Laptop Mainan dari Kardus, Panduan Aktivitas Anak Seru di Bulan Puasa

Halo semuanya, kali ini kami bereksperimen membuat laptop mainan dari kardus bersama anak-anak. Namanya anak, pasti tertarik dengan mainan. Tidak jarang, saat jalan-jalan bersama, mereka pulang ke rumah sambil membawa mainan. Akan tetapi, kesempatan ini kami gunakan untuk membuat sesuatu yang berbeda.

Hari Minggu kami manfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama di rumah. Aktivitas seperti ini juga bisa anda lakukan di rumah masing-masing. Misalkan saat bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba. Anda bisa manfaatkan waktu menjelang buka puasa atau saat hari libur untuk main bersama anak. Daripada asyik dengan gadget atau nonton televisi, anda bisa gunakan contoh di sini sebagai aktivitas anak saat bulan puasa.

Anak-anak pasti gembira bisa bermain dengan orangtuanya. Terkadang, mainan yang paling diinginkan anak bukanlah mainan yang mahal. Akan tetapi, bisa bermain dengan kedua orangtuanya. Gunakan semua anggota tubuh kita untuk interaksi maksimal dengan anak-anak. Mereka pasti bisa merasakan kegembiraan yang tiada tara.

Dalam kesempatan ini, kami berkreasi membuat laptop mainan dari kardus. Mainan yang sangat sederhana dan murah meriah. Bahannya pun mudah ditemukan di sekitar rumah. Kebetulan, ada beberapa kardus yang tersimpan di rumah. Daripada tidak terpakai, lebih baik dimanfaatkan seperti ini.

Seperti apa keseruan kami membuat laptop mainan dari kardus? Mari kita ikuti ceritanya bersama-sama. Selamat menikmati.

panduan membuat laptop mainan dari kardus untuk anak - catatan bunda 2020

Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk membuat laptop mainan dari kardus, alat apa saja yang diperlukan? Jangan khawatir, ga ada yang canggih-canggih. Kami memakai alat yang umum dan mudah ditemukan di sekitar rumah. Berikut ini daftar alatnya:

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem kertas
  • Spidol
  • Lem tembak

Sangat sederhana, bukan? Harga bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat murah 😀

Panduan Membuat Laptop Mainan dari Kardus

Mengapa kami membuat mainan seperti ini? Salah satu tujuannya ialah melatih sistem motorik halus anak-anak. Walaupun dalam kenyataannya, anak bungsu kami belum banyak berperan. Si bungsu banyak mendengarkan instruksi sambil sesekali ikutan ngobrol saat sedang menyelesaikan mainan.

Anak sulung sudah jauh lebih paham. Selain itu, dia suka sekali ngoprek dan berkreasi membuat mainan kreatif seperti ini. Sudah tidak terhitung mainan apa saja yang pernah dibuat dengan tangannya sendiri. Mainan yang dibuat pun hanya berasal dari bahan sederhana seperti kertas origami, kertas HVS, hingga kardus bekas.

Salah satu yang sempat kami dokumentasikan ialah proses pembuatan laptop mainan dari kardus. Tahapan untuk membuatnya ialah sebagai berikut:

1 persiapan membuat laptop untuk anak - catatan bunda 2020
persiapkan kardus

Tahap 1

Langkah pertama untuk membuat laptop mainan dari kardus ialah membentuk kardus yang anda miliki. Kardus untuk wadah indomie sudah cukup kok, untuk membuat mainan satu ini 😀

Potong kardus dengan ukuran kurang lebih seperti di foto. Ukuran bisa disesuaikan sesuai keinginan. Jika anda memiliki laptop di rumah atau tempat kerja, anda bisa mengukur dimensi ukuran layar laptop milik anda. Itu dengan catatan jika anda ingin membuat laptop mainan dari kardus dengan ukuran aslinya. Jika tidak, cukup buat dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan anda.

2 potong bahan laptop dengan alat sederhana - catatan bunda 2020

Tahap 2

Langkah selanjutnya untuk membuat laptop mainan dari kardus ialah lem bagian belakang laptop. Setelah itu, rangkai sehingga menjadi bentuk seperti pada foto berikut ini:

3 rekatkan dengan lem kertas maupun lem tembak - catatan bunda 2020
rekatkan laptop dengan lem

 

5 tampilan prototipe mainan seru untuk anak - catatan bunda 2020

Tahap 3

Berikutnya, tips sederhana saat membuat mainan sederhana yang satu ini. Tambahkan potongan kardus dengan lebar kurang lebih 1 cm. Tujuannya ialah sebagai pengganjal supaya bagian layar laptop bisa tegak berdiri.

4 tambahkan kardus di ujung layar laptop mainan - catatan bunda 2020

Tahap 4

Langkah selanjutnya ialah membuat tombol untuk laptop mainan dari kardus. Tombol keyboard yang kami buat berukuran 1 cm x 1 cm. Sebagai patokan, anda bisa melihat urutan tombol pada keyboard laptop sungguhan. Tujuannya supaya hasil akhir bisa sesuai seperti laptop asli.

6 persiapkan keyboard laptop anak - catatan bunda 2020
keyboard untuk laptop

 

7 tampilan keyboard siap tempel di laptop mainan anak - catatan bunda 2020
sesuaikan dengan keyboard laptop asli

Tahap 5

Langkah akhir untuk membuat laptop mainan dari kardus ialah tahap finishing. Pada tahap ini, anda bisa menghias karya yang sudah dibuat sebelumnya. Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut mewarnai karyanya.

Warnanya silakan dirundingkan bersama. Mau seperti laptop sungguhan atau menggunakan warna favorit anak-anak. Pada cerita ini, anak-anak memilih mewarnai laptop dengan warna favorit mereka. Kakak dengan warna merahnya, sementara adik menggunakan warna pink kesukaannya.

8 laptop siap ditempel dengan keyboard - catatan bunda 2020
prototipe laptop mainan anak

 

9 keyboard laptop sudah ditempel pada posisinya - catatan bunda 2020
keyboard laptop sudah ditempel

Langkah selanjutnya, pilih merk laptop yang anda inginkan. Ada banyak merk laptop terkenal yang bisa anda pilih bersama anak-anak. Beberapa merk laptop ini diantaranya seperti Apple, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya.

Untuk tampilan layar / wallpaper pada laptop, anda bisa meminta anak untuk berkreasi. Minta anak untuk menggambar atau mewarnai obyek yang mereka sukai. Kami menggunakan kertas HVS berwarna putih untuk layar laptop mainan mereka. Sesuaikan ukuran kertas HVS dengan ukuran laptop anak-anak.

Bebaskan anak-anak untuk berkreasi semau mereka. Saat sudah selesai, hasil gambar tadi bisa ditempelkan ke layar laptopnya. Selanjutnya, anak-anak bisa “bekerja” dengan laptop mainannya. Dudukkan mereka di samping meja kerja anda. Anak-anak pasti gembira bisa “bekerja” di depan laptop seperti orangtuanya. Seperti saat kami mengoprek dan memilih hosting untuk website.

laptop mainan karya anak - catatan bunda 2020
finishing laptop dengan warna dan merk favorit

Saat anak sudah bosan dengan layarnya, anda bisa mengubah layar dengan gambar yang lain. Sesekali, anda bisa ikut serta menggambar untuk anak-anak anda. Dengan demikian, anak pasti bergembira saat menerima hasil karya orangtuanya.

Sangat mudah, bukan?

Kini, waktunya anda untuk berkreasi bersama anak di rumah. Manfaatkan waktu yang ada ya. Jangan hanya menuruti keinginan anak untuk membeli mainan mahal. Latih terus kreativitas anak dengan berinteraksi bersama.

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak cara mudah membuat laptop mainan dari kardus. Jangan lupa share ya supaya banyak yang merasakan manfaatnya. Selain itu, materi ini bisa dipraktekkan bersama di rumah. Sampai jumpa di cerita keluarga kami berikutnya 😀

(Visited 56 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by