Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Destinasi Wisata di Bandung Selatan, Jadikan Long Weekend Makin Asyik

Destinasi wisata di Bandung Selatan ada apa saja? Ikuti terus informasinya di sini yuk πŸ˜€

Bandung merupakan salah satu tempat liburan favorit para wisatawan. Barangkali salah satunya adalah anda yang membaca tulisan ini, hehehe. Bagaimana, sudah merencanakan mau pergi ke mana saja selama di Bandung?

Jika anda sudah bosan liburan ke area Bandung utara atau di sekitar Lembang, ada baiknya anda mengalihkan rencana wisata anda ke area Bandung selatan. Banyak destinasi wisata di Bandung selatan yang siap menyambut kedatangan anda bersama dengan keluarga.

Destinasi Wisata di Bandung Selatan

Saat long weekend sering banget menghampiri kita semua. Momen seperti ini merupakan satu waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Kita bisa memanfaatkan waktu libur panjang untuk pergi berwisata bersama keluarga atau melakukan kegiatan lain seperti umroh bersama keluarga.

Banyak tujuan yang bisa anda datangi untuk berwisata. Salah satunya ialah kawasan Bandung selatan, yang menyimpan banyak sekali lokasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi selama liburan panjang. Lebih baik daripada hanya sekedar berada di rumah menghabiskan waktu dengan bermain smartphone saja πŸ˜€

Destinasi wisata di Bandung selatan ada apa saja? Simak informasi yang berikut ini ya. Semoga bermanfaat bagi rencana berlibur anda bersama keluarga, terutama di kawasan Bandung selatan.

Kebun Strawberry Ciwidey

Satu daya tarik kawasan Ciwidey ialah buah strawberry. Tidak heran daya tarik ini dijadikan sebagai destinasi wisata di Bandung selatan. Anda bisa masukkan tempat wisata ini di dalam rencana saat anda berkunjung ke Ciwidey bersama keluarga.

Di sini anda bisa melihat langsung kebun strawberry. Sambil berjalan-jalan mengelilingi kebun, anda juga diperbolehkan untuk memetik buah strawberry. Berkeliling kebun sambil menikmati pemandangan bisa menjadi pengalaman berkesan bagi anda bersama keluarga.

Anda bisa menikmati buah strawberry dengan langsung makan di tempat. Selain itu, anda juga bisa membawa pulang. Minta saja ke petugas untuk menimbang buah strawberry yang anda petik. Setelah itu, anda tinggal membayarnya. Anda juga bisa menemukan tempat penginapan yang sekaligus menyediakan wahana memetik buah strawberry langsung dari kebun.

Salah satunya seperti yang kami tempati saat itu, The Teras Kayu. Anda bisa menikmati menginap bersama keluarga di sana sambil memetik dan menikmati buah strawberry yang masih segar.

Destinasi wisata di Bandung selatan - kebun strawberry

Batu Kincir Resto Mountain Breeze Banjaran

Destinasi wisata di Bandung selatan yang pertama ada Batu Kincir Resto Mountain Breeze. Seperti apa bentuknya? Konsep tempat wisata yang satu ini ialah wisata kuliner berbentuk restoran yang dipadukan dengan melihat pemandangan yang indah. Jadi para pengunjung bisa bersantai, menikmati makanan, sambil melihat pemandangan kota Bandung.

Di mana lokasinya?

Mountain Breeze Banjaran terletak di Jalan Raya Banjaran KM 11.5, Langonsari, Pameungpeuk, Bandung, Jawa Barat 40376.

Restoran yang satu ini terletak di area perumahan elit yang ada di Banjaran, Bandung Selatan yaitu Mountain Breeze. Bagi anda yang mau berkunjung ke Batu Kincir Restoran, siapkan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Nominal tiket masuk tersebut akan menjadi tambahan untuk pembayaran makanan anda di dalam restoran.

Situ Cileunca

Selanjutnya, destinasi wisata di Bandung selatan yang satu ini menawarkan pengalaman yang menarik banget. Kawasan Situ Cileunca namanya.

Anda bisa menikmati kawasan agrowisata ini lengkap dengan pemandangan yang indah banget. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, anda sudah bisa menikmati pemandangan danau dan sungai yang sangat indah.

Pemandangan tersebut masih dilengkapi dengan pemandangan hijau yang sangat menyejukkan pandangan mata. Anda juga bisa membeli buah segar seperti buah strawberry dan arbei di kawasan wisata Situ Cileunca.

Jika suka petualangan, ada atraksi lain yang bisa anda mainkan saat berada di destinasi wisata di Bandung selatan ini.

Apa itu?

Ada wisata arung jeram, cocok bagi anda yang suka petualangan dan merasakan sensasi mengarungi aliran sungai di Situ Cileunca dan Sungai Palayangan.

Kampung Cai Rancaupas

Bagi anda yang senang dengan suasana alami dataran tinggi, sangat cocok untuk liburan di daerah Bandung selatan. Destinasi wisata di Bandung selatan selanjutnya ialah Kampung Cai Rancaupas. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung di tujuan wisata yang satu ini.

Selain itu, di lokasi wisata ini para pengunjung bisa melihat penangkaran rusa. Anda pun bisa masuk dan langsung berinteraksi dengan memberi makanan seperti wortel kepada para rusa yang ada di dalam. Untuk masuk ke area penangkaran rusa, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya.

penangkaran rusa rancaupas - catatan bunda

Fasilitas berikutnya adalah Rancaupas Smart Camp. Rancaupas dikenal sebagai satu bumi perkemahan yang terkenal di kawasan Bandung selatan. Seringkali diadakan kegiatan camping dengan skala yang besar di lokasi ini.

Anda pun bisa menikmati kegiatan berkemah atau camping di alam terbuka. Cukup dengan menyewa tenda dan peralatan pendukung lainnya yang sudah disediakan di lokasi. Kegiatan berikutnya yang bisa anda lakukan di dalam area destinasi wisata di Bandung selatan ini ialah berendam di kolam air panas.

Kolam air panas yang ada di Rancaupas ini, sumber mata airnya berasal dari Gunung Patuha. Tersedia kolam untuk dewasa dan untuk anak-anak. Pastikan anda selalu mendampingi anak-anak jika ingin melakukan kegiatan berendam di kolam air panas ini.

Bagi anda yang datang membawa rombongan jumlah besar, anda bisa melakukan kegiatan di area outbond yang sudah tersedia di Rancaupas. Kegiatan seperti flying fox, jembatan goyang, paint ball, fun games, buggle trampoline dan sepeda gunung bisa anda lakukan bersama dengan rombongan di kawasan Rancaupas.

Di mana alamat lengkap dari Kampung Cai Rancaupas?

Anda bisa menemukan lokasinya di Jalan raya Ciwidey – Patenggang km 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kawah Putih

Destinasi wisata di Bandung selatan selanjutnya ialah Kawah Putih. Satu tujuan liburan keluarga yang sangat populer akan keindahan panoramanya. Anda bisa memakai jaket tebal saat berkunjung ke tempat wisata keluarga yang satu ini. Lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 2400 meter di atas permukaan laut, sehingga menyebabkan udara di lokasi sangat dingin.

Anda bisa menempuh perjalanan dengan jarak 60 km dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Bandung untuk menuju ke Kawah Putih. Saat tiba di sana, anda bisa menikmati udara yang dingin dan melihat pemandangan Kawah Putih yang sangat indah.

Bagi anda yang suka fotografi, sambil jalan-jalan, anda bisa mengambil banyak foto yang menarik di kawasan Kawah Putih. Destinasi wisata di Bandung selatan ini memiliki beberapa fasilitas pendukung sehingga memudahkan para pengunjung saat berwisata ke sana.

Fasilitas yang bisa anda temukan di lokasi ialah sebagai berikut:

  • Mushola
  • Tempat parkir yang luas
  • Tempat makan
  • Pusat informasi
  • Alat transportasi setempat untuk mengantarkan anda dari gerbang masuk menuju ke lokasi Kawah Putih.

Jika anda berencana untuk menghabiskan waktu lebih lama, anda bisa menginap di sekitar kawasan ini. Ada banyak tempat menginap yang tersedia. Salah satunya berada tepat di seberang jalan lokasi Kawah Putih, yaitu EmTe Resort. Anda bisa menginap dan menikmati makanan di lokasi tersebut.

Bukit Jamur Ciwidey

Berikutnya, anda bisa menemukan satu lagi destinasi wisata di Bandung selatan yang unik.

Apa itu?Β Ada tempat wisata yang dikenal dengan nama Bukit Jamur.

Suhu udara di Bukit Jamur Ciwidey sangat dingin. Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha. Jadi, sebaiknya anda menyiapkan jaket tebal saat berkunjung ke sini dan bisa anda gunakan sewaktu-waktu. Anda akan disuguhi pemandangan taman yang sangat luas dan indah. Pemandangan pohon cemara akan menemani anda selama berwisata di lokasi ini.

Pohon cemara yang ada di lokasi tersebut memiliki bentuk yang sangat berbeda jika dibandingkan bentuk pohon cemara pada umumnya. Pohon yang berada di Bukit Jamur berbentuk menyerupai jamur dan memiliki tinggi yang lebih pendek. Anda bisa menemukan Bukit Jamur Ciwidey di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Dengan pemandangan indah yang ada di Bukit Jamur, anda bisa mengambil berbagai foto keren saat anda berkunjung bersama keluarga.

Pemandian Air Panas Cimanggu

Setelah puas menikmati aneka pemandangan alam, anda bisa mencoba wisata yang lain saat berada di Ciwidey. Salah satu destinasi wisata di Bandung selatan ialah Pemandian Air Panas Cimanggu.

Siapkan tiket masuk sebesar Rp 17.000 per orang saat weekday dan Rp 21.500 per orang saat weekend. Anda bisa berendam di kolam air panas yang sudah disediakan di sini. Jika tidak suka dengan keramaian di kolam umum, anda bisa memesan ruangan khusus (private room) untuk menikmati air panas.

Pemandian air panas Cimanggu menyediakan kolam untuk anak-anak dan untuk dewasa. Fasilitasnya lumayan lengkap, anda bisa menemukan fasilitas seperti mushola, area parkir, kios makanan dan minuman serta area bermain untuk anak. Anda juga bisa menginap di Cimanggu Cottage yang tersedia di kawasan ini jika anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di area wisata ini.

Pemandian Air Panas Ciwalini

Selain pemandian air panas Cimanggu, anda bisa mencoba destinasi wisata di Bandung selatan yang lainnya dan masih serupa.

Tempat tersebut ialah Pemandian Air Panas Ciwalini.

Saat tiba di sini, anda bisa berendam menikmati air panas alami yang mengandung belerang sambil melihat pemandangan indah yang membentang di sekelilingnya. Kolam air panas di sini tersedia dalam berbagai kedalaman yang berbeda. Sebaiknya anda terus mendampingi anak-anak saat menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata keluarga.

Obyek wisata Pemandian air panas Ciwalini terletak di Jalan Raya Ciwidey – Patengan.

Anda akan menemukan lokasi ini di pintu gerbang tempat wisata menarik lainnya, yaitu Agrowisata Rancabali. Selain kolam pemandian air panas, anda bisa menemukan fasilitas permainan lainnya yang tersedia. Beberapa fasilitas permainan yang ada diantaranya flying fox, berkendara dengan ATV, dan penyewaan sepeda.

Perkebunan Teh Rancabali

Jika waktu anda masih panjang, anda bisa mencoba untuk menginap di sini. Salah satu destinasi wisata di Bandung selatan yang sempat kami jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

Lokasinya tepat bersebelahan dengan pemandian air panas Ciwalini. Anda bisa menikmati pemandangan kebun teh yang hijau dan sangat menyegarkan. Selain melihat pemandangan, anda bisa booking untuk menginap di berbagai villa yang tersedia di area kebun teh.

Mulai dari villa untuk keluarga kecil hingga villa untuk anda yang membawa rombongan keluarga besar. Jadi saat bangun tidur, anda bisa langsung menikmati kebun teh sambil jalan-jalan pagi. Pastikan anda membawa pakaian hangat ya jika anda memutuskan untuk menginap di villa yang ada di Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey.

Mengapa?

Karena udaranya sangat dingin, terlebih saat malam hingga pagi hari. Jika tidak ada persiapan, anda bisa kedinginan dan menggigil sepanjang malam πŸ˜€

kebun teh rancabali - catatan bunda

Situ Patenggang

Selanjutnya, anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan danau. Destinasi wisata di Bandung selatan berikutnya ialah Situ Patenggang. Lokasi Situ Patenggang berdekatan dengan kebun teh Rancabali. Anda bisa berkendara kurang lebih 15 – 20 menit dari kebun teh untuk menuju lokasi Situ Patenggang.

Sepanjang perjalanan, anda akan menikmati pemandangan yang hijau dari perkebunan teh. Sungguh pemandangan indah yang jarang ditemui di kota-kota besar. Danau ini sangat terkenal, anda pun bisa berkunjung saat sedang wisata ke kawasan Ciwidey.

Di lokasi Situ Patenggang, anda akan menikmati pemandangan danau yang luas. Sebelum masuk, anda bisa membayar tiket untuk memasuki kawasan wisata ini. Baiknya anda berkeliling saat pagi hingga siang hari, supaya bisa lebih enak menikmati keindahan lokasi wisata Situ Patenggang.

Selain menikmati pemandangan, anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Pastikan menawar harga sewa perahu yang ditawarkan ya. Jika tidak, anda bisa mendapat harga yang tinggi dari pemilik perahu.

situ patenggang ciwidey - catatan bunda

Glamping Lake Side dan Pinisi Resto

Wisata kekinian berikut ini harus masuk ke rencana anda saat berlibur ke Bandung. Destinasi wisata di Bandung selatanΒ  ini dikenal dengan nama Glamping Lake Side Ciwidey. Pintu masuknya berada tidak jauh dari Situ Patenggang, hanya berjarak beberapa ratus meter saja.

Ukuran gerbangnya juga besar, jadi tidak akan kelewat. Tenang saja πŸ˜€

Setelah membayar tiket masuk di pintu gerbang, anda bisa meneruskan perjalanan menuju area Glamping Lake Side. Jaraknya lumayan, sekitar 4 – 5 km.

Jalanan untuk menuju area Glamping Lake Side Ciwidey sudah bagus dan beraspal. Sambil menikmati pemandangan hijau dari kebun teh yang tidak habis-habisnya, anda akan tiba di lokasi Glamping Lake Side.

glamping lakeside ciwidey

Di dalam area Glamping Lake Side anda bisa menemukan sebuah restoran hits berbentuk perahu besar yang disebut Pinisi Resto. Dari atas Pinisi Resto, anda bisa melihat pemandangan Situ Patenggang dari sudut yang lain. Tetap mempesona dan indah.

Sambil menikmati pemandangan, anda bisa memesan makanan di restoran ini. Menu makanan yang bisa anda nikmati juga bermacam-macam. Anda pun bisa menginap di area Glamping Lake Side yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Tempat menginapnya berbentuk tenda berukuran besar yang eksklusif dan nyaman bagi para pengunjung.

Banyak spot foto menarik saat anda berjalan-jalan dan menikmati liburan di kawasan Glamping Lake Side dan Pinisi Resto. Jadi waktu beberapa jam bisa jadi tidak cukup di tempat wisata ini πŸ˜€

pinisi resto ciwidey - catatan bunda

Taman Kelinci Ciwidey

Bagi yang suka dengan kelinci, anda bisa masukkan destinasi wisata di Bandung selatan ke salah satu rencana kunjungan anda. Seperti contohnya saya sendiri yang punya anak kecil.

Saat wisata keluarga ke Ciwidey, kami sempatkan untuk mampir dan berkunjung ke Taman Kelinci Ciwidey. Banyak kelinci yang dipelihara di lokasi ini. Anak-anak pasti suka. Para pengunjung juga diperbolehkan untuk berinteraksi langsung dengan kelinci.

Mulai dari memegang, menggendong, memberi makanan berupa wortel hingga berfoto bersama. Tempatnya mudah ditemukan saat anda berkendara dari kota Bandung. Jaraknya kurang lebih 47 km. Saat anda sudah puas berinteraksi dengan kelinci, anda bisa beristirahat di tempat makan yang disediakan pengelola.

Makanan mulai dari snack atau makanan kecil hingga makanan utama bisa anda pesan di tempat makannya. Selain itu, ada fasilitas Mushola berukuran besar yang ada di dekat area kelinci. Bisa anda jadikan sebagai tempat rehat selama kunjungan anda di sini.

taman kelinci ciwidey - catatan bunda

Barusen Hills Ciwidey

Berikutnya adalah Barusen Hills Ciwidey, satu destinasi wisata di Bandung selatan yang indah banget. Ada banyak wahana dan pemandangan yang bisa anda nikmati. Waterpark bisa anda nikmati bersama keluarga di area Barusen Hills Ciwidey.

Anda bisa memilih kolam air hangat atau dingin saat bermain di kawasan waterpark ini. Selain waterpark, anda bisa berjalan mengelilingi taman bunga yang pemandangannya sangat indah. Saat jalan-jalan di Barusen Hills, anda bisa menemukan banyak spot foto yang indah.

Jadi bagi anda yang suka foto-foto, di lokasi ini anda tidak akan kehabisan spot foto. Tenang saja πŸ˜€

Barusen Hills menyediakan tiga taman yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke sana. Ketiga taman tersebut ialah Taman Bunga Belanda, Taman Love, dan Taman Bambu Love.

Anda bisa habiskan akhir pekan atau saat liburan long weekend untuk berwisata di kawasan Ciwidey. Dengan banyaknya destinasi wisata di Bandung selatan, waktu saat akhir pekan atau long weekend akan sangat memadai. Pasti puas saat berkeliling di aneka kawasan wisata yang kami infokan di atas.

Kami pun belum sempat menjelajahi semua destinasi wisata di Bandung selatan. Baru sebagian saja. Lain waktu kami akan pergi ke tempat wisata yang belum pernah kami datangi sebelumnya. Demikian informasi destinasi wisata di Bandung selatan. Selamat menikmati liburan bersama keluarga dan selamat jalan-jalan πŸ˜€

Sampai ketemu di episode selanjutnya ya.

(Visited 316 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda