“Barang bekas bisa menjadi berharga jika diolah dengan kreatif”

Tiap Mirza pulang sekolah, kegiatan saya selalu memeriksa buku penghubung.

Melalui buku penghubung ini saya jadi tau bagaimana harian kegiatan Mirza di Sekolah, selain itu tiap ada pengumuman atau surat selalu ditempel oleh bunda guru di buku ini.

Suatu ketika, ada pengumuman acara Market Day di sekolah kakak.

Kegiatan Market Day ini memberi kesempatan anak-anak belajar berjualan, bagi yang tidak mau jualan bisa jadi pembeli saja.

Kurang lebih ketentuan utamanya sebagai berikut:

  • Tiap anak bisa menjual minimal 1 jenis dan maksimal 3 jenis barang dagangan. Total barang dagangan 15 buah.
  • Harga jual per barang minimal Rp 500,- dan maksimal Rp 2.000,-.
  • Tiap anak harus membawa uang Rp 5.000,- (yang ikut berjualan juga bisa jadi pembeli untuk barang dangan temannya).
  • Barang yang dijual merupakan hasil kreasi Ayah, Bunda, atau anaknya sendiri.

Cara Membuat Spinner Sederhana ala Saya dan Mirza

Nah, bingunglah si emak jadinya.. kalau Mirza ikutan, jualan apa ya???

Saya pun mulai mencari informasi dari orang tua murid yang lain.

Dari hasil observasi, rata-rata yang ikut jualan, barangnya berupa makanan seperti sosis lilit, puding, mango smothies, dan jenis jajanan lainnya.

Untuk urusan masak, saya suka.. Tapi bukan hobby. Beda ya?

Misal ada orang yang suka bola, tapi tidak hobby. Jadi kalau ada tontonan bola, dia nonton.. Tapi kalau jam tayangnya bentrok dengan tidur atau kegiatan lainnya ya sudahlah.

Begitu juga saya.. Pura-puranya sok sibuk, jadi untuk bikin masakan saya nyerah deh. Mending Mirza jadi pembeli saja hehehe..

Selain alasan tadi, kalau saya hitung-hitung modalnya gede. Modal gede tapi maksimal harus jual Rp 2.000,-/item?

*ini edisi emak-emak penuh perhitungan alias gak mau rugi 😀

Setelah bersemedi sekian jam, jadi inget kalau saya pernah berniat mau buatin Mirza mainan dari CD bekas, karena CD bekas yang ada di rumah banyak banget.

cara membuat spinner sederhana dari CD bekas
  • Facebook
  • Google+
  • Pinterest
  • Buffer

cara membuat spinner sederhana

Setelah browsing dan cari informasi dari berbagai sumber, ketemu deh ide bikin mainan Spinner atau Gasing dari CD bekas.

Mainan ini sempat populer sekali dan kekinian. Banyak sekali model spinner yang bermunculan. Dari spinner yang harga murah hingga mahal juga ada.

Jika anda browsing tentang model dan harga spinner di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia tentu anda akan mendapati banyak sekali model spinner yang ada di pasar.

Spinner ini juga populer bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sering sekali saya lihat video mainan spinner di social media seperti Facebook.

Apakah anda salah satunya yang sempat membeli mainan spinner?

Nah, ide sederhana ini yang coba saya olah sebagai bahan Market Day di sekolah kakak. Saya ingin memberikan sedikit pemahaman pada kakak mengenai produk yang unik dan berbeda saat berbisnis.

Target pasar sudah ada, yaitu anak-anak TK seumuran kakak. Jadi tinggal mencari jenis produk unik yang sesuai dengan target pasar.

Selain itu, cara membuat spinner sederhana ini juga sangat mudah. Anda bisa mempraktekkannya saat di rumah bersama dengan putra atau putri anda.

Cara Membuat Spinner Unik

Bagaimana cara membuat spinner sederhana ini?

Pertama, saya kumpulkan bahan baku untuk membuatnya. Apa saja bahan yang saya perlukan?

Bahan-bahannya gampang, kurang lebih sebagai berikut:

  1. CD bekas;
  2. Lem kertas;
  3. Lem tembak;
  4. Kelender bekas;
  5. Kelereng;
  6. Tutup botol air mineral;
  7. Pewarna seperti crayon, spidol, cat air atau acrylic.

Dari semua bahan tadi saya hanya modal beli kelereng, isi lem tembak (kalau alat tembaknya minjem hahahaha), dan lem kertas.

Loh, lainnya gimana? Alhamdulillah semua sudah tersedia terutama crayon dan cat warna lainnya yang lungsuran (warisan) dari sepupu-sepupu Mirza.

Jadi total modal (tenaga tidak dihitung), 1 buah spinner sekitar Rp 500,- sampai Rp 700,-. Spinner ini di jual seharga Rp 2.000/buah, total spinner yang dijual 15 buah dengan 15 desain (corak) yang berbeda.

Cara membuat spinner ini sebetulnya gampang. Akan tetapi, memikirkan desainnya mau seperti apa, itu yang jauh lebih rumit.

Alhamdulillah Mirza banyak kasi masukan dan ide ke saya. Mirza tidak mau desainnya sama. Tiap spinner harus berbeda desain.

Walaupun ujung-ujungnya saya juga yang harus beraksi sambil daster-an menyelesaikan semua desain untuk spinner ketika Mirza dan Adeknya tidur.

Begini cara buatnya:

  1. Setelah bahan-bahan diatas sudah siap, mulai membuat pola lingkaran sebesar CD di kertas kalender, dan gunting sesuai bentuk. Jumlahnya sebanyak spinner yang akan dibuat.
  2. Tempel kertas kalender di sisi CD yang bergambar, gunakan sisi kalender yang berwarna putih;
  3. Desain gambar di CD sesuai selera anda;
  4. Mulai mewarnai desain, bebas mau menggunakan cat air, spidol atau lainnya.
  5. Pasang tutup botol di sisi kertas kalender yang sudah diwarnai, tepat dibagian tengah. Tempel menggunakan lem tembak.
  6. Tempel kelereng di sisi sebaliknya bagian yang berlubang, menggunakan lem tembak juga;
  7. Selesai deh, tinggal di tes dengan cara diputar.

Untuk lebih jelasnya, saya akan coba peragakan cara membuat spinner ini melalui video. Saat sudah selesai, akan langsung saya publish video peragaannya.

Berikut ini video singkat peragaan cara membuat spinner. Selamat menikmati ^_^

Jangan lupa sharing ya jika anda berhasil mempraktekkan cara membuat spinner sederhana yang saya share di sini. Semoga bermanfaat ^_^