Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Itinerary Liburan ke Malang, 3 Hari 2 Malam Backpacking Murah Nyaman

Itinerary liburan ke Malang, seperti apa contohnya? Beberapa bulan yang lalu, kami pernah menulis tentang cerita liburan ke Malang. Pergi berdua saja, tanpa anak-anak yang tetap tinggal di rumah. Anda sudah sempat membacanya? πŸ˜€

Pengalaman yang menarik buat saya dan pasangan. Setelah bertahun-tahun tidak bisa keluyuran berdua karena tanggungjawab merawat dua buah hati kami. Akhirnya, kami punya kesempatan untuk jadi backpacker sambil liburan berdua ke Malang.

Malang merupakan satu kota yang menarik. Banyak tujuan wisata yang bisa dijelajahi di kota Malang dan sekitarnya, khususnya kota Batu. Faktor cuaca menjadi satu daya tarik bagi kami berdua. Cuaca di Malang dan Batu kami rasakan mirip seperti cuaca di Bandung, kota tempat tinggal keluarga kami.

Itulah sedikit faktor yang membuat kami berdua memutuskan untuk pergi keluyuran ke Malang. Saat itu, kami berlibur selama 3 hari 2 malam. Waktu yang cukup untuk wisata berdua. Seperti apa itinerary liburan ke Malang yang kami jalani? Ikuti cerita selengkapnya berikut ini.

itinerary liburan ke malang 3 hari 2 malam di stasiun kereta api - catatan bunda

Itinerary Liburan ke Malang Bersama Pasangan

Ide untuk jalan berdua bareng pasangan sudah terlintas sejak lama. Akan tetapi, belum ada waktu dan kesempatan yang tepat. Jadi, kami masih simpan dan endapkan rencana travelingnya. Kami menunggu dengan santai hingga kesempatan itu tiba. Salah satunya ialah itinerary liburan ke Malang.

Akhirnya momen tersebut datang juga. Saat ada orangtua dan adik-adik yang tinggal di rumah kami. Setelah berbicara sekaligus meminta izin, akhirnya kami diperbolehkan untuk pergi ke Malang.

Kami langsung bergerak cepat untuk mempersiapkan keberangkatan. Mulai dari memesan tiket hingga mencari tempat menginap selama di Malang. Setelah googling dan diskusi berdua, akhirnya persiapan kami selesai.

Rencana liburan yang kami susun hanya sederhana saja. Selain itu, kami mencoba fleksibel ketika di tengah perjalanan. Sambil diskusi, kami coba memutuskan, apa sih tujuan atau tema liburan berdua ke Malang?

Kami ingin jalan-jalan sambil menikmati suguhan yang ada di Malang. Minimal bisa mengunjungi satu tempat wisata terkenal di Malang. Ditambah dengan wisata kuliner di dalam kota Malang.

Yuk, sekarang kita ikuti bersama, apa saja itinerary liburan di Malang yang kami susun. Semoga bisa menjadi satu inspirasi bagi teman-teman yang mau menyusul liburan ke kota apel.

itinerary liburan ke malang 3 hari 2 malam museum angkut batu - catatan bunda

Itinerary Liburan ke Malang 3 Hari 2 Malam

Dalam kesempatan jalan-jalan kali ini, kami tidak menggunakan kendaraan pribadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kami mengambil pilihan ini. Salah satunya ialah lebih hemat tenaga dalam menyetir. Bayangkan menyetir sendiri dari Bandung ke Malang. Tentunya akan memerlukan tenaga yang sangat besar. Lebih baik tenaganya saya gunakan untuk jalan-jalan ketika tiba di Malang.

Kami berangkat dari Bandung pada hari Kamis sore. Rangkaian acara liburan selesai pada hari Minggu. Jadi, kami tiba lagi di Bandung pada hari Senin. Seperti apa urutan itinerary liburan ke Malang dalam 3 hari 2 malam? Simak uraiannya berikut ini. Selamat menikmati πŸ˜€

Itinerary Liburan ke Malang Hari Pertama (Kamis – Jumat)

Kami berangkat dari Bandung ke Malang pada hari kamis sore. Pilihan moda transportasi yang kami pilih ialah memakai kereta api Malabar. Kereta berangkat dari stasiun Bandung menuju ke stasiun Malang kota. Perjalanan nge-bolang yang kami lakukan dimulai kurang lebih pada pukul 16.00 WIB.

Tiba di Malang keesokan paginya, kurang lebih pada pukul 06.30 WIB. Udara dingin langsung menyambut kami. Mirip seperti dinginnya udara di Bandung saat pagi.

Kegiatan berikutnya ialah mencari sarapan. Kebetulan ada tempat menarik yang kami lihat di dekat stasiun. Ada penjual nasi pecel pincuk di seberang stasiun Malang.

Kami berdua langsung jalan kaki ke sana untuk memesan sarapan. Alhamdulillah kedai pecel itu sudah buka. Penjual makanan di sebelahnya belum buka.

Sarapan kami selesai pada pukul 07.30 WIB. Agak lama, kami sarapan sambil beristirahat setelah perjalanan panjang di dalam kereta api. Selanjutnya, kami meneruskan perjalanan.

Saat pagi, kami belum bisa check in ke hotel tempat menginap. Jadi, kami putuskan untuk pergi ke masjid. Kami lihat di Google Maps, masjid agung letaknya tidak terlalu jauh dari stasiun. Berhubung masih pagi, kami jalan kaki ke masjid agung Jami’.

Itinerary liburan ke Malang berlanjut. Sekitar pukul 08.30 WIB kami tiba di masjid agung Jami’. Tujuannya mau nebeng mandi di kamar mandinya. Ingin bersih-bersih sekaligus menyegarkan badan.

Ternyata kamar mandi sedang dibersihkan untuk persiapan sholat Jumat. Kami tidak diperbolehkan oleh petugasnya untuk mandi di sana.

itinerary liburan ke malang backpacking 2018 refreshing bersama pasangan - catatan bunda

Rencana awal untuk mandi dan istirahat di dalam masjid harus kami ubah. Kami cari tempat nongkrong di sekitar masjid. Ada satu restoran cepat saji di sekitar masjid. Pukul 09.30 WIB hingga Sholat Jumat, kami berdua nongkrong di restoran tersebut.

Selesai sholat Jumat, kami bergegas menuju ke hotel tempat menginap. Pesan Go-Car, beberapa menit kemudian sudah sampai di Hotel Atria Malang. Sekitar pukul 13.15 WIB kami sudah tiba di lobby hotel.

Tepat pada pukul 14.00 WIB, kami check in ke kamar yang kami pesan untuk 2 malam. Istirahat sejenak di dalam kamar. Mandi (yang tertunda dari pagi) akhirnya bisa kami lakukan dengan leluasa πŸ˜€

Kami keluar hotel setelah sholat asar. Pukul 15.30 WIB kami mulai perjalanan lagi. Rencananya kami jalan kaki untuk kulineran di Bakso President Malang. Satu tempat kuliner bakso terkenal yang ada di pinggir rel kereta api.

Dari sini, kami melanjutkan perjalanan lagi. Kali ini jalan kaki ke Taman Kunang-Kunang selama kurang lebih 30 menit dari lokasi Bakso President. Di taman kunang-kunang, kami hanya melihat pemandangan hijau khas taman saja. Tidak ada hal lain yang menarik.

Kami meneruskan perjalanan lagi. Sebelum istirahat dan tidur malam di hotel. Tujuan berikutnya ialah wisata kuliner ke Tahu Lontong Lonceng. Sudah menjelang malam, jadi kami pesan Go-Car dari Taman Kunang-Kunang ke warung Tahu Lontong.

Pukul 17.45 WIB kami tiba di Lontong Lonceng dan memesan makanan di sana. Kami tidak terlalu lama di warung Tahu Lontong. 30 menit berikutnya, kami sudah keluar dari warung.

Berikutnya, kami pesan Go-Car lagi untuk menuju ke Puthu Lanang. Sayangnya, malam itu mereka tidak jualan. Jadi, kami tidak bisa kulineran di sana.

Pukul 19.00 WIB kami bisa mampir ke kafe 101 Malang. Ngemil dan bersantai sejenak di salah satu kafe gaul. Menikmati cahaya lampu dari berbagai bangunan di Malang. 30 menit berselang, kami memutuskan untuk pulang ke hotel. Sudah malam dan tubuh kami mulai terasa lelah.

Pukul 20.00 WIB, kami sudah tiba kembali di hotel. Istirahat mengumpulkan tenaga kembali.Β Rangkuman itinerary liburan ke Malang untuk hari pertama ialah sebagai berikut:

Hari Kamis – pukul 16.00 WIB: naik kereta api Malabar

Hari Jumat – pukul 06.15 WIB: tiba di Malang

Pukul 06.30 – 07.30 WIB: sarapan di Pecel Pincuk Malang

Pukul 07.30 – 08.15 WIB: Jalan kaki ke Masjid Agung Jami’

Pukul 08.15 – 08.45 WIB: Istirahat sejenak di Alun-Alun Malang

Pukul 09.00 – 13.00 WIB: Nongkrong di restoran cepat saji sambil menunggu waktu sholat Jumat usai

Pukul 13.00 – 13.15 WIB: Pergi menuju ke Hotel Atria

Pukul 16.45 – 17.15 WIB: Jalan kaki ke Taman Kunang-Kunang

Pukul 17.15 – 17.30 WIB: Menikmati suasana di Taman Kunang-Kunang

Pukul 17.45 – 18.15 WIB: Kulineran di Tahu Lontong Lonceng

Pukul 18.30 – 18.45 WIB: Menuju ke Puthu Lanang (Ternyata tutup)

Pukul 19.00 – 20.00 WIB: Nongkrong di Kafe 101 Malang

Pukul 20.30 WIB: Tiba di hotel untuk istirahat.

Demikian itinerary liburan ke Malang untuk hari pertama. Berikutnya kita akan simak perjalanan di hari kedua ya πŸ˜€

Itinerary Liburan ke Malang Hari Kedua (Sabtu)

Pada itinerary liburan di Malang hari kedua, kami bisa mulai dari pagi. Bangun pagi rasanya segar, walaupun baru saja beraktivitas seharian penuh di hari sebelumnya. Selesai sarapan pagi di Hotel Atria, kami mulai perjalanan.

Tujuan utama kami ialah bisa piknik ke satu tujuan wisata yang terkenal. Pilihan mengarah ke kota Batu. Tepatnya jalan-jalan di Museum Angkut Batu.

Pukul 09.00 WIB kami mulai perjalanan menuju Museum Angkut. Adanya Go-Car sangat membantu mobilitas kami selama di Malang. Kurang lebih 45 menit waktu yang diperlukan untuk tiba di Museum Angkut.

Pukul 10.00 WIB kami mulai menjelajah Museum Angkut. Luasnya kawasan wisata di Batu ini membuat kami sangat lama berada di dalamnya. Kurang lebih 4 hingga 5 jam yang kami habiskan untuk berkeliling sambil beristirahat.

itinerary liburan ke malang bersama pasangan menginap di hotel atria - catatan bunda

Kurang lebih pukul 15.00 WIB, kami sudahi wisata di kawasan Museum Angkut. Kami kembali ke kota Malang memakai Go-Car. Pukul 16.00 WIB, kami sudah ada di area kota dan mampir ke salah satu tempat penjualan oleh-oleh. Ada beberapa oleh-oleh khas Malang yang kami beli di tempat tersebut.

Pukul 16.45 WIB kami pesan Go-Car lagi untuk melanjutkan itinerary liburan ke Malang. Kali ini tujuannya ke Puthu Lanang. Ya, pada hari sebelumnya kami sudah mampir, tetapi sedang tutup. Kami masih penasaran dan mencoba lagi untuk datang. Mudah-mudahan kesempatan kedua ini kami beruntung.

Akhirnya kami tiba di Puthu Lanang. Alhamdulillah, kali ini kami beruntung. Puthu Lanang sudah buka dan siap melayani pesanan. Di sini kami agak lama. Apa penyebabnya?

Saat sebelum buka, Puthu Lanang sudah dikerubuti para konsumen. Mereka siap mengantri untuk memesan aneka jajanan tradisional khas Puthu Lanang. Setelah mengantri lumayan lama, akhirnya datang juga pesanan kami.

Rasa jajanannya tidak mengecewakan. Puthu dan jajanan tradisional lainnya enak banget. Tidak sia-sia kami datang lagi di kesempatan kedua dan mengantri hingga 1 jam lebih. Selesai dari sini kurang lebih pukul 19.00 WIB.

Kami cari informasi, ada satu tujuan kuliner terkenal yang letaknya dekat Puthu Lanang. Jadi kami bisa menuju ke sana tanpa perlu pesan Go-Car. 15 hingga 20 menit jalan kaki, kami pun tiba di tujuan kuliner berikutnya.

Pukul 19. 30 kami sampai di Bakso Bakar Pak Man. Pesan 2 porsi, lalu bikin vlog singkat sambil menikmati bakso di sini. Enak banget bakso bakarnya. Jauh lebih enak dibandingkan bakso bakar yang kami cicipi sebelumnya.

Selesai makan, kami kembali ke hotel. Lagi-lagi kami pesan Go-Car untuk mengantar pulang ke hotel. Menjelang pukul 21.00 WIB, kami sudah tiba di hotel.

Rangkuman itinerary liburan ke Malang untuk hari yang kedua ialah sebagai berikut:

Pukul 06.00 – 07.00 WIB: Sarapan pagi di restoran hotel

Pukul 18.30 – 20.00 WIB: Kulineran di Bakso Bakar Pak Man

Pukul 20.00 – 20.30 WIB: Perjalanan pulang kembali ke hotel

Pukul 20.30 WIB: Tiba di hotel dan istirahat

Demikian rangkaian itinerary liburan ke Malang pada hari kedua. Berikutnya, kita akan masuk ke cerita urutan perjalanan di hari terakhir.

Itinerary Liburan ke Malang Hari Ketiga (Minggu)

Itinerary liburan ke Malang pada hari terakhir memang tidak terlalu banyak. Kami harus menyesuaikan aktivitas supaya tiba di Stasiun Kereta Malang tepat waktu.

Mulai dari pagi hari, kami beraktivitas seperti biasa. Sarapan pagi di hotel sambil bersiap-siap mengemas barang bawaan. Pukul 09.30 WIB segala urusan di hotel sudah selesai. Kami check-out untuk melakukan aktivitas lainnya.

Perjalanan wisata kuliner di hari terakhir ini kami mulai dengan makan di Pangsit Mie Bromo Pojok. Tiba di restoran mie pangsit kurang lebih pukul 10.00 WIB. Setelah satu jam di sana, kami meneruskan perjalanan.

Kami tertarik untuk mencicipi Burger Buto. Satu tujuan kuliner di Malang yang menyajikan burger ukuran besar. Kami pesan Go-Car untuk mengantarkan ke sana. Kurang lebih keluar dari Pangsit Mie Bromo pada pukul 11.00 WIB.

Sayang sekali, ketika sampai di sana, Burger Buto sedang penuh pengunjung. Kami tidak kebagian tempat duduk. Akhirnya, kami putuskan untuk beralih ke tempat makan yang lain.

Itinerary liburan ke Malang berikutnya ialah makan di Rumah Makan Cairo Malang. Kami tiba menjelang pukul 12.00 WIB. Restoran terlihat sepi, jadi kami bisa pesan makanan dengan leluasa.

Menikmati makanan yang disajikan sambil foto-foto. Sate kambingnya enak, martabak Cairo yang kami pesan pun enak. Apalagi dinikmati saat masih hangat. Tidak lupa kami beli sekantong teh khas Rumah Makan Cairo untuk dinikmati di Bandung.

itinerary liburan ke malang di museum angkut batu - catatan bunda

Rumah Makan Cairo menjadi destinasi terakhir dari itinerary liburan ke Malang kami. Perjalanan yang relatif singkat, hanya 3 hari 2 malam. Akan tetapi, banyak tempat yang bisa kami datangi dan nikmati berdua. Jika wisata bersama anak-anak, belum tentu kami bisa bergerak secepat ini.

Kami langsung menuju ke stasiun kereta Malang. Menunggu kedatangan rangkaian kereta api yang membawa kami kembali ke Bandung. Kurang lebih pukul 15.30 WIB, kereta Malabar tiba di stasiun. Kami pun pulang kembali ke Bandung.

Rangkuman cerita itinerary liburan ke Malang pada hari terakhir ialah sebagai berikut:

Pukul 06.00 – 07.00 WIB: Sarapan pagi di hotel

Pukul 07.00 – 09.30 WIB: Mandi, istirahat, dan packing barang bawaan untuk pulang

Pukul 09.30 – 10.00 WIB: Proses check out dari Hotel Atria Malang

Pukul 10.00 – 10.30 WIB: Perjalanan menuju ke Pangsit Mie Bromo

Pukul 10.30 – 11.30 WIB: Kulineran di Pangsit Mie Bromo

Pukul 11.30 – 12.00 WIB: Meneruskan perjalanan ke Burger Buto

Pukul 12.00 – 12.30 WIB: Pindah ke Rumah Makan Cairo (karena Burger Buto penuh dan tidak kebagian tempat duduk)

Pukul 12.30 – 13.30 WIB: Menikmati sajian di Rumah Makan Cairo Malang

Pukul 13.30 – 14.00 WIB: Perjalanan ke Stasiun Malang

Pukul 14.00 – 15.30 WIB: Menunggu kedatangan kereta api Malabar

Pukul 16.00 WIB: Memulai perjalanan pulang kembali ke Bandung

Berakhir sudah sesi perjalanan liburan kami berdua. Demikian sharing cerita itinerary liburan ke Malang. Semoga ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian. Ada yang berencana untuk wisata ke Malang? Share ya pengalaman itinerary liburan ke Malang di kolom komentar.

Semoga kami bisa wisata lagi ke Malang. Berikutnya, kami ingin membawa serta anak-anak, supaya bisa menikmati aneka tujuan wisata keluarga bersama anak di Malang dan sekitarnya.

Terimakasih banyak ya sudah menyimak pengalaman tentang itinerary liburan ke Malang. Sampai jumpa di cerita selanjutnya ya πŸ˜€

One Comment

1. Tanah tempat kelahiranku… Selalu bikin kangen. Saya mudik tiap tahun ke Malang, sekarang makin macet aja jalannya. Apalagi kalau liburan, tambah oarah macetnya. Semoga jalan tolnya cepet jadi biar bisa mengurai kemacetan.