Jalan-Jalan di Ciwalk, Menghabiskan Waktu Libur Idul Fitri Bersama Anak

Jalan-jalan di Ciwalk menjadi satu pilihan saat libur Idul Fitri beberapa minggu yang lalu. Setelah beberapa waktu sebelumnya malas jalan-jalan keluar, akhirnya kami mulai keluyuran lagi, hehehe. Ya, kami paham, waktu liburan akan membuat jalanan di Bandung menjadi ajaib. Jalannya akan padat dengan kendaraan wisatawan alias macet.

Akan tetapi, rasa bosan di rumah membuat kami memutuskan untuk keluyuran keluar. Kali ini tujuannya jalan-jalan di Ciwalk saja. Bagi anda, para wisatawan yang sedang berlibur ke Bandung, anda bisa masukkan wisata di Jalan Cihampelas menjadi salah satu agenda traveling bersama keluarga. Banyak yang bisa anda jelajahi di sepanjang jalannya.

Seperti apa cerita keluyuran kami saat jalan-jalan di Ciwalk? Simak yuk cerita selengkapnya berikut ini.

mall cihampelas walk yang padat pengunjung saat libur idul fitri - catatan bunda

Jalan-Jalan di Ciwalk Bandung saat Libur Idul Fitri

Liburan Idul Fitri tahun ini lumayan panjang. Kami lebih banyak menghabiskan waktu berkumpul bareng keluarga di Bandung saja. Sengaja tidak keluar terlalu sering saat awal-awal libur lebaran. Suasana jalanan yang macet parah menjadi salah satu penyebab utamanya.

Faktor lainnya, saat tiba di tempat tujuan, kemungkinan besar tempatnya akan penuh sesak oleh warga yang liburan dalam waktu yang sama. Jadi, suasana liburannya malah tidak nyaman dan tidak bisa kami nikmati.

Setelah beberapa hari berlalu, mulailah kami coba keluyuran. Salah satunya ialah jalan-jalan di Ciwalk Bandung, salah satu mall besar yang terkenal di Bandung. Nama Mall Ciwalk merupakan singkatan dari Cihampelas Walk. Dari nama tersebut, terkesan bahwa para pengunjung akan mendapatkan kesan berbeda dengan banyak berjalan kaki di dalamnya.

Mall ini terletak di Jalan Cihampelas kota Bandung. Anda akan dengan mudah menemukan mall Ciwalk. Tanda penunjuk arahnya jelas. Selain itu, megahnya bangunan dan lebarnya jalan masuk ke mall akan memudahkan pengunjung baru untuk mengenali mall Ciwalk Bandung.

jalan-jalan di ciwalk menikmati es krim jempol - catatan bunda

Rute Perjalanan Menuju Mall Cihampelas Walk Bandung

Sayangnya ukuran jalan Cihampelas yang kecil membuatnya tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang melintas. Jadi, kemacetan parah menjadi satu ciri khas di sepanjang Jalan Cihampelas Bandung. Terlebih lagi, pada momen liburan seperti liburan Idul Fitri seperti saat itu.

Jadi, kami harus pintar-pintar mencari rute jalan alternatif untuk jalan-jalan di Ciwalk. Biasanya, kami bergerak dari Gasibu lalu naik menuju jembatan layang Pasupati. Kemudian, tak lama kemudian, kami turun dan menuju ke arah Jalan Cipaganti. Dari jalan Cipaganti, kami lurus terus, lalu belok kanan di jalan tempat Rumah Sakit Advent Bandung berada.

Rute tersebut menjadi rute perjalanan favorit kami saat mau jalan-jalan di Ciwalk. Jalanannya relatif tidak terlalu macet. Akan tetapi, ketika itu kami harus melalui rute yang berbeda dari biasanya, karena sebelumnya kami ada keperluan terlebih dahulu. Kami menuju ke jalan Cihampelas melalui area jalan Tamansari Bandung.

Di jalan ini, anda juga bisa mampir ke salah satu obyek wisata murah di Bandung, yaitu Forest Walk Babakan Siliwangi lho. Saat waktunya senggang, silakan mampir ke sana ya. Nikmati kesegaran udara dan indahnya pemandangan di lokasi tersebut.

Jalan Tamansari ini sangat macet. Banyak warga, baik warga Bandung maupun wisatawan yang melewati jalan ini dengan kendaraan pribadinya. Jadi, kami pun melewati jalan Tamansari perlahan-lahan.

Saat masuk ke Jalan Cihampelas, jangan ditanya lagi. Macetnya semakin menjadi-jadi. Beginilah tantangan jika bepergian saat momen libur bersama. Kemacetan merupakan satu hal yang harus dihadapi.

Setelah menembus kemacetan yang sangat padat, akhirnya kami pun tiba di Mall Ciwalk. Saatnya mencari tempat parkir untuk mobil yang kami kendarai. Tantangan berikutnya pun muncul lagi. Apa itu? Ya, kami harus berjuang ekstra keras untuk sekedar mendapatkan tempat parkir di Ciwalk.

Kami berkeliling seluruh area parkir mall, mulai dari paling bawah hingga paling atas. Semuanya penuh oleh sepeda motor dan mobil para pengunjung. Luar biasa banget. Betul-betul penuh perjuangan supaya bisa jalan-jalan di Ciwalk waktu itu. Rasa putus asa sudah mulai muncul di benak pikiran, ingin langsung pulang saja.

Akan tetapi, kami pun bertahan sedikit lagi. Saat di area parkir paling atas, kami berkeliling beberapa kali sambil menunggu ada slot parkir yang kosong. Tak lama kemudian, akhirnya kami mendapatkan slot untuk memarkirkan mobil kami. Fiuh, perjuangan 😀

kedai es krim pietro gelato di ciwalk bandung - catatan bunda

Daya Tarik untuk Jalan-Jalan di Ciwalk

Kami tahu, jumlah mall di Bandung sangatlah banyak. Hampir di setiap penjuru kota, ada pusat perbelanjaan modern. Mulai dari Bandung Indah Plaza alias BIP, Trans Studio Mall, Paris van Java, Paskal Shopping Mall, dan lain sebagainya. Tiap mall mempunyai daya tariknya tersendiri.

Lalu, apa yang menjadi daya tarik untuk jalan-jalan di Ciwalk? Setidaknya ada beberapa yang menarik bagi kami.

Yang pertama ialah tersedianya masjid yang nyaman di Ciwalk. Jika biasanya di mall besar, ukuran tempat sholatnya sangat kecil dan terbatas. Beda halnya dengan di Mall Ciwalk.

Di sini kami bisa menemukan tempat sholat yang berukuran besar dan menampung banyak jamaah sekaligus. Selain itu, tempat sholatnya juga bersih, dilengkapi penyejuk udara, dan adanya gemericik air terjun kecil. Tempat sholat untuk jamaah pria ada di lantai atas, sedangkan jamaah wanita ada satu lantai di bawahnya.

Ukurannya pun besar. Sekali sholat berjamaah, bisa menampung kurang lebih 50 jamaah pria dan 50 jamaah wanita sekaligus. Sungguh nyaman saat kami sholat di tempat sholat tersebut.

Daya tarik yang kedua ialah suasana mall yang terbuka dan hijau. Para pengunjung bisa memilih area favoritnya. Ada yang berada di bagian dalam mall dan di bagian luar. Jika cuaca cerah, maka jalan-jalan di Ciwalk bagian luar akan sangat menyenangkan.

Banyak pepohonan di luar menambah suasana sejuk dan asri. Daya tampungnya pun besar. Jadi pengunjung yang berjumlah banyak saat momen libur Idul Fitri yang lalu, semuanya bisa menikmati suasana yang disajikan di area mall bagian luar.

Ada beberapa arena permainan anak yang tersedia di Ciwalk Bandung. Akan tetapi, momennya kurang tepat jika kami paksakan. Suasana yang padat pengunjung bisa membuat anak-anak tidak nyaman saat bermain. Jadi, kami lebih menikmati kegiatan jalan santai sambil jajan cemilan dan kuliner enak yang ada di mall Cihampelas Walk.

makan es krim mini di mall cihampelas walk - catatan bunda

Jajan Cemilan Ringan saat Jalan-Jalan di Ciwalk

Kami pun mulai berkeliling mall. Jalan-jalan santai dari dalam lalu berpindah ke bagian luar. Saat jalan santai itulah kami sambil melihat sekeliling, apakah ada jajanan atau makanan yang menarik buat kami sekeluarga 😀

Saat jalan di bagian luar, pandangan kami terhenti di satu kedai berukuran sedang. Kedai tersebut menjual es krim. Cukup bagus sebagai tujuan kuliner pertama saat jalan-jalan di Ciwalk. Namanya Pietro’s Gelato.

Kami pun menghampiri kedai es krim tersebut untuk memesan es krim jempol. Es krim yang berukuran kecil dengan aneka macam rasa. Konsumen bebas memilih rasa es krim mana yang menjadi rasa favoritnya.

Jenis-jenis rasanya sangat banyak. Bahkan kami tidak bisa mengingat namanya. Kami hanya bisa mengingat warnanya. Ada yang berwarna hijau, pink, coklat, putih, bahkan warna hitam.

Cukup membayar Rp 19.000, kami bisa memilih 4 buah es krim. Akhirnya kami memesan 2 paket es krim jempol untuk dinikmati bersama-sama. Adik dan kakak pun bahagia banget bisa makan es krim.

Bahkan adik pun bersikeras untuk memegang es krimnya sendiri. Tidak mau dibantuin yang lain. Hasilnya? Sudah pasti belepotan 😀

Kami pun menikmati es krim sambil duduk santai di kursi dan meja yang disediakan di bagian luar kedai. Lihat ke sekeliling, kami lihat banyak sekali pengunjung yang jalan-jalan di Ciwalk. Benar-benar padat. Semua orang pada liburan di mall (termasuk yang nulis) 😀

wisata kuliner di gokana teppan ciwalk bandung - catatan bunda

Kulineran di Gokana Teppan Ciwalk

Selesai menikmati cemilan es krim ukuran mini di Pietro’s Gelato, kami meneruskan jalan kaki. Selang beberapa langkah, kami berhenti lagi. Apalagi jika bukan berhenti di depan tempat makan. Wisata kuliner saat jalan-jalan di Ciwalk pun berlanjut ke ronde kedua.

Kami meneruskan kulineran di Gokana Teppan. Satu restoran yang bertema masakan Jepang. Salah satu tempat makan favorit saat kami main ke Ciwalk.

Saat tiba di sana, pengunjung sangat penuh. Kami pun sempat waiting list. Luar biasa, bahkan sampai tempat makan seperti di Gokana Teppan harus menunggu dan waiting list. Akhirnya, kami pun dapat meja 😀

Pengunjung bisa memilih mau makan di area atas atau bawah restoran. Area atas disediakan untuk anda yang ingin makan di smoking area. Sedangkan bagian bawah untuk anda yang ingin makan dan bebas dari asap rokok.

Ada banyak menu makanan yang disajikan di restoran ini. Menu seperti nasi bento, mie ramen pedas, egg roll, chicken katsu, beef teriyaki, chicken yakiniku, dan lain-lain. Minuman pun bermacam-macam.

Bagaimana dengan harga makanannya? Tiap menu makanan yang disajikan harganya berbeda. Variasi harganya mulai dari kisaran belasan ribu hingga Rp 40.000 per porsi.

Kami suka pesan mie ramennya saat makan di sini. Jika anda suka pedas, bisa pesan tingkat kepedasannya ke level maksimal. Pilihan mie ramennya juga beragam. Ada yang dilengkapi dengan daging sapi, daging ayam dan pelengkap lainnya. Ukuran porsi mie ramennya juga besar. Jadi anda pasti kenyang setelah menikmati mie ramen yang disajikan di Gokana Teppan.

Sedangkan untuk anak-anak, kami pilihkan menu mie ramen yang dilengkapi dengan chicken katsu. Enak dan tidak pedas, jadi cocok sebagai menu untuk anak.

Sambil menunggu makanan datang, Gokana Teppan menyediakan welcome snack. Pengunjung bisa mengambil sepuasnya untuk menikmatinya. Letaknya ada di bagian depan, di dekat pintu masuk.

Tak lama kemudian, makanan yang kami pesan mulai diantarkan ke meja. Makanan pun kami santap sambil ngobrol santai. Anak-anak pun menikmati makanan yang sudah dihidangkan.

jalan-jalan di ciwalk sambil makan mie ramen - catatan bunda

Kegiatan Menarik untuk Keluarga di Ciwalk Bandung

Tak lama setelah menikmati makanan di Gokana Teppan, kami beranjak keluar. Meneruskan jalan-jalan di Ciwalk sambil melihat keramaian. Bagi anda yang mau liburan murah di Bandung, ada alternatif aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di daerah Jalan Cihampelas Bandung.

Ada satu tujuan wisata, lokasinya tepat berada di depan mall Ciwalk. Namanya Teras Cihampelas. Setelah puas menikmati suasana di dalam mall, anda tinggal berjalan kaki keluar dari mall.

Anda bisa dengan mudah menemukan Teras Cihampelas. Lokasinya terletak tepat di atas jalan Cihampelas Bandung. Anda tinggal menemukan lokasi tangga untuk naik dan menjelajahi aneka atraksi wisata yang ada di dalamnya. Kami sudah sempat menuliskan cerita tentang Teras Cihampelas. Anda bisa temukan dan nikmati kisahnya di blog ini.

Demikian cerita perjalanan kami saat jalan-jalan di Ciwalk. Menikmati keramaian pengunjung di Ciwalk saat libur lebaran dengan penuh perjuangan, hehehe. Terimakasih sudah berkenan menyimak. Sampai ketemu di kisah keluarga kami yang lainnya yaa 😀

(Visited 1,861 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *