Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

De Ranch Lembang, Wisata ala Koboi untuk Seluruh Keluarga

Banyak tempat wisata menarik di Lembang dan Bandung, salah satunya ialah De Ranch Lembang. Saat liburan bersama teman atau keluarga, anda bisa masukkan obyek ini ke salah satu destinasi. Banyak hal menarik yang bisa dieksplorasi di dalamnya.

Kami pun berkesempatan mengunjungi obyek wisata De Ranch Lembang beberapa waktu yang lalu. Tujuannya untuk memberi pengalaman baru pada anak-anak. Obyek wisata ini belum pernah kami kunjungi sebelumnya. Padahal De Ranch Lembang sudah beroperasi sejak tahun 2007 silam. Salah satu tempat liburan senior yang masih terus bertahan hingga saat ini.

Seperti apa cerita dan perjalanan wisata keluarga ke De Ranch? Ikuti selengkapnya pada artikel kali ini. Jangan lupa bagikan pada teman-teman lainnya supaya makin banyak yang merasakan manfaatnya 😀

obyek wisata keluarga de ranch lembang - catatan bunda

Tempat Wisata Keluarga Seru di Lembang

Seperti kita ketahui, ada banyak obyek wisata di kawasan Lembang. Anda tidak bisa mengunjunginya sekaligus dalam satu kesempatan saja. Bisa mengunjungi dua hingga tiga destinasi liburan dalam satu hari sudah sangat beruntung. Seringkali kita akan lupa waktu saat bermain di satu tujuan wisata di Lembang. Apalagi jika tempat tersebut menawarkan banyak hal yang menarik.

Termasuk salah satunya ialah De Ranch. Menurut kami, tempat ini sangat layak untuk dikunjungi bersama keluarga. Apalagi bagi keluarga kami yang masih memiliki dua orang anak kecil. Anak-anak bisa menikmati suasana sambil bermain berbagai wahana di dalamnya.

Hari apa kami main ke sana? Saat itu, kami memilih hari Minggu. Sengaja memilih akhir pekan supaya bisa merasakan langsung suasana tempat wisata saat hari libur. Seberapa ramai sih obyek wisata seperti De Ranch.

Anak-anak sudah kami persiapkan sejak pagi. Rencananya ingin berangkat pagi-pagi supaya tidak terjebak kemacetan. Udara saat pagi hari juga masih sejuk. Setelah semua siap, kami berangkat dari rumah. Aplikasi Waze selalu menjadi andalan untuk menuju lokasi. Apalagi saat akhir pekan, di mana kemacetan bisa mengintai di manapun.

tukar tiket masuk dengan minuman di de ranch lembang bandung - catatan bunda
welcome drink
menikmati minuman sebelum bermain di de ranch lembang bandung - catatan bunda
santai sebelum bermain

Alamat De Ranch Lembang

Satu jalur yang menjadi langganan macet setiap hari ialah Jalan Setiabudi Bandung. Jalan ini menjadi satu jalur favorit untuk menuju ke kawasan Lembang. Mengetahui hal tersebut, kami jarang sekali (hampir tidak pernah) melalui jalan Setiabudi untuk menuju Lembang.

Aplikasi Waze satu pemikiran dengan kami. Kami ditunjukkan alternatif rute lainnya yang jauh lebih bersahabat. Jalannya lebih menantang dibanding jalur umumnya. Akan tetapi, kami lebih bisa menikmati perjalanan karena banyak melihat pemandangan indah di kanan kiri jalan. Anak-anak pun tidak bosan saat berada di dalam mobil.

Jalur yang dipilihkan menuju De Ranch Lembang ialah melalui kawasan Dago dan mengarah ke Green Resort. Dari situ, kami tinggal mengikuti jalan hingga tiba di Lembang. Lebih menyenangkan dan tidak macet.

Sesuai namanya, obyek wisata ini terletak di kawasan Lembang. Tepatnya di mana? Kita bisa menemukan De Ranch di Jalan Maribaya No. 17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat 40391.

De Ranch Lembang buka setiap hari, kecuali hari Senin. Saat hari biasa (weekday), tempat ini beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Lalu saat hari libur (tanggal merah / weekend), De Ranch buka dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Perjalanan kami sempat terjebak macet di kawasan Dago. Akan tetapi, setelah melewati Dago hingga tiba di De Ranch, alhamdulillah jalanan sangat lancar. Tidak ada kemacetan panjang seperti yang kami takutkan. Jika lancar, kami bisa tiba di lokasi dalam waktu kurang dari 1 jam perjalanan. Akan tetapi, jika kondisinya sempat bertemu macet, bisa dipastikan waktunya bisa di atas 1 jam untuk tiba di De Ranch.

Setelah beberapa waktu, kami akhirnya tiba di De Ranch Lembang. Saat itu, sudah banyak sekali mobil dan motor yang parkir di area De Ranch. Sesuai dugaan, banyak turis yang sedang menikmati waktu liburannya dengan berkunjung ke De Ranch Lembang. Bahkan, kami melihat ada satu bis pariwisata yang tiba bersamaan.

tujuan wisata keluarga yang seru di de ranch lembang bandung - catatan bunda

Sebelum masuk ke De Ranch, pengunjung harus membeli tiket masuk. Kita bisa menemukan loket pembelian tiket di pintu masuk. Berapa harganya?

Untuk masuk ke tempat wisata De Ranch Lembang, pengunjung harus membayar Rp 15.000 per orang. Anak-anak di atas usia 2 tahun sudah terkena tarif tiket yang sama. Jadi, kami membeli 4 buah tiket masuk.

Nantinya, tiket masuk tersebut bisa ditukarkan menjadi minuman. Loket penukaran minuman bisa ditemukan setelah masuk ke area De Ranch. Pilihan minuman yang tersedia ada susu murni dengan berbagai rasa dan teh manis.

Wahana Permainan di De Ranch Lembang

Setelah membeli tiket masuk, kami masuk ke dalam area De Ranch Lembang. Area pertama yang kami temukan ialah foodcourt dengan berbagai jenis makanan. Pengunjung yang sudah lelah bermain, bisa duduk santai sambil wisata kuliner dengan memesan aneka cemilan hingga makanan berat di kawasan foodcourt.

Di luar area foodcourt, ada hamparan padang rumput hijau yang sangat luas. Sambil duduk santai, pengunjung bisa menikmati padang rumput tersebut sepuasnya. Pada area tersebut, ada banyak wahana bermain yang bisa dilakukan bersama anak-anak.

naik kuda keliling area de ranch lembang bandung - catatan bunda

Sebelum bermain, kami menukarkan tiket masuk dengan minuman yang disediakan. Kami duduk di area foodcourt sambil menghabiskan minuman dan memandangi padang rumput hijau. Segar banget pagi itu. Cuacanya masih sejuk, pandangan mata jadi segar karena sejauh mata memandang, kami melihat padang rumput yang sangat luas.

Selesai menikmati minuman, kami mulai menjelajah kawasan wisata De Ranch Lembang. Ada banyak wahana bermain di dalamnya. Apa saja pilihan tempat bermain di De Ranch?

  • Berburu di kolam berhadiah – Rp 25.000 per orang (batas waktu 15 menit);
  • Fun boat – Rp 25.000 per orang (batas waktu 15 menit);
  • Delman – Rp 40.000 per 3 orang untuk 1 putaran;
  • Kuda tunggang cowboy – Rp 30.000 per orang untuk 1 putaran;
  • Kolam pancing – Rp 25.000 per orang (batas waktu 30 menit);
  • Peti luncur – Rp 20.000 per orang untuk 2 kali meluncur;
  • Kuda poni – Rp 30.000 per anak untuk 2 kali putaran;
  • Flying fox – Rp 25.000 per anak untuk 1 kali meluncur;

Dan masih banyak permainan lainnya. Pengunjung bisa menikmati total 27 jenis permainan berbeda yang tersedia di dalam kawasan De Ranch. Banyak banget kan? Makanya, anda bisa menghabiskan waktu seharian penuh jika mau memainkan seluruh wahana yang ada. Seru banget deh. Kami bisa menikmati setiap momen aktivitas bermain bersama anak. Kedua anak kami pun bisa bermain sambil belajar.

wahana naik kuda poni di de ranch lembang bandung - catatan bunda

Naik Kuda Keliling De Ranch Lembang

Tidak semua permainan kami coba. Incaran utama ialah mengajak anak bermain kuda dan meluncur di flying fox. Sejak dari rumah, kami sudah mempromosikan De Ranch ini ke anak-anak. Saat tiba di sana, kami akan mengajak mereka berdua untuk naik kuda. Keduanya langsung semangat dan kegirangan saat melihat kuda-kuda di hadapan mereka.

Pertama, kami bawa Mirza (anak sulung) untuk naik kudanya. Di sini, ada dua jenis kuda yang tersedia. Jenis yang pertama ialah kuda berukuran besar. Kuda jenis ini bisa dinaiki mulai dari anak usia 5 tahun ke atas. Jenis yang kedua ialah kuda poni. Nah, kuda satu ini ukurannya lebih kecil dibandingkan yang pertama. Kuda jenis ini bisa dinaiki oleh anak-anak. Di sinilah Chayra (anak bungsu) akan naik kuda untuk pertama kalinya.

Oya, lokasi pangkalan kuda besar dan kuda poni berbeda. Jadi, kami harus bergantian membawa anak-anak naik kuda. Mirza akan mendapat kesempatan yang pertama. Setelah selesai, baru kami akan membawa Chayra ke lintasan kuda poni.

Sebelum bermain, kami harus membeli tiketnya seharga Rp 30.000 untuk satu kali putaran. Setelah membeli tiket, kami dipersilakan untuk memilih kostum ala koboi. Pengunjung akan memakai kostum koboi saat berkeliling area De Ranch Lembang naik kuda. Kostum tersedia untuk ukuran anak-anak dan dewasa.

wahana bermain anak dan keluarga di de ranch lembang bandung - catatan bunda

Begitu selesai memilih dan mengenakan kostum koboi, Mirza pun bersiap naik kuda. Total ada sekitar 12 ekor kuda besar di dalam De Ranch. Sementara kuda poni jumlahnya kurang lebih 4 ekor.

Mirza dibantu oleh petugas untuk naik kuda. Sementara kami menunggu sambil jalan-jalan di sekeliling terminal kuda. Chayra sudah tidak sabar untuk bergantian naik kuda. Sambil jalan keliling, kami terus memberi pengertian padanya. Setelah kakaknya selesai keliling, Chayra yang akan naik kuda.

Tidak lama kemudian, kakak kembali ke terminalnya. Jangan khawatir, kuda-kuda di sini semuanya jinak. Selain itu, pengunjung juga didampingi satu orang pawang kuda saat berkeliling. Kakak terlihat gembira saat selesai naik kuda.

Kami lanjutkan perjalanan ke area berikutnya, yaitu area kuda poni. Kali ini, giliran Chayra untuk berkeliling lintasan dengan kuda poni. Harga tiketnya sama, yaitu Rp 30.000 per anak untuk 2 kali putaran.

Sama seperti area kuda besar, pada area ini disediakan kostum untuk naik kuda poni. Chayra pun kami pilihkan untuk memakai kostum yang tersedia. Begitu semuanya siap, Chayra didampingi oleh petugas untuk berkeliling lintasan dengan naik kuda poni. Kami lihat mukanya agak tegang. Alhamdulillah, tidak sampai menangis. Chayra terlihat bisa menikmati naik kudanya sampai selesai.

persiapan main flying fox di de ranch lembang bandung - catatan bunda

Meluncur di Flying Fox

Selesai bermain di area kuda besar dan kuda poni, kami melanjutkan ke wahana berikutnya. Pilihannya jatuh ke wahana flying fox. Kali ini, hanya anak sulung saja yang meluncur. Anak kecil usia balita masih belum diperbolehkan karena terlalu berbahaya.

Harga tiket untuk sekali meluncur di flying fox ini sebesar Rp 25.000 per orang. Pengunjung bisa membeli di loket yang sudah disediakan. Selesai membeli, kami langsung menuju ke arena flying fox.

Sudah ada petugas yang bersiaga di lokasi flying fox. Dengan sigap Mirza dibantu mengenakan berbagai perlengkapan untuk meluncur. Mulai dari helm dan peralatan lainnya.

Apakah Mirza takut? Tentu saja tidak. Permainan ini ialah salah satu aktivitas favoritnya. Saat melihat arena flying fox di De Ranch Lembang, Mirza langsung meminta pada kami untuk mencoba meluncur. Selain itu, permainan ini sudah tidak asing bagi Mirza. Sudah beberapa kali Mirza bermain flying fox di tempat wisata lainnya.

Begitu perlengkapan terpasang, Mirza harus memanjat dinding dahulu. Tinggi dindingnya kurang lebih 6 meter. Lumayan menantang untuk ukuran anak seperti anak kami. Setiba di atas, petugas memasangkan pengait supaya Mirza bisa meluncur.

Mirza berani naik dan memanjat dindingnya sendiri. Sementara ayah menunggu Mirza pada sisi lainnya. Saya menunggu di saung kecil bersama Chayra.

Setelah siap, Mirza pun langsung meluncur. Dia terlihat sangat menikmati proses meluncur di flying fox. Singkat banget, berasa kurang mainnya jika hanya sekali meluncur. Persiapannya banyak dan rumit. Akan tetapi, saat meluncur hanya selesai dalam beberapa detik saja 😀

Lintasannya lumayan panjang loh. Jadi, ada keseruan yang bisa dirasakan oleh pemain. Berbeda dari flying fox yang ada di kawasan wisata D’Dieuland Bandung. Flying fox yang ada di D’Dieuland jaraknya sangat pendek. Kurang puas saat meluncur dan hanya sekejap saja sudah sampai di ujungnya.

Saat selesai flying fox, berakhir juga permainan kami di dalam De Ranch Lembang. Tidak terasa, hari sudah semakin siang dan menjelang sore. Kami pun bersiap untuk pulang ke rumah.

Bagi anda yang mau jalan-jalan ke Bandung, tempat wisata De Ranch Lembang ini asyik banget. Recommended untuk tempat wisata keluarga. Aneka wahana dan tempat bermain di dalamnya bisa membuat seluruh keluarga melakukan aktivitas fisik yang seru.

Demikian cerita dan petualangan kami sekeluarga di dalam De Ranch Lembang. Terima kasih banyak sudah berkenan menyimak ya. Sampai ketemu pada cerita perjalanan kami lainnya 😀

(Visited 21 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda