Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Liburan Akhir Tahun, Perjalanan Singkat di Utara Bandung yang Sejuk

Liburan akhir tahun merupakan satu aktivitas yang ditunggu-tunggu banyak orang. Bisa jadi anda termasuk diantaranya. Mengapa? Pada saat akhir tahun, ada waktu yang cukup panjang untuk berlibur. Lebih spesifik lagi, mulai dari 25 Desember (hari Natal) hingga 1 Januari (pergantian tahun).

Semuanya sudah familiar dengan momen liburan akhir tahun. Dari beberapa bulan sebelumnya, kita sudah dihujani berbagai macam promo liburan. Mulai dari promo tiket pesawat, promo tempat bermain, promo makanan, hingga promo hotel murah. Iklan dari berbagai aplikasi populer seperti Traveloka, Agoda, Pegipegi, dan aplikasi lainnya sudah berseliweran di timeline media sosial hingga televisi.

Tujuan untuk liburan akhir tahun juga sangat bermacam-macam. Mulai dari destinasi liburan dalam negeri hingga mancanegara. Semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Ada yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Ada juga tempat wisata yang dikunjungi ulang karena sangat berkesan pada liburan sebelumnya.

Btw, ke mana anda berlibur saat akhir tahun 2018? Silakan sharing jawabannya pada kolom komentar yang ada di bawah ya πŸ˜€

villa kayu tempat menginap untuk liburan akhir tahun bersama keluarga di ciater lembang - catatan bunda

Momen Liburan Akhir Tahun 2018 yang Berharga

Bagaimana dengan keluarga kami? Dalam kesempatan kali ini, kami coba cerita sedikit tentang liburan akhir tahun 2018. Ada kesempatan untuk liburan panjang tentu saja menggembirakan. Sudah banyak rencana untuk jalan-jalan. Apalagi kakak Mirza sedang libur sekolah cukup lama.

Alternatif tempat yang mau kami kunjungi sudah mulai dikumpulkan. Baik yang di dalam kota Bandung, maupun yang letaknya di luar kota Bandung. Ada beberapa tempat wisata yang sudah pernah kami kunjungi.

Bagi para pembaca sekalian, anda bisa jelajahi blog Catatan Bunda ya. Ada beberapa pengalaman yang kami bagikan pada tulisan-tulisan terdahulu. Semoga bisa menjadi referensi tambahan bagi rencana liburan akhir tahun anda di Bandung.

Sambil mendata alternatif tujuan, tiba-tiba mama menelepon. Ternyata mama juga ingin liburan. Apa penyebabnya? Mama melihat banyak tetangga di Medan yang kosong rumahnya. Mereka semua pergi berlibur dan jalan-jalan bersama keluarga. Mengetahui hal tersebut, mama pun ingin berlibur juga.

Tanpa pikir panjang, kami mencarikan tiket pesawat untuk mama. Tujuannya sudah jelas, dari Medan ke Bandung. Mama akan liburan di Bandung dan menginap di rumah kami. Beliau sudah rindu dengan cucu-cucunya yang mulai beranjak besar dan makin menggemaskan tingkahnya.

Begitu mama tiba di Bandung, rencana liburan akhir tahun agak berubah. Kami coba mencari tempat yang nyaman untuk membawa mama liburan. Selain itu, lokasinya masih dekat dari Bandung. Tujuannya supaya mama tidak kelelahan selama di perjalanan.

Kebetulan mama belum pernah merasakan menginap di sekitar kebun teh. Momen ini bisa dijadikan sebagai kado spesial untuk orangtua. Di sekitar Bandung memang ada beberapa lokasi kebun teh. Lokasi yang sudah pernah kami coba ialah kebun teh yang ada di Bandung selatan, tepatnya daerah Ciwidey.

Kesempatan kali ini, kami memilih tempat yang berbeda. Tujuannya supaya bisa merasakan sensasi menginap di lokasi yang lain. Pilihan kami jatuh ke arah Bandung utara. Tepatnya ke daerah Ciater, Lembang. Kami menemukan lokasi penginapan yang letaknya dekat dengan kebun teh.

Alasan lainnya yang membawa kami memilih kebun teh di Ciater ialah faktor cuaca. Cerita sedikit ya. Kami pernah menginap di penginapan yang ada di kebun teh Rancabali – Ciwidey. Pada saat malam hari, udara mulai terasa dingin.

Demikian seterusnya hingga pagi hari. Semakin malam, udaranya makin dingin dan terasa menusuk-nusuk hingga ke tulang. Kami sekeluarga sangat kedinginan saat itu. Anak-anak pun sangat kedinginan. Seluruh bekal untuk menghangatkan badan sudah digunakan. Mulai dari memakai jaket, kaos kaki tebal, hingga kupluk untuk tutup kepala. Kami sampai berebut memakai selimut saat tidur malam karena cuaca yang terlalu dingin.

Dari pengalaman tersebut, kami sempat melakukan diskusi. Jika dipikir-pikir lagi, mama akan kasihan jika dibawa ke kebun teh yang berlokasi di Ciwidey. Cuacanya akan terlalu dingin bagi beliau. Apalagi mama sudah berusia sangat sepuh, kondisi fisiknya juga tidak terlalu kuat.

Sebetulnya di Ciwidey ada satu tempat yang jadi favorit keluarga. Kami pernah menginap juga di sana. Letaknya terpencil, jauh dari keramaian, dan udaranya sangat sejuk. Nilai plus tambahan lain, cuacanya tidak terlalu dingin dan masih bisa dinikmati. Kebetulan, saya kenal baik dengan pemiliknya karena pernah kuliah di satu kampus yang sama.

Tidak pikir panjang, kami coba menelepon langsung ke pemilik penginapan. Harapannya masih ada waktu kosong dan belum dipesan konsumen lain. Saat liburan akhir tahun, memang masa panen bagi pemilik jasa penginapan dan tempat liburan. Banyak konsumen yang berebut untuk mencari tempat liburan untuk keluarga.

Saat itu, waktunya memang tidak banyak. Kami menghubungi pihak penginapan terlalu mepet dengan tanggal liburan. Hasilnya sudah bisa ditebak. Penginapan sudah full booked hingga tanggal 4 Januari 2019. Mantap banget yah! πŸ˜€

Setelah diskusi, akhirnya kami mengambil keputusan. Lokasi Ciwidey tidak kami pilih untuk tempat menginap. Lokasi pertama di kebun teh cuacanya terlalu dingin dan menusuk. Sementara alternatif lokasi kedua sudah penuh hingga pergantian tahun.

Akhirnya, pilihan liburan akhir tahun jatuh ke kebun teh di Ciater, Lembang. Kami akan membawa mama dan anak-anak untuk menginap di sana. Kesempatan ini merupakan perjalanan keluarga yang pertama kalinya.

Kami pun punya harapan khusus. Mudah-mudahan cuaca di lokasi lebih bersahabat, terutama untuk mama dan kedua anak kami. Dengan demikian, anak-anak dan mama bisa menikmati liburannya. Bersantai di tempat yang sejuk, jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sambil berkumpul bersama-sama.

liburan akhir tahun bersama keluarga di villa ciater bandung - catatan bunda

Lokasi Pilihan Menginap di Ciater Lembang

Jadi, tempat apa yang jadi pilihan menginap saat liburan akhir tahun? Pilihan kami sekeluarga jatuh ke Villa Agro milik PTPN VIII. Anda bisa menemukan lokasinya dengan mudah melalui Google Maps maupun Waze.

Lokasinya cukup mudah untuk diakses menggunakan kendaraan pribadi. Kami melaju ke arah Lembang hingga melewati beberapa tempat wisata seperti Orchid Forest Cikole dan Gunung Tangkuban Perahu. Perjalanan kami membutuhkan waktu kurang lebih 45 – 60 menit untuk tiba di lokasi villa.

Kami menginap satu malam saja. Tarif yang kami dapatkan saat itu sudah masuk tariff menginap saat high season. Waktu menginap kami sudah masuk periode liburan akhir tahun. Tarif menginap di Villa Agro PTPN VIII kala itu sebesar Rp 1.000.000 per malam.

Lokasi penginapannya sangat luas. Bentuknya tidak berupa kamar hotel. Akan tetapi, berbentuk rumah atau villa kayu. Tiap pemesan akan menginap di satu rumah khusus sesuai waktu pemesanannya. Ada beberapa rumah kayu di lokasi tersebut. Antara 4 atau 5 villa kayu jika kami tidak salah.

cuaca yang dingin dan udara sejuk saat liburan akhir tahun murah meriah di ciater lembang - catatan bunda

Persiapan untuk Berangkat ke Ciater

Persiapan untuk liburan akhir tahun di Ciater kami lakukan secara sederhana. Barang bawaan sudah disiapkan sejak pagi. Menjelang siang hari, kami akan langsung berangkat. Waktu check in dan check out mirip hotel pada umumnya.

Kami bisa check in ke villa kayu mulai pukul 14.00 WIB. Sementara untuk check out, maksimal dilakukan pada pukul 12.00 WIB keesokan harinya. Ada satu orang yang bertugas sebagai pemandu kami. Ketika ada informasi yang dibutuhkan, kami tinggal bertanya langsung lewat Whatsapp.

Barang bawaan dimasukkan semua ke dalam mobil. Anak-anak pun melakukan persiapan dengan tenang. Demikian juga dengan mama. Setelah semua siap, kami langsung berangkat menuju tempat tujuan. Kami benar-benar ingin menikmati semuanya dengan santai. Mulai dari perjalanan hingga tiba di lokasi.

Perjalanan pun tidak perlu buru-buru. Syukurlah, perjalanan sangat lancar dan tidak ada kemacetan yang berarti. Kami mengandalkan aplikasi Waze untuk menunjukkan arah selama perjalanan.

pilihan rumah kayu untuk menginap bersama keluarga saat liburan akhir tahun di ciater bandung - catatan bunda

Tidak berapa lama kemudian, mulai terlihat pemandangan yang indah. Hamparan kebun teh yang hijau terbentang di kanan kiri jalan. Kami sekeluarga sangat menikmati pemandangan asri tersebut. Sungguh menyejukkan mata, hati, dan pikiran.

Kebetulan saat itu sudah menjelang siang, kami mampir istirahat sejenak untuk makan siang. Saat tiba di penginapan, kami tidak perlu rebut lagi mencari makan karena lapar. Di mana pilihan kami untuk makan siang? Kami berhenti di salah satu tempat makan yang ada di tepi jalan saat menuju lokasi penginapan.

Selesai makan, kami melanjutkan perjalanan. Jaraknya sudah dekat dari tempat kami menikmati makan siang untuk menuju ke villa kayu. Kurang lebih 10 menit perjalanan, kami sudah tiba di penginapan.

Suasananya sangat tenang dan nyaman. Saat itu siang menjelang sore hari. Cuaca sangat cerah dengan udara yang sejuk. Kami bisa refreshing sejenak dengan mengajak mama dan anak-anak.

Ukuran villanya cukup besar. Di dalamnya ada dua buah kamar tidur berukuran besar. Satu kamar dengan kasur queen size, sementara satu kamar lagi ada dua kasur kecil berukuran single. Kamar mandi ada satu buah. Dapur beserta alat masak sederhana juga tersedia.

Selain itu, ada juga sofa di ruang tengah yang bersebelahan dengan meja makan. Tidak lupa ada satu buah dispenser dengan galon air yang sudah terisi penuh. Sangat cukup bagi kami sekeluarga untuk menikmati liburan akhir tahun.

Kondisi rumah dan villa masih dalam keadaan baik dan nyaman. Sedikit mengherankan, tidak ada tamu lain selain kami sekeluarga. Padahal, waktu tersebut sudah masuk ke high season untuk liburan akhir tahun. Iseng-iseng kami ngobrol dengan petugas yang membantu kami selama di Ciater.

Memang ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh pihak pengelola. Salah satunya ialah tempat wisata yang sangat banyak dan menjamur, terutama di kawasan Lembang hingga Cikole. Dengan banyaknya tujuan wisata, para pengunjung sudah sangat puas dengan menghabiskan waktu dengan wisata di Lembang dan Cikole saja. Ciater sudah tidak menarik lagi di mata sebagian besar wisatawan.

Lembang memiliki banyak sekali tujuan wisata. Cocok juga dijadikan tujuan untuk liburan akhir tahun. Mulai dari Floating Market, De’Ranch Lembang, Kota Mini, Dusun Bambu dan lain-lain. Sementara di Cikole, sudah ada Gunung Tangkuban Perahu, Orchid Forest Cikole, dan lain-lain.

pemandangan kebun teh yang indah saat liburan akhir tahun di ciater bandung - catatan bunda

Tips Sederhana saat Berlibur di Ciater

Satu tips sederhana bagi para pembaca. Jika ingin liburan ke sini, sebaiknya bawa bekal sendiri. Mulai dari jajanan anak-anak, makanan ringan seperti pop mie, hingga teh maupun kopi sachet. Tidak perlu membawa terlalu banyak. Liburannya pun hanya satu malam saja.

Untuk makan malamnya bagaimana? Kita bisa mencari makan malam di sekeliling lokasi penginapan. Bagaimana dengan kami? Kebetulan kami membawa bekal sendiri. Semuanya dipersiapkan dari rumah.

Contoh yang kami bawa ialah beras secukupnya disertai dengan rice cooker ukuran kecil. Selain beras, ada beberapa lauk pauk tambahan. Tinggal dimasak sebentar saja di villa, sudah bisa disantap.

Jadi, saat mau makan malam, kami tidak perlu repot untuk keluar penginapan. Cukup menikmati makanan yang dibawa dari rumah. Itu pun rasanya sangat nikmat. Momen apapun jika dinikmati bersama keluarga, rasanya akan sangat menyenangkan.

Alhamdulillah, cuaca di Ciater sangat sesuai dengan harapan kami. Cuacanya masih terbilang dingin, tetapi tidak sampai menusuk seperti di kebun teh Rancabali. Dengan demikian, mama dan anak-anak bisa istirahat malam dengan tenang.

tempat bermain anak saat liburan akhir tahun keluarga di ciater lembang - catatan bunda

Pagi harinya, kami bangun dengan tubuh yang segar. Bagaimana tidak? Udaranya masih sangat bersih di kawasan tersebut. Jadi rasanya sangat segar saat menghirup udara pagi.

Oya, ada fasilitas lain yang kami dapatkan saat pagi hari. Apakah itu? Kami mendapatkan sarapan pagi. Masakannya sederhana, berupa nasi goreng berjumlah 4 porsi. Menu sejuta umat, cocok dinikmati untuk sarapan saat pagi hari.

Sayangnya, kami tidak bisa menikmati liburan akhir tahun di Ciater secara optimal. Ada apa? Muncul kendala tidak terduga saat itu. Ceritanya akan kami sharing pada tulisan berikutnya. Stay tune ya di channel Telegram Catatan Bunda atau follow IG kami di @blogcatatanbunda πŸ˜€

Demikian kisah singkat kami sekeluarga saat liburan akhir tahun. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih sudah berkenan menyimak hingga selesai. Sampai jumpa di kisah keluarga kami lainnya πŸ˜€

(Visited 50 times, 1 visits today)