Indonesia Positif Virus Corona, Bagaimana Cara Menghadapinya?

Baru saja kita mendengar berita tentang Indonesia positif virus Corona. Presiden Indonesia, Pak Jokowi sendiri yang mengumumkan berita tersebut kepada khalayak. Beliau menyebutkan bahwa dua orang yang terinfeksi corona ialah warga kota Depok. Saat ini, kedua pasien sudah dirawat secara intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Sudah banyak yang menjadi korban keganasan virus corona. Korban jiwa paling banyak memang berada di Negara Cina. Akan tetapi, virus ini terus menyebar ke seluruh belahan dunia. Termasuk Negara kita tercinta, Indonesia. Seperti apa sih virus corona itu? Seperti apa cara penyebarannya? Dan bagaimana kita harus bersikap ketika Indonesia positif virus corona? Simak sharing kami pada tulisan kali ini.

Semoga sharing sederhana kali ini membawa manfaat bagi para pembaca. Selamat menyimak ya.

indonesia positif virus corona - catatan bunda 2020

Penyebaran Virus Corona di Dunia

Sudah banyak negara yang melaporkan munculnya kasus virus corona di negaranya, termasuk Indonesia beberapa hari yang lalu. Hingga saat ini sudah ada berapa kasus corona? Dikutip dari situs WHO per tanggal 3 Maret 2020, total kasus virus corona di seluruh dunia berjumlah 91.347 kasus.

Dari total jumlah kasus di atas, yang masih aktif sejumlah 39.936 kasus. 18% diantaranya masih dalam penanganan serius karena kondisi pasien yang kritis. Sementara sisanya, 82% pasien berada dalam kondisi yang ringan.

Penanganan virus corona yang sudah selesai di seluruh dunia berjumlah 51.411 kasus. 94% pasien diantaranya berhasil sembuh dan pulih sepenuhnya dari virus corona. Sedangkan sisanya, 6% pasien tidak berhasil pulih dan akhirnya meninggal dunia.

Indonesia Positif Virus Corona, Harus Bagaimana?

Lalu, bagaimana seseorang bisa terjangkiti oleh virus corona? Ada beberapa cara penularan virus yang satu ini. Termasuk kasus yang dialami oleh pasien di Indonesia. Hingga akhirnya Indonesia positif virus corona dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit. Mari kita doakan bersama semoga lekas pulih kembali.

Penularan akan terjadi jika anda melakukan kontak langsung dengan pasien yang positif virus corona. Kontak langsung seperti apa? Pertama, anda terpapar percikan dari pasien Covid-19 yang sedang batuk atau bersin.  Kedua, anda berada dalam jarak dekat dari orang yang terinfeksi dalam waktu yang lama. Ketiga, kontak langsung yang terjadi saat anda merawat, hidup bersama, mengunjungi, berada di ruang tunggu atau berada di kamar yang sama dengan pasien Covid-19.

Resiko tertular akan semakin besar apabila anda tidak menggunakan alat pelindung. Oleh sebab itu, masker menjadi satu komoditas paling dibutuhkan saat ini. Fungsi utamanya ialah untuk memperkecil resiko tertular virus Covid-19. Fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini justru sangat memprihatinkan. Banyak oknum yang memanfaatkan meluasnya wabah corona dengan menimbun masker. Setelah itu, mereka menjualnya dengan harga yang sangat tinggi.

Dengan status Indonesia positif virus corona, tentu kebutuhan akan masker semakin meningkat. Oknum seperti itu bukanlah seorang yang patut dipuji. Mereka sangat licik dan hanya mementingkan keuntungan diri sendiri. Presiden Jokowi pun sudah menginstruksikan kepada Kapolri untuk memburu oknum yang menimbun masker seperti ini. Ancaman hukum pidana dan denda luar biasa besar sudah membayangi para pelaku.

Seperti kita ketahui, wilayah Wuhan di Cina menjadi tempat awal penyebaran virus corona. Dari sini, virus semakin tersebar ke berbagai belahan dunia. Seperti apa sih gejala virus corona pada manusia?

Gejala paling umum dari COVID-19 ialah muncul demam tinggi, tubuh kelelahan dan batuk kering. Sementara itu, pada beberapa pasien akan mengalami rasa sakit dan nyeri, hidung yang tersumbat, sakit tenggorokan, diare dan pilek. Gejala virus corona ini biasanya ringan dan mulai dirasakan secara bertahap.

waspada penyebaran penyakit corona di dunia - catatan bunda 2020

Panduan Menghadapi Virus Corona

Saat ini, kita harus berjuang bersama-sama. Indonesia positif virus corona harus menjadi perhatian khusus. Negara butuh kerjasama yang baik dari seluruh warga negara untuk menanggulangi virus corona. Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga diri dan keluarga dari paparan virus corona? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

Persiapan Stok Makanan

Hal pertama yang bisa anda lakukan ialah mempersiapkan stok makanan dan minuman untuk di rumah. Jumlahnya? Sesuaikan dengan jumlah anggota kelaurga anda di rumah. Anda bisa mempersiapkan stok makanan untuk jangka waktu 2 hingga 3 minggu ke depan.

Jenis bahan makanan apa yang bisa dipersiapkan? Tentunya anda bisa kombinasikan. Mulai dari bahan makanan yang segar seperti sayuran, buah, telur, hingga produk hewani. Bila lokasi rumah anda dekat dari pasar tradisional, anda tidak perlu risau. Akses membeli bahan makanan segar bisa lebih mudah. Dengan demikian, anda bisa mengelola stok makanan lebih mudah. Tidak perlu menimbun bahan makanan hingga terlalu banyak. Jika dibutuhkan, anda bisa tambahkan dengan stok makanan instant.

rutin berolahraga untuk menghindari dampak virus corona - catatan bunda 2020

Hindari Pusat Keramaian

Penyebaran virus corona mayoritas terjadi lewat udara. Apalagi jika berada dekat dengan pasien dalam waktu lama tanpa kita ketahui. Oleh sebab itu, untuk saat ini anda bisa menghindari berada di pusat keramaian. Berada di pusat keramaian bisa memperbesar resiko kita tertular. Tanpa sadar, kita bisa berinteraksi langsung dengan virus corona yang berasal dari orang lain. Kita tidak mengetahui mana orang yang dalam kondisi sehat dan mana yang sedang terjangkit.

Jika anda berencana untuk liburan keluarga, anda bisa mempertimbangkan kembali rencana tersebut. Mengapa? Lebih baik untuk menahan diri untuk bepergian hingga kondisi dunia aman terkendali. Saat virus corona sudah mereda, anda bisa menjadwalkan kembali rencana berlibur bersama keluarga.

Penggunaan Masker Wajah

Tips lainnya untuk terhindar dari corona ialah penggunaan masker wajah yang tepat. Akan tetapi, tidak semua orang wajib menggunakan masker. Jadi, siapa saja yang disarankan untuk memakai masker wajah?

Menurut himbauan pemerintah, masker wajah lebih cocok digunakan untuk orang yang sedang sakit. Apabila tubuh anda dalam kondisi sehat dan fit, tidak perlu menggunakan masker wajah. Selain itu, masker wajah akan sangat dibutuhkan oleh petugas kesehatan yang sedang bertugas.

Persiapan Obat di Rumah

Indonesia positif virus corona, salah satu pencegahannya bisa dilakukan dari rumah. Anda bisa mulai stok obat-obatan ringan yang bisa didapatkan tanpa resep dokter. Contohnya seperti obat sakit kepala, obat batuk, multivitamin, dan lain sebagainya. Beli secukupnya untuk persediaan keluarga.

jaga kesehatan dengan olahraga rutin - catatan bunda 2020

Rutin Berolahraga

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan melalui olahraga. Jangan remehkan untuk melakukan olahraga rutin. Dalam satu minggu, usahakan bisa olahraga selama 150 menit. Apa jenis olahraga yang cocok? Anda bisa lakukan olahraga apa saja yang anda sukai.

Mulai dari olahraga seperti lari atau jogging, badminton, berenang, hingga olahraga angkat beban. Apa olahraga favorit yang biasa kami kerjakan? Saat ini, kami sedang rutin mengkombinasikan beberapa olahraga, yaitu cardio dan angkat beban. Kebetulan ada lokasi pusat kebugaran yang letaknya dekat dari rumah. Jadi, kami menjatuhkan pilihan untuk menjadi member di sasana olahraga tersebut. Jadwal olahraga dalam seminggu bisa 2 hingga 3 kali. Satu sesi olahraga antara 1 hingga 2 jam.

Bagaimana dengan anda? Apa olahraga favorit yang biasa anda lakukan? Share yuk di kolom komentar.

Konsumsi Rempah

Kita tahu, Indonesia kaya akan rempah-rempah. Siapa sangka jika rempah-rempah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kita bisa merutinkan konsumsi rempah ini sebagai benteng awal dari virus corona. Kesehatan dan daya tahan tubuh bisa lebih meningkat.

Rempah dan bumbu dapur seperti jahe, kencur, serai, kunyit dan lain sebagainya bisa anda jadikan minuman obat-obatan untuk keluarga. Jangan lupa tambahkan madu alami, supaya lebih baik hasilnya. Selain alami, cara membuatnya pun sangat mudah. Selamat mencoba ya! 😀

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Kesehatan tubuh bisa bergantung dari banyak faktor. Salah satunya ialah makanan. Dalam kondisi Indonesia positif virus corona, sudah seharusnya anda lebih memperhatikan makanan. Karena konsumsi makanan akan erat kaitannya dengan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Kelola asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai kekurangan asupan nutrisi yang akan membuat tubuh cepat lelah untuk beraktivitas. Jangan pula terlalu banyak asupan yang bisa menyebabkan obesitas. Apabila anda sedang dalam kondisi obesitas, anda bisa pertimbangan untuk mengkonsumsi nutrisi diet alami yang aman dan sudah mempunyai ijin BPOM.

konsumsi buah dan sayuran sehat - catatan bunda 2020

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Mulai dari kondisi rumah, kamar tidur, kamar mandi dan sekeliling rumah. Selain lingkungan, biasakan untuk lebih menjaga kebersihan tubuh.

Setelah bepergian dari luar rumah, anda harus selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Wajibkan kebiasaan baik ini kepada seluruh anggota keluarga. Ketika sedang bepergian dan berada di luar ruangan, jangan biasakan untuk mengusap wajah atau mulut dengan tangan anda. Kita tidak tahu bagaimana kondisi yang ada di lokasi yang sedang kita kunjungi. Lebih baik tetap waspada untuk menjaga kebersihan.

Saat Muncul Gejala, Segera Periksa ke Dokter

Apabila muncul gejala sakit pada tubuh, tidak perlu panik. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Gunakan masker wajah saat bepergian. Jika memungkinkan, anda tidak perlu keluar rumah terlebih dahulu. Prioritaskan untuk memulihkan kondisi tubuh sebelum kembali beraktivitas.

Update Informasi dari Sumber Valid

Pada masa genting seperti sekarang, arus informasi sangat deras. Ada informasi yang benar, ada juga yang hoax. Oleh sebab itu, pastikan kita semua selalu mengacu kepada instansi yang kredibel untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Indonesia positif virus corona. Penyebab gelombang rasa panik bisa juga dipicu dari maraknya informasi hoax yang beredar.

Saring informasi yang kita peroleh. Apakah sumbernya bisa dipercaya? Intinya lakukan kroscek sumber, isi berita dengan patokan sumber kredibel lainnya. Jika tidak terlalu penting dan bisa meresahkan, sebaiknya tahan diri untuk menyebarkan berita tersebut.

Anda bisa pantau informasi dari website WHO dan website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai rujukan utama. Jika kurang, anda bisa tambahkan informasi yang ada di media social dari instansi terkait. Biasanya informasi di Instagram, Facebook, maupun Twitter dari instansi terkait akan lebih mudah diakses oleh publik. Variasinya juga lebih banyak dan terlihat menarik. Mulai dari informasi dalam bentuk foto, infografis, hingga video animasi elegan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah menyediakan hotline apabila anda kendala atau melaporkan sesuatu terkait corona. Berikut ini informasi kontaknya:

Hotline Kementerian Kesehatan

021 – 521 0411

0812 1212 3119

Demikian ulasan sederhana yang bisa kami sharing dalam kesempatan kali ini. Walaupun Indonesia positif virus corona, sebaiknya kita semua tetap tenang. Lakukan gaya hidup bersih dan sehat seperti biasa. Jangan lupa untuk selalu berdoa mohon perlindungan kepada Allah SWT. Dengan doa dan ikhtiar maksimal, kita berharap wabah virus corona segera hilang dari Indonesia dan dunia.

Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak ulasan kali ini. Semoga informasi dalam cerita kali ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada cerita dan petualangan kami berikutnya 😀

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami
1
Butuh bantuan?
Halo.. Temukan produk terbaru Catatan Bunda di idekreator.com.

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by