Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Kampung Eropa Lembah Harau, Wisata Kekinian Favorit di Sumatra Barat

Petualangan keluarga kami berlanjut dengan bermain ke Kampung Eropa Lembah Harau. Setelah puas bermain di air terjun, kami melanjutkan bermain ke wahana lainnya. Saat berkunjung di Lembah Harau, tidak semuanya sesuai perkiraan awal kami. Pada awalnya, kami hanya mengira bahwa kami hanya akan menikmati wisata alam saja di kawasan Lembah Harau. Akan tetapi, setiba di lokasi semua perkiraan awal kami terbantahkan.

Selain wisata alam dengan pemandangan yang indah, masih ada tempat wisata lain yang bisa dinikmati para pengunjung. Dari tempat kami menginap, kami melihat sekeliling dan ada sebuah kawasan yang sudah ditata dengan cantik. Namanya Kampung Eropa.

Seperti apa petualangan kami di Kampung Eropa yang ada di kawasan Lembah Harau? Ikuti terus cerita lengkapnya pada episode tulisan kali ini. Selamat menyimak dan semoga memberikan inspirasi bagi para pembaca sekalian 😀

chayra menemani ayah memanah di kampung eropa - catatan bunda

Wisata Keluarga di Kampung Eropa Lembah Harau

Pengalaman liburan di kawasan Lembah Harau ini sangat berkesan bagi kami sekeluarga. Pemandangan alamnya luar biasa indah, udaranya sejuk, dan ditambah ada banyak wahana bermain bagi keluarga. Setelah puas bermain di air terjun, kami kembali ke penginapan untuk mandi, istirahat dan menikmati makan siang.

Dari awal kami sudah penasaran untuk bermain ke Kampung Eropa Lembah Harau. Jadi, setelah beristirahat sejenak di penginapan, kami mulai ancang-ancang untuk berangkat. Cukup jalan kaki saja untuk berkeliling ke Kampung Eropa Lembah Harau. Obyek wisata ini menjadi favorit warga masyarakat. Terbukti, dari pagi pengunjung mulai berdatangan ke lokasi untuk jalan-jalan dan bersantai bersama keluarga.

Walaupun lokasinya terpencil dan jauh dari perkotaan, tidak menyurutkan semangat para pengunjung. Semuanya berduyun-duyun untuk datang ke lokasi Kampung Eropa Lembah Harau. Semuanya ingin menikmati suasana alam indah bersama keluarga saat momen liburan Idul Fitri.

wahana memanah di kampung eropa lembah harau - catatan bunda

Wahana Permainan di Kawasan Lembah Harau

Petualangan kami dimulai di arena memanah. Ya, sebelum masuk ke Kampung Eropa, kami berkeliling di bagian luarnya terlebih dahulu. Ada satu wahana permainan yang menarik perhatian kami, yaitu wahana memanah. Kami langsung berjalan menuju arena tersebut.

Setiba di sana, ternyata tidak hanya kami yang sedang bermain. Sudah ada beberapa pengunjung yang asyik membidik sasaran dengan busur dan anak panah yang sudah disediakan. Pihak pengelola menyediakan 5 buah target. Satu target untuk satu pemanah. Busur yang tersedia ada dua ukuran, yaitu ukuran sedang dan ukuran besar.

Sebagai pemula yang baru memegang alat panah, kami memilih ukuran sedang terlebih dahulu. Uniknya, anak panah yang disediakan bukan anak panah dengan ujung yang tajam. Anak panahnya berbentuk tabung yang terbuat dari busa tebal dan cukup keras. Para pemain cukup membidik hingga anak panahnya mengenai target.

Mirza penasaran ingin mencoba memanah. Kali ini, ayah yang mendampingi kakak Mirza di arena memanah. Ayah membantu kakak Mirza untuk memegang busur dan anak panah dengan benar. Selanjutnya, tali beserta anak panah diregangkan lalu dilepaskan mengarah ke sasaran. Hasilnya, memang Mirza tidak ada yang mengenai sasaran. Akan tetapi, pengalaman bermain panahan di kawasan Kampung Eropa Lembah Harau ini memiliki kesan tersendiri bagi Mirza. Aktivitas ini merupakan pengalaman pertamanya memegang busur, anak panah, hingga melepaskan anak panah menuju ke targetnya.

Saudara sepupu Mirza yang lain pun tidak kalah hebohnya. Semua berlomba-lomba untuk menembakkan anak panah ke target. Hasilnya pun bermacam-macam. Ada yang berhasil mengenai target beberapa kali, ada juga yang tidak kuat untuk sekedar menarik tali busur. Semuanya berlangsung dengan penuh keseruan.

mirza bertugas mengambil busur dan anak panah - catatan bunda

Ayah pun tertarik untuk mencoba memanah. Dalam beberapa kali percobaan awal, masih belum berhasil mengenai target. Ketika sudah mendekati akhir permainan, barulah bidikan ayah berhasil mengenai sasaran. Mirza bertugas untuk mengambil anak panah yang berjatuhan. Chayra tidak mau tinggal diam dan ikut serta mendampingi kakaknya untuk mengambil anak panah.

Selesai bermain di arena memanah, kami ingin melanjutkan ke wahana berikutnya. Kebetulan di sebelah arena memanah, ada wahana yang menarik perhatian. Wahana tersebut ialah wahana untuk bermain paintball. Saat itu sedang ada rombongan pemain lain yang sedang beraksi di dalam arena. Kami sangat menikmati tontonan tersebut.

Ketika rombongan sebelumnya sudah selesai, kami pun ingin masuk dan bermain di arena paintball. Akan tetapi, rencana kami berubah total. Tiba-tiba, hujan turun sangat deras. Otomatis hal tersebut membuat kami batal untuk bisa beraksi di dalam arena permainan paintball. Mungkin belum rejekinya untuk bisa bermain, pikir kami.

Sambil menunggu untuk dijemput dengan mobil, kami banyak ngobrol dengan pengelola paintball. Dari waktu obrolan yang cukup singkat, kami mendapatkan banyak pengetahuan baru. Misalnya, seperti apa mekanisme di dalam senjata paintball, seperti apa peluru yang digunakan dalam permainan paintball, bagaimana teknis dan peraturan yang harus dipatuhi saat bermain paintball, dan lain sebagainya.

Ketika mobil jemputan datang, kami ucapkan terimakasih kepada pengelola atas obrolan singkatnya. Kami berpamitan untuk kembali ke penginapan. Setelah melalui jalan berputar yang ada di sekitar Kampung Eropa Lembah Harau, kami tiba kembali di rumah gadang. Kami menghabiskan waktu lagi dengan bersantai di rumah gadang sambil menanti hujan deras berhenti. Rencana bermain kami belum selesai sore itu. Masih banyak tempat yang harus kami jelajahi 😀

wahana bermain sepeda gantung di kampung eropa - catatan bunda

Keunikan Kampung Eropa Lembah Harau

Beberapa saat kemudian, hujan terlihat berhenti. Kami segera ancang-ancang untuk menuju Kampung Eropa Lembah Harau. Anak-anak punya target mainan tersendiri, demikian juga kami berdua. Kami mengikuti anak-anak berjalan kaki menuju ke lokasi. Pengunjung lokasi Kampung Eropa masih sangat banyak sore itu, jadi kami harus antri beberapa saat ketika tiba di loket pintu masuknya.

Apa wahana bermain yang menjadi incaran utama anak-anak? Letak wahana yang mereka inginkan terletak di dekat pintu masuk. Wahana bermain tersebut ialah sepeda gantung. Untuk bermain di wahana sepeda gantung, pengunjung harus membeli tiket khusus terlebih dahulu. Setelah membeli tiket, tiap pengunjung bisa naik ke menara tempat sepeda gantung berada.

Mirza beserta kakak-kakak sepupunya sudah membeli tiket. Mereka naik bersama-sama untuk diberi sabuk pengaman oleh para petugas. Pihak pengelola menyediakan 4 sepeda gantung, jadi para pengunjung akan naik bergantian. Wahana ini lebih bertujuan untuk wisata selfie. Saat pengunjung naik sepeda gantung, mereka bisa berhenti di tengah-tengah jalur lalu berfoto dengan latar belakang Lembah Harau yang sangat indah.

sepeda gantung di lembah harau - catatan bunda

Sementara untuk anak-anak, kami yang bertugas mengabadikan foto dan video mereka. Kami menunggu di jembatan penyeberangan berwarna merah. Letak jembatan ini sudah berada di dalam kawasan Kampung Eropa Lembah Harau. Jadi, kami membeli tiket masuk ke Kampung Eropa untuk dua orang saja. Harga tiket masuknya sebesar Rp 15.000 per orang. Tarif tiketnya masih terbilang murah jika dibandingkan tempat wisata sejenis yang ada di Bandung.

Anak-anak sudah puas bermain dan diabadikan fotonya di wahana sepeda gantung. Tiba-tiba hujan turun kembali. Mereka pun berjalan bersama untuk kembali ke penginapan. Anak-anak tidak terlalu tertarik untuk masuk ke kawasan Kampung Eropa. Kami berdua saja yang masuk dan menikmati pemandangan di dalam lokasinya. Tiket masuk sudah dibeli, jika tidak masuk dan langsung keluar malah sayang. Dengan demikian, kami masuk sebentar dan melihat-lihat.

Jika dilihat, konsep obyek wisata Kampung Eropa Lembah Harau memiliki kemiripan dengan beberapa tempat liburan keluarga di Bandung. Salah satunya ialah Farmhouse Lembang, yang menampilkan nuansa Eropa di dalam lokasi wisatanya. Ceritanya sudah pernah kami tuliskan, sempatkan untuk mampir ya 😀

Sesuai namanya, Kampung Eropa menampilkan nuansa pemandangan dan landmark berbagai negara di Eropa. Memang tidak semua negara di benua Eropa yang ditampilkan pada pengunjung. Hanya ada beberapa negara saja yang landmark terkenalnya dibuat miniaturnya. Contohnya ada negara Belanda dengan tulisan Amsterdam dan kincir anginnya. Lalu ada negara Prancis dengan Menara Eiffelnya. Selain itu, ada juga negara Inggris dengan landmark Big Ben yang sangat terkenal.

kampung eropa lembah harau wisata alam payakumbuh - catatan bunda

Pengunjung bisa berjalan mengelilingi kawasan Kampung Eropa Lembah Harau sambil melewati semua landmark tersebut. Tidak hanya itu, masih ada suguhan lain yang tidak kalah indahnya. Pada sepanjang jalannya, pengunjung bisa menikmati taman bunga warna-warni yang sangat banyak dan indah.

Kami berdua asyik berjalan mengelilingi kawasan tersebut. Sambil menikmati udara segar, sejuk dan pemandangan indah yang tersaji. Baik pemandangan di dalam Kampung Eropa Lembah Harau hingga pemandangan tebing dan pegunungan berwarna hijau yang mengelilinginya.

Para pengunjung bisa berfoto di dalam kawasan tersebut sepuasnya. Banyak background foto yang instagrammable di Kampung Eropa. Mulai dari berbagai miniatur landmark negara Eropa, miniatur bangunan rumah khas Benua Eropa yang penuh warna, pemandangan taman bunga, hingga pemandangan tebing dan pegunungan yang mengelilingi Lembah Harau.

Kami berdua berkeliling hingga menjelang waktu Maghrib. Setelah puas jalan-jalan dan berfoto, kami jalan kaki kembali menuju ke penginapan. Puas sekali bisa menikmati suasana Kampung Eropa Lembah Harau yang ditambah dengan pemandangan alam super indah di sekelilingnya.

Menurut pengalaman yang kami rasakan, petualangan di kawasan ini sangat kami rekomendasikan. Jika anda punya waktu luang dan ingin wisata keluarga di Sumatra Barat dengan nuansa yang nyaman, Kampung Eropa Lembah Harau bisa menjadi salah satu alternatifnya.

kampung eropa lembah harau wisata alam kekinian di payakumbuh - catatan bunda
kampung eropa 2019
pemandangan alam indah di lembah harau - catatan bunda
lembah harau 2019

Petualangan keluarga kami belum selesai di kawasan Lembah Harau. Masih ada sedikit waktu keesokan hari sebelum kami kembali pulang ke Pekanbaru. Kami mau main ke mana lagi? Nantikan ceritanya hanya di Blog Catatan Bunda yah.

Demikian cerita mengenai petualangan jalan-jalan kami di kawasan Kampung Eropa Lembah Harau. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak cerita keluarga kami. Semoga review singkat ini memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca. Sampai ketemu pada cerita kami berikutnya 😀

LOKASI Kampung Eropa Lembah Harau bisa anda temukan di sini:

(Visited 209 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda