Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Istana Kelinci Lembah Harau, Perjumpaan yang Tidak Diduga-Duga

Siapa sangka kami bisa bermain di Istana Kelinci Lembah Harau? Ya, banyak hal tidak terduga saat kami liburan Idul Fitri bersama keluarga beberapa waktu yang lalu. Seperti pada saat kami bisa bermain di air terjun bareng anak-anak untuk pertama kalinya. Pengalaman traveling keluarga yang sangat berkesan untuk kami sekeluarga.

Petualangan di Lembah Harau berlanjut. Setelah hari sebelumnya kami jalan-jalan keliling Kampung Eropa, kami bersiap untuk petualangan keesokan harinya. Sebelum pulang kembali ke Pekanbaru, kami masih ada sedikit waktu untuk jalan-jalan berkeliling area tersebut. Kami tidak melewatkan kesempatan berharga yang ada.

Hingga akhirnya, kami mengajak anak-anak untuk bermain ke Istana Kelinci Lembah Harau. Seperti apa cerita lengkap petualangan kami? Ikuti terus yuk kisah selengkapnya.

foto bersama sebelum pulang ke pekanbaru 2019 - catatan bunda
lembah harau 2019

Bertemu Kelinci di Istana Kelinci Lembah Harau

Kami tidak sengaja bertemu dengan lokasi Istana Kelinci Lembah Harau ini. Kejadiannya bermula ketika rombongan kami sedang menuju ke air terjun. Tidak sengaja, kami melewati lokasi yang tidak disangka-sangka. Di tepi jalan, kami membaca papan nama tempat wisata yang bertuliskan Istana Kelinci.

Melihat hal tersebut, kami langsung memberitahu anak-anak bahwa kita bisa melihat dan bermain bersama kelinci. Kedua anak kami pun sangat antusias untuk bermain dengan kelinci. Sampai-sampai harus diberitahu lebih lanjut bahwa hari itu, kami akan bermain di air terjun Lembah Harau terlebih dahulu. Baru keesokan harinya, bisa bertemu dan bermain dengan kelinci di Istana Kelinci.

Pada hari terakhir liburan keluarga di Lembah Harau, kami bersiap-siap lebih awal. Semua barang bawaan kami bereskan pagi hari. Rencananya, pada siang harinya kami sudah mulai perjalanan pulang kembali ke Pekanbaru. Jadi, waktu yang tersisa sangatlah sedikit. Kami tidak mau membuang waktu dengan bermalas-malasan. Selain itu, kami juga masih punya janji ke anak yang harus ditepati. Apalagi jika bukan bermain ke Istana Kelinci Lembah Harau.

foto keluarga di kawasan lembah harau sumatra barat 2019 - catatan bunda
wisata alam indah di payakumbuh

Setelah semua barang selesai dirapikan, kami langsung pergi menuju Istana Kelinci Lembah Harau. Kali ini, kami tidak memakai kendaraan, cukup dengan berjalan kaki saja. Masih pagi, cuacanya pun sangat cerah dengan udara yang segar.

Di mana lokasi Istana Kelinci Lembah Harau? Letaknya ada di jalan yang berada di antara lokasi Kampung Eropa dan Air Terjun Lembah Harau. Kita akan menemukan lokasi wisata ini terletak di tepi jalan.

Kami jalan santai sambil berfoto di beberapa tempat yang menurut kami punya pemandangan indah sebagai latar foto. Setelah kurang lebih 15-20 menit berjalan kaki dari penginapan, kami pun tiba di Istana Kelinci Lembah Harau.

Permainan untuk anak-anak bersama kelinci akan segera dimulai..!! 😀

pintu masuk istana kelinci lembah harau - catatan bunda

Tiket Masuk Istana Kelinci

Tiba di pintu gerbang, kami disambut oleh pengelola lokasi wisata tersebut. Pagi itu masih sepi, belum ada wisatawan yang datang berkunjung ke Istana Kelinci. Sebelum bisa bertemu dengan para kelinci, kami harus membeli tiket masuk terlebih dahulu.

Tiket masuknya juga sangat murah. Cukup membayar Rp 10.000 / orang saja untuk masuk ke dalam lokasi wisata. Saat itu, kami membeli tiga buah tiket masuk saja (ayah, mama, dan kakak Mirza). Sedangkan untuk adik Chayra masih gratis, jadi tidak perlu membayar tiket masuk Istana Kelinci yang terletak di kawasan Lembah Harau.

Oya, tiket masuk Istana Kelinci hanya bisa dibeli secara tunai saja. Pengelola belum menyediakan mesin untuk transaksi elektronik. Pengelolaan tempat wisatanya masih sangat tradisional. Belum seperti obyek wisata besar yang sering kami temukan di Bandung.

aktivitas favorit anak memberi makan kelinci 2019 - catatan bunda
memberi makan kelinci

Bermain Sepuasnya Bersama Kelinci

Masuk ke lokasi wisata Istana Kelinci yang letaknya di Lembah Harau, kami langsung diarahkan menuju ke kandang kelinci. Kandangnya lumayan luas. Para pengunjung bisa berlarian di dalamnya sambil melihat-lihat kelinci. Di dalam kandang terdapat banyak kelinci yang lucu. Anak-anak langsung menyerbu masuk ke dalam kandang.

Biasanya ngapain aja saat bermain dengan kelinci? Salah satu aktivitas favorit anak-anak ialah memberi makan. Nah, pihak pengelola sudah menjual paket makanan kelinci berisi potongan wortel. Satu bungkusnya bisa dibeli dengan harga Rp 5.000,00. Sangat terjangkau dan murah untuk media interaksi keluarga dengan kelinci.

Kami membeli dua bungkus makanan kelinci. Satu untuk kakak, satu bungkus lainnya untuk adik. Kami asyik bercengkrama dengan kelinci yang menyerbu untuk minta makanan. Si bungsu sudah tidak takut lagi untuk memberi makan kelinci, demikian juga si sulung. Semuanya terlihat sangat akrab memberi kelinci makan. Para kelinci juga sangat antusias menyambut makanan yang kami bawa. Saat mau makan, para kelinci sampai berdiri untuk berebutan makanan. Tidak terasa beberapa waktu kemudian, jatah makanannya pun habis.

belajar menggendong kelinci di istana kelinci lembah harau 2019 - catatan bunda
belajar menggendong kelinci

Sambil mengawasi anak-anak bermain dengan kelinci, kami ngobrol santai dengan pengelolanya. Tempat wisata ini belum terlalu lama dibuka, kurang lebih baru berumur satu tahun. Jadi, bagi anda yang berencana liburan ke kawasan Lembah Harau bersama keluarga, bisa mampir ke obyek wisata yang satu ini ya. Apalagi bagi anda yang memiliki anak kecil seperti kami. Sudah pasti anak-anak akan sangat suka jika diajak bermain dengan kelinci.

Tidak hanya memberi makan, masih ada aktivitas lain yang seru. Kami memiliki kesempatan untuk mengelus dan menggendong kelinci yang ada di lokasi wisata Istana Kelinci. Adik dan kakak diajari oleh petugasnya satu persatu untuk belajar menggendong kelinci. Awalnya terlihat kagok dan takut, lama kelamaan mulai terbiasa saat memegang dan menggendong kelinci.

Kami tidak bisa bermain terlalu lama di Istana Kelinci Lembah Harau. Waktu kami terbatas, karena sudah akan pulang menuju ke Pekanbaru. Jadi, setelah beberapa waktu, kami mengakhiri petualangan kami bersama kelinci. Kami balik ke penginapan lagi dengan berjalan kaki santai.

Pemandangan indah di sekeliling membuat kami tidak terlalu kelelahan saat berjalan menuju ke penginapan. Kakak sudah sanggup berjalan cukup lama. Untuk adik, memang sesekali masih harus digendong saat merasa capek. Setiba di penginapan, kami dan rombongan bersiap untuk pulang. Akhirnya, masa liburan kami di Sumatra Barat selesai sudah.

Walaupun hanya beberapa hari, tetapi kami sungguh terkesan dengan keindahan alam yang kami nikmati selama liburan di Sumatra Barat. Semoga, kami bisa kembali mengunjungi Sumatra Barat pada kesempatan di masa yang akan datang. Terimakasih banyak ya sudah berkenan menyimak pengalaman liburan keluarga kami. Semoga memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa di petualangan selanjutnya 😀

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda