Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Dusun Bambu Bandung, Menikmati Kuliner dan Kesejukan Alam Bersama Keluarga

Dusun Bambu Bandung, satu tempat wisata yang sangat populer di kota Bandung. Banyak wisatawan yang senang berkunjung ke sini. Salah satunya kami dan keluarga besar. Sudah beberapa kali kami sengaja liburan dan jalan-jalan di Dusun Bambu Bandung.

Kebetulan, saat itu ada keluarga yang berkunjung dari Semarang. Saat itu, kami langsung mencoba menyusun rencana jalan-jalan sederhana di tempat wisata Bandung. Ketika sedang ngobrol bersama-sama, kami coba mengusulkan untuk main ke Dusun Bambu saja.

Sayang, sudah jauh-jauh dari Semarang, tetapi tidak menyempatkan untuk rekreasi. Semuanya pun setuju dengan usulan kami. Rencana perginya ialah keesokan paginya, pada hari Sabtu. Seperti apa perjalanan kami sekeluarga ke Dusun Bambu Bandung?

Ikuti cerita selengkapnya di tulisan kali ini ya. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang mau liburan di Bandung. Yuk kita mulai perjalanannya ๐Ÿ˜€

rekreasi bersama keluarga di dusun bambu lembang bandung - catatan bunda

REVIEW WISATA KELUARGA DI DUSUN BAMBU BANDUNG

Tidak heran banyak wisatawan yang datang ke Bandung. Banyak tempat liburan yang menarik untuk dijelajahi, tidak cukup hanya datang sekali saja. Anda sekeluarga diundang untuk datang berkali-kali ke Bandung, hehehe ๐Ÿ˜€

Berapa lama biasanya anda berlibur ke Bandung? 2 hari 1 malam? Waktu sesingkat itu belum cukup untuk mendatangi berbagai tujuan wisata. Sama seperti keluarga yang datang dan menginap di rumah kami ketika itu.

Waktu berkunjung di Bandung sebentar saja. Jadi, kami coba memilih tempat wisata yang cocok untuk keluarga besar. Seperti penjelasan di atas, pilihan keluarga jatuh kepada Dusun Bambu Bandung.

Idealnya, kami ingin berangkat ke Dusun Bambu saat pagi hari. Akan tetapi, saat pagi masih ada keperluan lain yang harus diselesaikan. Oleh sebab itu, kami baru bisa pergi siang hari, setelah jam makan siang.

Ada banyak rute yang bisa dilalui saat mau menuju Dusun Bambu Bandung. Rute paling umum ialah melalui Jalan Setiabudi Bandung. Dari jalan tersebut, akan langsung mengarah ke Lembang. Jika masih pagi, biasanya masih sepi jalanannya. Kendaraan belum terlalu banyak berseliweran.

Jika anda masuk dari Tol Pasteur, arahkan saja kendaraan ke bawah jembatan layang Surapati. Setelah itu, belok kiri ke arah Jalan Cipaganti. Ikuti jalan terus yang menuju Jalan Setiabudi.

Berhubung kami berangkat siang hari, sudah pasti jalanan akan lebih padat. Jadi, kami nikmati saja kondisi di perjalanan. Kurang lebih 45 โ€“ 60 menitan, kami akhirnya tiba di lokasi Dusun Bambu Bandung.

MENGENAL DUSUN BAMBU BANDUNG

Seperti apa sih Dusun Bambu Bandung? Apa saja yang menarik dari tempat wisata yang satu ini? Wisata keluarga ini dibuka sejak tahun 2014. Udara sejuk khas dataran tinggi sudah pasti menjadi salah satu daya tariknya.

Lokasi Dusun Bambu juga lumayan jauh dari pusat kota. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan memberikan ketenangan tersendiri. Apalagi para pengunjung yang sibuk dengan berbagai pekerjaan dan keriuhan di kota besar. Dusun Bambu Bandung menjadi tempat istirahat yang nyaman.

Di mana alamat lengkap Dusun Bambu Bandung? Anda bisa temukan lokasi berlibur ini di alamat berikut ini:

Jalan Kolonel Masturi KM 11 Kartawangi, Cisarua Kabupaten Bandung Barat 40551.

Jika anda belum pernah ke sini, cukup gunakan aplikasi Waze atau Google Maps untuk penunjuk arah. Apalagi jika anda mau menembus kemacetan kota Bandung. Pilihan rute yang lebih bersahabat bisa mempersingkat waktu perjalanan anda.

Untuk info lebih lengkap, anda juga bisa menghubungi pihak Dusun Bambu Bandung via telepon. Berapa nomornya? Anda bisa hubungi pengelola Dusun Bambu pada nomor 022 โ€“ 8278 2020.

Udara yang sejuk bisa dinikmati sepanjang hari. Akan lebih terasa saat masih pagi hari. Selain itu, pengunjung tidak sepadat saat siang ke sore hari.

Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu. Jam operasional Dusun Bambu Bandung panjang sekali. Jadi anda bisa menyesuaikan waktu kunjungan anda. Tempat liburan ini beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Saat kami tiba di lokasi, kami langsung menuju ke tempat parkir kendaraan. Areanya luas sekali. Bisa dipahami, banyaknya pengunjung, tentu memerlukan lahan parkir yang luas untuk menampung kendaraannya. Biaya parkir untuk mobil dibandrol Rp 15.000 / mobil.

Setelah memarkir kendaraan, kami jalan kaki menuju loket. Sebelum bisa menikmati Dusun Bambu, kami harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Berapa harga tiket masuknya?

Dusun Bambu Bandung membandrol tiket masuk dengan harga Rp 25.000 / orang. Termasuk anak-anak harga tiketnya sama. Anak-anak bisa masuk GRATIS jika tinggi badannya masih di bawah 80 cm.

Sayangnya, pembayaran di loket belum dilengkapi dengan mesin kartu debit. Jadi, pembayaran tiket masuk hanya bisa menggunakan uang tunai saja. Siapkan uang tunai secukupnya ya saat anda tiba di sini.

Selesai dari loket, kami disambut dengan pemandangan yang indah. Ada sawah berwarna hijau yang membentang luas. Sangat nyaman rasanya. Jika anda beruntung, anda bisa melihat sawah yang berwarna kuning, pertanda memasuki masa panen.

Untuk menuju ke lokasi utama, kami menggunakan kendaraan khusus. Fasilitas ini sudah disediakan oleh pihak Dusun Bambu. Bagi anda yang mau jalan kaki juga boleh, sesuai selera masing-masing saja ๐Ÿ˜€

Kendaraan khusus ini berbentuk mirip angkot kota Bandung yang sudah dimodifikasi. Baik modifikasi secara bentuk hingga hiasan khas Dusun Bambu. Kapasitas kendaraan ini juga mirip angkot. Maksimal bisa mengangkut 12 orang sekaligus. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan ini secara GRATIS. Tidak dipungut biaya tambahan.

Dari titik loket masuk, anda akan diantarkan ke lokasi utama. Setelah itu, anda bisa berjalan menuju wahana yang anda inginkan.

angkutan khusus pengunjung dusun bambu lembang bandung - catatan bunda

ARENA BERMAIN UNTUK ANAK

Bagi kami yang membawa keluarga, tempat ini menawarkan banyak hal. Salah satunya kegembiraan bagi anak-anak. Ada banyak wahana permainan menarik yang bisa dimainkan oleh anak.

Ada kawasan khusus tempat permainan di Dusun Bambu Lembang. Namanya kawasan Kampung Ulin. Kami sempat mampir ke sini sebelum berhenti di kawasan utama. Harapannya bisa bermain di kawasan ini bersama anak-anak.

Wahananya memang banyak. Akan tetapi, saat itu kondisinya sepi sekali. Jadi, hanya keluarga kami saja yang berada di Kampung Ulin. Kurang seru rasanya jika bermain sendiri di kawasan sebesar itu.

D ujung Kampung Ulin, kami lihat ada arena memanah. Spontan, kami pun masuk ke lokasi untuk bermain. Minimal bisa mengajak anak sulung untuk belajar memanah. Ternyata, ada peraturan khusus untuk diperbolehkan bermain di wahana panahan.

Usia minimal yang diizinkan ialah usia 8 tahun. Kedua anak kami masih kecil, belum mencapai usia tersebut. Dengan adanya peraturan tersebut, kakak belum bisa bermain panahan. Kami pun pergi saja dari arena Kampung Ulin. Perjalanan kami lanjutkan ke kawasan utama Dusun Bambu Bandung.

Selain arena memanah, pengelola sudah menyediakan berbagai macam wahana. Ada wahana melukis kaos, wahana menonton berbagai jenis binatang, dan aneka wahana lainnya. Jika anda penasaran, anda bisa mampir dulu ke kawasan Kampung Ulin untuk melihat-lihat.

Kami pun jalan kaki berkeliling kawasan utama. Salah satu tujuan utamanya ialah mencari arena bermain untuk anak-anak. Akhirnya, kami menemukan arena playground yang asyik untuk kedua anak kami. Namanya kawasan bermain Rabbit Wonderland.

arena bermain anak bersama kelinci di dusun bambu bandung - catatan bunda

Seperti namanya, di playground ini para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kelinci. Akan tetapi, tidak seperti kandang kelinci pada umumnya. Arena ini didesain dengan apik dan indah. Dilengkapi dengan rumah-rumah kelinci berukuran kecil, rumput sintetis, hingga labirin dan tempat bermain anak-anak.

Untuk masuk ke Rabbit Wonderland, kami harus membayar tiket masuk tersendiri. Harga tiketnya Rp 35.000 / anak. Sudah termasuk dengan satu orang pendamping dewasa.

Setelah berada di dalam, kami langsung bermain dengan kelinci. Kedua anak kami sangat menikmatinya. Bisa memegang, menggendong, dan memberi makan kelinci. Tidak semuanya ikut masuk. Bagi anggota keluarga yang lain, cukup melihat anak-anak bermain bersama kelinci sudah ikut senang.

Selain Rabbit Wonderland, ada playground untuk anak. Letak kedua wahana ini saling berdekatan. Anda bisa membeli tiket masuk ke playground jika ingin mengajak anak-anak untuk bermain di dalamnya. Saat itu, kami tidak masuk ke playground, hanya menikmati main bersama kelinci saja.

Jika kami bermain di playground, kasihan anggota keluarga yang lain. Bisa terlalu lama menunggu anak-anak sampai puas bermain. Ga mungkin anak-anak hanya mau main sebentar saja, bukan? Minimal harus meluangkan waktu 1 jam khusus untuk bermain di playground, bahkan bisa lebih.

Puas bermain di Rabbit Wonderland, kami jalan berkeliling di area Lutung Kasarung. Satu area berbentuk sangkar burung yang digunakan untuk tempat makan. Anda bisa merasakan sensasi makan di dalamnya. Cukup membayar biaya sewa Rp 100.000 / jam (belum termasuk makanan) untuk bisa menggunakan Lutung Kasarung.

WISATA KULINER DI DUSUN BAMBU BANDUNG

Wisata bersama keluarga belum lengkap tanpa wisata kuliner. Di area Dusun Bambu, para pengunjung dimanjakan dengan berbagai pilihan tempat makan. Setidaknya ada tiga lokasi wisata kuliner di dalam Dusun Bambu yang bisa anda cobain. Tiga pilihan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cafรฉ Burangrang
  • Pasar Khatulistiwa
  • Restoran Saung Purbasari

Pilih yang mana dulu? Sebaiknya, anda datang langsung ke Dusun Bambu saja. Dijamin akan bingung memilihnya ๐Ÿ˜€

Jika mau, anda bisa lakukan seperti yang kami kerjakan. Pada kunjungan sebelumnya, kami mencoba kulineran di Restoran Purbasari saja. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba tempat makan lainnya. Pilihan keluarga jatuh kepada Pasar Khatulistiwa. Bisa jadi, kami akan berkunjung lagi ke Dusun Bambu pada masa yang akan datang untuk mencoba makanan di Cafรฉ Burangrang ๐Ÿ˜€

Tiap tempat makan di Dusun Bambu mempunyai ciri khas masing-masing. Contohnya seperti Restoran Purbasari. Tempat makan ini menyajikan makanan khas Sunda. Restoran Saung Purbasari didesain dengan bentuk saung-saung yang mengelilingi danau buatan.

dusun bambu bandung tempat wisata yang cocok untuk keluarga - catatan bunda

Jadi, sambil menunggu dan menikmati makanan, anda bisa keluar saung dan duduk di tepi danau. Ada banyak ikan di danau yang bisa diberi makan. Anak-anak gembira banget ketika melihat ikan berebut makanan yang dilemparkan ke dalam danau.

Ukuran saungnya lumayan besar. Cukup untuk menampung rombongan keluarga besar. Waktu kunjungan sebelumnya, rombongan keluarga kami berjumlah 10 hingga 20an orang. Semuanya muat untuk makan bersama di dalam satu buah saung.

Di kejauhan, kami bisa melihat pengunjung lain yang asyik naik perahu keliling danau. Di sudut lainnya, ada pengunjung yang masuk di dalam bola karet berukuran raksasa. Tidak lama kemudian, bola karet tersebut dilemparkan ke tengah danau.

Ya, dua wahana tersebut merupakan beberapa wahana yang disediakan Dusun Bambu Bandung. Anda bisa menikmati permainan tersebut dengan membeli tiket khususnya. Sudah sangat cukup untuk menghibur anak-anak.

Pada kesempatan kali ini, pilihan keluarga jatuh ke Pasar Khatulistiwa. Seperti apa konsep dari tempat makan yang satu ini? Secara sederhana, โ€œpasarโ€ yang satu ini berbentuk area foodcourt. Banyak pilihan makanan dan minuman di Pasar Khatulistiwa. Tiap pedagang memiliki kiosnya sendiri.

Anda bisa menemukan makanan dan minuman seperti ini:

  • Bakso daging sapi
  • Sate panggang
  • Pempek
  • Dendeng sapi
  • Sate kelinci
  • Sate ayam
  • Sate sapi
  • Otak-otak ikan tengiri
  • Crepes
  • Mie tek-tek
  • Sosis bakar
  • Kentang goreng
  • Nasi goreng
  • Dan berbagai pilihan makanan lainnya.

Berapa harga makanan yang disajikan di Pasar Khatulistiwa? Harga makanan dan minumannya sangat terjangkau. Kisaran harganya antara Rp 15.000 โ€“ Rp 45.000 per porsi. Sambil menunggu, anda bisa memilih tempat duduk kesukaan.

Kami sekeluarga memilih meja dan tempat duduk yang berada di luar ruangan. Sambil menikmati makanan, kami bisa melihat pemandangan indah yang ada di sekeliling Dusun Bambu Bandung. Pembayaran dilakukan di masing-masing counter makanan.

Ada kartu khusus yang digunakan untuk membayar makanan di kawasan Pasar Khatulistiwa dan Dusun Bambu Lembang. Sebelum membayar, anda bisa menambah saldo (top up) di kartu pembayaran tersebut. Loket top up sangat mudah ditemukan di dekat foodcourt. Top up saldo dilakukan dengan menggunakan kartu debit BCA.

bersantai di tepi sungai dan sawah dusun bambu lembang bandung - catatan bunda

TEMPAT SHOLAT DI DUSUN BAMBU BANDUNG

Selesai menikmati makanan di Pasar Khatulistiwa, kami mencari mushola. Sudah waktunya sholat Asar. Alhamdulillah letak musholanya dekat dengan Pasar Khatulistiwa. Tidak perlu waktu lama untuk menuju ke mushola.

Ukuran mushola di Dusun Bambu lumayan besar. Bisa menampung puluhan jamaah sekaligus. Mushola untuk jamaah pria dan wanita letaknya bersebelahan. Tidak terpisah jauh seperti beberapa tempat pada umumnya.

Kami pun bergantian untuk sholat. Harus ada yang menjaga anak-anak. Jadi, sambil menunggu giliran sholat, kami jalan-jalan. Kebetulan terlihat satu taman bunga di dekat mushola. Rupanya taman ini yang dikenal dengan nama Taman Arimbi.

Letaknya lebih tinggi dari Cafรฉ Burangrang dan tempat makan lainnya. Jadi, saat di Taman Arimbi, kami bisa melihat pemandangan Dusun Bambu yang sangat indah. Tentunya warna-warni bunga di Taman Arimbi juga sangat indah dan menyejukkan mata.

Selesai sholat, kami sekeluarga langsung kembali ke mobil. Kami putuskan untuk menyudahi wisata keluarga di Dusun Bambu Lembang. Waktunya untuk pulang ke rumah.

Tempat wisata di Lembang ini recommended gak? Menurut kami sekeluarga, Dusun Bambu layak untuk dikunjungi. Apalagi saat anda membawa rombongan keluarga besar. Anda bisa membawa keluarga untuk wisata kuliner di Restoran Purbasari. Duduk di dalam saung, menikmati makanan yang disajikan sambil menikmati pemandangan sekeliling yang indah.

Jika anda memiliki banyak waktu luang, bisa rencanakan untuk menginap di Dusun Bambu Bandung. Pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa tipe villa dan tenda untuk glamping (glamour camping) di kawasan wisata tersebut.

Demikian cerita dan pengalaman keluarga saat rekreasi ke Dusun Bambu Bandung. Semoga kisah kali ini ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada cerita dan petualangan keluarga kami berikutnya ya ๐Ÿ˜€

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda