Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Cara Mudah Mendengarkan Podcast, Media Baru untuk Menikmati Ilmu

Dalam kesempatan kali ini, kami coba sharing mengenai cara mudah mendengarkan podcast. Seperti yang kami ceritakan sebelumnya, kami mencoba untuk aktif di dunia podcast. Ada beberapa alasan membuat podcast yang sempat kami paparkan pada tulisan tersebut.

Kami ingin berbagi tentang berbagai hal untuk para pendengar. Walaupun sederhana dan receh, harapannya sharing sederhana melalui podcast ini bisa diambil manfaatnya.

Konten yang sudah bisa anda nikmati di Podcast Catatan Bunda memang masih sedikit. Belum sebanyak rekan-rekan podcaster yang sudah mulai sebelum kami. Akan tetapi, anda sudah bisa mulai mendengarkan sajian podcast Catatan Bunda dari sekarang, lho. Ada yang sudah pernah mengakses dan menyimak cerita kami di Podcast? Coba cung di kolom komentar ya πŸ˜€

Kami paham, dunia podcast memang belum populer di Indonesia. Apalagi jika dibandingkan dengan Youtube ataupun Instagram. Bisa jadi, masih ada banyak pembaca blog Catatan Bunda yang belum mengetahui cara mudah mendengarkan podcast.

Seperti apa sih cara mudah mendengarkan podcast? Simak sharing sederhananya kali ini ya. Selamat menyimak.

cara mudah mendengarkan podcast di anchor - catatan bunda

Cara Mudah Mendengarkan Podcast Di Mana dan Kapan Saja

Bagi yang masih awam dengan podcast, jangan khawatir. Kita akan belajar bersama-sama untuk mengenal dunia podcast lebih dekat. Podcast merupakan singkatan atau akronim dari iPod Broadcasting. Betul, pada awalnya podcast memang diperkenalkan oleh Apple.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, podcast pun semakin berkembang. Content Creator dan penikmat podcast tidak hanya berasal dari pengguna Apple saja. Kini, para pengguna android sudah bisa menggunakan podcast. Baik itu hanya untuk mendengarkan konten favorit atau ingin menjadi content creator di dunia podcast.

Memang ada kemiripan antara podcast dengan radio. Sama-sama berbentuk audio merupakan kesamaan paling mendasarnya. Bedanya, siaran radio biasanya berbentuk siaran langsung (LIVE), sementara podcast berbentuk rekaman audio yang diupload ke server hosting penyedia podcast.

Jangan lupa untuk menikmati podcast Catatan Bunda pada link berikut ini:

Kini, menikmati siaran podcast sudah sangat mudah. Anda bisa menyimak sambil melakukan berbagai aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Ada beberapa cara mudah mendengarkan podcast. Berikut ini beberapa diantaranya:

Mendengarkan Podcast Lewat Laptop

Kini, mendengarkan podcast bisa dilakukan melalui laptop. Anda bisa menyimak sharing di dalam podcast sambil mengerjakan tugas sehari-hari. Laptop menjadi salah satu opsi yang patut anda pertimbangkan. Terutama bagi anda yang pekerjaannya dominan menggunakan laptop.

Fokus anda cukup mendengarkan saja. Tidak seperti video yang memerlukan fokus pada visual dan audio sekaligus. Jadi, anda bisa terus mengetik tulisan anda di laptop sambil mendengarkan. Bahkan, anda bisa mendengarkan sambil menyelesaikan desain kaos atau pesanan konsumen lainnya.

Mari ambil contoh podcast yang kami miliki. Kami memilih untuk menggunakan Anchor sebagai wadah bernaung. Ada banyak alasan mengapa kami memilih Anchor sebagai tempat penyimpanan podcast keluarga. Lain waktu akan coba kami share penjelasannya. Kembali lagi kepada cara mudah mendengarkan podcast melalui laptop. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan ialah sebagai berikut:

Temukan podcast Catatan Bunda di Anchor dengan alamat https://anchor.fm/catatanbunda

Scroll ke bawah untuk menemukan episode podcast yang sudah tayang;

pilihan episode podcast di anchor untuk dinikmati - catatan bunda

Pilih salah satu episode podcast yang ingin anda dengarkan;

Klik tombol β€œplay” untuk mulai mendengarkan episode podcast;

Anda bisa memasang headset atau earphone untuk mendengarkan episode podcast yang sudah anda pilih. Selain itu, anda bisa memakai speaker dari laptop untuk menikmati episode pilihan anda.

Cara Mudah Mendengarkan Podcast Lewat Aplikasi Khusus

Selain memakai laptop, masih ada cara lain untuk mendengarkan podcast. Bahkan, yang satu ini jauh lebih mudah dan praktis. Anda cukup menggunakan smartphone saja. Kami yakin, smartphone sudah menjadi barang yang wajib dimiliki seseorang. Harga smartphone pun sudah banyak yang murah dengan kualitas yang mumpuni.

Dengan memakai smartphone, anda bisa membawanya kemana-mana. Apakah saat bepergian di dalam mobil, saat jalan-jalan di tempat umum, dan saat menikmati makanan. Anda juga bisa menyimak podcast sambil bersantai di rumah hingga sebagai pengantar sebelum tidur.

download aplikasi podcast anchor di playstore atau appstore - catatan bunda
download aplikasi Anchor di Playstore atau Appstore

Bagaimana caranya mendengarkan podcast melalui smartphone? Caranya sangat mudah. Langkah pertama, anda bisa download dan install aplikasi podcast di Appstore atau Playstore. Berikut ini ialah beberapa nama aplikasi podcast yang bisa anda gunakan:

  • Anchor;
  • Apple Podcasts;
  • Google Podcasts;
  • Spotify;
  • Breaker;
  • PocketCasts;
  • RadioPublic;
  • Dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Seperti yang anda ketahui, kami menggunakan Anchor untuk membuat dan menyiarkan konten podcast. Supaya mudah, anda juga bisa install aplikasi Anchor di smartphone.

Langkah berikutnya, anda bisa sign up di aplikasi Anchor, isi data yang diperlukan di formulir yang tersedia.

Setelah proses registrasi selesai, anda bisa masuk ke dashboard aplikasi Anchor;

Ada tiga menu utama di bagian bawah aplikasi Anchor, pilih menu β€œDiscover”;

aplikasi podcast anchor di smartphone - catatan bunda

Ketikkan β€œCatatan Bunda” pada kolom pencarian yang tersedia pada menu tersebut;

Temukan Catatan Bunda pada kolom β€œPeople”

Jangan lupa untuk klik tanda bintang untuk menjadikan Podcast Catatan Bunda sebagai favorit. Tanda bintang ini akan membantu memudahkan anda saat ingin mencari dan mendengarkan episode-episode podcast lain dari kami.

tips podcast indonesia sederhana - catatan bunda

Langkah berikutnya, anda tinggal memilih episode mana yang ingin anda dengarkan. Pilih salah satu, lalu nikmati konten sharing sederhana dari kami sekeluarga. Mendengarkan podcast sambil menyeruput minuman hangat di rumah, sepertinya menjadi kombinasi yang bagus. Setuju? πŸ˜€

Fitur Bermanfaat Lainnya

Anda ingin berkomentar atau mengirim pertanyaan pada kami di Podcast? Caranya sangat mudah. Cukup menekan tombol β€œMessage” yang ada di halaman profil Anchor Catatan Bunda. Dari situ, anda bisa merekam pesan suara yang ditujukan pada kami. Anda bebas untuk memberikan pendapat atau mengajukan pertanyaan langsung melalui fitur tersebut.

cara mudah mendengarkan podcast - halaman profil podcast anchor di smartphone - catatan bunda

Jika anda perhatikan, ada fitur β€œmore places to listen” di halaman profil Anchor Catatan Bunda. Anda bisa menemukan fitur tersebut pada halaman profil versi website (bukan aplikasi). Artinya apa? Artinya, fitur β€œmore places to listen” memudahkan anda yang ingin mendengarkan rekaman podcast kami melalui aplikasi selain Anchor.

Jadi, seandainya anda lebih familiar memakai Spotify dibanding Anchor, anda tinggal klik tombol β€œListen on Spotify” untuk menikmati podcast Catatan Bunda. Hal yang sama berlaku juga untuk pilihan yang lainnya. Pilih saja aplikasi mana yang familiar dan nyaman bagi anda.

Nah, demikian sharing singkat mengenai cara mudah mendengarkan podcast. Caranya sangat mudah, bukan? Mana yang menjadi favorit anda? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar ya.

Terimakasih sudah berkenan menyimak ulasan singkat kali ini. Semoga materi sederhana tentang cara mudah mendengarkan podcast memberikan manfaat bagi semua pembaca. Sampai jumpa pada cerita dan petualangan keluarga kami berikutnya πŸ˜€

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda