Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Funtopia Balloon Park, Main Balon Raksasa di Bandung

Beberapa waktu yang lalu, Bandung kedatangan wahana Funtopia Balloon Park dari Traveloka. Anda sempat bermain ke sana? Jika sempat, maka anda sangat beruntung. Acaranya tidak lama, karena akan berpindah lagi ke kota lainnya. Kami sempat bertanya, setelah selesai acara di Bandung, wahana Funtopia Balloon Park akan menuju ke Yogyakarta.

Kami tahu acara ini juga secara tidak sengaja. Saat sedang berselancar di media sosial, tiba-tiba kami melihat poster tentang Funtopia yang sedang berlangsung di Bandung. Secara spontan, kami berdua sepakat untuk membawa anak-anak bermain ke sana. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kami mengajak anak-anak ke wahana Funtopia Bandung.

Faktor pertama ialah waktu yang terbatas. Ya, acara ini mampir ke Bandung dalam dua minggu saja. Acara berlangsung dari tanggal 27 September hingga 7 Oktober 2018. Mengetahui hal tersebut, kami langsung mengalokasikan waktu untuk mengajak anak bermain di Funtopia Balloon Park Bandung.

Faktor kedua ialah aktivitas bermain di luar sudah menjadi favorit anak-anak. Ya, sebisa mungkin kami ingin melatih anak-anak supaya banyak aktivitas fisik. Jika hanya berdiam diri di rumah, anak-anak akan cepat bosan. Lama kelamaan, anak-anak akan minta bermain di smartphone saja. Jika sudah bermain, bisa dipastikan anak lupa waktu dan lupa segalanya.

Tantangan orangtua zaman sekarang ialah melawan resiko anak terpapar smartphone dalam waktu yang lama. Salah satu cara mengatasinya ialah dengan kegiatan fisik di luar rumah. Beberapa aktivitas seru lainnya sudah pernah kami paparkan di artikel yang lain. Jika berkenan, silakan mampir untuk menikmati pengalaman sederhana kami ya. Mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi para orangtua sekalian. Banyak aktivitas seru bersama anak yang bisa dikembangkan dalam berbagai kesempatan 😀

bermain balon raksasa di funtopia balloon park traveloka bandung - catatan bunda

review funtopia balloon park di bandung - catatan bunda

Bermain Balon Raksasa di Funtopia Balloon Park

Kami melihat jadwal kegiatan anak sehari-hari. Mulai dari sekolah dan aktivitas rutin lainnya. Setelah menemukan celah kosong, kami langsung memesan tiket untuk bermain di Funtopia Bandung. Pemesanan dilakukan secara online. Cukup memesan melalui aplikasi Traveloka dan semua urusan tiket masuk beres dengan cepat.

Sesuai namanya, Funtopia Balloon Park menghadirkan wahana permainan berupa balon. Tidak hanya sekedar balon, tetapi balon yang berukuran raksasa. Arena bermain di Bandung memang sangat bermacam-macam. Ada yang menawarkan kolam bola raksasa. Pada lain tempat, ada yang menawarkan pemandangan sekaligus permainan anak-anak di lereng perbukitan. Masih banyak lagi variasi tempat wisata di Bandung.

Bentuk balon yang ada di Funtopia Bandung juga beraneka macam. Anak-anak mana yang tidak terpikat saat diberitahu akan bermain dengan balon raksasa? Kedua anak kami sangat gembira. Mereka sudah tidak sabar untuk pergi ke area Funtopia Balloon Park. Hampir setiap hari kami mendapat pertanyaan tentang kapan akan pergi bermain balon raksasa. Akhirnya, kami menemukan waktu yang pas. Tepatnya saat hari biasa atau weekday. Sepulang kakak sekolah, sorenya kami pergi ke tempat bermain balon raksasa.

Kami memilih pergi saat sore hari saja. Mengapa demikian? Saat sore, udaranya tidak terlalu panas jika dibandingkan siang hari. Selain itu, kakak juga baru saja pulang sekolah di siang hari. Supaya tidak terlalu lelah, kami memilih pergi saat sore hari saja. Sepulang sekolah, kakak bisa makan siang dahulu sambil beristirahat.

Sambil menemani kakak beristirahat, kami mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan saat bermain di Funtopia Balloon Park. Apalagi jika bukan peralatan untuk mengambil foto dan video. Mulai dari kamera, tripod, daya baterai yang sudah diisi, hingga mikrofon external kami persiapkan saat masih berada di rumah. Kesempatan langka bermain balon raksasa tidak bisa dilewatkan begitu saja. Kami harus mengabadikan momen ini dengan foto dan video.

aneka balon raksasa lucu di funtopia balloon park bandung - catatan bunda

main bersama anak di funtopia balloon park bandung - catatan bunda

Lokasi Acara

Saat sudah siap, kami langsung berangkat menuju lokasi Funtopia Balloon Park. Kebetulan lokasinya dekat dari rumah. Jadi, kami tidak perlu waktu lama untuk tiba di tempat permainan. Wahana bermain balon raksasa ini terletak di daerah Arcamanik.

Tepatnya berada di Prabuwangi Park – ex Arcamanik Driving Range. Lengkapnya, wahana bermain ini terletak di Jalan Padang Golf, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung 40293.

Lokasinya mudah sekali dijangkau. Untuk memudahkan penataan balon-balon raksasa, pihak pengelola memilih lokasi yang berbentuk lapangan luas. Dengan tempat yang berbentuk lapangan, penataan balon raksasa bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Perjalanan kami dari rumah untuk menuju ke tempat bermain sangat lancar. Hanya ada kepadatan di beberapa titik. Sudah menjadi hal yang wajar terjadi di Bandung. Kepadatan kendaraan terjadi setiap hari, terutama di sekitar terminal Cicaheum. Kurang lebih 30 menitan di perjalanan, kami tiba di tempat bermain.

Mobil langsung kami parkir di luar tempat bermain. Sudah ada petugas parkir yang bertugas membantu para pengunjung untuk merapikan kendaraannya. Dominasi kendaraan roda empat sangat terlihat sore itu. Banyak orangtua yang pergi ke lokasi Funtopia Balloon Park bersama dengan anak-anaknya. Termasuk kami sekeluarga yang tidak mau ketinggalan.

Harga Tiket Masuk

Sebelum diperbolehkan masuk ke arena Funtopia Balloon Park, pengunjung harus membeli tiket masuk. Pemesanan bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Traveloka. Harga tiket dibedakan menjadi dua, yaitu harga tiket untuk hari biasa (weekday) dan tiket untuk hari libur (weekend).

Tiket dibandrol dengan harga Rp 50.000 / orang untuk hari biasa. Sementara untuk hari libur, tiket masuk bisa didapatkan dengan harga Rp 75.000 / orang. Ketika mengakses aplikasi Traveloka, kami melihat ada pilihan harga paket untuk 4 orang sebesar Rp 180.000 saja.

Sontak, kami langsung memilih paket untuk 4 orang. Pembayaran selesai dilakukan dan kami mendapatkan e-ticket melalui email. Sungguh canggih ya perkembangan teknologi saat ini. Tiket sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah dan praktis. Selain itu, tidak perlu susah payah mencetak kertas tiket sehingga bisa menghemat pengeluaran berupa kertas.

Setiba di loket tiket Funtopia, kami menyodorkan e-ticket kami kepada petugas. Di situ kami baru mengetahui bahwa tiap pembelian 3 tiket akan mendapatkan gratis 1 buah tiket lagi. Demikian juga saat membeli 4 tiket, kami mendapat bonus 1 buah tiket masuk gratis.

Daripada terbuang percuma, kami hampiri satu pengunjung lain yang sedang mengantri. Tujuan kami ialah memberikan ekstra tiket kami kepada beliau secara gratis. Akan tetapi, beliau ternyata tidak mau jika diberi gratis. Beliau akhirnya membeli tiket ekstra kami seharga Rp 45.000.

Sebelum masuk, tanda masuk berupa gelang tersebut harus kami pakai di pergelangan tangan. Petugas akan memberikan tanda pada masing-masing gelang. Setelah itu, kami boleh masuk. Kami juga diingatkan untuk memakai kaos kaki saat bermain di arena Funtopia Balloon Park. Untungnya kami sudah siap sedia dari rumah dengan membawa kaos kaki. Setelah masuk, kami bisa mengenakan kaos kaki yang sudah kami siapkan sebelum bermain.

balon caterpillar raksasa di funtopia balloon raksasa bandung - catatan bunda

memanjat balon jamur raksasa di funtopia balloon park bandung - catatan bunda

Bermain Balon Raksasa Sepuasnya

Benar saja, begitu diperbolehkan masuk, anak-anak langsung berlarian dan berteriak gembira. Baru kali itu mereka melihat permainan berbentuk balon yang berukuran raksasa. Pemandangan di depan mata kepala sendiri semakin membuat anak-anak bersemangat. Mereka langsung menuju balon raksasa pertama yang berbentuk gurita. Balonnya pun lucu dengan warna pink.

Anak-anak bisa bermain lompat-lompatan di dalam balon. Tidak hanya untuk anak, para orangtua pun bisa ikutan bermain bersama anak di sana. Kami pun memanfaatkan betul kesempatan tersebut. Kapan lagi bisa ikut main lompat-lompatan di balon raksasa 😀

Selain lompat-lompatan, pengunjung bisa main perosotan di balon yang ada. Anak-anak naik dan langsung meluncur dengan gembira. Puas sekali rasanya bisa melihat anak-anak tertawa lepas dan sangat menikmati permainan di Funtopia Balloon Park.

Selesai dari satu balon, kami berjalan lagi menuju balon yang lain. Main lompat-lompatan, hilang keseimbangan dan meluncur menjadi permainan yang bisa dinikmati. Tidak lupa kami mengambil foto di tiap balon raksasa yang tersedia.

Bentuk balonnya sangat banyak. Tepatnya ada 8 karakter yang tersedia di arena bermain Funtopia Balloon Park. Ada balon yang berbentuk Crown Castle, Mystery Maze, Bunny Bo, Old Octopus, Candi Cane, Caterpillar Cave, Traveloka Track, dan Mighty Mushroom. Seluruh balon tersebut dibuat dengan penuh warna yang menarik.

Oleh sebab itu, balon raksasa terlihat sangat menarik bagi anak-anak dan orangtua. Anak-anak tertarik untuk menjadikan balon sebagai tempat bermain. Sementara bagi orangtua, tidak hanya untuk tempat bermain, tetapi sebagai latar belakang foto yang lucu dan instagrammable 😀

Kami terus berkeliling dari balon yang satu ke balon yang lainnya. Di sela-sela permainan, kami dihampiri oleh salah satu staff Traveloka. Kami ditanyai beberapa pertanyaan, lalu diajak ikut serta bermain games di booth Traveloka. Ada hadiah menarik berupa voucher yang bisa digunakan saat melakukan pembayaran di aplikasi Traveloka. Kami ikuti permainannya di booth dan berhak mendapatkan voucher. Lumayaaan 😀

games berhadiah dari traveloka di funtopia balloon park bandung - catatan bunda

Permainan diteruskan sampai habis. Di satu balon, anak-anak bisa melakukan simulasi memanjat tebing di balon berbentuk jamur raksasa. Tentunya dalam bentuk balon yang aman. Anak sulung kami tidak buang waktu dan langsung ikutan memanjat sampai ke atas. Sementara kami menunggu di bawah sambil bermain dengan si bungsu yang masih kecil.

Balon lucu berbentuk ulat raksasa atau caterpillar menjadi serbuan anak-anak di Funtopia Balloon Park Bandung. Bagaimana tidak? Ukurannya yang sangat besar dengan warna kuning dan hijau terang membuat balon raksasa itu sangat lucu. Anak-anak masuk dari mulutnya lalu bisa berjalan dan keluar dari ekornya. Namanya anak-anak, tenaganya seolah-olah tidak ada habisnya dan tidak ada rasa bosan. Mereka bolak-balik jalan dari mulut ke ekor dan diulangi terus menerus.

Bentuk balon lainnya ada yang berupa labirin. Pengunjung bisa masuk dan berlari mengelilingi labirin tersebut. Anak-anak senang sekali saat tiba di labirin. Mereka berlarian dengan semangat hingga terjatuh karena pijakannya yang sangat lembek dan hanya berisi udara. Mereka bangun kembali dan berlari lagi mencari rute yang tepat.

Tidak terasa, sudah hampir 2 jam kami bermain di dalam arena balon raksasa Funtopia. Seru sekali rasanya bisa menemani anak bermain. Mereka sangat puas dan gembira. Demikian juga dengan kami.

Wahana bermain Funtopia Balloon Park akan berkeliling ke berbagai kota besar di Indonesia. Kami beruntung bisa mampir dan bermain saat mereka ada di Bandung. Saat itu, kami tanya ke salah satu petugasnya. Setelah dari Bandung, Funtopia akan berkunjung ke Yogyakarta. Tiap kota akan didatangi selama dua minggu. Begitu selesai, maka akan berpindah kembali ke kota selanjutnya.

Nah, anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk bermain bersama anak. Lebih baik berkeringat dan bermain di Funtopia Balloon Park daripada hanya duduk dan bermain gadget. Lebih positif dan banyak manfaatnya bagi anak-anak. Selain itu, dengan bermain bersama, ikatan orangtua dengan anak akan menjadi lebih erat. Orangtua bisa menghabiskan waktu dengan anak-anaknya. Siapa sih orangtua yang mau melewatkan kesempatan emas seperti itu? 😀

Kami lihat ada berbagai pilihan tempat makan menarik di ujung lapangan. Akan tetapi, hari itu semuanya sedang tutup. Penyebabnya kami tidak tahu persis. Apakah karena pengunjung yang tidak terlalu banyak atau karena faktor hari biasa? Entahlah. Jadi, kami tidak bisa wisata kuliner di lokasi permainan. Setelah puas bermain, kami langsung pulang ke rumah untuk beristirahat.

Demikian cerita singkat kami saat bermain di Funtopia Balloon Park Bandung. Semoga ada manfaatnya bagi para pembaca. Terimakasih banyak sudah berkenan mengikuti kisah bermain kami di arena balon raksasa. Sampai ketemu di cerita petualangan selanjutnya 😀

(Visited 117 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda