Forest Walk Babakan Siliwangi, Menikmati Udara Segar Hutan Kota

Jalan pagi dan menikmati udara segar di Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung. Pagi itu udara kota Bandung sangat cerah. Mirza kebetulan sedang libur satu hari dari sekolah karena di hari sebelumnya ada kegiatan yang melibatkan satu sekolah.

Kami pun langsung diskusi, enaknya menghabiskan waktu ke mana ya? Sayang jika kami hanya di rumah saja saat dapat kesempatan libur dari sekolah. Jatuh ke mana pilihan kami? Yang pasti bukan ke mall, karena jalan-jalan ke mall sudah terlalu mainstream, muehehehe πŸ˜€

forest walk babakan siliwangi menikmati udara segar di hutan kota bandung - catatan bunda

Jalan Pagi di Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Akhirnya kami menjatuhkan pilihan ke satu lokasi yang baru saja diresmikan oleh Pak Walikota Bandung, yaitu Forest Walk Babakan Siliwangi.

Kapan peresmiannya?

Tempat ini diresmikan oleh pak walikota pada tanggal 17 Januari 2018. Kami baru sempat datang dan menikmatinya beberapa waktu yang lalu πŸ˜€

Kami memilih mengunjungi tempat ini karena memang waktu untuk jalan-jalan yang tidak terlalu panjang. Hanya memanfaatkan waktu libur satu hari dari sekolah kakak Mirza. Jadi kami pilih tempat yang masih dekat lokasinya, belum pernah kami kunjungi, dan berbeda dari pengalaman jalan-jalan anak sebelumnya.

Akhirnya kepikiran untuk menikmati udara pagi di Forest Walk Babakan Siliwangi.

Lokasi Forest Walk Babakan Siliwangi

Kami berangkat pagi-pagi dari rumah. Saat yang lain berangkat ke kantor, kami sekeluarga malah keluyuran πŸ˜€

Awalnya bingung dan ragu-ragu, alamat tepatnya di mana dan parkirnya di sebelah mana? Beberapa menit kemudian, kami sampai ke lokasi. Jalanan pagi tidak macet, kemungkinan sudah lepas dari jam puncak kemacetan saat pagi hari.

Alamat lengkap Forest Walk Babakan Siliwangi bisa kita temukan ada di Jalan Tamansari No. 73, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung 40132.

Belum kebayang?

Bagi warga Bandung pasti sudah kenal yang namanya kawasan olahraga Sabuga ITB. Ada lapangan sepakbola, jogging track, lapangan basket, kolam renang, dan lain-lain. Nah, lokasi Forest Walk Babakan Siliwangi ini tepat berada di jalan masuk menuju kawasan olahraga Sabuga ITB.

Kami pun parkir mobil di area ini, tepat di luar kawasan olahraga Sabuga ITB. Anda tinggal menuju ke Jalan Tamansari, lurus hingga belok kiri ke Jalan Siliwangi, tak jauh dari situ, anda akan menemukan belokan ke kiri yang menuju ke lokasi Sabuga ITB.

Lokasi Forest Walk Babakan Siliwangi akan tepat berada di hadapan anda. Mudah ditemukan.

Tiket Masuk Forest Walk Babakan Siliwangi

Setiba di lokasi, kami langsung jalan untuk masuk ke kawasan hutan kota Bandung yang satu ini. Apakah pengunjung perlu membayar tiket masuk ke Forest Walk Babakan Siliwangi?

Harga tiket masuk ke Forest Walk Babakan Siliwangi ialah sebesar nol rupiah. Alias GRATIS bin FREE πŸ˜€

Tinggal bawa diri aja saat berkunjung ke lokasi wisata Bandung yang indah ini.

Aneka Pemandangan di Forest Walk Babakan Siliwangi

Pemandangan hutan yang hijau dan asri akan menyambut anda saat tiba di lokasi. Kita bisa jalan-jalan di mengelilingi hutan kota Bandung dengan menggunakan jalan yang sudah disediakan. Jalanannya tidak langsung menginjak tanah, akan tetapi terletak di atas. Mirip seperti konsep Teras Cihampelas, yang berbentuk jalanan di atas jalan raya.

Forest Walk Babakan Siliwangi pun sama. Jalanannya ada di atas dan diatur sedemikian rupa sehingga bisa digunakan pengunjung untuk jalan berkeliling dan menikmati wisata alam di sini. Panjang rute jalan kakinya kurang lebih mencapai 2 km. Cocok bagi anda yang ingin berolahraga ringan atau sekedar berjalan kaki dengan santai.

Lalu, bagaimana udaranya? Jangan ditanya lagi tentang udaranya. Udara yang ada di Forest Walk Babakan Siliwangi sangat sejuk karena rindangnya pepohonan.

Jarang-jarang warga perkotaan seperti kami bisa menikmati udara yang segar dan sejuk dari pepohonan yang ada di hutan. Ada banyak pemandangan yang bisa kami temukan saat jalan pagi di hutan kota Bandung. Selain rindang dan hijaunya pepohonan tentunya.

Kami bisa melihat kawasan olahraga Sabuga, mulai dari kolam renang yang ada di bagian khusus, hingga lapangan bola, jogging track, lapangan futsal dan lain-lain. Selain itu, kami bisa melihat para pengunjung Sabuga yang sedang asyik berolahraga.

Pada sudut lain hutan kota Bandung, kami melihat sungai kecil yang mengalir dengan deras di bawah jalan buatan yang kami lewati. Kakak pun sangat tertarik menikmati saat melihat aliran sungai, kolam renang Sabuga dan lapangan sepakbola yang sangat besar.

para petugas kebersihan di hutan kota bandung - catatan bunda

Hal Menarik di Forest Walk Babakan Siliwangi

Banyak sekali hal menarik yang kami temukan saat menikmati waktu di hutan kota Bandung. Apa saja? Kami coba ceritakan di sini.

#1 Kehadiran Petugas Kebersihan

Saat kami datang pagi itu, banyak petugas yang sedang bekerja keras dan bergotong royong. Para petugas tersebut sedang apa?Β Beliau sedang menyapu dedaunan yang gugur dan mengotori jalanan.

Jadi buat kita, para pengunjung yang ingin terus menikmati keindahan hutan kota Bandung, kita harus membantu para petugas tersebut. Dengan cara apa?

Kita bisa membantu dengan tidak membuang sampah yang kita bawa sepanjang perjalanan. Jika memungkinkan, kita bisa membantu memungut sampah yang kita temui di jalanan Forest Walk Bandung. Tidak banyak memang.

Akan tetapi, melakukan hal-hal sederhana seperti itu merupakan kepedulian yang akan sangat bermanfaat besar bagi masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan hutan. Jangan menggantungkan tugas untuk menjaga kebersihan pada petugas saja. Tugas untuk menjaga kebersihan sudah menjadi tugas seluruh masyarakat dan pengunjung Forest Walk Babakan Siliwangi.

#2 Bertemu Rombongan Anak Sekolah

Hal menarik lainnya ialah kawasan hutan kota yang indah ini sering dijadikan tujuan wisata bagi anak-anak sekolah usia dini. Seperti saat kami jalan-jalan di lokasi Forest Walk Babakan Siliwangi.

Kami bertemu dengan rombongan anak sekolah dari salah satu TK di Bandung yang didampingi oleh orang tua dan para guru. Ramai dan heboh banget pastinya, ada puluhan anak sekolah yang bareng. Para guru menjelaskan berbagai cerita edukasi untuk semua murid sambil berjalan berkeliling hutan. Di lain pihak, para anak TK ada yang asyik mendengarkan dan ada yang asyik bermain hingga menikmati pemandangan hutan.

#3 Bertemu Pasangan yang Sedang Foto Pre Wedding

Tidak jauh setelah kami memasuki kawasan hutan, kami melihat pemandangan menarik. Ada pasangan yang sedang melangsungkan sesi foto untuk pre wedding. Ya, kawasan hutan kota Bandung ini memang menyimpan potensi yang menarik.

Anda bisa memanfaatkan background alam yang indah di sini untuk bahan fotografi, termasuk untuk sesi pre wedding. Banyak spot foto menarik yang bisa anda jelajahi di Forest Walk Babakan Siliwangi. Sangat cocok bagi anda yang menyukai fotografi dengan latar belakang pepohonan yang rindang dan hijau.

#4 Melihat Banyak Hewan

Bagi warga perkotaan besar seperti di Bandung, semakin susah untuk melihat aneka jenis satwa yang unik. Akan tetapi, saat kami jalan pagi di kawasan Forest Walk Bandung, kami berkesempatan melihat beberapa jenis hewan menarik.

Tak hanya bagi kami, anak-anak pun sangat bersemangat dan tertarik saat melihat binatang ini. Kami melihat binatang seperti tupai yang berlarian dan melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Anak-anak seneng banget bisa melihat pemandangan langka tersebut.

Selain bisa menemui tupai, anak-anak bisa melihat semut hitam yang berukuran besar. Berbeda dari ukuran semut pada umumnya. Dengan sedikit cerita dan akting dari kami berdua, anak-anak pun jadi terhibur saat melihat semut hitam tersebut πŸ˜€

#5 Seru-Seruan Bermain dengan Dedaunan

Di dalam hutan kota Bandung, saya melihat ada dedaunan yang biasa saya gunakan bermain saat kecil. Saya lupa namanya, hanya ingat bentuk daunnya. Tanpa pikir panjang, saya pun ajak kakak untuk bermain sebentar. Anda juga bisa ikut mempraktekkan permainan sederhana ini bersama anak.

Seperti ini permainannya:

#6 Ketemu Bus Bandros

Saat kami berjalan keluar dari kawasan hutan kota, kami kaget. Lho, kok ada Bus Bandros yang parkir di sebelah mobil kami? Bukan hanya satu bus, tetapi ada tiga buah Bus Bandros yang parkir.

Kami pikir, lokasi Forest Walk Babakan Siliwangi merupakan salah satu terminal pemberhentian yang dilewati oleh bus unik Kota Bandung ini. Iseng, kami pun bertanya pada petugas yang ada di dalam Bus Bandros, apakah bisa naik bus untuk wisata keliling Bandung dari hutan kota Bandung.

Ternyata tidak bisa, kata petugasnya.

Tiga buah bus bandros yang sedang berhenti di Forest Walk Babakan Siliwangi tersebut sedang disewa / dicarter. Salah satu tujuannya memang ke hutan kota.

Kalau mau naik Bus Bandros, datangnya ke taman di depan balaikota Bandung. Bus Bandros akan mangkal di lokasi tersebut dari pagi sampai siang hari. Begitu keterangan dari bapak petugas.

Oh, manggut-manggutlah kami berdua mendengar penjelasan tersebut.

sewa bus bandros untuk wisata keliling bandung di forest walk babakan siliwangi - catatan bunda

Apakah Cocok Membawa Anak Jalan di Forest Walk Babakan Siliwangi?

Kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam berkeliling di dalam hutan kota. Alhamdulillah kedua anak kami bisa ikut menikmati suasana di dalamnya. Selain sejuk dan udara segar, anak-anak pun mendapatkan pengalaman baru di tempat yang baru dikunjungi.

Tempat tujuan wisata Bandung ini sangat ramah untuk pejalan kaki dan semua usia, termasuk anak-anak. Jadi, bagi anda yang ingin mengajak anak, jangan ragu untuk datang ke Forest Walk Bandung bersama buah hati anda.

Satu tips sederhana bagi anda yang ingin membawa bayi atau anak berusia balita. Jika anda punya stroller bayi di rumah, anda bisa membawa stroller tersebut untuk jalan-jalan di hutan kota.

Dudukkan bayi atau anak balita anda di stroller tersebut. Jadi anda tidak akan capek menggendong anak saat berjalan keliling hutan kota Bandung. Lumayan banget tuh kalau harus menggendong anak satu jam nonstop selama keliling hutan kota. Bekal satu botol air minum tidak akan cukup bagi kami sekeluarga πŸ˜€

Hal tersebut juga kami lakukan saat membawa stroller dan mendudukkan si bungsu ke dalamnya. Anak bungsu kami pun sangat menikmati berkeliling lokasi hutan kota sambil duduk di dalam stroller. Jika anda punya gendongan bayi yang praktis, anda juga bisa menggunakan gendongan tersebut.

Tidak harus menggunakan stroller, gunakan yang nyaman saja menurut anda. Demikian cerita jalan pagi keluarga kami di Forest Walk Babakan Siliwangi. Hutan kota Bandung yang indah dan ditata dengan sedemikian rupa untuk dinikmati bersama oleh semua warga.

Jika anda sedang berkunjung ke Bandung, atau anda salah satu warga Bandung, coba datanglah ke salah satu lokasi wisata alam yang indah di kota Bandung. Nikmati suasana dan keindahan pemandangan di dalamnya.

Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan yaaa. Terimakasih sudah berkenan menyimak. Sampai jumpa di episode cerita keluarga kami selanjutnya πŸ˜€

(Visited 2,670 times, 1 visits today)

2 Comments

  1. wahh, seruu. terima kasih untuk sharingnya mba. aku belum sempet bawa anak2 untuk bermain kesana. jadi makin penasaran untuk bermain bersama anak2 disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *