Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Daftar Perlengkapan Traveling, Bawaan Wajib untuk Perjalanan Nyaman

Daftar perlengkapan traveling versi kami apa saja? Kali ini, kami akan coba membagikan beberapa barang bawaan saat bepergian. Studi kasus kali ini, kami pergi berdua saja. Tidak membawa serta anak-anak. Contohnya, saat kami pergi dan keluyuran ke Malang beberapa waktu yang lalu.

Nah, sebelum berangkat, sudah pasti harus menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari tiket pulang pergi, rencana kegiatan selama di tempat tujuan, hingga membawa berbagai keperluan. Tiap orang dari kita pasti punya perbedaan preferensi saat traveling. Tidak apa, catatan kali ini bisa anda jadikan sebagai salah satu referensi. Setelah itu, anda bisa sesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Lalu, apa saja daftar perlengkapan traveling menurut versi kami? Simak terus informasi lengkapnya ya.

daftar perlengkapan traveling bersama pasangan saat ke malang - catatan bunda

Daftar Perlengkapan Traveling yang Wajib Dibawa

Dalam cerita dan tips kali ini, agak berbeda dari sebelumnya. Jika biasanya, kami mengajak anak-anak bepergian. Dari situ, kami akan memberikan tips dan catatan keluarga setelah jalan-jalan. Akan tetapi, sekarang kami akan memberikan tips untuk proses bepergian yang lebih sederhana.

Anda sudah pernah membaca rangkaian cerita saat kami menjelajah di Kota Malang? Jika belum, kami persilakan untuk menikmati ceritanya terlebih dahulu. Anda bisa menemukan rangkaian ceritanya di homepage Catatan Bunda. Nah, pada kesempatan tersebut, kami hanya pergi berdua, saya beserta dengan suami saja.

Sudah pasti, barang bawaan akan jauh berbeda saat kami pergi bersama anak-anak. Ketika wisata dengan membawa anak, bawaan akan jauh lebih banyak macamnya. Ceritanya akan jauh lebih panjang. Oleh sebab itu, dalam ulasan kali ini, kami akan membatasi bahasannya untuk traveling sendiri atau bersama dengan pasangan / teman. Daftar perlengkapan traveling saat bersama anak-anak akan dibahas pada episode berikutnya.

Baik, apa saja sih daftar perlengkapan traveling yang biasa kami bawa saat jalan-jalan? Berikut ini informasinya.

Tas Carrier yang Nyaman dan Kokoh

Tas carrier menjadi daftar perlengkapan traveling yang pertama saat jalan-jalan ke Malang. Kegunaannya untuk apa? Paling utama ialah untuk membawa pakaian dan berbagai barang lainnya. Suami yang akan bertugas membawa tas carrier tersebut selama perjalanan.

Saat memilih tas carrier, pastikan memilih produk yang kualitasnya bagus. Periksa juga kekuatan dan kenyamanannya saat dikenakan. Periksa bantalan punggung pada tas carrier, tali pengikat di bagian dada, tali penyeimbang bahu, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Ukuran tas carrier tiap orang akan berbeda. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika butuh membawa barang dalam jumlah banyak, anda bisa memilih tas carrier dengan ukuran yang besar. Ukuran tas carrier 35 hingga 50 liter sudah sangat cukup bagi kami untuk perjalanan singkat selama beberapa hari.

Pilihan merk tas carrier juga sangat bermacam-macam. Pilih yang sesuai dengan selera dan anggaran yang anda miliki. Beberapa pilihan merk tas carrier yang banyak menjadi favorit ialah merk Eiger, tas gunung Consina, merk Rei, merk Naturehike, merk North Face, dan lain-lain.

Btw, merk apa sih yang jadi merk favorit anda? Boleh dong sharing di kolom komentar ๐Ÿ˜€

Tas Daypack

Sebagai pelengkap tas carrier, kami juga membawa tas daypack dalam daftar perlengkapan traveling. Ukurannya standar, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pilihan kami jatuh pada tas daypack dengan kapasitas 23 liter.

Tas model daypack akan berisi barang-barang bawaan selain pakaian. Selain itu, tas ukuran ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. Saat berada di kota tujuan, kami bisa menggunakan tas daypack ini untuk dibawa berkeliling. Ukurannya jauh lebih bersahabat dan ringan dibandingkan membawa tas carrier.

Selain itu, tas daypack bisa dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Barang bawaan seperti dokumen, laptop dan sejenisnya akan lebih nyaman jika dibawa di dalam tas daypack. Sekali lagi, pilihan tas daypack bisa sangat bervariasi. Pilihan merknya sangat banyak, anda bisa memilih sesuai selera dan anggaran.

barang bawaan yang harus dibawa saat liburan keluar kota - daftar perlengkapan traveling - catatan bunda

Kamera dan Tripod

Kami pernah mendengar sebuah pepatah tentang perjalanan. Katanya, sebuah perjalanan belum sepenuhnya terjadi tanpa sebuah foto. Buat kami, pepatah itu benar adanya. Apalagi di jaman sekarang.

Setiap orang akan berlomba-lomba untuk eksis di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Bagi kami, media eksis terpenting untuk kami ialah di dalam sebuah blog. Seperti yang sedang anda baca dan nikmati saat ini ๐Ÿ˜€

Untuk mengabadikan berbagai moment, kami butuh lebih dari sekedar smartphone. Memang saat ini sudah banyak smartphone yang mumpuni untuk mengabadikan foto maupun video. Akan tetapi, menurut kami kualitas foto dan video dari sebuah kamera mirrorless tentunya jauh berbeda.

Oleh sebab itu, kamera menjadi satu bawaan yang tidak boleh dilewatkan di dalam daftar perlengkapan traveling ala Catatan Bunda. Saat kami liburan berdua ke Malang, kami membawa kamera Mirrorless dari Canon. Cerita pemakaian kamera mirrorless Canon EOS M100 sempat kami abadikan juga di artikel sebelumnya.

Selain kamera, tripod tidak lupa untuk dibawa. Tripod akan berguna saat kami membutuhkan foto atau video dalam kondisi tertentu. Memang tidak selalu digunakan setiap momen. Akan tetapi, sewaktu-waktu akan sangat terasa manfaatnya. Kami membawa tripod ukuran kecil saja, menyesuaikan dengan ukuran kamera mirrorless yang ringan.

Aneka Charger

Daftar perlengkapan traveling selanjutnya sangatlah penting. Barang elektronik yang dibawa semuanya membutuhkan daya untuk tetap berfungsi. Oleh sebab itu, kehadiran sebuah charger sangatlah penting.

Charger yang kami bawa ialah charger untuk smartphone, laptop, dan kamera mirrorless. Kami meletakkan aneka jenis charger dalam satu wadah khusus. Tujuannya ialah supaya penyimpanan lebih rapi dan tidak mudah tercecer. Jika tercecer, resiko untuk terlupa bisa jauh lebih besar.

Powerbank

Saat ini, kebutuhan smartphone terhadap daya listrik sangatlah besar. Pemakaian yang intensif akan menyebabkan smartphone cepat kehabisan daya. Apalagi selama di perjalanan. Kondisi sinyal tidak selalu dalam keadaan yang baik. Jika sudah demikian, smartphone akan bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal. Kondisi tersebut akan membuat pemakaian daya baterai akan semakin besar.

Daftar perlengkapan traveling selanjutnya ialah membawa powerbank. Alat ini sangat bermanfaat ketika anda di tengah perjalanan dan tidak bisa menemukan colokan. Ukuran daya powerbank juga sangat bervariasi. Sebaiknya tidak perlu membawa powerbank dengan daya di atas 20.000 mAH supaya bisa masuk ke dalam kabin pesawat.

Laptop

Daftar perlengkapan traveling selanjutnya ialah laptop. Peralatan ini bersifat opsional. Artinya, anda bisa membawanya ataupun tidak selama perjalanan. Sesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Bagi kami, laptop tetap harus kami bawa. Kebutuhannya lebih kepada tempat untuk menyimpan media. Setelah jalan-jalan berkeliling kota, kami akan mengambil berbagai foto dan video. Nah, di penghujung hari, kami biasa mengosongkan kembali kartu memori di kamera mirrorless.

Selain mengamankan data, kami mempersiapkan diri untuk menjelajah lagi keesokan harinya. Perjalanan yang panjang akan membutuhkan kapasitas memory card yang banyak.

Buku Catatan

Bawaan selanjutnya seringkali dilupakan. Akan tetapi, fungsinya sangat penting bagi kami. Daftar perlengkapan traveling berikutnya ialah buku catatan. Tidak perlu berukuran besar. Ukuran kecil saja sudah sangat cukup. Fungsinya lebih sebagai buku untuk mencatat momen yang terjadi. Terutama momen-momen yang sangat kecil.

Sebagai manusia, tempatnya salah dan lupa. Apabila sedang mengalami satu momen menarik, harus segera dicatat. Tujuannya supaya tidak lupa. Bagi kami, cuplikan momen singkat sangatlah berharga. Informasi tersebut bisa kami gunakan untuk ditulis ke cerita di dalam blog.

Obat-Obatan Pribadi

Daftar perlengkapan traveling yang berikutnya sangatlah penting. Saat berada di perjalanan, situasi bisa berubah dengan cepat. Kondisi tersebut bisa sangat mempengaruhi kesehatan seseorang saat sedang jalan-jalan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membawa obat-obatan pribadi.

Masalah kesehatan yang muncul bisa bermacam-macam. Misalnya, tiba-tiba menjadi sulit untuk tidur, muncul gejala flu, demam, dan lain sebagainya. Kita sama sekali tidak bisa menduga hal-hal tersebut, bukan?ย Untuk mengatasinya, kami bisa memakai banyak alternatif. Akan tetapi, ada satu yang menjadi favorit kami berdua. Selain alami dan bebas bahan kimia, sangat praktis dan mudah untuk digunakan dalam berbagai kondisi. Essential oil menjadi pilihan kami untuk meredakan gejala yang muncul.

essential oil sebagai pereda nyeri otot dan pegal-pegal saat liburan - daftar perlengkapan traveling - catatan bunda

Kejadian lain yang sering dihadapi saat traveling biasanya ialah pegal-pegal. Masalah klasik yang pasti dihadapi setiap traveler. Seperti saat kami jalan-jalan di Malang. Rencana kami memang menikmati kota Malang dengan banyak jalan kaki. Beberapa rute yang pernah kami tempuh ialah jalan kaki dari Stasiun Kereta Api Malang menuju ke Alun-Alun Kota Malang. Rute lainnya yang pernah kami cobain ialah jalan kaki dari Hotel Atria hingga ke Warung Bakso President. Lumayan jauh, kan? ๐Ÿ˜€

Nah, setelah selesai jalan-jalan, mulai muncul rasa pegal di sekujur kakinya. Biasanya sangat terasa ketika sudah kembali di hotel. Biasanya diapain? Kami bisa memijat sambil mengoles kaki yang pegal memakai pereda nyeri otot sambil menonton televisi di kamar.

Masalah lain yang sering muncul juga saat perjalanan di kereta api. Tiba-tiba di dalam gerbong tercium bau minyak gosok. Kemungkinan ada salah satu penumpang yang sedang memakai minyak gosok. Aroma dan baunya malah membuat kami sendiri mabuk. Anda pernah mengalaminya?

Nah, daripada menggunakan minyak gosok, kami lebih memilih bahan yang lain. Sama seperti yang kami gunakan untuk meredakan pegal-pegal. Lebih nyaman dan tidak mengganggu yang lainnya. Praktis dan serbaguna, bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Oleh sebab itu, essential oil menjadi satu daftar perlengkapan traveling yang biasa kami bawa ๐Ÿ˜€

Baju Ganti

Saat perjalanan, daftar perlengkapan traveling yang satu ini tidak bisa dihiraukan. Pakaian harus mendapat prioritas tinggi. Kami biasa menghitung lamanya waktu bepergian keluar kota. Dari situ, kami bisa memperkirakan kebutuhan pakaian yang harus dibawa.

Pilihan pakaian yang dibawa pun sangat sederhana. Tidak ada jenis pakaian yang rumit dan berukuran besar. Semuanya harus ringkas dan mudah dimasukkan ke dalam tas carrier. Dengan memakai pakaian yang sederhana, kami bisa lebih menikmati saat jalan-jalan keliling kota.

Saat membawa pakaian, kami selalu melebihkan beberapa stel pakaian ekstra. Tujuannya lebih kepada faktor antisipasi. Apabila ada suatu kejadian tidak terduga selama perjalanan, kami tidak perlu khawatir kehabisan pakaian bersih di tengah perjalanan.

Alat Mandi

Daftar perlengkapan traveling berikutnya ialah alat mandi. Alat ini tidak bisa ditinggalkan karena sangat penting fungsinya. Sabun mandi, shampoo, pasta gigi, dan sikat gigi menjadi alat mandi standar yang harus dibawa.

Jika anda menginap di hotel, biasanya ada peralatan mandi yang tersedia. Alat mandi hotel bisa menjadi cadangan jika anda membutuhkan. Terutama jika anda terlupa untuk membawa peralatan mandi saat bepergian. Alternatif lainnya, anda bisa berburu alat mandi di minimarket yang berada di sekitar hotel tempat anda menginap.

Sandal Gunung

Pada urutan berikutnya, ada pilihan dalam hal alas kaki. Untuk memilih alas kaki, bisa sangat fleksibel. Anda bisa menentukan daftar perlengkapan traveling ini sesuai dengan kegemaran masing-masing. Bisa jadi kegemaran kami berdua akan berbeda dengan alas kaki favorit anda sekalian.

Saat perjalanan berdua ke Malang, kami tidak menggunakan sepatu karena tidak terlalu suka. Kami lebih memilih memakai sandal gunung. Desain kokoh dan tingkat fleksibilitasnya sangat tinggi. Sandal gunung bisa sangat diandalkan dalam berbagai medan. Ketika di tempat tujuan, kami bisa memakainya dalam berbagai medan perjalanan. Saat cuaca sedang dingin, kami tinggal menambahkan kaos kaki sebagai tambahan alas kaki untuk menjaga supaya tidak terlalu dingin.

Uang Tunai dan Kartu Debit

Ketika perjalanan, kita akan menemukan berbagai tempat berbeda. Seperti misalnya tempat makan, tempat membeli oleh-oleh, hingga toilet umum. Daftar perlengkapan traveling berikut ini sangat penting untuk disiapkan secara seksama.

Kami biasa membawa alat pembayaran dalam berbagai bentuk. Ada sebagian yang dibawa dalam bentuk uang tunai. Sebagian lagi tetap disimpan dalam media kartu debit. Tidak jarang, kami menemukan tempat makan yang hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Betul? Nah, jika tidak mempersiapkan uang tunai yang cukup, bersiaplah untuk repot jika menghadapi kejadian tersebut.

Jadi, persiapkan uang tunai secukupnya. Tidak perlu membawa terlalu banyak. Lalu, saat membawanya, kami tidak meletakkannya di satu tempat yang sama. Seringkali letaknya disebar. Tujuannya untuk memperkecil resiko jika menghadapi satu tindakan criminal di tengah perjalanan.

termos air panas menjadi satu daftar perlengkapan traveling yang sangat penting - catatan bunda

Botol Minum

Daftar perlengkapan traveling berikutnya selalu masuk ke dalam bawaan kami setiap saat. Manfaatnya sangat besar bagi kami berdua. Seperti kita ketahui, tantangan yang dihadapi saat jalan-jalan akan berubah-ubah.

Perjalanan bisa berlangsung siang dan malam. Saat malam misalnya, cuaca akan lebih dingin dibandingkan siang hari. Biasanya, saat udara dingin, mendampingi dengan minuman hangat merupakan solusi yang jitu. Alangkah nyamannya jika kita bisa minum teh atau kopi hangat dengan mudah.

Oleh sebab itu, membawa termos air panas merupakan opsi yang sangat penting bagi kami berdua. Menjaga teh atau kopi tetap dalam keadaan hangat. Ukurannya tidak perlu terlalu besar supaya tetap mudah dibawa.

Saat membutuhkan, kami bisa langsung meminumnya untuk menghangatkan badan saat kedinginan di malam hari. Tidak perlu repot membeli dan mencari minuman hangat lagi. Praktis, mudah, dan cocok sekali saat dibawa bepergian.

Alat Sholat

Walaupun sedang bepergian, menjalankan ibadah tidak boleh ditinggalkan. Oleh sebab itu, kami selalu memasukkan alat sholat ke dalam daftar perlengkapan traveling yang wajib dibawa. Saat tiba waktu sholat, kami bisa menjalankan ibadah dengan mudah. Bisa dengan mampir ke masjid terdekat atau sholat di dalam kereta api yang sedang berjalan.

Alat sholat yang dibawa juga sangat sederhana. Sajadah tidak pernah dibawa, karena tidak terlalu penting. Mukena dan baju gamis menjadi alat sholat yang biasa kami bawa. Saya memakai mukenanya sementara suami sholat menggunakan baju gamis panjang.

Topi dan Jaket

Perlengkapan berikutnya yang biasa kami bawa ialah topi dan jaket. Daftar perlengkapan traveling ini bisa jadi opsional saja, tidak harus selalu dibawa. Tergantung pada tujuan bepergian yang kami lakukan.

Bagi kami, topi dan jaket menjadi barang yang harus dibawa walaupun tidak selalu digunakan. Saat tidak dipakai, jaket biasanya kami ikat di bagian luar tas carrier. Sementara topi, bisa diikat atau dimasukkan ke dalam tas daypack. Jaket pilihan untuk dibawa traveling juga tidak terlalu tebal. Akan beda urusannya jika tujuan kami ke tempat-tempat yang sangat dingin. Pertimbangan untuk membawa jaket tebal tentu lebih menarik daripada jaket biasa.

daftar perlengkapan traveling yang harus dibawa saat naik kereta api - catatan bunda

Handuk Kecil

Berikutnya, daftar perlengkapan traveling kami ialah membawa handuk. Akan tetapi, patut dipertimbangkan ukuran handuk yang akan dibawa. Saat bepergian, ukuran handuk yang biasa kami bawa bervariasi. Saat menginap di hotel, kami tidak pernah membawa handuk ukuran besar yang sangat tebal.

Mengapa demikian? Karena di hotel biasanya sudah disediakan handuk mandi ukuran besar. Sudah cukup untuk keperluan saat mandi. Jadi, sebagai pelengkapnya, kami membawa handuk ukuran kecil saja. Handuknya sangat tipis dan ringan. Selain itu, handuk ukuran kecil tidak menghabiskan ruangan di dalam tas carrier.

Jika tidak menginap di hotel, baru kami akan mempertimbangkan untuk membawa handuk ukuran besar. Jadi fleksibel saja, disesuaikan dengan kondisi saat traveling.

Demikian beberapa daftar perlengkapan traveling yang biasa kami bawa. Dalam hal ini, kami membawanya saat liburan ke Malang. Bagaimana dengan anda? Sepakat dengan semuanya? Tenang, tidak perlu sepakat dengan versi kami. Barangkali informasi yang kami bagikan bisa menjadi referensi untuk saling melengkapi.

Sering-sering mampir ke Bandung ya. Biasanya banyak sekali event keren di Bandung. Salah satunya seperti yang sempat kami kisahkan di tulisan sebelumnya. Selain itu, banyak tempat wisata kuliner legendaris di Bandung. Mulai tempat kuliner untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kami tunggu kehadiran teman-teman sekalian di Bandung.

Terimakasih sudah berkenan menyimak informasi bermanfaat kali ini. Terutama bagi anda yang akan traveling. Semoga informasi di dalam cerita ini memberi manfaat bagi pembaca. Sampai jumpa di episode kisah kami selanjutnya ๐Ÿ˜€

(Visited 42 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda