dan belum lagi wisata kuliner yang sangat lezat siap menerima kedatangan para wisatawan yang datang. Baik wisatawan domestik hingga turis mancanegara.

Salah satu tujuan liburan populer di Indonesia ialah Kota Bandung. Terletak di Provinsi Jawa Barat, kota cantik ini memiliki pesona tersendiri di mata para wisatawan. Banyak sekali turis yang datang untuk liburan ke Bandung. Baik itu wisata seorang diri, bersama teman-teman, maupun liburan bersama keluarga tercinta.

Menurut data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung pada tahun 2016 adalah sekitar 5 juta wisatawan. Sumber data: website Disbudpar Kota Bandung.

Lalu, pada tahun 2017, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Bandung, Ibu Dewi Kaniasari menyebutkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bandung naik menjadi 6,9 juta orang. Baik wisatawan domestik hingga turis asing. Sumber data: website Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tidak heran, banyak yang membutuhkan informasi mengenai liburan murah di Bandung. Mulai dari perencanaan tujuan wisatanya, merencanakan anggaran biaya, dan lain-lainnya. Yuk kita mulai ceritanya.

liburan murah di bandung tips dan trik mengatur biaya wisata keluarga - catatan bunda

Tips dan Trik Liburan Murah di Bandung

Tujuan wisata di Bandung sangatlah banyak. Tidak mungkin bisa kami bahas semuanya di dalam satu artikel saja. Jadi, kami akan coba bahas liburan murah di Bandung per studi kasus saja ya. Maksudnya ialah supaya pembahasannya lebih detail dan jelas.

Jika anda membutuhkan informasi atau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Selain itu, kami juga hadir di Youtube, Instagram, dan Facebook. Kami persilakan untuk diskusi di jalur yang anda sukai.

Unsur Penyusun Biaya Liburan

Ketika mau berlibur, perencanaan anggaran keuangan untuk liburan sangat penting. Tidak peduli apakah anda akan traveling sendiri atau bersama keluarga sekalipun. Dengan mempunyai perkiraan biaya untuk berlibur, maka anda akan memiliki persiapan khusus.

Anda bisa mulai menyisihkan dana setiap bulan. Bisa dari gaji yang anda terima dari kantor, bisa menyisihkan sebagian profit usaha, bahkan bisa menyisihkan dari bonus yang anda terima dari tempat bekerja. Sumber pendanaannya bisa bermacam-macam.

Sebenarnya, untuk liburan murah di Bandung, perlu biaya berapa sih? Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa saja unsur yang menyusun biaya untuk berlibur. Ada beberapa biaya yang perlu anda ketahui sebelum anda berangkat liburan. Biaya tersebut terdiri dari:

#1 Biaya Transportasi

Salah satu unsur biaya liburan murah di Bandung ialah aspek biaya transportasi. Biaya transportasi terdiri dari banyak unsur. Semua ini akan kembali kepada pilihan dan kondisi yang dihadapi oleh setiap individu. Lebih suka menggunakan yang mana.

Beberapa bagian biaya transportasi meliputi:

  • Ongkos tiket angkutan umum seperti pesawat terbang atau kereta api menuju ke Bandung (jika anda membutuhkannya saja ya, kecuali anda pergi traveling keluarga ke Bandung memakai kendaraan pribadi);
  • Ongkos angkutan umum atau taksi online untuk transportasi di dalam kota Bandung (jika anda membutuhkannya);
  • Ongkos pembelian BBM untuk kendaraan pribadi;
  • Ongkos sewa kendaraan selama liburan di Bandung;
  • Ongkos pembelian bahan bakar untuk kendaraan yang disewa.

#2 Biaya Penginapan

Unsur selanjutnya yang memakan porsi besar saat liburan murah di Bandung ialah biaya penginapan. Untungnya dengan banyaknya aplikasi pemesanan hotel online, anda bisa makin mudah untuk memilih hotel atau penginapan yang sesuai budget. Saat akan memilih hotel, anda sebaiknya bandingkan langsung harganya di beberapa aplikasi. Pilih yang penawarannya lebih murah.

Jika anda sendirian, tentu bisa lebih fleksibel dan bisa memilih tempat menginap yang relatif murah. Akan berbeda halnya jika anda berlibur bersama keluarga. Pilihan tempat menginap akan berbeda. Preferensi lokasi yang berbeda, fasilitas hotel yang berbeda, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

#3 Biaya Konsumsi

Setelah biaya transportasi dan penginapan, unsur biaya berikutnya yang harus dipersiapkan ialah biaya untuk konsumsi. Konsumsi selama perjalanan liburan murah di Bandung bisa terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari biaya makan reguler untuk semua anggota keluarga, hingga biaya untuk membeli cemilan.

Jika tidak diperhitungkan dengan baik, biaya konsumsi bisa membengkak. Kegiatan selama liburan bisa terganggu hanya gara-gara biaya makan yang membengkak. Oleh sebab itu, dalam studi kasus kali ini, biaya konsumsi termasuk bagian yang akan coba kami bahas supaya perjalanan liburan murah di Bandung bisa berjalan dengan nyaman.

#4 Biaya Tiket Masuk ke Tempat Wisata

Berikutnya, anda bisa mulai masuk ke biaya saat berada di tempat wisata. Ada banyak tempat wisata yang menarik biaya tiket masuk kepada para pengunjung. Pastikan anda sudah survey harga tiket masuk ke tujuan berlibur anda saat di Bandung.

Jika dirasa tiket masuknya terlalu mahal, anda bisa melakukan observasi ke tempat wisata lain yang tidak memberlakukan tiket masuk. Banyak tempat wisata di Bandung yang bisa anda nikmati secara gratis. Jadi, pantengin terus informasinya di blog Catatan Bunda, supaya anda tetap dapat updatenya πŸ˜€

#5 Biaya Lain-lain

Selain beberapa unsur biaya di atas, anda perlu mempersiapkan biaya yang tidak terduga. Dalam perjalanan, kita bisa mengalami hal-hal yang tidak direncanakan sebelumnya. Nah, sebaiknya anda mempersiapkan budget khusus untuk menghadapinya.

Biaya parkir kendaraan, biaya saat ke toilet umum, biaya membeli oleh-oleh dan lain sebagainya bisa kita kategorikan sebagai biaya lain-lain. Ada tambahan jenis biaya lain-lain? Kami persilakan untuk share di kolom komentar ya πŸ˜€

tips panduan mudah mengelola anggaran untuk liburan murah ke bandung - catatan bunda

Studi Kasus Liburan Murah di Bandung

Dalam cerita kali ini, kami coba membatasi bahasannya ya. Supaya tidak terlalu melebar. Jadi, dalam kisah kali ini, studi kasus liburan murah di Bandung ialah untuk keluarga kecil yang akan berlibur di Bandung selama 3 hari 2 malam.

Keluarga kecil ini terdiri dari 4 orang, yaitu ayah, ibu, dan 2 orang anak balita. Mereka akan berangkat dari kota asalnya di Jakarta menuju ke Bandung dengan menggunakan mobil pribadi.

Rencana perjalanan wisata keluarga tersebut ialah sebagai berikut:

Hari ke-1

Traveling liburan murah di Bandung akan segera dimulai. Rencana wisata keluarga tersebut di hari yang pertama ialah sebagai berikut:

Jam 05.00 WIB Berangkat dari Jakarta.

Jam 08.00 WIB Tiba di Bandung, cari sarapan sambil beristirahat sejenak.

Jam 08.30 WIB Selesai sarapan, lalu bergerak menuju ke Orchid Forest Cikole yang ada di area Lembang, Bandung utara.

Jam 09.30 WIB Tiba di Orchid Forest Cikole.

Jam 11.30 WIB Selesai menikmati suasana Orchid Forest, lalu meneruskan perjalanan ke Floating Market Lembang.

Jam 12.00 WIB Sampai di Floating Market Lembang, jalan-jalan sambil wisata kuliner.

Jam 15.00 WIB Keluar dari Floating Market, lalu menuju ke hotel tempat menginap untuk check in dan beristirahat.

Jam 16.30 WIB Tiba di hotel (check in, mandi, dan istirahat).

Jam 18.30 WIB Wisata kuliner, cari makan malam.

Jam 20.00 WIB Selesai makan malam lalu kembali ke hotel untuk beristirahat.

pilihan moda transportasi untuk wisata keluarga liburan murah ke bandung - catatan bunda

Hari ke-2

Perjalanan liburan murah di Bandung berlanjut. Untuk hari kedua, rencana perjalanannya ialah sebagai berikut:

Jam 05.00 WIB Bangun pagi, mandi, dan sarapan pagi di hotel.

Jam 08.00 WIB Bergerak untuk wisata ke Jendela Alam Lembang.

Jam 09.00 WIB Tiba di Jendela Alam dan menikmati wisata edukasi untuk anak-anak dan keluarga.

Jam 11.00 WIB Selesai dari Jendela Alam lalu menuju ke Dusun Bambu Lembang

Jam 12.00 WIB Tiba di Dusun Bambu Lembang, menikmati wisata alam sekaligus wisata kuliner yang tersedia di dalamnya.

Jam 15.00 WIB Selesai wisata di Dusun Bambu, turun kembali ke hotel.

Jam 16.00 WIB Tiba di hotel untuk mandi dan beristirahat sejenak.

Jam 18.30 WIB Jalan-jalan ke Factory Outlet di sepanjang Jalan Riau.

Jam 20.00 WIB Wisata kuliner malam hari di sekitar Jalan Riau.

Jam 21.30 WIB Kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ke-3

Tiba juga traveling keluarga di Bandung pada hari yang terakhir. Rencana kegiatan bersama keluarga sebelum pulang ke Jakarta ialah sebagai berikut:

Jam 06.00 WIB Menikmati wisata murah di Car Free Day Dago, jalan-jalan sambil membeli beberapa cemilan.

Jam 08.00 WIB Kembali ke hotel untuk mandi dan sarapan pagi.

Jam 10.00 WIB Check out dari hotel, lalu wisata keliling Bandung dengan naik Bus Bandros.

Jam 12.00 WIB Istirahat sambil makan siang.

Jam 13.00 WIB Menuju ke Brownies Amanda untuk membeli oleh-oleh khas Bandung.

Jam 14.30 WIB Acara liburan selesai dan bisa langsung pulang kembali ke Jakarta.

Kurang lebih seperti ini itinerary liburan murah di Bandung dari keluarga tersebut. Ingat, jadwal ini hanya merupakan contoh studi kasus ya. Rencana jadwal liburan 3 hari 2 malam di Bandung bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Tujuan wisata di Bandung sangat banyak. Jadi, anda tidak akan kehabisan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Bandung bagian utara hingga Bandung bagian selatan juga memiliki banyak tempat untuk berlibur.

menabung alokasi dana khusus wisata untuk liburan ke bandung dengan nyaman - catatan bunda

Rincian Biaya Liburan Murah di Bandung

Jadwal rencana perjalanan 3 hari 2 malam di Bandung sudah selesai disusun. Setelah itu, kami akan coba menyusun anggaran perjalanan untuk liburan murah di Bandung. Dengan mengetahui perkiraan kebutuhan biaya, anda bisa mulai mempersiapkan anggarannya.

Dari penjelasan singkat di atas, ada 5 unsur biaya yang harus dikeluarkan selama traveling bersama keluarga. Kelima biaya tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Biaya transportasi
  2. Biaya penginapan
  3. Biaya konsumsi
  4. Biaya tiket wisata
  5. Biaya lain-lain

Untuk transportasi, keluarga ini menggunakan mobil pribadi. Jadi kebutuhan paling besar ialah pengeluaran untuk membeli BBM untuk mobilnya. Estimasi biaya untuk membeli BBM ialah sebesar Rp 300.000,-.

Saat perjalanan, keluarga ini akan melewati jalan tol Cipularang. Oleh sebab itu, keluarga tersebut harus mengisi kartu e-Toll untuk membayar biaya di jalan tol. Pengisian kartu e-Toll disetting sebesar Rp 300.000,-.

Jadi, estimasi kebutuhan biaya transportasi keluarga tersebut ialah sebesar Rp 600.000,-.

Biaya berikutnya untuk liburan murah di Bandung ialah biaya penginapan. Ada banyak pilihan hotel yang bisa anda temukan. Dalam perjalanan liburan tersebut, keluarga ini akan menginap di hotel untuk 2 malam.

Keluarga ini menganggarkan budget untuk menginap di hotel sebesar Rp 500.000 / malam. Dengan demikian, total untuk biaya menginap di hotel ialah Rp 1.000.000,- untuk 2 malam.

Selanjutnya ialah biaya untuk konsumsi. Masukkan rencana untuk membeli makanan reguler hingga membeli aneka cemilan selama liburan murah di Bandung bersama keluarga. Saat jalan-jalan, keluarga tersebut merencanakan pengeluaran makannya sebagai berikut:

  • Beli cemilan selama 3 hari berlibur di Bandung Rp 200.000
  • Sarapan hari pertama Rp 100.000
  • Makan siang di Floating Market Lembang Rp 200.000
  • Makan malam hari pertama Rp 150.000
  • Makan siang di Dusun Bambu Rp 300.000
  • Makan malam hari kedua Rp 150.000
  • Makan siang hari ketiga Rp 150.000

Dari rincian di atas, pengeluaran biaya untuk makan sekeluarga (ayah, ibu, dan 2 orang anak) saat liburan murah di Bandung ialah sebesar Rp 1.250.000,-. Jangan khawatir tentang pilihan makanan di Bandung. Anda tidak akan kehabisan pilihan saat berkeliling ke Kota Bandung. Mulai dari menu makanan khas daerah seperti masakan khas Aceh, Sunda, Jawa hingga tempat makan bergaya western tersedia sangat banyak di sini.

Kebutuhan biaya selanjutnya saat liburan murah di Bandung ialah saat akan masuk ke tempat wisata. Ya, biaya tiket untuk masuk ke tujuan wisata harus dipersiapkan juga. Ada beberapa tujuan wisata yang didatangi keluarga tersebut selama jalan-jalan keluarga di Bandung.

Harga Tiket Masuk untuk masing-masing tujuan ialah sebagai berikut:

  • Floating Market Rp 100.000, – (HTM Rp 25.000 / orang);
  • Dusun Bambu Rp 100.000,- (HTM Rp 25.000 / orang);
  • Jendela Alam Rp 100.000,- (HTM Rp 25.000 / orang saat high season);
  • Orchid Forest Cikole Rp 120.000,- (HTM Rp 30.000 / orang);
  • Tiket Bus Bandros Rp 40.000,- (HTM Rp 10.000 / orang).

Ada beberapa catatan yang patut diingat dari biaya tiket masuk ke tempat wisata:

  1. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu;
  2. Biaya tersebut dihitung dengan perhitungan maksimal. Artinya, kebijakan tiket masuk untuk anak-anak bisa berbeda-beda. Seperti saat kami main ke Orchid Forest Cikole, anak kami bisa masuk dengan gratis karena usianya masih di bawah 5 tahun. Jadi, jika tiket masuk untuk anak bisa gratis, maka pengeluaran anda untuk tiket masuk otomatis akan mengecil.
  3. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya kegiatan atau wahana yang disediakan di dalam masing-masing tempat wisata seperti di Jendela Alam, Dusun Bambu, dan Floating Market.

Baik, setelah mengetahui beberapa catatan kecil di atas, kini saatnya menghitung biaya tiket masuk. Dari uraian di atas, total biaya untuk tiket masuk ke tempat wisata ialah sebesar Rp 460.000,-.

Kebutuhan biaya berikutnya yang harus disiapkan selama rangkaian keliling kota Bandung ialah biaya lain-lain, di luar uraian komponen biaya yang sudah kami sebutkan. Ada beberapa yang patut anda perhatikan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Beli oleh-oleh khas Bandung Rp 250.000
  • Biaya ke toilet umum selama 3 hari Rp 20.000
  • Biaya darurat Rp 500.000
  • Parkir di Dusun Bambu Rp 15.000 / mobil
  • Parkir di Orchid Forest Cikole Rp 5.000 / mobil
  • Biaya parkir lain-lain Rp 20.000
  • Biaya bermain wahana di dalam tempat wisata Rp 250.000

Dari uraian beberapa komponen di atas, total biaya lain-lain yang sebaiknya anda persiapkan untuk liburan murah di Bandung ialah sebesar Rp 1.060.000,-. Ingat, rincian kegiatan dan biaya di atas hanya merupakan satu contoh ilustrasi saja ya. Tidak bisa digunakan untuk semua kondisi.

traveling jalan-jalan liburan keluarga ke bandung perlu biaya berapa - catatan bunda

Total Biaya Liburan Murah di Bandung (Berdasarkan Studi Kasus)

Jadi, berapa total kebutuhan biaya untuk traveling murah untuk keluarga di Bandung? Berdasarkan penjelasan kami di atas, rinciannya ialah sebagai berikut:

  • Biaya transportasi: Rp 600.000
  • Biaya penginapan: Rp 1.000.000
  • Biaya konsumsi: Rp 1.250.000
  • Biaya tiket wisata: Rp 460.000
  • Biaya lain-lain: Rp 1.060.000

Dari studi kasus kali ini, berapa total biaya yang harus dipersiapkan? Keluarga tersebut harus menyisihkan anggaran sebesar Rp 4.370.000 untuk liburan murah di Bandung selama 3 hari 2 malam.

Apakah masih bisa dilakukan penghematan? Tentu masih bisa. Anda bisa utak-atik dari 5 komponen biaya yang telah kami uraikan di awal cerita. Mulai dari transportasi, akomodasi dan penginapan, biaya makan, dan seterusnya. Tidak ada salahnya anda mengubah tujuan wisata anda ke lokasi wisata gratis yang tersedia di Bandung.

Demikian pula sebaliknya. Bila anda merasa uraian di atas tidak sesuai keinginan, anda bisa dengan mudah untuk meng-upgrade fasilitas dari ilustrasi yang kami sampaikan di atas.

Kurang lebih seperti itu penjelasan kami mengenai beberapa tips dan trik mengenai liburan murah bersama keluarga di Bandung. Anda bisa dapatkan penjelasan mengenai hal-hal berikut:

  • Komponen biaya saat liburan keliling Bandung bersama keluarga;
  • Ilustrasi jadwal kegiatan atau itinerary perjalanan untuk liburan murah di Bandung bersama keluarga;
  • Ilustrasi keperluan biaya untuk berlibur selama 3 hari 2 malam di Bandung.

Sampai di sini saja cerita studi kasus kali ini. Semoga anda bisa mendapatkan manfaat dari uraian yang telah kami sampaikan. Mudah-mudahan panduan liburan murah di Bandung kali ini memberi gambaran jelas untuk kebutuhan liburan keluarga anda.

Ada request untuk studi kasus lainnya? Silakan anda sampaikan melalui kolom komentar ya. Sampai ketemu pada cerita keluarga kami berikutnya πŸ˜€

(Visited 2,714 times, 1 visits today)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda