Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Kota Mini Lembang, Sensasi Bermain Peran yang Seru untuk Anak

Setelah selesai jalan-jalan ke Farmhouse, keesokan paginya kami melanjutkan wisata ke Kota Mini Lembang. Petualangan untuk anak-anak masih berlanjut. Wisata kali ini masih berlokasi di Lembang dan sekitarnya. Bisa dipahami, karena dalam kesempatan kali ini kami menginap di Asmila Hotel, yang lokasinya tidak jauh dari Lembang.

Setiap jalan-jalan, tentu ada satu tujuan khusus yang ingin dicapai. Salah satunya ialah untuk menjelajahi destinasi wisata yang belum pernah kami datangi, seperti Kota Mini Lembang.

Ya, kami belum pernah main ke Kota Mini Lembang. Kurang gaul ya? Padahal tempat wisata populer ini sudah beroperasi dan diresmikan sejak tanggal 24 Juni 2017. Maafkan kami ya, netizen yang budiman 😀

Tujuan lain saat mengajak anak jalan-jalan ialah kami ingin memberi edukasi pada anak-anak sambil bermain. Namanya anak, setiap saat ingin bermain. Nah, sayang kan jika cuma capek main saja tanpa ada pelajaran bermakna yang didapatkan. Dalam kesempatan bermain itulah, orangtua bisa masuk dan mengambil peran lebih besar untuk mengedukasi anak.

Anda tertarik ingin liburan ke Kota Mini Lembang? Ikuti sharing pengalaman keluarga kecil kami di sini yuk. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

jalan masuk menuju ke tempat wisata keluarga kota mini lembang - catatan bunda

Belajar Bermain dan Berfoto Ria di Kota Mini Lembang

Berlibur di kota Bandung memang menyenangkan. Banyak tempat wisata yang bisa anda datangi saat liburan di sini. Salah satu wisata populer untuk anak ialah Kota Mini Lembang. Jaraknya tidak jauh dari Farmhouse Susu Lembang yang kami kunjungi hari sebelumnya.

Jadi, setelah malamnya kami istirahat di Asmila Hotel, paginya kami bermain lagi. Salah satu tujuannya ialah menemani anak main di Kota Mini.

Saat kami berkunjung, masuk waktu akhir pekan. Sudah pasti tempat wisata akan sangat ramai. Oleh sebab itu, kami berencana untuk berangkat pagi dari hotel. Jika kesiangan dan sudah ramai pengunjung, suasananya tidak terlalu nyaman lagi.

Alamat Lengkap Kota Mini Lembang

Kami check out dari Asmila Hotel sekitar pukul 09.00 WIB. Rute awal yang ingin kami gunakan ialah naik langsung dari Jalan Setiabudi menuju ke Lembang. Akan tetapi, kami tahu bahwa biasanya jalur tersebut akan sangat padat oleh wisatawan.

Oleh sebab itu, kami cari rute alternatif untuk pergi ke Kota Mini Lembang. Saat cari rute dengan Waze, kami ditunjukkan rute melewati Jalan Ciumbuleuit. Wah, seru juga pikir kami. Berbeda dari rute pada umumnya.

Saat dilewati, ternyata rutenya masih sepi. Jalannya tidak selebar di jalan Setiabudi. Perjalanan menuju Kota Mini sangat menyenangkan. Tidak ada kemacetan, kanan kiri penuh dengan pemandangan alam yang indah. AC mobil pun kami matikan supaya udara sejuk bisa masuk ke dalam mobil.

Perjalanan sangat lancar. Dalam waktu 30 menitan, kami sudah tiba di pintu masuk lokasi wisata tujuan. Satu tips buat anda yang mau wisata ke Lembang, terutama ketika hari libur atau akhir pekan. Usahakan berangkat menuju lokasi lebih awal, lebih pagi.

Saat masih pagi, peluang untuk terjebak kemacetan jauh lebih kecil. Jadi, anda tidak akan terjebak jalanan Lembang yang macet parah saat waktu libur. Keuntungan lainnya, peluang untuk mendapatkan tempat parkir jauh di tempat wisata jauh lebih besar. Saat mulai berkeliling, bisa jauh lebih nyaman karena belum banyak pengunjung yang datang.

Di mana sih lokasi Kota Mini Lembang?

Anda bisa menemukan tempat wisata edukasi anak ini di satu komplek dengan Floating Market. Mudah sekali ditemukan saat anda menggunakan aplikasi Waze atau Google Maps sebagai penunjuk arah.

Jika mau liburan ke sini, anda bisa mulai dari jam berapa?

Kota Mini Lembang beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu. Tujuan wisata ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Panjang banget waktunya untuk sebuah destinasi liburan keluarga.

review lengkap tempat wisata loket tiket masuk kota mini lembang - catatan bunda

Harga Tiket Masuk Kota Mini Lembang

Setelah parkir kendaraan, kami ikuti panduan arah yang tersedia di dalam Floating Market. Ada banyak tanda yang membantu kami menuju area Kota Mini Lembang. Ketika tiba di lokasi, pengunjung harus membeli tiket masuk di loket yang tersedia.

Harga tiket masuk ke Kota Mini Lembang ialah Rp 25.000 / orang. Dari tiket masuk ini, Kota Mini memberikan compliment berupa snack gratis untuk para pemilik tiket. Bisa ditukarkan di loket khusus. Pengunjung mulai dari usia 6 bulan ke atas, dikenakan biaya tiket penuh. Jadi, untuk biaya masuk, kami membayar Rp 100.000 untuk 4 orang.

Selanjutnya, ada tiket untuk bermain di wahana. Ya, di dalam Kota Mini tersedia berbagai macam wahana permainan untuk anak.

Harga penawaran untuk bermain di wahana Kota Mini berbeda-beda. Jika ingin bermain wahana satuan, anda cukup membayar Rp 25.000 / orang. Khusus untuk bermain di Playground, tiketnya dijual dengan harga Rp 35.000 / orang.

Penawaran selanjutnya ialah paket bundling yang disebut Paket Boarding Pass. Anda cukup membayar Rp 98.000 untuk bermain di 5 wahana permainan Kota Mini. Bebas pilih mau wahana permainan yang mana saja.

Penawaran yang terakhir ialah paket khusus untuk bermain di seluruh wahana. Namanya Paket Passport. Anda cukup membayar Rp 258.000 untuk mendapatkan akses bermain ke semua permainan yang disediakan Kota Mini Lembang.

Mau pilih yang mana? Itu terserah anda. Bagaimana dengan kami saat itu? Kami memilih Paket Boarding Pass. Harga Rp 98.000 sudah bisa bermain di 5 wahana. Sudah cukup untuk membuat anak-anak sibuk bermain dan bergembira di dalam.

Selain itu, dengan tidak terlalu lama main di Kota Mini, kami masih punya waktu untuk menjelajah tempat wisata berikutnya, yaitu Floating Market. Jadi, dalam satu hari bisa menikmati jalan-jalan di dua lokasi yang berdekatan sekaligus.

tujuan wisata favorit keluarga wahana permainan anak di kota mini lembang - catatan bunda

Wahana Permainan di Kota Mini Lembang

Anda mau berwisata sambil memberikan edukasi untuk anak? Kota Mini Lembang menjadi satu pilihan yang cocok untuk tujuan tersebut. Selain edukasi anak, anda juga bisa jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan sekeliling yang sangat indah.

Kota Mini membuat miniatur sebuah kota. Di dalamnya memiliki berbagai bangunan berukuran mini. Tiap bangunan itulah yang menjadi wahana bermain. Ya, di tiap gedung itu memiliki permainan yang menarik dan berbeda-beda.

Ada banyak wahana permainan di dalam area Kota Mini. Beberapa wahana yang bisa anda nikmati bersama anak-anak antara lain:

  • Academy Studio
  • Animal House
  • Police
  • Science Centre
  • Cooking Class
  • Mini Jek
  • Rumah Gempa
  • Sweet Factory
  • Salon
  • Farmer Market
  • Baby Clinic
  • Grill Cow
  • Radio
  • Mini Bakery
  • Bear House
  • Museum Discovery
  • Mirror Castle
  • Barista kids
  • Playground
  • Caroussel
  • Ferish Wheel
  • Choco Train
  • Scouter / Bike
  • Carnaval

Tuh, banyak banget wahananya. Saat sudah di dalam, dijamin anda akan kebingungan mau main yang mana dulu. Semuanya lucu-lucu dan menarik untuk dimainkan oleh anak-anak.

Mayoritas wahana di sini mengajarkan dan mengenalkan anak tentang berbagai profesi. Dari aneka profesi ini, anak-anak akan diajarkan bahwa dari profesi, seseorang bisa menghasilkan sesuatu.

role play seru di kota mini lembang - catatan bunda

Cerita Gembira Anak-Anak di Kota Mini

Saat masuk di dalam area, anak-anak kami ajak berkeliling dulu. Tujuannya ialah melihat semua gedung dan wahana yang ada di dalamnya. Sambil berjalan, kami ajak kakak untuk diskusi mau memilih bermain di wahana yang mana saja. Kami hanya membeli tiket untuk 5 wahana permainan, jadi kami harus memilih.

Setelah melihat-lihat, kakak mulai tertarik pada beberapa permainan. Kakak ikut berperan sebagai pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api di sebuah gedung. Permainan ini merupakan salah satu favorit anak-anak. Banyak yang antri ingin berperan menjadi petugas pemadam kebakaran.

Setiap sesi permainan, maksimal hanya 3 orang anak saja yang bisa bermain. Jadi memang harus antri dan bergantian. Sementara menunggu, kakak melihat dari dalam gedung sambil memakai pakaian merah-merah khas petugas pemadam kebakaran.

Kakak terlihat gembira banget saat main simulasi pemadam kebakaran ini. Gembira saat menyemprotkan air ke gedung yang terbakar. Anak-anak terlihat enjoy dan menikmati permainan. Simulasi ini berlangsung pendek, tidak terlalu lama. Perkiraan sekitar 5 hingga 10 menitan saja.

review pengalaman bermain menjadi pemadam kebakaran di kota mini lembang - catatan bunda

Selesai berperan menjadi pemadam kebakaran, kami jalan ke wahana berikutnya. Kali ini giliran untuk adik yang bermain. Kami lihat, ada satu permainan lucu yang cocok untuknya. Adik ikut bermain peran menjadi seorang perawat yang sedang bertugas untuk merawat adik bayi.

Pada awalnya, kami ingin menemani adik masuk dan bermain ke dalam bangunan. Akan tetapi, ternyata dilarang oleh karyawan yang bertugas menjaga wahana. Hanya anak-anak saja yang boleh masuk, tanpa pendamping. Orang tua diperkenankan untuk melihat dan menunggu di luar.

Sempat muncul kekhawatiran, bagaimana bila adik rewel saat mengetahui dia bermain sendiri, tanpa ditemani oleh orangtuanya. Akan tetapi, kami pasrah saja dan berdoa mudah-mudahan adik tetap tenang. Alhamdulillah, ternyata doa kami dikabulkan oleh Allah.

Adik sangat tenang dan menikmati permainannya. Bahkan saat berinteraksi dengan pegawai yang bertugas sekalipun, adik tetap tenang. Dia terlihat patuh dan mendengarkan arahan yang harus dikerjakan.

Mulai dari memakai pakaian seorang perawat, merawat boneka, menggendong boneka, hingga mendorong boneka di dalam stroller. Semuanya dilalui dengan lancar. Kami sangat takjub melihatnya.

Selesai sesi bermain di dalam, adik diijinkan untuk keluar. Ceritanya, adik mengajak bayinya jalan-jalan keliling sambil berjemur. Keluarlah adik sambil mendorong stroller bayinya. Saat jalan keliling di area Kota Mini, para pengunjung gemas melihat tingkah adik yang lucu banget. Bahkan ada pengunjung yang sampai mengambil foto adik mendorong stroller bayinya 😀

jalan-jalan keluarga anak berperan jadi perawat di kota mini lembang bandung - catatan bunda

Tiket wahana ini bisa dipakai siapa saja. Paling penting, jatah bermainnya hanya 5 kali sesuai paket yang dibeli di awal. Jika anda berubah pikiran, anda bisa top-up di dalam area bermain. Ada loket khusus yang melayani pemesanan tiket bermain di wahana.

Setelah beberapa waktu di dalam, kami mulai kelelahan. Jatah bermain masih ada banyak. Kami pun ajak anak-anak untuk masuk ke wahana yang tidak terlalu banyak bergerak dan bisa main bersama. Dengan main bersama, jatah tiketnya langsung terpakai dua buah.

Pilihan berikutnya jatuh ke Post Office. Di sini anak-anak ganti kostum dengan profesi yang diinginkan. Ada kostum polisi, pilot, pelaut, bahkan ada kostum superhero dengan ukuran anak.

Setelah ganti kostum, anak-anak akan difoto satu persatu lalu dicetak dalam bentuk piagam penghargaan.

“Kakak mau pakai kostum apa?”, tanya saya pada kakak.

“Kostum polisi aja, Ma”, jawabnya sambil asyik mengambil seragam polisi yang tergantung.

“Kalo adik, mau pakai baju yang mana?”, saya lanjut bertanya ke adik.

“Isi.. Isi..”, tutur adik sambil bibir kecilnya manyun-manyun mengucapkan kata polisi.

“Ohh, polisi juga. Ada yang lain lho, seragamnya cantik-cantik. Adik gak mau pakai baju yang cantik?”, saya masih berusaha negosiasi dengan adik.

Adik tidak mau, dia lebih pilih kompak dengan kakaknya. Seragamnya minta yang sama dengan sang kakak. Kami pilih mengalah, daripada anak-anak ngambek dan bad mood. Bisa-bisa tiket wahananya tidak terpakai karena anak nangis dan mogok difoto.

“Ini langsung jadi fotonya, Mas?”, tanya ayah ke petugasnya.

“Iya pak, tetapi masih antri ya pak karena masih ada beberapa foto yang belum selesai dicetak”, jawab petugas.

“Kira-kira nunggu berapa lama?”, timpal ayah.

“Kurang lebih 30 menitan Pak. Bisa ditinggal dulu sambil bermain di wahana lain saja”, usul petugas tersebut pada ayah.

“Oke mas, nanti kami jalan-jalan dulu ke permainan lainnya sambil menunggu”, jawab ayah mengakhiri pembicaraan.

Alhamdulillah kakak dan adik sangat kooperatif. Keduanya baik banget dan mau tenang saat difoto oleh mas petugas di wahana Post Office. Selesai difoto, kami melanjutkan perjalanan. Sisa satu tiket wahana lagi.

anak berperan jadi polisi di kota mini lembang tempat wisata keluarga - catatan bunda

Dari seberang wahana Post Office, kami lihat ada kantor polisi. Role play di wahana tersebut ialah anak berperan sebagai polisi beneran. Mereka mengejar satu orang penjahat, menangkap, lalu memasukkannya ke dalam penjara.

“Kakak mau main itu Ma, jadi polisi”, tiba-tiba kakak memegang tangan dan merengek ke saya.

“Beneran kakak mau jadi pak polisi? Masih kuat lari-lari kejar penjahatnya?”, tanya saya meyakinkan.

“Masih ma, kakak masih kuat. Penjahatnya nanti kakak tangkap”,  kakak menjawab dengan mantap.

“Oke, ayo mari kita main ke sana”, ajak saya sambil memegang tangan kakak.

Akhirnya, permainan terakhir anak-anak di Kota Mini Lembang jatuh ke wahana role play menjadi polisi. Kakak menikmati bermain peran di permainan tersebut. Ganti kostum jadi pak polisi, lalu pilih satu pistol mainan untuk dijadikan senjata saat kejar-kejaran.

Mainnya lumayan lama, jadi adik jalan-jalan berdua dulu bareng ayah. Keliling Kota Mini sekali lagi. Sambil lihat-lihat kakak yang lagi asyik mengejar penjahat. 20 menitan berlalu, permainan kakak akhirnya selesai.

Sang penjahat tertangkap, lalu dijebloskan kembali ke dalam penjara. Sebelum ganti baju lagi, kakak foto-foto dulu memakai kostum coklat khas milik kepolisian di luar gedung. Selesai ganti baju, kami kembali ke Post Office untuk mengambil foto piagam penghargaan yang dicetak di permainan sebelumnya.

Wisata Edukasi untuk Anak

Dari aneka permainan di dalam Kota Mini Lembang, ada banyak ilmu dan pengetahuan baru yang kakak terima. Dari wahana pemadam kebakaran, kakak jadi punya bayangan mengenai profesi pemadam kebakaran. Seperti apa tugasnya saat beraksi melawan api hingga menyelamatkan korban kebakaran.

Lalu, adik yang menjadi perawat pun sama. Aktivitas berperan menjadi perawat sangat dia nikmati. Walaupun mungkin adik tidak terlalu paham dengan maknanya, tetapi role play tersebut melatih adik untuk menyayangi dan merawat sesama. Begitu juga saat kakak berperan menjadi polisi. Kakak jadi paham tugas polisi untuk menjaga keamanan.

Banyak simulasi yang bisa orang tua lakukan bersama anak. Walaupun hanya di rumah saja. Salah satunya ialah melatih anak untuk menabung. Banyak manfaat dan edukasi positif yang bisa diberikan pada anak.

Alhamdulillah, banyak nilai positif yang bisa diajarkan saat berkunjung ke Kota Mini Lembang. Sambil jalan-jalan di dalam, kami dampingi anak-anak sambil bercerita tentang makna aktivitas yang baru saja dimainkan.

Siang hari, permainan kami pun selesai. Sebenarnya masih banyak wahana lain yang belum dicoba. Kami tertarik dengan wahana membuat permen, membuat es krim, dan beberapa wahana menarik lainnya. Akan tetapi, wahana tersebut antri sekali. Banyak anak yang menunggu untuk gantian bermain.

Tidak tahan menunggu terlalu lama, kami lewati saja permainan tersebut. Lain waktu, mudah-mudahan kami bisa ajak anak untuk bermain di wahana lucu-lucu itu. Keluar dari Kota Mini Lembang, loket penukaran snack sudah menunggu.

Tiket masuk bisa ditukar dengan aneka minuman yang sudah disediakan. Anda bisa pilih sesuai selera, mau minuman yang mana. Buat kami, es jeruk segar sangat cocok untuk dipilih. Terlebih saat suasana panas dan terik matahari saat siang hari.

Demikian cerita singkat perjalanan liburan kami di Kota Mini Lembang. Semoga memberikan informasi dan gambaran yang bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih banyak sudah menyimak kisah kami sampai selesai.

Sampai jumpa di episode cerita keluarga kami selanjutnya ya 😀

(Visited 158 times, 1 visits today)

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda